Destinasi Wisata Favorit Di Korea Selatan



Siapa sih yang tidak mengenal Korea Selatan ? Semenjak demam Hallyu menyerang dibeberapa belahan dunia, negara ini menjadi tempat wisata favorit para wisatawan. Korea Selatan atau disebut juga dengan Negeri Ginseng ini, tidak hanya terkenal dengan boyband, girlband, drama Korea, Film dan makanannya saja. Negeri ini juga terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik, mungkin jika kamu penggemar drakor(drama korea) kamu sudah familiar dengan tempat wisatanya, karena biasanya mereka menggunakan tempat wisata untuk lokasi syuting. Nah, mungkin diantara kalian ada yang berencana untuk berlibur ke Korea Selatan, namun masih bingung tempat-tempat mana saja yang menarik untuk dikunjungi, berikut daftar destinasi wisata favorit di Korea Selatan.

 

1. Namsan Seoul Tower

Photo via : http://dyndrakm.blogspot.com

Photo via : http://www.korea-hotels.net

Namsan Tower adalah tempat wisata di Korea Selatan yang sangat populer. Di Namsan Tower ini kamu bisa melihat keindahan Korea Selatan dari ketinggian. Jika kamu liburan ke Korea Selatan, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mampir kesini. Di puncak menara ini terdapat sebuah tempat yang bernama Love Lock. Di tempat ini kamu bisa mengabadikan momen atau memasang gembok di tempat yang tersedia. Pemasangan gembok ini biasanya dilakukan oleh pasangan kekasih, dimana nantinya kunci gembok akan dibuang. Tempat ini biasanya digunakan sebagai lokasi syuting drama.

 

2. Istana Gyeongbok

Photo via : https://thisiskoreatours.com

Photo via : https://en.wikipedia.org

Photo via : https://www.flickr.com

Photo via : http://rjkoehler.tumblr.com/

Istana Gyeongbok merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea dan istana terbesar di Korea Selatan. Istana ini didirikan pada tahun 1395. Istana ini merupakan istana utama Dinasti Joseon. Pada saat memasuki gerbang utama Gwanghamun, kamu akan menemukan hamparan batu dihalaman istana ini. Di Istana ini kamu bisa menyewa hanbok(baju tradisional Korea) untuk mengabadikan momen disana. Tour berbahasa Inggris di tempat ini tidak dipungut biaya, namun kamu harus membayar tiket masuk Istana Gyeongbok sebesar 3.000 won.

 

3. Bukchon Hanok Village

Photo via : https://pvtistes.net

Photo via : https://thousandwonders.net

Bukchon Hanok Village adalah kawasan perumahan tradisional Hanok Korea. Kawasan ini terletak diantara Gyeongbokgung, Changdeokgung dan Jongmyo Shrine. Disini kamu bisa mengenal budaya Korea dan bisa juga merasakan langsung kebudayaan mereka. Jika kamu ingin merasakan hidup di rumah tradisional ini, kamu bisa menginap di penginapan-penginapan hanok yang ada.

 

4. Pulau Jeju

Photo via : https://wisatacantik.wordpress.com

Photo via : https://sanssoucitravel.com

Salah satu pulau yang terkenal di Korea Selatan yaitu Pulau Jeju. Pulau ini sering dijadikan tempat syuting drama. Di pulau ini banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Di Pulau ini banyak pekerja sebagai nelayan sehingga bahan makanannya kebanyakan adalah hasil dari laut dan makanan paling terkenal yaitu Jeonbokjuk, bubur abalon.

 

5. K-Star Road

Photo via : https://aminoapps.com

Photo via : http://english.visitseoul.net

Photo via : http://koreahallyustyle.blogspot.com

K-Star Road ini berada di kawasan Gangnam. Tempat wisata ini merupakan surganya buat kpopers. Di sepanjang jalan ini banyak terdapat gangnam doll dari berbagai artis kpop yang terkenal seperti EXO, BTS, SNSD, TVXQ, dan yang lainnya. Selain itu di area ini juga terdapat 4 agensi besar yaitu SM Entertainment, JYP Entertainment, Cube Entertainment dan FNC Entertainment. Biasanya di kawasan ini banyak fans kpop yang menunggu artis favoritnya di depan gedung agensinya. Jika beruntung kalian akan melihat artis-artis di sekitaran Gangnam. Kawasan Gangnam ini merupakan salah satu kawasan high class di Seoul.

 

5. Bomun Pavilion

Photo via : http://lovesouthkorea.tumblr.com

Photo via : https://www.reddit.com

Bomun Pavilion merupakan gazebo kayu kecil yang berdiri di atas kolam bebek berair tenang. Bomun Pavilion ini terletak di Gyeongju, Gyeongju sendiri merupakan ibukota kuno dari Dinasti Shilla yang memiliki julukan “Museum Tanpa Dinding”. Ada baiknya kamu datang pada saat musim semi, karena dimusim itu banyak bunga-bunga sakura mulai bermekaran. Namun kamu juga bisa menikmatinya di berbagai musim, jika musim panas maka daun-daunan akan tumbuh subur dan saat musim salju tiba- semua pohon-pohon disekitarnya akan tertutup salju.

 

6. Yang Dong Traditional Village

Photo via : https://livetravelteach.com

Photo via : http://seoulkorea-tour.com

Yang Dong Traditional Village merupakan desa tradisional yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Desa ini mencerminkan budaya dan bangunan khas konfusianisme aristokrat dari Dinasti Joseon. Disini, penduduk kelas atas hidup di tanah yang lebih tinggi dan yang lainnya hidup di tanah yang lebih rendah. Rumah-rumah disini memiliki warna coklat muda dengan warna gentng abu-abu. Ada sekitar 500 orang yang masih tinggal disini bahkan ada rumah yang berusia lebih dari 200 tahun.

 

7. Pulau Nami

Photo via : https://tranhoangtravel.com

Photo via : https://www.thepoortraveler.net

Pulau Nami adalah salah satu pulau kecil yang indah selain pulau Jeju. Pulau ini sangat menarik karena berbentuk seperti bulan separuh. Tempat wisata ini juga bisa dibilang sangat romantis, karena pada sisi kedua pulai ini terdapat pepohonan yang sangat rindah dan memiliki warna yang sangat indah. Jika kamu ingin mengunjungi pulau Nami ada baiknya kamu datang pada saat musim gugur. Tempat ini juga sangat populer dan pernah dijadikan tempat syuting drama Winter Sonata.

 

8. Jinhae

Photo via : https://depositphotos.com

Photo via : https://madepadmawati.blogspot.com

Jinhae merupakan sebuah distrik di Changwon City, tempat ini memiliki banyak pohon sakura yang tersebar di kota ataupun terkonsentrasi dibeberapa tempat. Pada saat musim semi tiba, tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun turis, untuk melihat keindahan pohon sakura yang bermekaran. Pada saat musim semi tiba, Jinhae terkenal dengan festival bunga sakurannya yang diadakan setahun sekali.

 

9. Lotte World dan Everland

Photo via : https://asiatravelagency.info

Photo via : http://talkinkorea.com

Di Korea terdapat taman hiburan yaitu Lotte World dan Everland. Lotte World terkenal dengan theme park indoornya dan biasnaya sering digunakan untuk lokasi syuting drama. Selain itu terdapat juga taman hiburan ourdoor, museum rakyat Korea, mall, bioskop, hotel mewah dan fasilitas olahraga. Sedangkan Neverland terkenal dengan taman bunga dan bangunan-bangunan yang indah seperti negeri dongeng. Selain itu terdapat juga kebun binatang, theme park, arena balap dan petualangan outdoor yang terbagi dalam 5 zona yaitu Zoo-Topia, European Adventure, Magic Land, American Adventure dan Roller Coasters.

 

10. Cheonggyecheon Stream

Photo via : https://elhasanatour.com

Photo via : https://annisarahmadizki.wordpress.com

Cheonggyecheon Stream merupakan sungai yang mengalir di tengah kawasan pusat bisnis kota Seoul. Sungai ini memiliki tempat berjalan di kedua sisinya yang dihiasi dengan karya seni, patung, taman, jembatan air, air terjun hingga pertunjukan sinar laser pada malam harinya. Disini kamu bisa duduk-duduk di tepi sungai sambil bersantai. Di tempat ini juga merupakan tempat diadakannya Lantern Seoul Festival yaitu festival lampion yang diadakan setahun sekali yang merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu di Korea. Pada malam hari tempat ini menjadi tempat yang sangat romantis yang di kelilingi dengan cahaya lampu kota yang berwarna-warni, selain itu tempat ini juga populer sebagai tempat untuk melamar pasangan, So…sweet.

 

11. Myeongdong

Photo via : http://youandmecapturedmoments.blogspot.com

Photo via : http://www.travelog.me

Selain wisata alamnya yang menarik, Korea Selatan juga memiliki banyak pasar malam yang wajib dikunjungi. Di Korea ada sekitar 4 wisata belanja yang sayang untuk dilewatkan salah satunya yaitu Myeongdong. Myeongdong adalah salah satu distrik pusat perbelanjaan dan wisata utama di kota Seoul. Myeongdong diibaratkan sebagai surganya belanja dan pusat fashion yang menjual beraneka fashion item dari produk lokal hingga bermerk international. Disini juga menjadi sentra kosmetik dimana kita bisa dengan mudah menemukan outlet kosmetik merk terkenal seperti Etude House, The Face Shop, Skin Food, Missha dan Nature Republik. Nah, buat kamu penggila kpop, disini kamu bisa membeli aneka CD dan marchandise kpop.

 

12. Sungai Han Gang

Photo via : http://www.crossingtravel.com

Photo via : http://seoulscroll.blogspot.com

Sungan Han ini merupakan sungai yang terbentang di sepanjang kota Seoul. Di sepanjang sungai ini terdapat banyak jembatan dan taman. Salah satu jembatan yang melintasi sungai han adalah Banpo Bridge. Saat malam hari setiap pukul 8 malam, dijembatan ini ada atraksi yang indah yaitu Rainbow Fountain yang merupakan pertunjukan air mancur warna-warni dengan durasi show 15 menit.

 

13. Istana Changdeok

Photo via : http://korea.panduanwisata.id

Photo via : https://kidsfuninseoul.wordpress.com

Istana Changdeok adalah istana kerajaan kedua yang dibangun di masa Dinasti Joseon setelah Gyeongbokgung. Istana Changdeok ini bangun pada tahun 1935 yang berada di sebelah timur istana utama Gyeongbokgung sehingga disebut dengan “East Palace” atau istana timur. Di dalam Istana Changdeok terdapat sebuah taman belakang istana yang indah seluas 32 hektar yang disebut Huwon. Biasanya Raja menggelar upacara-upacara kerajaan disini. Taman ini juga terdiri dari sebuah kolam teratai, beberapa paviliun, halaman rumput, bunga dan pepohonan. Di Istana ini yang paling terkenal adalah Taman Rahasia (secret garden) yang terdapat dibagian belakang istana. Lokasi taman rahasia ini tidak tersembunyi, taman ini disebut rahasia karena taman ini hanya boleh dimasuki oleh raja dan istrinya atau keluarga kerajaan.

 

14. Istana Changgyeong

Photo via : https://www.videoblocks.com


Photo via : https://www.videoblocks.com

Istana Changgyeong merupakan komplek istana ke 3 yang dibangun di masa dinasti Joseon. Istana ini dibangun pada tahun 1483 di dekat Istana Changdeok dan memiliki luas area yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan istana lainnya. Istana ini sekitar 70% terdiri dari ruang hijau terbuka, pepohonan dan juga kolam. Ada bebrapa bangunan yang menjadi daya tarik Istana Changgyeong ini yaitu sejumlah aula, pavilium, pintu gerbang dan jembatan.

 

15. Petite France

Photo via : https://www.habkorea.net

Photo via : http://hattabagus.com

Petite France merupakan sebuah desa miniatur dengan sentuhan budaya French di Korea Selatan. Banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara yang berwisata disini. Selain tempat wisata, Petite France juga digunakan sebagai pusat pelatihan remaja Korea (Goseong Youth Training Center). Disini para wisatawan bisa menginap dan menikmati real French food. Bahkan disini wisatawan bisa mencoba pakaian tradisional negara France.

 

16. Haedong Yonggungsa

Photo via : https://kkday.com


Photo via : https://www.iworldoftravel.com

Haedong Yonggungsa merupakan sebuah kuil Budha yang berada di Busan Korea Selatan. Kuil ini dingan sejak tahun 1376 yang dibangun pada masa dinasti Goryeo. Kuil ini merupakan salah satu kuil terbesar yang ada di Korea Selatan dan letaknya di pinggir pantai. Pada saat perayaan keagamaan Budha, kuil ini terlihat sangat indah karena dihiasi dengan lampu lampion yang beraneka warna.

 

17. Gwanghwamun Square

Photo via : http://theflyinghanbok.weebly.com

Photo via : http://themissnise.com

Gwanghwamun Square adalah sebuah area yang dibangun dengan mengurangi 16 jalur lalu lintas utama menjadi 10 ruas jalan utama yang berada di tengah-tengah Sejong-ro. Gwanghwamun Square ini dibangun mulai 27 Mei 2008 dan dibuka pada 1 Agustus 2009. Saat berkunjung kesini kamu akan melihat patung Laksamana Yi Sun Shin dan air mancur 12.23. Laksamana Yi Sun Shin merupakan salah satu laksamana yang terkenal di Korea karena kegagahannya melawan Jepang. Air mancur 12.23 tersebut merupakan mencerminkan semangat dari Laksamana Yi Sun Shin. Air mancur 12.23 ini berarti 12 menunjukan jumlah kapal yang digunakan saat mengalahkan 133 kapal lawan dalam perang Myeongrang, sedangkan 23 adalah jumlah kemenangan yang dimiliki dari 23 kali pertempuran. Jika kamu berjalan ke arah utara di belakang patung Laksamana Yi Sun Shin, kamu akan melihat patung Raja Sejong yang sangat berwibawa. Raja Sejong adalah raja semasa ketika huruf Hangul (alpabet Korea) diciptakan pertama kali dan disebarluaskan. Selain itu Raja Sejong juga memberikan banyak penemuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, kesenian dan budaya, militer, diplomasi, pertanian dan astronomi.

 

18. Seoullo 7017

Photo via : https://www.lifegate.com

Photo via : http://handhome.net

Seoullo 7017 adalah destinasi wisata terbaru di Seoul. Jembatan layang ini didedikasikan untuk pejalan kaki. Taman di atas Seoullo 7017 di desain begitu cantik dan nyaman untuk pejalan kaki yang sibuk ditengah kesibukan aktivitasnya. Disini terdapat 228 spesies bunga dan 24.000 tanaman yang ditanam di sepanjang Seoullo 7017. Tempat ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting drama korea Fight For MY Way, Live Up to Your Name.

 

19. Ihwa Mural Village

Photo via : http://www.thetummytrain.com

Photo via : https://dreamgolive.wordpress.com

Ihwa Mural Village merupakan salah satu tempat wisata di Korea yang terletak diantara Hyewa Station dan Dongdaemin Station atau tepatnya dibawah Naksan Park. Di sini kamu bisa merlihat berbagai mural cantik yang dilukis oleh sekitar 60 seniman di dinding hingga tangga. Tempat ini juga merupakan tempat foto hits bagi wisatawan maupun anak muda Seoul.

 

20. Hongdae

Photo via : https://socoolkorea.com

Photo via : https://pseudoai.wordpress.com

Kawasan Hongik University Street atau dikenal dengan Hongdae adalah tempat berkumpulnya anak-anak muda Seoul. Di Hongdae kamu bisa merasakan suasana malam khas Seoul, wisata kuliner hingga wisata belanja. Jika sudah malam hari, biasanya kawasan ini semakin ramai dan menarik untuk dikunjungi.

 

21. Teddy Bear Museum

Photo via : https://www.expedia.com


Photo via : https://jejutourism.wordpress.com

Teddy Bear Museum merupakan salah satu museum yang ada di Pulau Jeju. Museum ini menjadi daya tarik Pulau Jeju karena memamerkan aneka koleksi boneka beruang atau teddy bear dan termasuk 23 boneka bersejarah yang berumur lebih dari 100 tahun. Museum ini terdiri dari 2 buah ruangan yaitu pameran, gift shop, cafe dan sebuah taman yang memperlihatkan keindahan pantai Jungmun. Pada ruangan pameran terdapat boneka beruang yang dipamerkan dan uniknya dipameran ini kalian bisa melihat bagaimana kota Seoul berkembang dan mengubah penampilannya dari waktu ke waktu melalui sejumlah drama yang diekpresikan oleh boneka-boneka teddy bear inji. Selain itu museum ini memiliki area outdoor yang bernama Teddy Forest. Di tempat ini banyak sekali patung-patung Teddy Bear yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto. Museum Teddy Bear ini juga pernah digunakan untuk lokasi syuting drama Korea Princess Hours.

 

22. Jeju Stone Park

Photo via : https://jejutourism.wordpress.com


Photo via : https://jejutourism.wordpress.com

Taman Batu Jeju Stone Park ini terinspirasi dari mitos sejarah Jeju, batu dan semangatnya. Temanya berisi legenda tentang Seolmundae Halmang yang menciptakan pulau Jeju dan ornamen batu Obaek Janggun.

 

23. Seopjikoji

Photo via : https://kumpar.com

Photo via : https://www.expedia.com

Tempat wisata ini berada di pulau Jeju tepatnya di ujung pantai timur. Disini terdapat sebuah bukit yang secara tiba-tiba muncul dari permukaan tanah. Di bukit Koji ini terdapat sebuah batu Bongsudae yang disebut Hyeopjayeondae dengan tinggi alami 4 m dan lebar 9 m.

 

24. Pocheon Art Valley

Photo via : https://idntimes.com


Photo via : https://www.havehalalwilltravel.com

Pocheon Art Valley dulunya adalah sebuah tambang granit dan saat ini dirubah menjadi taman seni ramah lingkungan pertama di Asia. Disini ada beberapa hal yang menarik. Pertama adalah Pocheon Art Valley Astronimical Science Museum, dimana tempat ini memiliki planetarium dan dua ruang observatorium. Disini kalian bisa mempelajari mengenai rasi bintang dan planet-planet yang ada di luar angkasa. Selain itu disini ada Danau Cheonjuho, nah buat kamu penggemar drama Korea tentunya tempat ini tidaklah asing, karena tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting untuk drama Korea Moon Lovers : Scralet Herat Ryeo, Hwayugi dan Legend of The Blue Sea. Danau ini diapit oleh dua tebing granit yang sebenarnya adalah lubang galian granit. Namun setelah ditinggalkan, air hujan mengisi perlahan-lahan lubang tersebut dan hingga saat ini menjadi sebuah danau.

 

25. Songwol-dong Fairy Tale Village

Photo via : https://journeyhometosingapore.wordpress.com


Photo via : http://oneshelltoanother.com

Songwol-dong Fairy Tale Village merupakan salah satu wisata seperti negeri dongeng. Tempat wisata ini penuh dengan warna seperti negeri dongeng. Rumah-rumah disini dipenuhi dengan berbagai macam ornamen dan gambar-gambar yang lucu, tah heran tempat ini disebut sebagai Fairy Tale Village.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >