Inspirasi Desain Dapur Minimalis di Ruang Terbuka

1 bulan, by blogunik

Desain Dapur Minimalis di Ruang Terbuka

Dapur merupakan ruangan terpenting yang harus ada dalam setiap rumah. Pasalnya, dapur berperan penting untuk memenuhi kebutuhan manusia yakni makanan dan minuman. Jadi nggak heran kalau saat ini ada banyak orang yang mulai memperhatikan desain dapur mereka. Nah salah satu desain dapur yang kini banyak peminatnya adalah desain dapur minimalis terbuka. Mungkin desain dapur terbuka ini sering kalian temui di villa-villa ataupun resort, namun desain dapur ini juga bisa diterapkan pada hunian kamu. Karena selain menarik, konsep dapur terbuka juga akan memberikan kehangatan tersendiri bagi pemilik rumah dan keluarga.

Tak hanya itu, dengan model dapur terbuka, kamu juga akan betah saat beraktivitas di dapur. Memasak untuk keluargapun akan menjadi lebih menyenangkan. Nah buat kamu yang sedang mencari inspirasi desai dapur dengan konsep terbuka, jangan khawatir, karena kali ini, Blog Unik akan hadir dengan beberapa inspirasi desain dapur minimalis di ruang terbuka yang akan membuat kalian ingin memiliki desain dapur yang serupa. So let’s check it out guys!

20 Desain Dapur Minimalis di Ruang Terbuka

1. Desain dapur minimalis terbuka dengan pintu geser super lebar yang menghubungkan dapur dengan area belakang rumah

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via definebottle.com

Desain dapur minimalis dengan konsep terbuka yang bisa kamu tiru diawali dengan dapur yang memiliki bukaan super lebar yang menghubungkan dapur dengan area belakang rumah. Bukaan tersebut bisa kamu siasati dengan menggunakan pintu geser, sehingga saat malam, atau ketika hujan, kamu bisa menutup pintu dapur. Kamu juga bisa menambahkan elemen alam seperti kayu untuk menciptakan nuansa yang lebih alami pada dapur modern. Dapur yang terhubung langsung dengan taman belakang rumah ini akan membuat dapur kamu menjadi lebih lapang dan tidak pengap atau penuh sesak. Kamu bahkan bisa memperhatikan anak-anak yang bermain di taman sambil memasak makanan untuk keluarga.

2. Desain dapur minimalis terbuka yang didominasi warna putih

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via estliving.com

Warna putih memang membuat ruangan terasa lebih terang. Warana inipun bisa diterapkan didapur kalian. Selain membuat dapur terlihat lebih terang dan bersih, warna putih juga sangat cocok diterapkan pada dapur terbuka. Pasalnya, warna putih tersebut akan sangat dinamis saat dipadukan dengan elemen alam seperti tanaman, kayu dll. Desain dapur terbuka yang didominasi warna putih ini akan membuat kamu merasa betah saat beraktivitas didapur.

3. Desain dapur terbuka dengan taman kecil yang hijau

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via dailysia.com

Nah buat kamu yang suka dengan nuansa alam, kamu bisa menghadirkan dapur minimalis dengan konsep terbuka yang menyatu dengan taman kecil di area dapur. Untuk memberikan kesan yang lebih artistik, kamu bisa menggunakan dinding bata pada area dekat kompor dan memilih bahan kayu untuk meja dan kursi makan. Area dapur akan menjadi lebih asri dengan kehadiran taman yang hijau. Untuk menghindari air hujan membasahi area dapur, kamu bisa menyiasatinya dengan atap transparan. Dengan begitu kamu akan memiliki dapur semi outdoor yang cantik dan nyaman.

4. Desain dapur terbuka yang minimalis dengan warna monocrhome yang modern

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via remodelista.com

Selanjutnya ada desain dapur minimalis semi outdoor yang memiliki nuansa monocrhome yang modern. Warna monocrhome ini bisa kamu dapatkan dari perpaduan warna hitam dan putih di area dapur. Untuk area kitchen set dan dinding bisa menggunakan warna putih dan berikan sentuhan warna hitam di area yang ingin ditonjolkan. Warna hitam juga bisa diterapkan pada kusen jendela. Sedangkan untuk lantai, bisa menggunakan marmer warna abu-abu. Desain dapur satu ini akan sangat sempurna ketika diberikan bukaan super lebar yang terhubung ke teras belakang. Dengan begitu, kamu bisa menghemat listrik karena pencahayaan dari luar sangat cukup untuk menerangi dapur di siang hari.

5. Desain dapur minimalis dengan konsep terbuka yang cerdas

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via waxedfloors.co.uk

Buat kamu yang ingin dapur dengan konsep terbuka namun tidak benar-benar berada diluar ruangan, maka desain dapur seperti gambar diatas bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa mengkombinasikan antara atap beton dengan atap transparan sebagai atap dapur kalian. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan pintu dan jendela kaca yang super lebar untuk memberikan kesan dapur semi outdoor yang cantik.

6. Desain dapur outdoor untuk rooftop area

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via muitochique.com

Nah buat kamu yang sering mengadakan acara di rooftop, nggak ada salahnya mendirikan dapur terbuka di area rooftop. Hanya dengan atap dan satu sisi dinding, kamu bisa menempatkan kitchen set di area rooftop. Cukup tambahkan beberapa kursi-kursi, kamu bisa membuat pesta ataupun BBQ-an dengan nyaman tanpa harus naik turun mengambil makanan dari dapur yang ada di lantai bawah.

7. Desain dapur minimalis terbuka dengan elemen kayu yang cantik

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via casadevalentina.com.br

Inspirasi desain dapur terbuka yang bisa kalian tiru selanjutnya adalah desain dapur minimalis dengan menonjolkan elemen kayu yang alami. Untuk bagian atapnya, selain menggunakan kerangka baja, kamu bisa menggunakan material kayu untuk menciptakan kesan yang lebih artistik dan sejuk pada area dapur. Selain itu, pada kitchen set dan meja makan juga bisa menggunakan bahan-bahan kayu untuk kesan yang lebih alami. Desain dapur terbuka satu ini sangat cocok untuk dapur yang terpisah dengan bangunan utama ataupun dapur yang ditempatkan di teras belakang.

8. Desain dapur kecil minimalis dengan konsep terbuka dibelakang rumah

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via casadevalentina.com.br

Bila kamu memiliki taman belakang rumah yang cantik dan asri, maka jangan ragu untuk membangun dapur terbuka yang pemandangannya menghadap taman. Cukup pastikan area dapur termasuk kitchen set ataupun perabotan yang ditempatkan di dapur tidak terkena air bila hujan. Area dapur terbuka ini bahkan bisa menjadi tempat berkumpul yang nyaman bersama keluarga.

9. Desain dapur terbuka yang minimalis dan modern

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via futuristarchitecture.com

Ingin memiliki dapur minimalis dengan konsep terbuka seperti yang ada di villa-villa? Tenang, kamu bisa membangun dapur terbuka kamu di area teras belakang. Bangun dapur sesuai luas lahan yang tersedia dan pastikan ada elemen peneduh seperti tanaman tropis yang tak hanya membut teduh namun juga membuat asri dan sejuk. Sedangkan untuk dapur, kamu bisa memadukan warna putih untuk dinding dengan elemen kayu pada lantai. Perpaduan ini akan membuat dapur terbuka kamu lebih menyatu dengan alam. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu gantung dari rotan yang akan menambah nuansa artistik pada dapur kamu.

10. Desain dapur minimalis yang mewah dengan konsep terbuka

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via desiretoinspire.net

Nah buat kamu yang ingin memiliki dapur dengan pencahayaan yang terang, maka desain dapur terbuka diatas bisa menjadi contoh yang tepat buat kamu. Dengan mendominasi ruangan dapur dengan warna putih dan pencahayaan yang maksimal, kamu bisa memiliki dapur yang indah dirumah kamu. Untuk pencahayaan yang maksimal, selain memanfaatkan lampu, kamu juga bisa menerapkan pintu geser atau pintu lipat di area dapur untuk pencahayaan yang lebih maksimal sekaligus menjadikan dapur sebagai area terbuka. Nah untuk bagian luar kamu bisa menambahkan kerikil putih dan beberapa tanaman untuk membuat dapur menjadi lebih cantik.

11. Desain dapur dengan ruang makan yang menyatu dengan taman yang hijau

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via archdaily.com

Desain dapur minimalis berikutnya adalah menggabungkan dapur dengan taman yang hijau. Jika kalian memiliki lahan kecil yang tersisa disebelah dapur, maka biarkan dapur kamu terbuka untuk lahan tersebut. Kamu bisa mengubah lahan tersebut sebagai taman atau kebun yang ditumbuhi tanaman yang kamu suka, baik sayuran ataupun tanaman hias. Jangan berikan sekat pemisah antara dapur dan taman tersebut. Selain menambah kesejukkan, dapur juga akan menjadi lebih luas dan tidak pengap. Untuk area dapur sendiri, kamu bisa mengaplikasikan picture window yang melebar disepanjang kitchen set kamu agar saat memasak, kamu tidak bosan hanya menghadap dinding terus. Bila memungkinkan, kamu juga bisa menambahkan meja makan ditengah-tengah area dapur. Sehingga dapur terbuka ini tidak hanya bermanfaat sebagai tempat memasak, tapi juga sebagai tempat berkumpul yang nyaman dan menyejukkan.

12. Desain dapur terbuka yang cantik dan terlihat hidup

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via dailymail.co.uk

Buat para kakak-kakak atau bunda-bunda yang ingin memiliki desain dapur cantik yang tidak terasa pengap, maka contoh desain dapur diatas bisa jadi contoh yang tepat. Mulai dari pemilihan warna dinding dan plafon yang putih kemudian dipadukan dengan sentuhan elemen kayu dan marmer, serta wallpaper khusus untuk area kitchen set. Perpaduan tersebut akan membuat dapur kamu terlihat cantik. Area terbuka yang langsung menghadap ke taman belakang ini akan membuat dapur terlihat lebih hidup dan tidak pengap.

13. Desain dapur terbuka yang kecil dan nyaman

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via homeshabby.com

Buat kamu yang memiliki lahan terbatas di area belakang rumah, maka kamu bisa membuat dapur terbuka yang langsung berhadapan atau bahkan menyatu dengan area taman belakang. Meski tidak luas, namun desain dapur terbuka ini akan membuat dapur kamu terkesan lebih homey dan harmonis untuk segala aktifitias berkumpul bersama keluarga tanpa sekat yang ada. Desain dapur dilengkapi pantry yang kekinian dengan bagian dinding unfunishing, dan tambahan beberapa tanaman hias mampu menambahkan nilai estetik dapur lebih sempurna.

14. Desain dapur minimalis dengan atap transparan untuk konsep dapur semioutdoor

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via homeshabby.com

Ingin suasana dapur yang chic dan nyaman serta memanjakan mata? Tenang, desain dapur cantik diatas bisa jadi referensi buat kamu. Gaya desain dapur satu ini memanfaatkan sudut space yang modern serta menyatu dengan ruang makan yang mengadopsi konsep semi outdoor. Untuk menyiasati perubahan cuaca yang bisa terjadi kapan saja, atap transparan berwarna putih bisa jadi pilihan yang tepat. Selain melindungi dari hujan dan panas, atap transparan juga akan memaksimalkan cahaya dan menghemat pengeluaran listrik. Bagian lantai di buat acak dengan ornamen keramik tegel hexagonal natural membuat dapur terlihat artistik.

15. Desain dapur mungil dengan vertikal garden yang menyejukkan mata

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via homeshabby.com

Memiliki dapur yang mungil bukan berarti kita tidak bisa memiliki dapur yang cantik. Kamu bisa menambah dekorasi ataupun hiasan agar tampilan dapur menjadi lebih manis dan membuat betah ketika melakukan aktivitas di dapur. Kamu juga bisa memanfaatkan sisa space kosong sebagai area vertikal garden dengan berbagai jenis tanaman yang mampu menyerap bakteri dan menimbulkan udara yang lebih sehat serta segar untuk area dapur rumah kamu. Agar terhindar dari genangan air, kamu bisa mengaplikasikan bebatuan atau kerikil hias pada permukaan lantai garden sehingga akan lebih aman dan juga lebih estetik.

16. Desain dapur minimalis terbuka dengan warna coklat kayu yang cantik

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via arkpad.com.br

Desain dapur minimalis terbuka yang cocok diterapkan pada hunian selanjutnya adalah desain dapur kecil yang terhubung dengan taman hijau belakang rumah. Dengan memilih warna-warna soft seperti warna coklat kayu dan warna-warna senada, kamu bisa memiliki dapur yang cantik. Meski dapur ini sederhana, namun terlihat begitu menarik dengan pemilihan warna dan kehadiran taman serta halaman yang membuatnya terlihat lebih lapang.

17. Desain dapur sederhana dengan taman kecil yang tertata cantik

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via informazone.com

Contoh desain dapur diatas bisa menjadi alternatif lain dari ide dapur terbuka di luar ruangan. Pada area dapur terlihat sangat sederhana karena tidak menggunakan kitchen set. Namun yang membuat dapur terlihat menarik adalah pada area teras yang terhubung dengan dapur diletakkan banyak tanaman hias. Sehingga membuat dapur tidak tampak sumpek dan terasa pengap. Nah untuk menyiasati perubahan cuasa, area teras juga bisa dipasang atap transparan agar cahaya bisa tetap masuk namun bisa melindungi dari hujan.

18. Desain dapur bawah tangga yang menyatu dengan halaman kecil

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via stepstoneinterior.com

Sedangkan buat kamu yang memiliki area kosong bawah tangga yang terhubung langsung dengan lahan kosong didepannya, maka kamu bisa membuat dapur kecil dibawah tangga tersebut. Meskipun lahannya terbatas, namun kamu bisa memiliki dapur cantik dengan penataan yang tepat. Kamu bahkan bisa menambahkan meja makan. Untuk memberikan kesan yang lebih hidup, pada lahan kosong tersebut, kamu menerapkan rumput sintetis dan kerikil putih.

19. Konsep natural pada dapur terbuka

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

photo via banidea.com

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan konsep natural pada dapur terbuka kamu. Selain memberikan akses terbuka pada taman belakang rumah yang hijau, kamu juga bisa menerapkan elemen kayu pada lantai dan beberapa furnitur yang ada di dapur. Kamu juga bisa menambahkan tirai bambu pada dapur untuk menyiasati perubahan cuaca. Dengan beberapa tanaman di areat dapur, kamu akan memiliki dapur minimalis dengan konsep natural yang akan membuat kamu nyaman ketika beraktivitas di dapur.

20. Desain dapur minimalis yang berada di area terbuka taman belakang rumah

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka

photo via archify.com

Jika memiliki halaman belakang yang cukup luas, maka maksimalkan area tersebut dengan menempatkan dapur dan ruang makan. Lalu, desain dengan gaya yang kamu inginkan. Jika melihat inspirasi dapur semi-outdoor di atas, pemilik rumah memilih gaya Skandinavia dengan sentuhan tropis. Dua gaya ini berpadu dengan apik dan membuat dapur tampil lebih menarik. Pemilihan atap transparan juga akan membuat dapur kamu memiliki cahaya yang maksimal sekaligus melindungi dari cuaca buruk.

Itu dia beberapa inspirasi desain dapur minimalis di ruang terbuka yang bisa kamu jadikan referensi dalam membangun dapur impian kamu. Semoga bermanfaat!

0
Artikel Terkait