Diputusin Pacar Lewat Chat, Ini Cara Terbaik Menyikapinya

Dibuat oleh blogunik

Diputusin pacar memang menyakitkan, namun rasa sakitnya akan lebih double ketika kamu diputusin bukan secara langsung face to face, melainkan via chat. Buat kalian yang pernah memiliki pengalaman diputusin pacar lewat chat, pasti setuju kalau cara putus ini adalah cara putus paling buruk yang pernah dialami.

Tak hanya merasakan rasa sakit hati karena kehilangan seseorang yang dicintai, namun putus lewat chat juga membuat seseorang merasa kurang berharga. Mereka akan merasa sangat kecewa karena orang yang dicintai bahkan enggan bertemu untuk menjelaskan alasan perpisahan yang terkesan sepihak tersebut.

Meski tak semua orang sepengecut itu untuk meminta putus via chat, namun nyatanya cara putus ini masih banyak terjadi hingga saat ini. Nah untuk menyiapkan mental kamu, berikut cara terbaik untuk menyikapi ketika kamu diputusin pacar lewat chat. So let’s check it out guys!

1. Tetap tenang dan jaga sikap

Cara menyikapi ketika diputusin pacar lewat chat

photo via seomalaga.com

Ketika kamu tiba-tiba mendapatkan chat dari pacar kamu yang isinya dia minta putus, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menenangkan diri. Tetap tenang dan jaga sikap, jangan langsung meneleponnya untuk menanyakan apa maksud dari permintaan putusnya yang terkesan tiba-tiba. Sebaiknya, berikan waktu dirimu untuk berpikir jernih. Selain itu, dengan bersikap tenang, kamu juga bisa menjaga gengsi karena diputusin duluan oleh pasangan. Cara ini akan membuatmu tetap terlihat elegan dan dewasa di mata pasangan.

2. Jangan segera merespon chatnya

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika kamu mendapat chat permintaan putus dari pacar kamu, maka jangan langsung membalas pesannya apalagi langsung menelponnya. Biar bagaimanapun hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa dibicarakan hanya via chat. Berikan waktu pada diri sendiri untuk berpikir bagaimana cara menanggapi permintaan putusnya. Karena urusan hati dan perasaan rasanya tidak cukup bila hanya disampaikan lewat sebaris pesan teks saja.

3. Pahami kalau ternyata selama ini kamu pacaran dengan seorang pengecut

Cara menyikapi ketika diputusin pacar lewat chat

photo via brigitte.de

Ketika dia mutusin kamu lewat chat, sadarilah kalau selama ini ternyata kamu pacaran dengan orang yang pengecut. Saat dia meminta putus via chat, tandanya dia tidak menghargai perasaan kamu yang seharusnya ia jaga. Hanya orang yang pengecut dan tak bernyali saja yang beraninya pakai pesan teks untuk menyampaikan sesuatu. Kalau memang harus berpisah dan ingin putus, etikanya ya harus bilang baik-baik dengan bertatap muka langsung. Karena tidak semua hal bisa cukup disampaikan via chat, apalagi untuk mengakhiri sebuah hubungan.

4. Jangan langsung menyetujui permintaan putusnya

Cara berikutnya ketika kamu diputusin pacar lewat chat adalah janganlah langsung gegabah menyetujui permintaan putusnya. Meskipun kamu juga sudah tidak tahan dengan sikapnya dan memang ingin putus juga, namun jangan sekali-kali menyetujui permintaannya lewat chat. Setidaknya kamu perlu tahu alasan kenapa dia mutusin kamu secara tiba-tiba. Jika dia langsung meminta putus tanpa mendengar suara darimu dulu berarti dia benar-benar egois. Bagaimanapun kalian pernah memiliki kenangan indah bersama, sehingga ketika kalian ingin putus sebaiknya lakukan secara langsung dengan tatap muka, dan berbicara dari hati ke hati.

5. Minta jadwal untuk pertemuan langsung

Cara menyikapi ketika diputusin pacar lewat chat

photo via vicimediainc.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk mengakhiri sebuah hubungan, cara yang benar adalah dengan pertemuan langsung dan berbicara dengan baik-baik. Maka dari itu, ketika kamu diputusin pacar lewat chat, maka sebaiknya balas dengan meminta waktu untuk bertemu langsung. Karena kamu juga perlu untuk mengutarakan suaramu secara langsung dan meminta penjelasan lengkap darinya.

6. Buat kesepakatan kalau kamu akan setuju untuk putus jika kalian bisa bicara secara langsung

Kalaupun dia menolak karena alasan sibuk pekerjaan atau karena pandemi, maka katakan kalau kamu baru akan menyetujui permintaan putusnya ketika kalian bertemu dan berbicara secara langsung. Katakan kalau kamu tidak ingin memutuskan masalah perasaan ini hanya lewat chat. Dan saat kalian sudah bertemu secara langsung, maka langsung ke topik utama yang ingin kamu sampaikan.

7. Tanyakan padanya alasannya meminta putus

Cara menyikapi ketika diputusin pacar lewat chat

photo via mantelligence.com

Ketika kamu diputusin pacar lewat chat, dan kondisi kalian memang tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung karena suatu alasan seperti terhalang jarak, maka kamu cukup bertanya apa alasannya meminta putus darimu, karena kamu perlu dan berhak untuk mengetahuinya. Kalaupun tidak cukup lewat chat, kamu bisa mengajaknya untuk berbicara melalui panggilan telephone atau bahkan video call.

8. Pertimbangkan apakah hubungan tersebut masih perlu diperjuangkan atau tidak

Setelah kamu mengetahui alasannya, minta waktu sejenak untuk memikirkan jawabanmu. Dalam waktu tersebut, kamu bisa mempertimbangkan apakah hubungan tersebut masih perlu diperjuangkan atau tidak. Walau pada kenyataannya ketika seseorang meminta putus lewat chat merupakan gambaran orang yang pengecut dan tidak layak untuk dipertahankan. Namun semua keputusan tetap ada di tangan kamu.

9. Balas dengan pesan bernada sassy dan singkat

Cara menyikapi ketika diputusin pacar lewat chat

photo via makeuseof.com

Jika kamu sudah mengetahui alasannya ingin meminta putus lewat chat. Pahamilah bahwa apapun alasan yang diberikan, dia tetaplah orang pengecut yang tidak berani bertemu secara langsung untuk mengakhiri hubungan. Dengan kata lain, kamu telah menjalin hubungan dengan orang yang tidak dapat menghargai dan menghormati dirimu. Sehingga menyetujui permintaannya untuk putus bisa menjadi jalan yang lebih baik untukmu kedepannya.

Nah untuk menyetujui permintaan putusnya ini, kamu bisa menjawabnya dengan pesan bernada sassy dan singkat. Seperti “Ok, good luck!”. Ataupun hanya membalas dengan kata “OK” saja.

10. Hargai keputusannya

Jangan ikut menjadi kekanakan dengan mencecarnya dengan ribuan chat ataupun panggilan telepon yang berisi penolakanmu tentang keputusannya. Meskipun sangat menyakitkan dan kecewa ketika diputuskan secara sepihak lewat chat, namun kamu harsua menghargai keputusannya. Apalagi orang pengecut sepertinya memang tidak layak untuk dipertahankan.

11. Berhenti menghubunginya

Cara menyikapi ketika diputusin pacar lewat chat

photo via freepik.com

Jika putus merupakan kata “final” dalam hubungan kalian, maka cobalah menerima dengan ikhlas perpisahan kalian. Meskipun sangat menyakitkan dan mengecewakan ketika diputuskan lewat chat, namun kamu tidak perlu merengek kepada orang yang bahkan menghargai dirimu. Mulailah untuk berhenti menghubunginya, bila perlu block dari daftar kontak kamu. Karena cara putus satu ini tidak akan membuat kalian memiliki hubungan yang baik.

12. Siapkan diri untuk move on

Selanjutnya kamu harus move on dari semua rasa sakit dan kecewa karena tidak dihargai oleh mantan. Cobalah untuk mengikhlaskan semua dan melupakannya. Beri jeda sejenak untuk dirimu menikmati kesendirian dan saat kalian siap, bukalah hati kembali karena diluar sana masih banyak orang yang lebih baik dan gentle dari mantanmu.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyikapi ketika kamu diputusin pacar lewat chat. Orang yang cuma beraninya lewat pesan teks untuk menyampaikan sesuatu yang penting itu kekanakan merupakan orang yang sangat pengecut dan kekanakan. Jadi memang tidak layak untuk dipertahankan. Semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait