Perbandingan Antara BTS vs EXO, Siapa Yang Lebih Unggul?

1 bulan lalu

EXO vs BTS - Siapa lebih unggul

BTS dan EXO merupakan salah satu boygrup asal Korea Selatan yang namanya sudah terkenal hingga ke seluruh dunia. Siapa sih yang zaman sekarang tidak mengenal Idol Kpop generasi ketiga ini? Sejak debut pada tahun 2013 lalu, BTS selalu saja disandingkan dengan EXO yang berasal dari SM Entertainment dimana salah satu agensi terbesar di Korea Selatan. Kedua boygroup ini dianggap sebagai raksasa di industri per-Kpop-an, karena sama-sama kuat di industri kpop sudah bukan rahasia umum lagi jika Army (sebutan penggemar BTS) dan EXO-L (penggemar EXO) sering kali terlibat fan war. Dua fandom besar ini sering sekali terlibat persaingan untuk membuktikan bahwa idola mereka lebih baik satu sama lainnya, mereka juga sering sekali cekcok hingga saling menyindir di akun media sosial. Perdebatan antara kedua fandom ini mulai sering terjadi sejak tahun 2015, mereka sering ribut karena meributkan hal yang sederhana dan hingga kini EXO-L dan Army masih sering terlibat fanwar. Karena sering terjadi fanwar, kira-kira siapa yang lebih baik antara EXO dan BTS? Berikut ini perbedaannya

1. Agensi

SM Entertainment

Photo via : http://karenmeetsworld.com

EXO merupakan boygroup yang beranggotakan sembilan anggota yaitu Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O, Kai, Sehun, Xiumin, Lay dan Chen, dimana boygroup ini dibentuk oleh agensi terbesar di Korea Selatan yaitu SM Entertainment. Agensi ini didirikan pada tahun 1995 oleh Lee Soo Man, selain itu SM Entertainment ini terkenal memiliki artis-artis ternama seperti BoA, Super Junior, Shinee, F(x), Red Velvet dan terbaru NCT. Agensi ini juga dibilang memiliki standar penerimaan yang paling tinggi, tak hanya bakat dalam menyanyi dan menari mereka juga harus memiliki wajah yang cantik alami. Tak heran jika agensi ini dijuluki agensi taman bunga, karena memang semua artisnya cantik, tampan dan berbakat. Meskipun EXO berada di agensi besar, namun mereka merintis karir mulai dari nol sama seperti idol-idol pada umumnya.

Big Hit Entertainment

Photo via : http://darikorea.blogspot.com

BTS merupakan boygroup yang beranggotakan dari Rap Monster, V, Jin, Suga, J-Hope, Jimin dan Jungkook, dimana BTS ini dibentuk oleh agensi Big Hit Entertainment. Agensi ini didirikan pada tahun 2005 oleh produser musik dan mantan komponis JYP bernama Bang Si Hyuk. Saat ini agensi ini tidak hanya memiliki BTS sebagai artisnya karena BTS saat ini telah memiliki adik baru yaitu TXT (Tomorrow X Together). Meskipun tidak banyak memiliki bintang dibawah naungannya, agensi ini mampu meraih kesuksesan bersama BTS yang memang sudah dikenal hingga keseluruh dunia. Berkat kesuksesan BTS, Big Hit Entertainment juga pindah ke gedung yang baru, dimana ukurannya lebih besar dari sebelumnya.

2. Genre Musik

EXO

Photo via : https://m.post.naver.com

Untuk genre musik, EXO sendiri beraliran K-pop, Electropop, R&B, Hip-hop, EDM, Dance-pop, Mandopop dan J-pop. Setiap EXO comeback dengan album barunya, mereka selalu menyuguhkan genre musik yang berbeda dan menyajikan nuansa musik lebih segar. Sehingga membuat penggemarnya tidak pernah bosan dan selalu excited setiap mendengar mereka akan comeback.

BTS

Photo via : https://weheartit.com

Untuk BTS sendiri genre musik mereka beraliran K-pop, Hip hop, R&B dan EDM. Sama halnya seperti EXO, BTS selalu ditunggu-tunggu dengan album barunya yang pastinya sangat dinantikan para Army. Dengan berbagai macam genre musik, lagu mereka sangat mudah untuk menarik perhatian.

3. Arasemen dan Lirik Lagu

EXO

Photo via : https://aminoapps.com

Member EXO memang dikenal memiliki bakat untuk menulis lirik lagu dan mengaransemenkannya. Ada member EXO yang memiliki bakat tersebut seperti Chanyeol yang terbilang cukup aktif dalam menulis lagu dan Lay yang menghasilkan berbagai lagu bergenre hip hop . Selain itu SM Entertainment juga memiliki penulis lagu yang terkenal dan berkerja sama dengan perusahaan musik dunia, dimana mereka juga mengambil andil dalam menulis lagu-lagu yang akan dibawakan oleh EXO.

BTS

Photo via : https://www.grammy.com

Member BTS juga memiliki orang-orang berbakat yang bisa menciptakan lagu seperti Rap Monster dan Suga, bahkan mereka sudah banyak sekali menciptakan lagu. Mereka bisa mengambil inspirasi darimana saja untuk membuat lagu. Selain itu, ada beberapa penulis lagu yang ikut ambil andil dalam penulis lagu untuk BTS. Penulis lagu ini pun juga terkenal memproduksi lagu untuk artis-artis terkenal baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

4. Leader Dalam Grup

EXO

Photo via : https://www.instagram.com/kimjuncotton

Semuanya pasti juga sudah tahu jika yang menjadi leader di EXO adalah Kim Jun Myeon atau yang dikenal dengan nama panggung Suho. Bukan rahasia lagi jika Suho termasuk orang yang tenang dan dewasa bahkan lebih dewasa dari umurnya, maka dari itu dia ditunjuk sebagai leader. Selain itu, Suho juga dikenal termasuk orang yang kaya raya, dia juga bisa dibilang ATM berjalannya EXO karena dia tidak pernah merasa keberatan untuk membelikan atau mentraktir membernya. Suho juga termasuk orang yang mampu menahan air matanya, Suho tidak akan meneteskan air matanya dihadapan para member ataupun EXO-L. Tak hanya itu saja, Suho akan menjaga dan memperhatikan semua member dan mendengarkan masalah mereka.

BTS

Photo via : https://www.instagram.com/bighit_ent

Bukan menjadi rahasia lagi jika RM adalah leader dari boygroup BTS yang bertanggung jawab terhadap para membernya. RM juga dikenal baik hati dan bersikap dewasa dan mampu bertutur kata dengan bijak ketika ada pertanyaan mengenai dirinya ataupun BTS. RM juga dikenal sangat menyayangi para membernya, bahkan meskipun mereka sedang tidak bersama RM akan tetap memikirkan mereka. RM berharap keadaan membernya tetap baik-baik saja dan selalu sehat.

5. Maknae Dalam Grup

EXO

Photo via : https://wolipop.detik.com

Di EXO posisi maknae ditempati oleh Sehun yang dikenal memiliki bentuk badan yang seksi dan wajah yang tampan dan tentunya gaya fashion yang menawan. Sehun juga dikenal sebagai maknae yang sangat menyayangi para hyung-hyung-nya di EXO. Ia juga pernah memberikan dukungan pada hyung-nya dengan menyematkan diri hadir ke acara fan0meeting EXO CBX dan pernah juga membawakan bunga saat press conference di film baru D.O. Meskipun terlihat sangat keren, ternyata Sehun sangat takut tidur sendirian di dalam kamar yang luas dan mengajak beberapa member EXO untuk menemaninya. Sehun juga memiliki sifat manja dengan hyung-hyungnya, ia akan selalu mencari perhatian dari semua member dan suka menjahili hyung-hyungnya. Ia juga suka sekali meminta diperhatikan sama D.O dan Suho.

BTS

Photo via : https://www.zedge.net

Di BTS yang menempati posisi maknae yaitu Jungkook, Jungkook juga mendapatkan julukan evil maknae karena perbuatannya terhadap para anggota BTS lainnya. Jungkook juga tidak akan memanggil para member yang lebih tua dengan sebutan hyung, namun dia akan langsung memanggil dengan namanya. Jungkook juga sering menggunakan bahasa informal terhadap para hyungnya di BTS. Jungkook juga sering sekali mengatakan Jimin memiliki tubuh yang kecil dan aneh. Maknae ini juga sering jahil kepada para membernya yang lain seperti Jimin. Meskipun dijuluki evil maknae namun hubungan mereka sesama member BTS sangat dekat.

6. Rap Line

EXO

Di EXO rapper linenya terdiri dari Chanyeol, Sehun dan Kai, dilihat dari asalnya yaitu SM Entertainment dimana agensi tersebut sebagian besarnya berfokus pada vokal dan dapat dilihat siapa yang lebih baik dalam hal Rapper jika dibandingkan dengan BTS. Jika dibandingkan antara Chanyeol, Sehun dan Kai, Chanyeol yang lebih menonjol ketimbang dari dua member lainnya. Selain itu, Chanyeol sendiri mengikuti audisi di SM sebagai penyanyi dan Sehun, Kai mengikuti audisi sebagai penyanyi dan penari.

BTS

Di BTS, rapper linenya terdiri dari RM, Suga dan J-Hope, dimana mereka memang terkenal dengan keterampilan rap-nya. Jika membandingkan dengan line rap, bsia dibilang BTS lebih unggul ketimbang EXO. Hal ini bukannya mencenci EXO tapi karena line rap BTS memiliki teknik dan aliran yang lebih baik. Namun rapper dari EXO juga memiliki teknik sendiri dengan cara mereka sendiri. Dan yang perlu di ingat, kedua kelompok ini memiliki gaya masing-masing yang tidak bisa disama ratakan.

7. Vokal Line

EXO

Vokal line dalam grup EXO yaitu Chen, Baekhyun, Xiumin, D.O, Lay dan Suho. Chen memiliki jenis suara yang khas dan sangat pandai untuk nada-nada tinggi, pastinya kalian hafal betul bagaimana suara Chen yang khas itu. Baekhyun, Baekhyun memiliki jenis suara yang khas dan dikenal memiliki kemampuan untuk mengambil bagian dalam genre musik apapun, selain itu dalam groupnya dia memiliki porsi menyanyi lebih banyak ketimbang yang lainnya. Xiumin. anggota EXO tertua ini juga memiliki suara yang sangat enak di dengar dan menarik, hanya saja dia kurang menonjol dari yang lainnya. D.O, anggota member EXO ini memang dikenal memiliki wajah yang datar tapi siapa sangka dia memiliki suara yang merdu dan paling stabil diantara semua member EXO, D.O juga cocok membawakan lagu ballad yang sesuai dengan karakter suaranya. Lay memang terkenal multitalent dan dikenal memiliki suara yang tak kalah dari yang lainnya, kamu akan terhayut dalam lembutnya suara Lay ketika menyanyikan lagu genre ballad. Terakhir Suho, guardiannya EXO ini tak hanya dikenal dengan ketampannya saja namun dia juga memiliki suara yang lembut. Vokal line dari agensi SM Entertainment ini memang dikenal memiliki suara yang bagus-bagus dan unik-unik, selain itu pada saat performance stage live mereka tetap bernyayi dengan stabil bahkan dengan koreografi yang sulit dan menguras tenaga.

BTS

Vokal line di BTS yaitu Jungkook, V, Jin. Jungkook adalah main vokal dalam BTS dan tak heran lagi karena suaranya memang bagus, Jungkook juga memiliki kontrol suara yang bagus serta memiliki warna suara yang lembut tak heran jika urusan vokal ia menjadi member yang dapat diandalkan. Selain itu, Jungkook juga dikenal hobi mengcover lagu barat seperti penyanyi Charlie Puth. Taehyung atau V juga dikenal memiliki toner suara yang lebih dalam dan maskulin, range vokalnya juga bisa dibilang lebih lebar dari member lainnya. Dia juga mampu membawakan lagu-lagu dengan teknik falsetto. Terakhir Jin, Jin dikenal memiliki suara yang mampu menjangkau nada-nada tinggi walaupun dia tidak handal dalam teknik, tapi Jin dapat diandalkan pada saat tampil secara live. Salah satu yang cukup populer dari kalangan fans yaitu pada saat Jin menyanyikan lagu Let Me Know yang sangat sulit ditandingi oleh vokalis lainnya.

8. Dance Performance

EXO

Jika soal dance performance EXO tak perlu diragukan lagi, semua member EXO memiliki kemampuan dance yang luar biasa. Tak hanya powerful, mereka juga kompak dalam hal menari, semua juga tahu idol kpop yang memiliki member banyak sangat sulit sekali kompak dalam menari. Selain itu karena memiliki banyak member sangat sulit sekali mengsinkronisasikan gerakan. Tapi meskipun begitu dengan latihan mereka membuktikan kelebihan mereka dalam dance yang memiliki koreografi yang sulit sekalipun.

BTS

Para Army pastinya sudah tau jika bakat terbesar BTS adalah dance dan koreografinya. Koreografi mereka unik dan berbeda dari idol-idol kpop lainnya., selain itu mereka juga disebut sebagai dewa-dewa dance yang mampu menciptakan dan menampilkan koreografi rumit yang undah sulit dan menantang. Tak semua orang bisa mengcoverkan dance BTS karena mereka memang tak semabrangan dalam merancang.

9. Penjualan Album

EXO

Photo via : https://smglobalshop.com

EXO merupakan salah satu idol kpop yang menduduki posisi pertama sebagai grup Kpop dengan penjualan album fisik terbanyak hingga saat ini, sejak debut pada tahun 2012 hingga saat ini album EXO telah terjual sebanyak 10.617.948 copy.

BTS

Photo via : https://www.hypable.com

BTS merupakan salah satu idol kpop yang menduduki posisi kedua sebagai grup kpop dengan penjualan album fisik terbanyak. Sejak debut pada tahun 2013 hingga saat ini album BTS sudah terjual sebanyak 9.815.626 copy.

10. Prestasi

EXO

Photo via : https://aminoapps.com

Sejak awal debutnya hingga saat ini, EXO telah berhasil membawa puluhan penghargaan dari berbagai ajang bergengsi di Korea Selatan dan di Asia seperti Asia Artist Awards, Asian Idol Awards, Baidu Music Awards, Billboard Music Festival, BreakTudo Awards, Chinese Music Awards,  Gaon Chart K-pop Awards, Global Fan Awards, Golden Disk Awards, Guinness World Records, Hantaeo Awards, Hawaii International Music Awards Festival, iF Design Awards, iHeartRadio Music Awards, iQiyi All-Star Carnival, Japan Gold Disc Award, Kazz Awards, KBSSong Festival, KBS World Radio, KBS World Global Fan Awards, Korea Best Star Awards, Korea Best Star Awards, Korean Popular Music Awards, Korean Broadcasting Awards, Korean Entertainment Arts Awards, Korean Music Awards, Korea Popular Culture and Arts Awards dan masih banyak lainnya. Yang lebih membanggakannya lagi, EXO selalu berhasil menyabet piala penghargaan tertinggi disetiap ajang penghargaan tahunan dan biasanya penghargaan ini disebut dengan Daesang. Di ajang musik nomor satu di Korea seperti Golden Disk Awards EXO telah menyabet piala Daesang selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2014 hingga 2016. Selain penghargaan itu, lagu Power milik EXO menjadi lagu kpop pertama yang diputar di Dubai Fountain, dimana Dubai Fountain ini adlaah pertunjukkan air mancur terbesar di dunia.

BTS

Photo via : https://www.wheninmanila.com

Perjalanan karir BTS pada awalnya memang tak semulus saat ini ada banyak rintangan yang terjadi sebelum mereka terkenal hingga saat ini. BTS tak hanya dikenal di negaranya sendiri namun saat ini juga sudah dikenal oleh dunia. Sejak awal debut hingga saat ini BTS telah berhasil membawa puluhan penghargaan dari berbagai ajang bergengsi di Korea Selatan dan juga dunia seperti Asia, Artist Awards, Gaon Chart Music Awards, Golden Disk Awards, Korean Broadcasting Awards. Korea Music Awards, Korean Popular Culture and Arts Awards, Korea Popular Music Awards, MelOn Music Awards, MBC Plus X Genie Music Awards, Mnet Asia Music Awards, American Music Awards, Billboard Music Awards, iHeartRadio Awards dan banyak lagi. BTS juga pernah mendapatkan penghargaan tertinggi “Daesang” di ajang penghargaan musik Seoul Music Awards pada tahun 2019.

11. Skandal

EXO

Photo via : https://aminoapps.com

Perjalanan karir EXO bisa dibilang tak semulus wajah para membernya, baru saja 2 tahun debut dengan 12 membernya mereka telah ditinggalkan dua membernya secara berturut-turut. Tak lama setelah itu, seorang member EXO kembali hengkang dari group. Selain itu ada beberapa skandal yang menimpa group ini selain ditinggal para membernya yaitu skandal asmara. Skandal asmara pertama yang membuat publik heboh yaitu Baekhyun yang terciduk berpacaran dengan Taeyeon SNSD dimana Taeyeon lebih tua 3 tahun. Skandal ini membuat para EXO-L geram dan sangat menentang hubungan mereka, bahkan para penggemar ini langsung menyerang baik Baekhyun ataupun Taeyeon dalam media sosial. Baekhyun pun sempat hiatus dari media sosial dan Taeyeon sibuk meminta maaf pada semua penggemar karena hubungan pacarannya sudah diekspos media. Taeyeon tak hanya meminta maaf di media sosial namun secara langsung meminta maaf di bandara ketika akan terbang untuk jadwal groupnya. Skandal asmara selanjutnya yaitu Kai dan Krystal f(x) yang dikabarkan berpacaran, mereka tertangkap kamera paparazzi dan foto mereka pun menjadi viral di media sosial. Namun hubungan keduanya tidak bertahan lama dan mereka pun mengakhiri hubungan tersebut. Yang terakhir, kabar kedekatan antara Kai dengan Jennie Blackpinkyang menghebohkan pada tahun 2019, tapi hubungan tersebut tidak bertahan lama setelah ketangkap kamera paparazzi.

BTS

Photo via : https://twitter.com/koosluvrs

Dari awal debut hingga saat ini BTS jarang sekali tertimpa skandal, meskipun jarang member BTS juga pernah terlibat skandal. Seperti Jin yang pernah membuat kontroversi setelah sebuah kondom terlihat di kamar asrama mereka, agensi pun mengklarifikasi jika kotak itu memang kondom tapi Jin menerimanya sebagai hadiah dari penggemar. BTS juga dituduh melakukan Sajaei karena single utama “I Nedd U” menduduki banyak tangga lagu Korea dan albumnya laris untuk beberapa waktu dan penjualan ini dibilang melampaui Bigbang, meskipun dibantal oleh perwakilan para netizen tidak percaya. RM juga sempat terliat skandal plagiarisme, RM dituduh menjiplak lirik dari karya dari salah satu pengguna twitter. Sebagai tanggapan, RM memiliki dakwaan, dia dengan tulus memintamaaf atas kesalahan itu dan menjelaskan bahwa banyak lirik yang berasal dari film, buku, wawancara dan surat. Selain itu, BTS juga sempat terkena kontroversi misogini dan kontroversi ini semakin menjadi setelah “Joke” RM dirilis di mixtapenya pada tahun 2015. Banyak netizen yang percaya jika liriknya tidaj hanya misoginis tetapi juga terlalu bersifat seksual. Karena ini Big Hit Entertainment selaku agensi dari BTS meminta maaf atas nama BTS dan berjanji untuk lebih baik dalam mendidik mereka. Dan ada skandal-skandal lainnya yang pernah menimpa BTS.

12. Personil Yang Multitalenta

EXO

Photo via : https://www.instiz.net

EXO tidak hanya dikenal memiliki member yang tampan saja, selain memiliki wajah yang tampan mereka juga memiliki bakat lainnya selain dibidang musik. Member EXO juga ada beberapa yang terjun dalam idang akting, member EXO yang terjun dalam dunia akting yaitu D.O, Baekhyun, Suho dan Chanyeol. Dari mereka berempat, D.O lah yang paling laris di dunia akting, dia tidak hanya membintangi drama saja namun juga beberapa film layar lebar. Untuk dalam hal ini bisa dibilang EXO lebih unggul daripada BTS.

BTS

Photo via : https://www.koreandrama.org

Salah satu member BTS yang terjun ke dunia akting yaitu V, V pernah membintangi drama Korea yaitu Hwarang: The Poet Warrior Youth. Dimana drama Korea ini dibintangi oleh Park Seo Joon, Go Ara, Park Hyun Sik dan lainnya.

Facebook Comments

Baca Juga