Daftar Pekerjaan Dengan Bayaran Tertinggi Di Indonesia Saat Ini



Siapa sih yang tidak ingin memiliki gaji tinggi ? Setiap orang tentunya mendambakan pekerjaan yang mapan dengan gaji yang tinggi. Namun tinggi rendahnya gaji seseorang ditentukan dari jenis profesinya dan jumlah pengalaman yang dimilikinya. Di Indonesia sendiri ada beberapa profesi dengan gaji yang tinggi. Nah profesi apa saja itu, berikut ini daftar pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Indonesia :

 

1. Pelaut

Photo via : http://www.aquamarineagency.com

Mungkin profesi ini kurang banyak dilirik oleh masyarakat. Namun pekerjaan ini bisa dibilang menggiurkan lho. Hal ini sebanding dengan apa yang mereka alami di lautan seperti berhadapan dengan badai atau ombak yang tinggi. Seorang pelaut pemula yang baru lulus kuliah pelayaran dengan posisi perwira dibawah nahkoda di gaji sekitar Rp. 4 juta sampai Rp. 5 juta per bulan. Jika bekerja di perusahaan asing bisa lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan nasional. Seorang nahkoda bisa mendapatkan gaji Rp. 100 juta perbulan.

 

2. Dokter Spesialis

Photo via : https://www.rd.com

Dokter spesialis merupakan salah satu profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia. Namun menemukan standar gaji seorang dokter memang sulit, hal ini karena dokter spesialis di Indonesia tidak memiliki standar yang sama apalagi jika membandingkan dokter spesialis yang praktek di rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta. Mengambil studi ilmu kedokteran bisa dibilang tidak mudah karena persaingannya sangat ketat di setiap perguruan tinggi. Selain itu profesi ini memiliki tanggung jawab yang besar. Selain harus menjalani coass setelah lulus sarjana, mereka harus menempuh pendidikan pasca sarjana jika ingin menjadi dokter spesialis. Karena tanggung jawab dan proses yang panjang itu, tidak heran jika dokter spesialis memiliki gaji yang tinggi. Rata-rata gaji para dokter spesialis di rumah sakit pemerintah yaitu Rp. 10 juta per bulan dan ini sudah termasuk gaji pokok, insentif dan jasa kunjungan pasien. Sedangkan untuk dokter umum Rp. 4,8 juta per bulan dan untuk rumah sakit swasta Rp. 50 juta perbulan.

 

3. Ahli Teknik Informatika

Photo via : https://www.its.ac.id

Perkembangan teknologi di Indonesia semakin pesat. Tidak heran jika profesi satu ini menjanjikan gaji yang tinggi. Dalam dunia kerja, kita bisa memilih ingin fokus di perangkat lunak, perangkat keras, sistem informasi dan IT business development. Seorang IT Manager dalam industri teknik informatika rata-rata mendapatkan gaji sebesar Rp. 16 – Rp. 32,5 juta per bulan. Sedangkan seorang senior software developer atau software engineer digaji sebesar Rp. 12 – Rp. 14 juta per bulan dengan pengalaman kerja lebih dari dua tahun. Bahkan untuk seorang pemula saja bisa mengantongi gaji Rp. 5 – Rp. 7 juta sesuai tingkat kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

 

4. Staf Perbankan

Photo via : https://lmi-ukfranchise.com

Profesi selanjutnya yang memiliki gaji tinggi di Indonesia adalah staff perbankan. Setiap tahunnya, tentunya setiap bank menjaring lulusan baru untuk bergabung di perusahaan. Kalian juga harus tahu, tidak hanya jurusan perbankan saja yang bisa bergabung, hampir semua jurusan dapat bekerja di bank. Untuk gaji awal biasanya berkisar Rp. 5 juta, namun untuk selanjutnya jika sebagai pengontrol keuangan maka di gaji sebesar Rp. 100 juta dan direktur keuangan juga dibayar sebesar Rp. 120 juta hingga Rp. 250 juta. Wow…gaji yang sangat menggiurkan.

 

5. Manajer Keuangan

Photo via : https://www.jurnal.id

Profesi lainnya yang memiliki gaji tinggi di Indonesia yaitu Manajer Keuangan. Bekerja di industri keuangan kamu bisa mengantongi gaji yang tinggi. Hal ini karena tugas yang dipikulnya memang sepadan karena membutuhkan individu yang jujur, tekun dan teliti. Manajer keuangan di Indonesia di gaji sekitar Rp. 10 juta sampai Rp. 16 juta per bulan. Sedangkan pada PT Pricewaterhouse Coopers Indonesia Advisory digaji sekitar Rp. 30 juta untuk asisten manajer kuangan dan financial audit sekitar Rp. 34,3 juta per bulan. Gimana tertarik bekerja sebagai manajer keuangan ?

 

6. Manajer Pemasaran

Photo via : https://www.dictio.id

Menjadi seorang manajer pemasaran merupakan sebuah profesi yang vital. Hal ini karena manajer pemasaran bertanggung jawab untuk mengelola sistem pemasaran meliputi stategi dan analisis pasar. Seorang manajer pemasaran mendapat gaji sebesar Rp. 11 juta per bulan. Untuk PT. Lautan Luas Tbk membayar manajer pemasaran sebesar Rp. 63,3 juta per bulan.

 

7. Ahli Pertambangan

Photo via : http://doriapriman.blogspot.com

Profesi satu ini juga memiliki gaji tertinggi di Indonesia. Namun sayangnya tidak setiap tahun lulusan teknik pertambangan mendapatkan pekerjaan di bidang ini karena tidak setiap tahun dibuka lowongan. Hal ini dikarenakan tergantung dengan keadaan di lapangan. Selain itu, seseorang yang bekerja dipertambangan harus menerima resiko bekerja jauh dari rumah. Hal ini juga sebanding dengan gaji yang didapatkan. Untuk fresh graduates di industri digaji sebesar Rp. 11 juta – Rp. 12 juta. Sementara untuk menengah dan senior digaji sebesar Rp. 32 juta per bulan. Sedangkan untuk level Chief Operating Oficer digaji sebesar Rp. 150 juta hingga Rp. 300 juta. Hal ini sangat wajar karena untuk menjadi seorang ahli geologi yang cakap dibidangnya dibutuhkan pendidikan dan pengalaman yang cukup lama.

 

8. Ahli Teknik Perminyakan dan Gas

Photo via : https://guardian.ng

Profesi satu ini juga menawarkan gaji tertinggi di Indonesia. Biasanya lowongan yang dibuka di perusahaan minyak dan gas ini yaitu Ahli Geologi, Petroleum Engineer, Engineering Technologist. PT. Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional memberikan gaji rata-rata untuk fresh graduate minimal Rp. 11,3 juta hingga Rp. 15 juta per bulan. Bisa kamu bayangkan berapa gaji yang di dapatkan jika bekerja di perusahaan minyak international seperti Chevron. Untuk seorang fresh graduates gajinya saja bisa mencapai Rp. 15 juta, sedangkan di Total Oil Indonesia fresh graduates digaji sekitar Rp. 12 juta per bulan. Untuk menengah dan senior dalam sebulan bisa digaji Rp. 30 juta hingga Rp. 32,5 juta per bulan.

 

9. Ahli Fisika

Photo via : http://www.prisma.uni-mainz.de

Saat kamu bersekolah tentunya mata pelajaran Fisika ini merupakan salah satu pelajaran yang sangat sulit. Namun tahukah kamu, jika gaji ahli Fisika itu bisa dibilang tinggi. Seorang ahli Fisika memperoleh gaji sebesar Rp. 1,48 miliar per tahun. Karir untuk ahli fisika atom, optik, astrofisika, fisika partikel dan fisika kedokteran. Selain itu perlu diperhatikan, untuk semua jenis profesi, status universitas juga jadi penentu. Lulusan universitas elite dan bergengsi juga berpotensi memiliki gaji yang lebih tinggi.

 

10. Human Resources Manager

Photo via : https://www.wisegeek.com

Pada tahun 2018 ini, seorang manajer HRD ada yang memiliki gaji diatas Rp. 30 juta. Berdasarkan data dari job-like, beberapa perusahaan menggaji HRD Manager dengan angka fantastis. Seperti Kalbe Farma yang menggaji HRD Manager sekitar Rp. 32,5 juta lalu PT. Indofood Rp. 55 juta per bulan. Hal ini sebanding dengan beban kerjanya karena bertugas mengepalai sebuah departemen yang fungsinya merekrut dan memberdayakan sumber daya manusia terbaik demi kelangsungan perusahaan.

 

11. Ahli Kontruksi

Photo via : https://rimkus.com

Teknik sipil saat ini masih menjadi salah satu jurusan yang paling diincar di Indonesia. Pekerjaan yang berkaitan dengan kontruksi ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Proyek pembangunan akan selalu kamu temukan dimanapun, terutama saat Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur. Seorang project manager akan diberi gaji sebesar Rp. 30 juta hingga Rp. 70 juta per bulan. Tentunya gaji yang besar ini mengemban tugas yang berat karena harus memiliki kemampuan membuat tim proyek agar tetap solid, mampu memonitor dan mengontrol budget. Untuk ahli kontruksi dengan pengalaman dibawah 5 tahun digaji sekitar Rp. 7 juta – 15 juta. Untuk ahli kontruksi dengan latar belakang pendidikan s3 yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun bisa digaji sebesar Rp. 60 juta per bulan.

 

12. Chief Executive Officer (CEO)

Photo via : https://rodgerstownsend.com

Chief Executive Officer merupakan salah satu profesi yang memiliki gaji yang tinggi di Indonesia. Pada umumnya posisi ini ditunjuk oleh dewan direksi sebuah perusahaan. Seorang CEO di perusahaan bisa mendapatkan gaji Rp. 37,5 juta. Untuk PT. Garuda Indonesia, gaji CEO bisa mencapai Rp. 80 juta per bulan. Gaji tersebut belum termasuk kompensasi dan gaji tersebut masih dibilang kecil jika dibandingkan dengan CEO dari perusahaan asing.

 

13. Pilot Pesawat Komersial

Photo via : https://www.hwca.com

Bukan rahasia lagi jika pilot memiliki gaji yang tinggi di Indonesia. Setiap pengendara transportasi tentunya memiliki risiko masing-masing, namun pilot memang memiliki resiko yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan pengendara transportasi lainnya. Menjadi seorang pilot tidaklah mudah, sekolah penerbangan yang mahal dan seleksi untuk masuk ke sekolah penerbangan itu sangatlah ketat, belum lagi tuntutan akan jam terbang yang tinggilah yang membuat seorang pilot bergaji tinggi. Biasa dibilang profesi kapten burung besi ini rata-rata Rp. 40 juta hingga Rp. 50 juta per bulan. Untuk pilot pemula yang baru mengantongi commercial pilot license Rp. 30 juta per bulan. Menurut manajemen Garuda Indonesia, penghasilan pilot yunior di maskapai pelat merah ini pada tahun pertama mendapatkan Rp. 60 juta. Pendapatan itu terdiri dari gaji plus tunjangan lain dan akan bertambah seiring dengan bertambahnya masa kerja dan jam terbang. Seorang kapten senior di maskapai Garuda Indonesia bisa memiliki penghasilan bekisar Rp. 100 juta sampai Rp. 150 juta. Hal ini belum termasuk benefit noncash seperti tunjangan kesehatan, asuransi personal, lost of flying licence, iuran pensiun, kesehatan pensiun, penghargaan masa kerja dan penghargaan pensiun yang bervariasi di setiap maskapai. Tak heran jika profesi ini sangat menggiurkan.

 

14. Anggota DPR

Photo via : https://www.radioidola.com

Anggota DPR merupakan salah satu profesi yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia, bahan dapat peringkat ke 4 terbesar di dunia. Mirisnya masih banyak rakyat Indonesia yang berada dalam garis kemiskinan. Belum lagi para anggota yang melakukan korupsi dan memperkaya diri sendiri. Pastinya kalian penasaran kan berapa gaji para anggota DPR Indonesia ? Dalam sebulan seorang anggota DPR mendapat tunjangan listrik Rp. 7,7 juta, tunjangan aspirasi Rp. 7,2 juta, tunjangan kehormatan Rp. 5,5 juta, tunjangan komunikasi Rp. 15 juta dan tunjangan pengawasan Rp. 3,7 juta ditambah dengan gaji pokok sebesar Rp. 15 juta sehingga total gaji mereka bisa mencapai Rp. 46 juta per bulan atau Rp. 554 juta per tahunnya. Hmm…gaji yang sangat fantastis untuk orang-orang yang hanya duduk mewakili suara rakyat dan kerjanya ?

 

15. Pengacara

Photo via : https://differencecamp.com

Pengacara juga bisa dibilang merupakan salah satu profesi yang memiliki gaji tinggi. Gaji-gaji orang yang bekerja dalam bidang hukum ini bisa mencapai miliaran lho. Seperti Direktur Hukum gajinya mencapai Rp. 2,1 miliar per tahun atau Penasehat Hukum gajinya mencapai Rp. 1 miliar hingga Rp. 1,2 miliar per tahun. Berarti gaji setiap bulannya itu sebesar Rp. 83 juta sampai Rp. 100 juta per bulan, pantas saja pengacara kondang hobi foya-foya.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >