Dampak Buruk Akibat Terlalu Sering Begadang

    Kesehatan, Info

Bagi orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, mungkin begadang adalah suatu yang biasa bagi mereka. Menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam hingga menonton hiburan kesekaan yang ditayangkan tengah malam di televisi memang menjadi alasan utama untuk kita begadang. Apalagi mereka yang sedang duduk di bangku kuliah, sepertinya kalimat tiada hari tanpa begadang mengerjakan tugasa adalah yang paling cocok untuk menggambarkan situasi mereka. Bahkan kebiasaan begadang para mahasiswa ini bi berlanjut setelah mereka lulus kuliah dan menjadi insomnia.

Banyak dari kita, yang menyepelekan dan tidak mempedulikan efek samping dari begadang. Padahal dampak dari terlalu sering begadang bukan hanya menyebabkan kelehan fisik, namun dapat menyebabkan kanker hati, kerusakan jantung dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu berikut beberapa dampak buruk dan organ-organ tubuh yang akan rusak bila terlalu sering begadang.

1. Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh

photo via : http://www.health.com

Begadang bareng temen memang seru apalagi kalau sambil nongkrong di cafe atau sambil menonton bola. Namun keseruan tersebut tidak sebanding dengan efek buruk yang diakibatkan dari kebiasaan begadang. Saat begadang, tubuh dipaksa bekerja terus menerus tanpa ada jeda waktu istirahat yang cukup, sehingga tubuh menjadi lelah dan mengganggu kesehatan dan daya tahan tubuh kita akan menurun. Begadang juga dapat merusak sel darah putih yang berguna untuk memperkuat sistem imun. Dan hal tersebut akan membuat tubuh kita lebih rentan terhadap penyakit maupun berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu, demam, infeksi paru-paru, infeksi usus, hepatitis, dan lain sebagainya.

2. Sakit Kepala

photo via : http://gwinnettmedical.blogspot.co.id

Kurang tidur yang terus menerus dapat mengakibatkan rusaknya sel otak sehingga dapat menimbulkan gangguan pada kepala, seperti pusing ataupun sakit kepala. Hal ini dikarenakan otak kurang mendapatkan waktu untuk istirahat. Apalagi bagi yang pertama kali melakukan begadang, efek tersebut akan semakin terasa saat bangun tidur.

3. Obesitas/Peningkatan berat badan

photo via : www.eurekalert.org

Kurang tidur dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme lemak dalam tubuh. Sehingga mengakibatkan tubuh menjadi cepat gemuk karena lemak akan lebih cepat untuk disimpan. Selain itu, seseorang yang sering begadang lebih banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, hal ini disebabkan kondisi suhu pada malam hari lebih dingin dan pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya obesitas.

4. Mempengaruhi Kesuburan

photo via : http://www.magwuzz.com

Bagi wanita yang suka begadang, ternyata begadang juga dapat mempengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum. Hal ini yang mempengaruhi siklus menstruasi kalian menjadi tidak lancar. Sedangkan bagi pria, begadang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

5. Insomnia

photo via : www.supermumpreneur.com

Sering begadang dapat menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk tidur atau biasa dikenal dengan insomnia. Hal ini terjadi karena tubuh akan menyesuaikan diri sehingga sudah menjadi terbiasa dengan jam tidur larut malam. Dan hal ini biasanya menyerang para mahasiswa yang lagi skripsian, setuju gak?

6. Stroke

photo via :http://natural-health-journals.com

Tubuh dan sistem organ dalam tubuh memerlukan istirahat di waktu malam hari seusai beraktivitas di siang harinya. Namun, apabila tubuh kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah ke jantung yang berujung stroke dan yang lebih parah serangan jantung.

7. Penyakit Jantung

photo via : www.basemedical.com

Begadang juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung yang disebabkan oleh kurang tidur. Selain itu, sering mengkonsumsi kopi atau kebiasaan ngopi setiap malam di café atau warung juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Waktu tidur malam yang kurang dari 8 jam dapat menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat resiko penumpukan plak pada yang menyumbat pembuluh darah manusia menjadi meningkat. Hal ini dikarenakan meningkatkan kadar protein C-kreatif (CPR) dalam tubuh. Selain itu kurang tidur malam juga mengakibatkan gejala apnea, dimana udara yang masuk kedalam paru-paru saat tidur melalui hidung dan mulut sangat sedikit jumlahnya.

8. Diabetes

photo via : http://www.imedlevante.com

Saat tidur, kadar gula tubuh menurun, karena gula dalam tubuh banyak dipakai oleh hati pada proses detoksifikasi. Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar pada diabetes. Jadi, seseorang yang sering begadang akan menjadi rentan mengidap diabetes. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Orfeu Buxton di Boston’s Brigham dan Women’s Hospital menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam pada malam hari dapat berisiko terkena diabetes tipe-2.

9. Memicu Tumbuhnya Kanker

photo via : ivf-de.org

Menurut sebuah riset yang dilakukan di Negri sakura Jepang, menemukan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan begadang dan memiliki waktu istirahat kurang dari 6 atau 8 jam setiap malam bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara. Orang yang memiliki kebiasaan tidur kurang dari 6 jam lebih rentan terkena kanker usus besar yaitu persentasenya sekitar 47%. Selain itu tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang juga merupakan penyebab paling utama munculnya kerusakan hati, yang bisa berujung kanker hati.

10. Memicu Alzheimer

photo via : www.kitamuda.id

Seorang profesor dari Neurology Washington University, bernama Dr Yo-El Ju, manyatakan bahwa kurang tidur ternyata dapat memicu Alzheimer. Sebab jika kurang tidur, maka otak sesehat apapun akan memiliki kandungan protein penyebab Alzheimer yang tinggi. Maka dari itu waktu tidur yang cukup sangat bagus, sebab dapat mengurangi kadar amyloid beta (protein penyebab alzheimer-Red) di otak. Walaupun tak langsung merasakan efeknya, namun penyakit ini akan mulai terasa setelah 10 hingga 15 tahun kedepan.

11. Gangguan Pada Kulit

photo via : www.rejuvaustralia.com.au

Akibat sering begadang yang bisa dengan mudah kita lihat adalah gangguan kulit. Warna kulit pucat, mata bengkak, kulit menjadi kusam, timbulnya garis-garis halus pada wajah serta adanya lingkaran hitam dibawah mata adalah beberapa dampak yang mudah terlihat jika kalian sering begadang. Selain itu begadang juga dapat memicu pertumbuhan jerawat yang sangat mengganggu. Orang yang kurang tidur, tubuhnya akan melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit, atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis. Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan yaitu hormon yang dapat membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.

12. Anemia

photo via : www.punjabi.dailypost.in

Begadang juga dapat menyebabkan anda kekurangan darah atau anemia, hal ini disebabkan karena hormon dan produksi sel darah merah terganggu akibat metabolisme tubuh yang tidak seimbang.

13. Masuk Angin

photo via : http://healthyliving.natureloc.com

Kebiasaan begadang juga sering membuat kalian terkena masuk angin. Apalagi bagi kalian yang belum terbiasa begadang, jika sekalinya begadang kalian akan merasa tak enak badan, bisa masuk angin. Gejala awal masuk angin biasanya timbul keringat dingin, pusing dan mual-mual.

14. Hipertensi

photo via : www.vebma.com

Terlalu banyak begadang akan membuat seseorang menjadi kurang tidur sehingga dapat memicu stress yang cukup tinggi. Hal ini dapat terjadi karena pikiran dan tubuh fisik tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Kemudian akan berakibat pada stres yang berkepanjangan dan memicu munculnya tekanan darah tinggi yang kronis.

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >