15 Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

by blogunik
 0  

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Jerawat

Sedang mencari facial wash yang cocok untuk kulit berjerawat? Mungkin rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit berjerawat ini bisa jadi solusi buat kalian!

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling banyak diderita oleh orang tak memandang gender. Siapapun bisa mengalami masalah kulit berjerawat termasuk kita. Apalagi jika kamu memiliki tipe kulit berminyak, tentu jerawat akan lebih mudah muncul bahkan bertahan lama di wajah. Wajah yang berjerawat memang membuat kita tidak percaya diri karena mengganggu penampilan. Tak hanya itu, jerawat terkadang juga dapat menimbulkan rasa perih dan gatal sehingga membuat kita tidak nyaman. Maka dari itu, memilih skincare yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah.

Dalam rangkaian skin care, biasanya selalu ada facial wash sebagai salah satu rangkaian yang wajib dipakai. Facial wash ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Untuk mendapatkan produk facial wash yang tepat kamu juga harus memperhatikan tipe kulit kamu. Biasanya, setiap brand menyediakan beberapa varian yang bisa dipilih, sesuai dengan kulit wajah penggunanya.

Nah sebelum kita mengulas tentang produk-produk facial wash terbaik untuk kulit berjerawat, ada baiknya kita ketahui dulu tips dan cara yang benar dalam merawat kulit berjerawat, seperti dibawah ini!

Tips Merawat Kulit Berjerawat

1. Bersihkan wajah dari makeup dan kotoran

Tak hanya untuk kulit berjerawat, namun semua orang bagaimanapun tipe kulitnya harus rajin membersihkan wajahnya. Membersihkan wajah yang baik adalah dua kali sehari, dipagi hari dan di malam hari sebelum tidur. Buat kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat bisa menggunakan micellar water terlebih dahulu atau tissue basah khusus wajah untuk membersihkan makeup dan kotoran dari wajah. Setlah itu, barulah membasuh wajah dengan facial wash. Pastikan kamu rutin membersihkan wajah, namun ingat, jangan sampai berlebihan karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga dapat memperparah jerawat.

2. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor

Secara tidak sadar, kita sering menyentuh wajah dengan tangan, baik itu untuk mengusap peluh, memeriksa jerawat, atau bahkan menggosok bagian yang gatal. Mulai saat ini, janganlah menyentuh wajah sembarangan. Ada baiknya kamu mencuci tangan terlebih dahulu dan pastikan tangan bersih sebelum menyentuh wajah. Ini bertujuan untuk menghindari bakteri yang menempel di tangan melompat dan berpindah ke kulit wajah yang dapat menyebabkan jerawat.

3. Jaga kebersihan rambut

Salah satu penyebab jerawat adalah rambut yang kotor atau berminyak. Maka dari itu, pastikan kamu membersihkan rambut secara rutin. Rambut yang berminyak dapat memicu tumbuhnya jerawat terutama dibagian dahi atau dekat garis rambut. Selain itu, hindari produk seperti gel rambut atau semprotan untuk rambut mengenai wajah, karena hal ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

4. Jangan memencet jerawat secara sembarangan

Kalian mungkin tergoda untuk memencet jerawat. Namun perlu diingat bahwa memencet jerawat secara sembarangan dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah. Daripada memencetnya, kalian bisa mengoleskan obat jerawat terbaik untuk mengatasinya. Obat jerawat mungkin membutuhkan waktu untuk bekerja, tetapi obat jerawat mampu mencegah pembentukan jerawat baru.

5. Cuci wajah dengan air hangat

Tips merawat kulit berjerawat selanjutnya adalah dengan membasuh wajah dengan air hangat. Gunakan air hangat suam kuku untuk membasuh wajah saat memakai facial wash. Kamu bisa menggunakan air hangat bersuhu 30 derajat hingga 36 derajat Celsius. Air hangat dapat membuka pori-pori wajah sehingga kotoran yang tersumbat dapat ikut terangkat ketika dibersihkan.

6. Gunakan produk skincare khusus kulit berjerawat

Salah satu cara merawat kulit berjerawat adalah dengan memilih produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Buat kamu yang berjerawat, hendaknya memilih skincare yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid yang dipercaya ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kamu juga disarankan memilih produk skincare yang bebas minyak atau produk berlabel oil-free dan acne prone skin. Produk ini biasanya punya kandungan bahan non-greasy yang tidak akan membut lengket di wajah serta memiliki kemampuan oil-control yang mampu menyerap kelebihan minyak di wajah.

7. Keringkan dengan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk wajah

Walau sering diremehkan, namun cara mengeringkan wajah dengan handuk juga mempengaruhi munculnya jerawat. Alangkah baiknya kamu memiliki handuk bersih khusus untuk wajah dan tidak digabung dengan handuk badan. Atau kamu bisa juga menggunakan tisu untuk mengeringkan wajah. Caranyapun cukup ditepuk-tepuk dengan lembut, tidak perlu digosok karena hanya akan menyakiti kulit.

8. Hindari menggunakan scrub wajah atau facial wash mengandung scrub

Ketika kulit terasa berminyak, berdebu, atau kotor, kita mungkin tergoda untuk melakukan exfoliation wajah dengan scrub wajah atau menggunakan facial wash mengandung scrub. Meski dapat menghilangkan noda bekas jerawat, scrub wajah justru dapat mengiritasi kulit sehingga memperparah kondisi jerawat. Mungkin sekali-kali masih bisa dilakukan, tapi apabila kamu terlalu sering menggunakan scrub, maka jaringan kulit akan teriritasi dan berakhir dengan rusaknya jaringan sel kulit.

9. Urutkan pemakaian skincare yang benar untuk kulit berjerawat

Tak cukup mengandalkan facial wash, untuk perawatan kulit berjerawat, kamu harus melakukan rangkaian pemakaian skincare yang baik dan benar. Pastikan urutan pemakaian produk skincare yang kamu gunakan sudah benar. Cara merawat wajah berjerawat yang baik dan benar bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih, membersihkan pori-pori, sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat agar tidak semakin parah.

10. Bersihkan wajah 2 kali sehari

Bersihkan wajah kamu cukup 2 kali sehari dan jangan lebih dari itu. Hal ini bertujuan agar kulit tetap terjaga kelembapannya dan tidak menjadi kering. Bersihkan wajah di pagi hari untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kulit, berikut juga dengan sisa sel-sel kulit mati. Selanjutnya bersihkan wajah dimalam hari, sebelum tidur untuk membersihkan sisa makeup dan debu kotoran setelah seharian berada di luar rumah.

15 Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

Nah setelah mengetahui beberapa tips dalam merawat kulit berjerawat, kini saatnya kita mengulas 15 rekomendasi produk facial wash terbaik untuk kulit berjerawat yang bisa kamu pilih sesuai tipe kulit kamu. So let’s check it out guys!

1. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Foaming Cleanser Face Wash

Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

photo via thebodyshop.co.id

Facial wash terbaik untuk mengatasi kulit berjerawat pertama hadir dari The Body Shop. Dengan produk facial wash bernama Tea Tree Skin Clearing Foaming Cleanser Face Wash, The Body Shop menghadirkan sabun pembersih wajah bertektur foam yang lembut dan diperkaya dengan Community Trade tea tree oil dari kenya. Facial wahs ini mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah tanpa membuat kulit menjadi kering. Produk facial wash ini sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat serta membuat kulit terasa lebih bersih dan bebas kilap. Untuk memiliki facial wash terbaik untuk kulit berjerawat ini, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 169 ribu.

2. Clean & Clear Foaming Face Wash

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Jerawat

photo via cleanandclear.co.id

Untuk para remaja yang memiliki masalah kulit berjerawat, Clean & Clear Foaming Face Wash bisa menjadi pilihan yang tepat. Clean & Clear Foaming Face Wash dapat membantu mengontrol minyak selama 8 jam dan dapat membantu melawan 99.8% bakteri penyebab jerawat sehingga kamu bisa terhindar dari masalah jerawat batu, jerawat pasir, dan beragam jerawat lainnya. Selain itu, facial wash ini juga memiliki busa lembut yang dapat mengangkat kotoran dan minyak di wajah tanpa membuat kulit jadi kering setelah pemakaian. Menjadi produk facial wash khusus remaja, Clean & Clear Foaming Face Wash dibandrol dengan harga yang bersahabat yakni sekitar Rp 15 ribuan.

3. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

photo via cetaphil.co.id

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan pembersih wajah terbaik untuk kulit berjerawat yang manfaatnya tidak perlu diragukan lagi. Produk satu ini telah banyak disarankan oleh dokter dan ahli kesehatan kulit dan diformulasikan sebagai pembersih wajah pengganti sabun untuk kulit kering, normal, kombinasi, dan berjerawat yang mampu membersihkan sekaligus melembapkan.

Dibuat dengan pH seimbang untuk menjaga kadar asam dan basa pada permukaan kulit, juga membantu keseimbangan antara kandungan air dan minyak alami pada kulit. Selain itu, produk ini juga dibuat tanpa tambahan pewangi dan tidak mengandung busa berlebihan sehingga cocok sebagai pembersih untuk kulit sensitif sekalipun. Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga mampu membersihkan kulit dari sel kulit mati yang menumpuk, kotoran dan polusi yang menempel pada kulit. Cetaphil Gentle Skin Cleanser inipun dibanderol dengan harga mulai Rp 59 ribuan.

4. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Jerawat

photo via cosrx.com

Selanjutnya ada COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser yang merupakan facial wash berbentuk gel dengan pH rendah yang mampu membersihkan semua kotoran dari kulit hingga sampai ke pori-pori tanpa mengiritasi dan menimbulkan rasa perih. Facial wash terbaik ini juga mampu menjaga kelembapan kulit sehingga tidak terasa kering setelah digunakan. Tekstur gel produk ini sangat ringan digunakan oleh semua jenis kulit termasuk kulit berjerawat. Untuk harga sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp 130 ribuan.

5. Rohto Acnes Natural Care Complete White Face Wash

Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

photo via rohto.co.id

Facial wash dari Rohto yakni Acnes Natural Care Complete White Face Wash juga menjadi salah satu produk pembersih wajah terbaik untuk kulit berjerawat. Acnes Natural Care Complete White Face Wash ini merupakan pembersih wajah yang diformulasikan dengan kandungan natural active ingredient yang memberikan 3 manfaat sekaligus. Yang pertama mencerahkan kulit dan menyamarkan vlek serta noda jerawat dengan kandungan bearberry ext, Mitracarpus Scaber Ext, dan Vitamin C.

Facial wash ini juga mampu membersihkan wajah dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Tak sampai disitu, facial wash ini juga dapat menjaga kelembaban dan kelembutan kulit, sehingga kulit nampak sehat berseri sepanjang hari. Harganyapun tergolong terjangkau yakni sekitar Rp 28 ribuan.

6. Kiehl’s Ultra Facial Cleanser

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Jerawat

photo via kiehls.co.id

Rekomendasi facial wash yang bagus untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah Kiehl’s Ultra Facial Cleanser. Ini merupakan facial wash yang diformulasikan untuk semua jenis kulit. Membantu membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dan menghilangkan sisa makeup tanpa membuat kulit menjadi kering. Dengan pH-balanced yang dimiliki, produk ini mampu menjaga keseimbangan alami kulit dan mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah. Mengandung ekstrak minyak kernel aprikot yang memiliki kandungan Vitamin E yang sangat tinggi dan membantu penyerapan dengan cepat. Selain itu, produk ini juga sangat mudah dibasuh dan tidak meninggalkan rasa licin bekas sabun. Menariknya facial wash ini juga bisa meredakan gejala breakout dan meringankan jerawat secara tidak langsung. Facial wash terbaik untuk jerawat ini dibandrol dengan harga mulai Rp 240 ribuan.

7. ElshéSkin Acne Cleansing Wash

Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

photo via elsheskin.com

Buat kamu yang sedang mencari facial wash terbaik untuk mengatasi masalah berjerawat namun dengan harga yang bersahabat, maka ElshéSkin Acne Cleansing Wash bisa menjadi pilihan yang tepat. Facial wash dari brand ElshéSkin ini mengandung Salisylic Acid dan bahan anti acne yang dapat membersihkan kulit wajah yang berjerawat dari kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup. Produk ini bahkan dapat membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori. Menariknya, produk ini juga mengandung bahan dasar yang tergolong aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Kamupun dapat memiliki facial wash ini dengan harga sekitar Rp 65 ribuan.

8. Innisfree Bija Trouble Facial Foam

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Jerawat

photo via innisfree.com

Innisfree Bija Trouble Facial Foam merupakan brand pembersih wajah asal Korea Selatan yang mampu menyegarkan dan membersihkan wajah secara menyeluruh sekaligus mengurangi permasalahan kulit. Kandungan Bija yang dikandungnya telah sejak dahulu dianggap sebagai sumber alami berharga dan penting bagi kebaikan kulit. Dengan busa yang lembut, facial foam ini mampu membersihkan wajah dan mencegah timbulnya jerawat. Diperkaya dengan kandungan asam salisilat alami untuk eksfoliasi sel kulit mati dan merawat kulit bermasalah. Buat kamu yang ingin menggunakan Innisfree Bija Trouble Facial Foam sebagai facial wash terbaik untuk perawatan kulit berjerawat, facial wash ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 120 ribu.

9. Kao Biore Skin Caring Facial Foam Acne Care

Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

photo via kao.com

Biore Skin Caring Facial Foam Acne Care dari Kao juga menjadi salah satu produk facial wash yang bisa kamu gunakan untuk perawatan wajah berjerawat. Pembersih wajah terbaik ini mampu membersihkan wajah berjerawat secara lembut dan menyeluruh.

Dengan Skin Purifying Technology dari Jepang, facial wash ini mampu mengangkat bersih kotoran, keringat dan minyak berlebih tanpa mengganggu kelembapan alami kulit. Dengan busa creamy yang lembut dan dilengkapi dengan Anti Bacterial IPMP, produk ini dapat membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat. Dengan pemakaian teratur, kulit akan lembut, halus dan bersih terawat. Harganyapun sangat terjangkau yakni sekitar Rp 24 ribuan.

10. Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Jerawat

photo via ponds.com

Siapa sih yang nggak tau brand skincare Pond’s? Tentunya kalian sudah nggak asing dong dengan brand satu ini. Salah satu varian facial washnya yang bisa kalian gunakan sebagai perawatan jerawat adalah Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam. Pembersih wajah ini menggunakan teknologi TT-IMMUNITY-R, yang tidak hanya mampu mengatasi masalah jerawat dalam 3 hari, tapi juga memperkuat perlindungan kulit dari bakteri. Dengan pemakaian teratur, facial wash ini akan akan membuat wajahmu bersih dan bebas jerawat. Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam juga tergolong murah meriah yakni sekitar Rp 25 ribuan.

11. Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

photo via garnier.co.id

Garnier juga menjadi salah satu brand skincare yang cukup populer dengan produk facial washnya. Salah satu varian facial wash dari Garnier yang bagus untuk kulit berjerawat dan kulit sensitif adalah Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel. Ini merupakan pembersih wajah pertama dari Garnier dalam format gel, dengan kandungan Purifying Zinc dan Ekstrak Witch Hazel yang melembutkan. Dapat membersihkan wajah dengan lembut dan mengurangi minyak berlebih, mengatasi jerawat, dan kemerahan pada wajah. Tidak menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan alergi pada wajah sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Facial wash dari Garnier inipun di banderol dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp 23 ribuan.

12. Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Jerawat

photo via eminacosmetics.com

Selanjutnya ada facial wash dari Emina yakni varian Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash yang merupakan salah satu facial wash terbaik untuk kulit berjerawat. Dengan bantuan Acne-Duo Care, facial wash ini mampu menghindari kalian dari masalah jerawat parah. Selain itu facial wash ini juga mampu menghilangkan kotoran dan mengurangi minyak berlebih pada kulit. Membuat kulit terasa bersih dan segar tanpa membuatnya kering. Harganyapun super ekonomis yakni sekitar Rp 13 ribuan.

13. Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser

Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

photo via wardahbeauty.com

Membahas tentang facial wash terbaik untuk kulit berjerawat, produk facial wash dari Wardah, yakni Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser tentu tidak bisa dilupakan. Pembersih wajah ini khusus diformulasikan untuk bantu atasi masalah kulit berjerawat, mampu membersihkan debu, kotoran, dan minyak berlebih di wajah. Mengandung Salicylic Acid (keratolytic agent), Allantoin (anti iritant) sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mengangkat kelebihan minyak pada wajah. Dijual dengan harga merakyat, Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser dibanderol dengan harga Rp 19 ribuan.

14. Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Jerawat

photo via sebamedindonesia.com

Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam merupakan pembersih wajah bebas sabun dengan bahan-bahan antibakterial inovatif yang bagus untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Mengandung montaline C40 yang berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat membunuh 100.000 bakteri dalam waktu 5 menit. Facial wash ini mampu membersihkan, menghambat pertumbuhan bakteri dan melembabkan kulit. Selai itu, pembersih wajah dari Sebamed ini juga mengandung busa yang lembut, serta dapat membersihkan kotoran sampai ke pori-pori kulit. Untuk mereka yang mengalami jerawat yang parah, pembersih wajah ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena mengandung Panthenol yang bergunaka untuk menyembuhkan kulit rusak dan regenerasi kulit. Facial wash ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 149 ribuan.

15. Citra Green Tea AntiAcne Facial Foam

Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat

photo via cantikcitra.co.id

Satu lagi rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit berjerawat adalah Citra Green Tea AntiAcne Facial Foam. Facial wash satu ini diperkaya dengan 100% Natural Japanese Green Tea Essence yang mampu membersihkan wajah dan melawan jerawat secara efektif, sehingga menjadikan wajah menjadi cerah dan noda tersamarkan.

Selain itu, facial wash ini juga kaya akan antioksidan sehingga wajah tampak lebih bersih dan cerah merata. Dengan 10x Natural Anti-Oxidant, pembersih wajah ini mampu membuat kulit lebih sehat, mulus, dan lebih cerah merata. Menariknya produk ini juga mampu mengurangi 99.9% bakteri jerawat. Untuk harga, Citra Green Tea AntiAcne Facial Foam ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 19 ribuan.

Itu dia 15 rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit berjerawat yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan. Miliki kulit sehat dan bebas jerawat dengan skincare yang tepat ya! Semoga artikel kali ini membantu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait