Daftar Penyakit Yang Paling Banyak Diderita Oleh Penduduk Indonesia



Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit, entah itu sakit ringan seperti flu, sakit kepala ataupun diare. Namun karena pola hidup yang kurang baik, berbagai macam penyakit lainya dapat timbul dengan mudah. Di Indonesia sendiri ada beberapa nama penyakit yang sering diderita oleh penduduknya, dari penyakit ringan hingga parah, berikut ulasannya.

1. Jantung Koroner

photo via : funnyjunk.com

Pembunuh nomor satu di Indonesia adalah penyakit Jantung Koroner, sebab sebanyak 35% penduduk Indonesia meninggal karena penyakit fatal satu ini. Hal seperti ini terjadi lantaran gaya hidup penduduk Indonesia yang bisa dibilang kurang sehat. Seperti kebiasaan merokok aktif, kebiasaan memakan olahan daging tanpa diimbangi olahraga dan lain sebagainya, yang dapat membuat tubuh menimbun lemak sehingga dapat menghambat aliran darah ke jantung, secara yang kita tahu sendiri, jantung menjadi salah satu organ penting yang berfungsi untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

2. Diabetes Mellitus (Kencing Manis)

photo via : http://guiadeprevencao.com.br

Selain jantung koroner, penduduk Indonesia juga banyak menderita bahkan meninggal akibat penyakit Diabetes Mellitus atau yang orang awam sebut dengan penyakit Kencing Manis. Diabetes Mellitus ini merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat sisetem metabolisme tubuh yang terganggu. Di Indonesia sendiri, ada banyak pasien Diabetes Mellitus yang datang dari beraneka ragam kasus. Ada yang menderita penyakit ini lantaran memiliki riwayat keluarga yang juga mengidap diabetes militus ada juga pasien yang datang lantaran memiliki pola hidup yang kurang baik seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda dan manis secara terus-menerus, kebiasaan merokok dan juga minum alkohol. Penderita diabetes militus ini biasanya menyerang mereka yang berusia diatas 40 tahun, yang dalam hidupnya kurang memperhatikan pola makan, kurang berolahraga, sering stress dan juga memiliki obesitas.

3. Tuberkolosis (TBC)

photo via : www.pentapostagma.gr/

Ancaman terbesar penduduk Indonesia adalah penyakit Tuberkolosis yang biasa kalian sebut sebagai TBC. Indonesia sendiri merupakan negara dengan penduduk penderita TBC terbesar ke tiga didunia. Bayangkan berapa banyak orang Indonesia yang mengidap penyakit ini! TBC sendiri merupakan penyakit yang sangat gampang menular akibat adanya infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan disebabkan oleh mikrobakterium tuberkolosis. Mereka yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi memiliki resiko tinggi terserang TBC. Kalian yang pecandu rokok atau narkoba juga beresiko tinggi terserang penyakit ini. Mereka yang sistem kekebalan tubuhnya menurun karena mengidap HIV/AIDS dan diabetes juga sangat rentan dengan penyakit TBC ini. Bahkan para petugas medis yang berinteraksi langsung dengan pasien Tuberkolosis bisa beresiko tertular penyakit mematikan ini.

4. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

photo via : jualproduktiens.com

Sebagian besar penduduk Indonesia yang telah melewati usi 20 tahun memiliki penyakit Hipertensi alias tekanan darah tinggi. Hipertensi ini terjadi akibat kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Hal ini disebabkan lantaran pola makan penduduk Indonesia yang kurang baik, sebab tanpa kita sadari sebagian besar makanan-makanan yang ada di Indonesia yang sering kita makan mengandung kadar garam yang tinggi. Kadar garam yang tinggi inilah dapat memicu terjadinya hipertensi pada diri kalian. Selain itu, jarang berplahraga, kurang mengkonsumsi buah dan sayuran, terlalu banyak meminum kopi dan alkohol serta memiliki riwayat penyakit hipertensi dari keluarha juga dapat menyebabkan resiko terserang hipertensi lebih tinggi.

5. Stroke

photo via : hcah.in

Penyakit yang banyak di derita oleh penduduk Indonesia rata-rata memang masuk dalam kategori mematikan, karena selain penyakit diatas, penyakit Stroke juga mengancam nyawa rakyat Indonesia. Stroke dapat menyerang seseorang karena suatu kondisi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan, dan hal itu menyebabkan kematian sel-sel di sebagian area otak, maka dari itu orang stroke tidak dapat memerintah tubuhnya untuk bergerak. Siapa saja memang berpotensi terserang penyakit stroke tanpa terkecuali jika mereka tidak menjaga pola makan sehat dan tidak menjalani gaya hidup sehat. Namun dalam beberapa kasus, penyakit ini lebih tinggi menyerang mereka yang memiliki riwayat keluarga yang juga pernah menderita stroke serta mereka yang usianya telah menginjak usia 60 tahun ke atas. Stroke juga dapat muncul ketika seseorang menderita gangguan jantung, memiliki hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi.

6. Kanker

photo via : indowarta.com

Penyakit mematikan selanjutnya yang sering mengancam kesehatan penduduk Indonesia adalah Kanker. Hampir semua organ dalam tubuh dapat terserang Kanker dan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat mengakibatkan kematian. Kanker sendiri merupakan kondisi abnormal pada sel tubuh dan berkembang lebih cepat secara tidak wajar. Resiko kanker lebih tinggi menyerang mereka yang memiliki riwayat kanker sebelumnya pada keluarganya. Selain itu faktor terbesar seseorang dapat terserang kanker adalah faktor lingkungan seperti kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, sering mengkonsumsi makanan cepat saji. Selain itu kanker juga bisa disebabkan oleh virus dan bakteri yang ada dalam tubuh. Polusi dan radikal bebas, tingkat stress yang tinggi dan ketidak seimbangan hormonal juga merupakan pemicu utama munculnya kanker.

7. Penyakit Paru-Paru

photo via : http://kondisiumum.com

Seperti yang kita tahu, Indonesia memang salah satu negara dengan polusi udara yang lumayan parah, asap kendaraan, asap pabrik hingga asap rokok berbaur menjadi satu dengan udara yang kita hirup. Tak heran jika banyak penduduk Indonesia yang menderita penyakit paru-paru. Penyakit paru-paru sendiri terjadi akibat adanya cairan yang ada dalam paru-paru disebabkan oleh pulmonary alveolus yang berfungsi untuk menyerap oksigen dari atmosfer meradang. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan yang kotor dan tinggal didekat kawasan industri serta padat penduduk. Kalian yang kecanduan merokok juga beresiko sangat tinggi terkena penyakit paru-paru.

8. Diare

photo via : kumparan.com

Walau terdengar sepele, namun diare merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian pada semua umur tanpa terkecuali. Sehingga penyakit ini perlu segera penanganan secepatnya. Kebanyakan dari penderita diare adalah balita. Penyakit diare sendiri diakibatkan oleh makanan dan minuman yang kurang higienis, seperti terkontaminasi oleh bakteri, parasit atau virus, yang mana pada akhirnya menyebabkan seseorang mengalami infeksi pada usus. Selain itu efek dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat memicu diare. Faktor psikologis seperti gelisah juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami diare. Sering minum alkohol dan kopi juga merupakan pemicu gangguan diare.

9. Demam Berdarah

photo via : www.hindustantimes.com

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Faktor lingkungan yang kotor dan lebab menjadi salah satu faktor penyakit demam berdarah ini merebak. Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus dengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dari segala jenis umur dan gender. Penyakit ini membuat seseorang mengalami panas dengan suhu tubuh sangat tinggi disertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, otot dan tulang serta nyeri pada bagian belakang mata. Penyakit ini dapat mengakibatkan kematian jika salah dan telat penanganan. Cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah adalah dengan membersihkan area rumah, tutup bak mandi, dan jangan biarkan ada air yang bergelinang di suatu wadah atau tempat sampah karena tempat seperti itu diseukai nyamuk untuk berkembang biak. Lakukan penyemprotan pada rumah secara rutin dengan menggunakan cairan pembasmi nyamuk.

10 HIV/AIDS

photo via : http://abisnis.com

Penyakit mematikan yang paling banyak mengancam nyawa penduduk Indonesia adalah HIV/AIDS. Pergaulan bebas yang telah menjadi gaya hidup sebagian penduduk Indonesia ini membuat resiko seseorang mengidap panyakit HIV/AIDS semakin tinggi. HIV/AIDS sendiri merupakan kumpulan gejala penyakit yang diakibatkan oleh menurunnya kekebalan tubuh yang dimiliki seseorang sehingga membuat penderita sangat rentan terhadap berbagai penyakit bahkan pada penyakit ringan sekalipun. Seperti yang kita tahu, penyebaran penyakit HIV/AIDS terjadi akibat melakukan hubungan seks yang tidak aman, bergonta ganti pasangan, bergantian menggunakan narkotika suntik. Penularan HIV/AIDS sangat mudah, melalui cariran tubuh saat melakukan seks hingga melalui darah. Ibu yang mengidap HIV/AIDS pun dapat menularkan penyakitnya pada sang anak saat dirinya menyusui sang bayi.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >