Daftar Menu Sarapan Pagi Yang Menyehatkan

Dibuat oleh blogunik

Sudahkah kalian sarapan pagi? Ada beberapa orang yang melewatkan jam sarapannya karena takut terjebak dalam kemacetan atau lainnya. Sehingga mereka memutuskan untuk berangkat bekerja lebih awal tanpa sarapan. Padahal untuk mengisi energi selama beraktivitas diperlukan nutrisi yang cukup.

Sarapan tidak hanya untuk menghilangkan rasa lapar di pagi hari saja. Namun juga sebagai asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar saat menjalani aktivitas sehari-sehari menjadi lebih prima dan meningkatkan daya konsentrasi. Menu sarapan tak hanya harus enak saja, tapi juga harus menyehatkan. Nah, berikut ini ada beberapa menu sarapan pagi yang menyehatkan

1. Avocado Toast

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via gimmedelicious.com

Menu sarapan yang menyehatkan pertama yang dapat kamu buat yaitu Avocado Toast. Menu satu ini sangat mudah untuk dibuat, kamu hanya perlu memanggang roti. Setelah itu, oleskan roti dengan alpukat yang telah kamu haluskan terlebih dahulu atau kamu potong-potong saja. Jangan lupa tambahkan potongan jeruk dan balsamic glaze diatas rotinya untuk menambah rasa segar.

2. Nasi Goreng

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via skinnytaste.com

Buat kamu yang tidak kenyang jika belum mengkonsumsi nasi, maka menu sarapan nasi goreng pilihan yang tepat. Tidak hanya dapat menahan lapar lebih lama, cara pembuatan nasi goreng pun cukup mudah serta cepat. Maka dari itu tak heran jika menu sarapan ini menjadi salah satu yang terpopuler dan banyak dipilih.

Namun agar lebih menyehatkan, kamu bisa menambahkan berbagai sayuran serta telur kedalamnya. Dan untuk minyaknya sendiri, kamu bisa menggunakan minyak rendah kolesterol.

3. Oatmeal

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via feelgoodfoodie.net

Jika diperhatikan menu sarapan ini sedikit mirip dengan sereal. Hanya saja yang membedakannya, oatmeal harus kamu masak terlebih dahulu. Namun jika kamu tidak memiliki cukup banyak waktu di pagi hari, cukup tuangkan air panas saja kedalam oatmeal. Tapi untuk rasanya memang hambar sehingga tidak terlalu diminati. Agar nikmat, kamu dapat menambahkan madu atau potongan buah kedalamnya.

Oatmeal merupakan menu sarapan pagi yang sehat dan bagus untuk kesehatan jantung, mengontrol gula darah serta menjaga kesehatan pencernaan lho.

4. Omelet

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via laaloosh.com

Olahan telur ada banyak sekali salah satunya yaitu Omelet. Siapa yang tidak suka menu sarapan satu ini? Sarapan omelet dipagi hari memang menjadi salah satu alternatif. Selain mudah dibuat, rasanya pun juga begitu lezat. Di dalam omelet ini kamu bisa menambahkan berbagai macam campuran seperti sosis, daun bawang, wortel dan cabai.

5. Onigiri

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via wandercooks.com

Selain nasi goreng, ada juga onigiri buat kamu yang sarapan tidak bisa lepas dari nasi. Makanan dari Jepang ini sangat mudah dibuat dan bahan yang diperlukan pun sederhana. Untuk membuatnya kamu hanya perlu membentuk nasi dengan mengepalkan kedua tangan. Di dalam onigiri biasanya ada isiannya, nah isiannya ini bisa kamu sesuaikan dengan selera. Jangan lupa tambahkan nori untuk membungkusnya atau mengikatnya.

6. Pancake

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via baamboozle.com

Di Indonesia sendiri, menu sarapan pancake mungkin masih cukup asing. Namun tidak ada salahnya mencoba menjadikan pancake sebagai menu sarapan. Kue dadar yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan susu ini sangat nikmat disantap ketika masih hangat atau setelah dingin. Pancake ini terasa semakin lezat jika ditambahkan madu atau sirup gula diatasnya. Buah-buahan juga bisa kamu pilih sebagai topping diatasnya.

7. Potongan Buah

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via vuenj.com

Buat kamu yang sedang menjalankan program diet, potongan buah merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menu sarapan pagi yang sehat. Buah yang dapat kamu konsumsi yaitu alpukat, apel atau pisang. Buah sendiri memiliki berbagai macam vitamin yang pastinya menyehatkan untuk tubuh.

8. Pecel

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via yummy.co.id

Tak lengkap rasanya jika belum mencantumkan makanan berat yang menjadi sarapan Indonesia banget yaitu pecel. Pembuatan menu sarapan ini tidaklah ribet dan memakan waktu yang lama. Kamu hanya cukup mencuci dan merebus taoge, daun bayam, kacang panjang dan lainnya. Kemudian disiram dengan bumbu kacang atau sambal pecel.

Menyehatkan bukan? Bermacam sayuran yang terkadung di dalam pecel sudah pasti merupakan pilihan menu sarapan pagi yang menyehatkan.

9. Roti

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via shoptretho.com.vn

Selain dapat dijadikan bekal sekolah atau bekerja, roti juga menjadi menu sarapan pagi yang menyehatkan. Salah satu roti yang bisa menjadi andalan di pagi hari yaitu roti tawar. Roti tawar ini sangat mudah di temukan dan untuk menambahkan rasa tambahkan selai favorit diatasnya. Jika ingin seperti toast, kamu tinggal panggang sebentar roti tawar dengan sedikit mentega.

10. Sereal

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via newwomanindia.com

Menu sarapan satu ini mungkin lebih disukai oleh anak-anak yaitu sereal. Terlebih jika serealnya memiliki beragam warna dan bentuk yang mampu menarik perhatian si kecil. Selain anak-anak, sereal juga dapat dikonsumsi oleh remaja maupun dewasa yang memiliki kegiatan pagi yang super sibuk. Kamu cukup mencampurkan sereal dengan susu cair saja, untuk gizinya sendiri terbilang lengkap.

11. Sandwich

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via mocah.org

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk sarapan, maka menu sandwich pilihan yang tepat anti ribet-ribet club deh. Selain dapat disantap dirumah, sandwich ini bisa juga kamu santap saat diperjalanan menuju kantor atau sekolah. Bahan-bahan yang digunakan cukup simple hanya roti tawar, telur dadar, selada, tomat, bawang bombay dan saus. Tak hanya mengeyangkan perut, sarapan ini juga memiliki kandungan gizi yang lengkap dan rasanya juga enak.

12. Salad Buah

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via varminz.com

Sarapan dengan potongan buah memang menyegarkan, kamu juga bisa membuat salad buah untuk menu sarapan pagimu. Buah yang sudah kamu potong-potong tambahkan dengan yogurt, susu kental manis atau madu dan sedikit perasan lemon. Kombinasi ini dijamin akan membuatmu kenyang dan baik juga untuk pencernaanmu.

13. Smoothies

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via wellplated.com

Tidak perlu ribet-ribet, jika dirumah ada buah-buahan tinggal buat smoothies saja sebagai menu sarapan pagi yang sehat. Jika suka, kamu bisa menambahkan susu kedalamnya kemudian di blender bersama-sama. Menu sarapan ini tergolong lebih praktis, mudah dan juga sehat pastinya. Tak sempat menikmatinya dirumah, kamu tinggal memasukannya ke dalam tumblr saja lalu diminum ketika dalam perjalanan.

14. Susu

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via eniyiyemektarifleri.net

Dari sekian banyak menu diatas, menu sarapan pagi satu ini sangat simple. Yaps, segelas susu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi pagimu. Varian susunya akan lebih baik jika susu segar dan rasanya bisa kamu sesuaikan dengan selera.

15. Telur Orak Arik

Menu Sarapan Yang Menyehatkan

photo via thesun.co.uk

Terakhir ada telur orak-arik, menu satu ini pastinya tidak asing lagi. Dalam telur orak-arik ini kamu bisa menambahkan potongan wortel, jagung, jamur atau pun keju. Menu sarapan ini tentu saja bergizi dan jika tidak cukup hanya mengkonsumsi telur orak-arik, bisa juga kamu gunakan sebagai isian roti tawar.

Bagaimana? Dari sekian banyak daftar menu sarapan pagi yang menyehatkan diatas, mana yang menjadi menu favorit kamu untuk sarapan besok?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait