Inspirasi Desain Ruang Keluarga Yang Simpel Minimalis

2 minggu, by blogunik

Desain ruang keluarga simpel minimalis

Memiliki ruang keluarga yang nyaman adalah impian setiap orang apalagi mereka yang telah berumah tangga. Bagaimana tidak, ruang keluarga memang menjadi salah satu ruangan dalam sebuah rumah yang paling nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Mulai bercengkerama, saling bertukar pikiran, menonton televisi, bermain bersama anak, dan kegiatan seru lainnya. Ini membuat banyak orang ingin memiliki ruang keluarga yang luas. Sayangnya tidak semua orang bisa beruntung memiliki rumah yang besar.

Buat kamu yang tinggal di rumah yang tidak terlalu luas, tentu hanya memiliki sedikit ruang untuk membuat ruang keluarga. Tapi, jangan khawatir, sebab ruang kecil pun bisa tetap nyaman dengan penataan interior yang tepat. Meski memiliki ruang keluarga yang kecil, ada banyak cara untuk mendekorasinya agar terlihat lebih indah dan nyaman. Salah satunya menata ruang keluarga dengan gaya minimalis.

Untuk menciptakan kesan yang sederhana dan minimalis, jumlah furniture hendaknya dibuat sesedikit mungkin, yang berarti tidak terlalu banyak kursi atau meja di dalam ruangan. Hal ini membuat ruang keluarga yang kecil dengan nuansa minimalis terlihat lebih luas dan tentunya menawarkan suasana yang nyaman. Nah buat kamu yang ingin memiliki ruang keluarga yang nyaman, berikut beberapa inspirasi desain ruang keluarga yang simple dan minimalis. So let’s check it out guys!

1. Desain ruang keluarga kecil dengan warna monochrome

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

photo via editha.strickenlernen.club

Untuk menciptakan ruang keluarga yang minimalis namun tetap memberikan suasana yang nyaman kamu bisa menerapkan warna monochrome pada ruang keluarga kamu. Mulai dari pemilihan warna cat dinding hingga warna furnitur. Kamu juga bisa memilih bentuk sofa L yang tidak terlalu besar agar ruangan masih memiliki space yang cukup untuk coffee table. Untuk memberikan kesan segar, kamu bisa menempatkan beberapa tanaman hias indor di sudut ruangan. Dengan begitu ruang keluarga kamu akan terasa sangat nyaman.

2. Ruang keluarga minimalis yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

photo via roomclip.jp

Nah buat kamu yang menggunakan ruang keluarga sebagai tempat melakukan berbagai kegiatan santai dirumah bersama keluarga tercinta. Maka kamu bisa meniru desain interior ruang keluarga seperti gambar di atas. Cukup tempatkan sofa memanjang dan ottoman sofa serta TV sebagai furniture utama dalam ruangan. Kamu juga bisa menggelar karpet yang nyaman untuk duduk lesehan ketika berkumpul bersama keluarga. Dengan cara ini, ruang keluarga akan terasa lebih lapang dan nyaman.

3. Ruang keluarga super kecil yang cozy

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

photo via ameblo.jp

Punya space yang sangat kecil untuk ruang keluarga? Tenang, kamu masih bisa memiliki ruang keluarga yang nyaman dengan penataan seperti gambar di atas. Kamu bisa menggunakan TV gantung yang ditambah dengan meja TV yang minimalis. Double sofa menjadi pilihan terbaik jika kamu memiliki ruang yang super small. Penambahan karpet juga berguna jika kamu ingin duduk lesehan. Nah buat kamu yang ingin ngopi atau ngeteh, coffee table yang kecil dan minimalis bisa kamu tempatkan ditengah ruangan. Di ruangan sempit seperti ini, kamu perlu memberikan sentuhan menyegarkan seperti warna hijau. Bisa dari tanaman hias ataupun warna dari furnitur yang akan kamu gunakan.

4. Ruang keluarga nyaman minim furniture

Inspirasi desain ruang keluarga kecil modern

photo via ameblo.jp

Untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman, kamu bisa memberikan sentuhan alami pada ruang tamu kamu. Caranya bisa dengan memilih furniture berbahan kayu ataupun lantai bermotif kamu. Sesuaikan warna keseluruhan ruangan agar dapat menyatu dengan indah. Selain itu jangan memenuhi ruangan dengan sofa yang besar, cukup pilih sofa yang kecil namun nyaman dan gelar karpet untuk tempat lesehan yang nyaman. Sebuah coffee table berukuran kecil dan TV dengan mejanya yang simple akan membuat ruang keluarga kalian terlihat minimalis dan super cozy.

5. Ruang keluarga dengan bean bag sofa

Inspirasi desain ruang keluarga kecil modern

photo via roomclip.jp

Ruang keluarga yang nyaman nggak harus ada sofanya. Kamu bisa menggantikan sofa dengan 2 buah bean bag yang super nyaman. Dengan tambahan karpet yang lebar, ruang keluarga kamu akan terasa sangat nyaman dan terlihat luas. Hindari juga menempatkan pajangan yang berlebihan, cukup dengan satu buah vas, maka ruang keluarga kamu akan terlihat menarik.

6. Desain ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

photo via roomclip.jp

Ada banyak rumah yang ruang makannya menyatu dengan ruang keluarga. Jika kamu salah satunya, maka kamu bisa meniru gaya interior seperti gambar di atas. Seperti biasa kamu bisa menambahkan TV, sofa dan coffee table sebagai furniture utama pada ruang keluarga. Namun untuk memberikan batas antara ruang makan dan ruang keluarga, kamu bisa memilih karpet yang cukup kontras sebagai pembatas. Meski tidak memiliki sekat pemisah, namun dengan adanya karpet yang kontras, kamu bisa membedakan mana wilayah ruang makan dan mana wilayah ruang tamu.

7. Desain super cozy untuk ruang keluarga yang kecil

Inspirasi desain ruang keluarga kecil modern

photo via lanacion.com.ar

Untuk mengakali bentuk ruang keluarga yang kecil namun memanjang, kamu bisa meniru konsep minimalis pada gambar di atas. Dengan menempatkan bentuk sofa L dan coffee table kamu tidak memerlukan meja TV lagi. Gunakan TV gantung yang ditempatkan di dinding. Agar tidak membosankan, kamu bisa memberikan sentuhan dekoratif pada dinding seperti menggunakan batu alam, teksture dinding yang dibuat unik dll.

8. Desain ruang keluarga minimalis dengan akses lebar ke balkon

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

photo via homify.com.br

Nggak semua rumah punya balkon, namun kalau kamu beruntung memiliki balkon dirumah, maka kamu bisa menciptakan ruang keluarga yang memiliki akses lebar menuju balkon. Seperti ruang keluarga pada umumnya, kamu bisa menambahkan model sofa memanjang tanpa coffee table didepannya. TV gantung dengan rak yang modern. Agar rumah terlihat lebih indah, kamu bisa menggunakan pintu kaca yang tinggi sebagai akses menuju balkon. Selain memaksimalkan cahaya yang masuk, di siang hari, kamu bisa membuka lebar pintu agar memberikan sentuhan alam yang menyegarkan pada ruang tamu kamu, apalagi balkon kamu dipenuhi dengan tanaman hias.

9. Ruang keluarga dengan gaya mini home theater

Inspirasi desain ruang keluarga kecil modern

photo via homify.in

Kamu dan keluarga suka menonton film? Jangan ragu untuk menciptakan ruang keluara dengan gaya mini home theater. Agar terlihat minimalis hindari menggunakan furniture dengan detail, warna dan corak yang ramai. Kamu bisa memilih tone warna alam untuk diterapkan pada ruang keluarga kamu. Seperti sentuhan warna kayu dan tanah. Hindari menggunakan cahaya yang terlalu terang agar kegiatan menonton terasa seperti di bioskop.

10. Ruang keluarga yang ramah anak-anak

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

photo via arcadiadesain.com

Inspirasi desain keluarga yang simpel dan minimalis berikutnya yang bisa kamu tiru adalah desain ruang keluarga yang ramah untuk anak-anak. Untuk kamu yang memiliki anak-anak yang masih kecil dan suka bermain namun tidak memiliki space lebih untuk membuat ruang khusus bermain, maka kamu bisa membuat ruang keluarga kamu menjadi ruang bermain untuk anak-anak. Kamu bisa mewarnai dinding ruang keluarga dengan warna pastel yang ceria. Sofa memanjang dan meja kecil dengan karpet super nyaman. Ruang keluarga kamu akan terlihat nyaman dan membuat anak-anak betah bermain di area tersebut.

11. Desain ruang keluarga yang minimalis dan nyaman

Inspirasi desain ruang keluarga kecil modern

photo via buatlemari.com

Buat kamu yang ingin memiliki ruang keluarga minimalis namun terlihat mewah, kamu bisa meniru gaya interior seperti contoh diatas. Dominasi ruang keluarga kamu dengan warna putih. Kemudian pilih furniture dengan bentuk yang simpel dan minimalis. Dengan tambahan karpet beludru dengan coffee table yang minimalis, ruang keluarga kamu akan terlihat super cozy.

12. Desain minimalis ruang keluarga kecil yang cukup lapang

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

photo via lingkarwarna.com

Jika ruang keluarga kamu kecil, maka hindari menggunakan furniture yang besar. Sesuaikan ukuran furniture dengan ukuran ruangan kamu, bakan lebih baik jangan menempatkan meja ditengah-tengah ruangan. Cukup TV dengan sofa maka kamu bisa mendapatkan ruang keluarga yang simple dan minimalis. Namun agar terlihat lebih hidup, kamu bisa bermain dengan pajangan rumah sperti tanaman hias dll.

13. Ruang keluarga dengan nuansa ceria

Inspirasi desain ruang keluarga kecil modern

photo via lingkarwarna.com

Buat kamu yang ingin nuansa ceria pada ruang keluarga kamu maka kamu bisa bermain dengan warna-warna cerah. Seperti perpaduan warna tosca, kuning dan warna alam lainnya. Selain itu, pemilihan sofa, meja dan furniture lainnya yang berbentuk simpel dan minimalis juga akan memaksimalkan penampilan rapi pada ruang keluarga kamu. Nuansa ceria namun rapi akan kamu dapatkan dengan penataan yang tepat.

14. Ruang keluarga minimalis dengan picture window menghadap ke kebun

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

photo via simplydeas.com

Ruang keluarga kamu tepat berada di samping kebun rumah? Jangan ragu untuk memasang picture window agar ruang keluarga kamu memiliki pemandangan yang menyegarkan. Selain itu, kamupun bisa dengan bebas menata ruang keluarga kamu dengan sofa, meja dan kursi menghadap ke arah TV. Menonjolkan warna putih pada ruangan akan memberikan kesan yang clean look pada ruang keluarga kamu. Kamu juga bisa menambah tanaman hias dirusut ruangan agar suasana di ruangan menjadi lebih adem.

15. Desain ruang keluarga multifungsi

Inspirasi desain ruang keluarga kecil modern

photo via imural.id

Ingin memiliki perpustakaan dan ruang relaksasi namun terhalang ukuran rumah yang kecil? Jangan khawatir, kamu bisa menciptakan semua yang kamu inginkan dalam satu ruang keluarga. Kamu bisa membuat ruang keluarga sekaligus perpustakaan dengan menempatkan rak-rak buku pada dinding ruang keluarga. Namun ingat, kamu harus menyusun buku dengan rapi. Setelahnya kamu bisa memilih model sofa yang nyaman namun memiliki bentuk yang minimalis. Gelar karpet yang nyaman untuk lesehan dan meja untuk menempatkan cemilan dan minuman. Dengan begitu kamu bisa berkumpul di ruang keluarga sambil membaca buku maupun menonton film sambil relaksasi.

Itu dia beberapa inspirasi desain ruang keluarga yang simple dan minimalis untuk rumah kamu yang kecil. Bagaimana guys? Sudah menemukan desain ruang keluarga yang tepat untuk rumah impian kamu? Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa di share!

2+
Artikel Terkait