Deretan Smartphone Android Paling Laris Di 2018



Tiap tahunnya, ada saja smartphone baru yang bermunculan dengan berbagai macam jenis fitur baru yang diusung di dalamnya. Entah itu perangkat hardware atapun software, pembaharuan yang ada pada smartphone disini terus berubah dan berkembang menjadi lebih baik. Untuk di tahun 2018 sendiri, meskipun baru memasuki quartal pertama untuk tahun ini, sudah ada banyak smartphone yang laris dan banyak dicari oleh orang – orang. Dalam hal penjualan jika didasarkan pada sistem operasi semata, smartphone yang berkembang dan laris saat ini hanya ada dua, yakni smartphone dengan berbasiskan IOS yang biasa kita temui pada seri Apple Iphone, dan smartphone dengan OS Android. Untuk smartphone android sendiri, terdapat berbagai kejutan di tahun ini tentang smarphone yang paling laris dan paling banyak dicari oleh orang – orang. Berikut ini adalah list deretan smartphone android dengan penjualan terlaris 2018.

1. Xiaomi Redmi 5A

photo via : www.kimovil.com

Seri Xiaomi yang satu ini merupakan ponsel android dengan harga termurah dengan kualitas bagus yang bisa kita cari. Untuk saat ini, harga Xiaomi Redmi 5A adalah kisaran 1.27 juta rupiah. Namun pada saat awal munculnya di Indonesia, smartphone ini dibandrol dengan harga kurang dari 1 juta rupiah. Hanya saja saat itu ponsel yang satu ini dijual dengan cara flash deal, alias siapa cepat dia dapat. Dengan spesifikasi yang dimilikinya antara lain : layar 5 inci HD, serta disokong prosesor Snapdragon 425, RAM 2GB, dan ROM 16GB. Sektor kameranya juga cukup bagus dengan kamera utama 13MP dan kamera selfie 5MP.

Membuat smartphone seri Xiaomi ini amat laris dipasaran. Beberapa pesaing maupun pengamat smartphone mungkin bisa dibilang smartphone Xiaomi yang satu ini adalah ponsel yang telah menjatuhkan harga pasaran dari smartphone. Meskipun menjadi ponsel android yang paling banyak dicari dan juga terlaris, Xiaomi Redmi 5A memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Yakni Redmi 5A unggul dari sisi harganya yang super murah, sektor kameranya bagus, baterai awet dan memadai, ada IR Blaster untuk remote, LED notifikasi dan performanya untuk gaming lumayan bagus.

2. Samsung Galaxy S9+

photo via : www.techadvisor.co.uk

Smartphone flagship Samsung ini merupakan seri terbaru dari keluaran Samsung yang sudah banyak ditunggu – tunggu oleh para penggemarnya tentunya. Berbekal dari kesalahn terdahulu pada ponsel seri galaxy s8, Samssung Galaxy S9 memiliki perbaikan di berbagai bagian pada sisi desainnya. Dengan dukungan layar yang super besar yakni 6.2 inchi, kamera 12 mp serta ram 6gb, Samsung seri ini menjadi yang teranyar dan termahal di kelasnya.

Memiliki harga sekitar 14,5 jutaan, tak menyurutkan para penggemar samsung untuk memiliki ponsel yang satu ini. Dengan spesifikasi yang gahar tentu saja wajar jika harganya melonjak seperti itu. Samsung yang atu ini memang sesuai dengan ungkapan yang biasa kita kenal yakni harga sebanding dengan kualitas yang diberikan.

3, Vivo V9

photo via : www.bukalapak.com

Memiliki desain yang hampir mirip dan nyaris sama dengan iPhone X yang merupakan smartphone yang paling banyak dicari dan paling laris di dunia saat ini, membuat Vivo V9 masuk dalam deretan smartphone yang satu ini. Meskipun dibilang mirip dengan iPhone X, namun smartphone yang satu ini tentu saja menggunakan sistem operasi Android dan bukan iOS.

Selain desainnya yang mengikut jaman, Vivo V9 juga memiliki spesifikasi yang tak kalah berkelasnya. Diusung dengan prosesor chipset snapdragon 626, ram 4GB dan memori internal 64gb serta baterai dengan daya 3.260 mAh membuat smartphone yang satu ini jadi smartphone yang berkelas dan berkualitas di kelasnya.

Meskipun memiliki spesifikasi yang mumpuni, kelebihan yang sebenarnya yang dimiliki oleh smartphone yang satu ini ada pada sisi kameranya yang diprioritaskan untuk aktifitas selfie. Sesuai dengan trend kekinian dimana kamera yang lebih banyak digunakan adalah kamera depan dan Vivo V9 sendiri memiliki kamera depan dengan resolusi 24MP selain jug aberbekal teknologi kecerdasan buatan yang mendukung fitur AI Face Beauty, AI Selfie Lighting, dan AR Sticker. Harganya yang sebesar 3,5 jutaan tentu saja cukup sesuai dengan fitur dan kualitas yang disajikan oleh smartphone yang satu ini.

4. OPPO F5

photo via : www.ishopping.pk

Deretan smartphone android selanjutnya yang banyak dicari oleh orang adalah OPPO F5. Oppo memang brand smartphone yang memfokuskan kemampuannya untuk melakukan fungsi selfie. Oleh karenanya, Oppo amat menekankan fasilitas kamera yang dimilikinya. Untuk OPPO F5 sendiri hadir dengan ukuran layar yang besar yakni layar berukuran 6 inchi full screen yang telah dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 5.

Seperti smartphone keluaran OPPO lainnya, untuk seri OPPO F5 ini juga dikhususkan untuk selfie. Hal itu bisa dilihat dari kamera selfie 20MP yang dipasang pada smartphone yang satu ini. Selain kameranya memiliki resolusi yang tinggi, OPPO F5 juga dibekali dengan teknologi face recognition. Jadinya amat cocok digunakan untuk berselfie ria. Meskipun smartphone yang satu ini dikususkan untuk aktifiatas fotografi selfie, namun dengan spesifikasi yang dimiliki, smartphone yang satu ini juga bisa dan baik digunakan untuk sarana multi tasking dan juga untuk gaming.

5. Xiaomi Redmi Note 5 Pro

photo via : www.droidlime.com

Sejalan dengan ponsel seri Xiaomi Redmi yang menyandang predikat ponsel terlaris, seri notenya pun juga bayak dicari oleh orang – orang. Adapun seri noted Xiaomi yang masuk dalam daftar ini adalah Xiaomi Redmi Note 5 Pro. untuk ponsel baru Xiaomi ini hadir dengan ukuran layar 5,99 inchi dan resolusi full HD 1080 x 2160 dan aspek ratio 18:9.

Hadir sebagai smartphone Xiaomi pertama yang memiliki dual kamera, Redmi Note 5 Pro dilengkapi dengan dua buah kamera yang masing – masing 12 MP dan 5 MP yang kaya akan fitur dan mampu menghasil efek bokeh didalamnya. Untuk kamera depan alias kamera selfienya juga tamil dengan begitu powerfull. Dengan resolusi besar pada bagian kamera depan Redmi Note 5 Pro yakni dengan resolusi 20 MP, tentu saja bakalan memberikan sensasi tersendiri pada pemakainya.

Selain pada sisi kamera, Xiaomi Redmi Nore 5 Pro juga unggul dalam hal baetrainya yang jumbo dan super besar, bahkan dukungan ram yang hingga 6GB. Ditambah dengan sensor sidik jari dan sensor wajah, tentu saja membuat smartphone yang satu ini menjadi pilihan banyak orang dan merupakan salah satu smartphone android yang paling banyak dicari.

6. Xiaomi Redmi Note 5

photo via : oketekno.com

Untuk Xiaomi Redmi Note 5, memiliki jeroan yang hampir mirip dengan note 5 pro. Hanya saja memiliki beberapa komponen yang sedikit berbeda. Untuk Redmi Note 5 memiliki ukuran layar yang sama yakni 5,99 inci full HD+. Smartphone ini juga telah ditanami dengan teknologi kecerdasan buatan AI pada baian sektor kameranya. Note 5 juga memiliki dual kamera yang berseolusi 12MP dan 5MP.

Untuk chhipsetnya sendiri, seri note 5 ini disematkan dengan chipset snapdragon 636 untuk kemampuan yang lebih efisien. berbeda dengan seri note 5 pro, untuk note 5 biasa pada bagian kamera depan alias kamera selfienya memiliki resolusi 13MP dengan bukaan f/2.0. Untuk sisi RAM, tersedia model RAM dengan kapasitas 3GB, 4GB.

Untuk Redmi note 5 ini unggul pada sisi baterai yang memiliki kapasitas yang amat besar yakni 4000 mAh.Selain baterainya yang super jumbo, Redmi Note 5 dilengkapi dengan dual kamera utama, efek bokeh yang menawan serta telah didukung dengan teknologi baru layaknya miliki iPhone yakni teknolgi face recognition.

7. Samsung Galaxy J2 Pro

photo via : www.digit.in

Galaxy J2 Pro merupakan seri terbaru samsun galaxy yang menyasar konsumen menengah ke bawah. Hp ekonomi buatan samasung ini hader dengan harga yang amat terjangkau. Memiliki spesifikasi yang bisa dibilang cukup baik untuk kelasnya. Dengan layar berukuran 5 inchi, samsung ini memiliki resolusi layar sebersar 540 x 960 pixel. selain itu layar yang digunakan telah menggunakan teknologi sAMOLED.

Untuk sisi performa, Galaxy J2 Pro di sokong dengan chipset Snapdragon 425, RAM 1.5 GB dan memory internal 16 GB. Untuk smartphone besutan samsun  yna gterbaru ini memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan smatphone yang lain, sehingga smartphone yang satu ini mampu menjadi smartphone yang terlaris. Beberapa kelebihannya antara lain: memiliki harga yang terjangkau, desain yang menawan, panel belakang yang mamu dilepas, kamera utama 8MP dan kamera depan 5 MP. Apalagi dengan layarnya yang telah menggunakan sAMOLED, membuat fiter lengkap pada smartphone kelas low entry.

8. OPPO A83

photo via : www.oppo.com

Produsen smartphone yang memang menitik beratkan pada fungsi kamera depan alias fungsi selfie yang dimilikinya. Smartphone yang satu ini merupakan smartphone yang bisa dibilang smatphone harga terjangkau namun memiliki fitur hape flagship. Fitur flagship yang dimaksud disini adalah adanya fitur facial unlock yang biasanya ada di HP flagship, dapat ditemukan dalam smartphone yang satu ini.

Kelebihan lainnya yang dapat ditemukan pada smartphone yang satu ini adalah pada sektor kamera utama yang dibekali dengan kamera resolusi 13 MP dan kamera depannya jug aberesolusi 8 MP. Lengkap dengan teknologi AI Beauty yang dimilikinya, smartphone ini mampu mengenali jenis kelamin, umur, serta mampu mengenali lebih dari 200 titik pada wajah.

OPPO A83 ini pun hadir dengan prosesor MT6763T Helio P23 dengan dukungan RAM sebesar 3GB atau 4 GB, dengan memory internal sebesar 32GB, serta layar 5,7 inchi, memebuat smartphone ini jadi banyak penggemarnya dan dicari oleh para konsumen.

9. OPPO A71

photo via : www.digit.in

Memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dari urutan ke -8, namun pada urutan yang ke sembilan ini masih dipegang oleh produsen yang sama dengan tingkat penjualan yang tak kalah fantastisnya. OPPO A71 memiliki fitur yang juga handala dalam urusan selfie menggunakan kamera depan ponsel. Smartphone dengan layar berukuran 5.2 inchi ini telah menggunakan resolusi HD yang dilengkapi dengan prosesor snapdragon 450, RAM 2GB/3GB dan memory internal 16 atau 32 GB.

Dengan jeran seperti diatas, OPPO telah mampu diguakan sebagai smartphone dengan kemampuan multitasking dan bisa digunakan untuk bermain game. Dibekali dengan kamera utama sebesar 13 MP dan kamera depan 5MP, sudah cukup membuat HP ini memiliki hasil yang memuaskan dalam hal foto. Apalagi meskipun kamera depannya hanya berukuran 5 MP, smartphone yang satu ini telah diperkuat dengan dukungan A.I Beauty Recognition dan juga telah dilengkapi dengan fitur face unlock.

10. OPPO F7

photo via : erafone.com

Untuk posisi ke sepuluh, masih tetap disandang oleh produsen yang sama yakni OPPO. Untuk OPPO F7 ini baru dirilis pada bulan April yang lalu. Meskipun smartphone yang satu ini baru dirilis April yang lalu, namun untuk dari sisi penjualannya, seri OPPO yang satu ini lebih laku jika dibandingkan dengan seri OPPO F5. Dengan layar seluas 6.23 inchi, dan beresolusi HD, smartphone yang satu ini memiliki aspek ratio 19:9 dengan desain yang hampir mirip dengan iPhone yakni adanya poni alias notch pada bagian atas dari smarphone yang satu ini.

OPPO F7 didukung oleh prosesor Helio P60 dengan RAM sebesar 4GB atau 6GB, juga didukung oleh memori internal sebesar 64GB dan 128GB. Hal terbai dari smartphone yang satu ini adalah kamera depan alias kamera selfinya yang memiliki sensor 25MP Sony IMX 576 yang juga dilengkapi dengan HDR sensor dan AI Beauty Selfie.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >