Dunia punya beragam cara untuk menyajikan kopi

3 tahun lalu, by blogunik

Meminum kopi adalah rutinitas yang wajib dilakukan oleh kebanyakan warga negara didunia, baik itu dipagi hari, siang ataupun malam hari. Meminum kopi saat ini mungkin sudah menjadi budaya tersendiri, tak heran jika setiap negara memiliki cara masing-masing saat mengolah kopi untuk dinikmati. Berikut ini adalah berbagai cara unik membuat kopi dari berbagai negara.

1. Vietnam dengan metode saring atau filter

​K​opi saring​ dikenal​ dengan nama Vietnam Ca Phe Da. Kopi ini biasanya dicampur dengan susu dan es. Kopi Vietnam khususnya Cha Phe Da dilengkapi dengan alat penyaring yang bernama Phin. Wadah ini adalah tempat kopi bubuk diseduh. Diameter saringannya seukuran lebar cangkir atau gelas kopi. ​Banyak orang Vietnam menggunakan Cafe Du Monde French Roast Chicory sebagai tempat seduhannya.

2. Prancis dengan metode french press

French press bukanlah sebuah nama baru di dunia kopi. Kehadirannya telah lama menjadi salah satu pilihan metode manual brew dalam menyeduh kopi. Tak seperti alat manual brew lainnya yang menggunakan filter kertas atau able kone, french press berbeda dengan kesederhanaan yang justru membuatnya memikat dan tak lekang oleh zaman.

Untuk menghasilkan kopi aromatik pada residu setelah minimal dengan tangan kadang-kadang dapat memakan waktu yang lama, tapi tidak dengan
metode menggunakan French Press . French Press adalah alat yang dirancang khusus diseduh untuk menghasilkan kopi yang lezat dengan waktu yang singkat. Selain itu, teknik ini tidak terlalu sulit dan harga pembuat alat relatif murah juga merupakan alasan utama yang membuat penggunaan metode Tekan Perancis menjadi salah satu metode yang paling populer di dunia.

3. Turkish Coffe dengan peralatan yang tidak lazim saat menyiapkan segelas kopi

 

Turkish Coffee dibuat dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam air mendidih yang didihkan di atas pot bernama cezve atau ibrik. Campuran kopi dan air panas ini kemudian ditambahkan dengan gula sesuai dengan selera para peminumnya.

Selain diseduh dengan cara yang cukup unik, Turkish coffee juga memiliki ciri tersendiri dalam penyajiannya. Turkish coffee biasanya disajikan
pada sebuah cangkir kecil seukuran espresso. Meski ukurannya sama dengan espresso, cara menikmatinya ternyata berbeda. Jika espresso harus
dinikmati dengan cepat dalam sekali teguk, maka Turkish Coffee harus diteguk secara perlahan.

4. Dengan peralatan yang canggih, orang Amerika bisa merasakan Americano coffee

Caffè Americano merupakan espresso yang ditambahkan air panas dengan tujuan untuk mengurangi rasa yang terlalu kuat dari espresso. Alat yang digunakan adalah mesin espresso yang tergolong canggih. bagi kalian yang hobi meminum kopi di cafe favorite kalian pasti tidak asing dengan benda ini.

5. Sederhana alatnya tapi nikmat rasanya, inilah keunikan Kopi Tubruk Indonesia

Kopi tubruk merupakan cara penyeduhan kopi yang paling sederhana dan paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tinggal menyeduh bubuk kopi dalam cangkir dengan air panas, kopi tubruk siap dinikmati. Kadang ada yang menambahkan gula atau susu sesuai selera masing-masing. Cara menambrakkan air panasnya pun sesuai kehendak hati yang membuat.

Artikel Terkait