Inilah Urutan Pemakaian Skincare Dari Pagi Hingga Malam Yang Tepat

3 minggu lalu, by blogunik

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

Cewek sangat jago dalam hal merawat kecantikan, sehingga kita nggak heran lagi kenapa sebagian besar cewek didunia ini mengoleksi berbagai macam produk kecantikan seperti produk skincare. Seperti yang kita tahu, produk perawatan kulit atau skincare adalah serangkaian produk perawatan yang mendukung kesehatan kulit. Skincare sendiri ada berbagai jenisnya, mulai dari pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya.

Jago sih boleh, tapi sayangnya, masih banyak perempuan yang kurang tepat dalam menggunakan urutan produk-produk skincare. Bahkan tak jarang banyak cewek yang mempertanyakan, manakah yang harus dipakai lebih dahulu, pelembap atau sunscreen? Essence atau serum wajah lebih dahulu?

Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk yang digunakan, kamu harus menggunakannya dengan urutan yang tepat. Bahkan ada sedikit perbedaan tahapan urutan pemakaian skincare pada pagi dan malam hari yang perlu kamu ketahui.

Namun, hal penting yang perlu diketahui dalam memakai skincare baik pada pagi dan malam hari adalah gunakan produk dengan tekstur yang paling ringan ke yang paling berat. Misalnya, pakai produk dengan bahan dasar air terlebih dahulu baru menggunakan produk berbahan dasar minyak.

Nah, biar nggak keliru lagi, dan agar manfaat dari produk skincare dapat dirasakan dengan maksimal, berikut urutan pemakaian skincare yang benar di pagi dan di malam hari. Let’s check it out guys!

Urutan Pemakaian Skincare di Pagi Hari

1. Facial wash (sabun wajah)

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via verywellhealth.com

Sebelum beraktivitas di pagi hari, para cewek biasanya memiliki ritual wajib dengan serangkaian produk skincare yang dimilikinya. Diawali dari mencuci wajah menggunakan facial wash agar wajah menjadi segar dan bersih. Membersihkan wajah bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat kamu tidur.

Dengan wajah yang bersih, produk-produk selanjutnya yang akan digunakan akan lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit. Jadi, urutan skincare yang tepat memang dimulai dari facial wash alias sabun muka.

Jika kamu memiliki kulit yang kering, gunakan pembersih wajah yang mengandung ceramide atau oil, karena lebih lembut dan menghidrasi. Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak, pilih pembersih wajah yang mengandung glicolic acid dan salicylic acid.

2. Toner

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via beautyextender.net

Urutan selanjutnya setelah membersihkan wajah dengan facial wash adalah menggunakan toner. Toner membantu mengangkat kotoran dan minyak yang masih menempel di wajah setelah mencuci muka.

Tak hanya itu, fungsi toner di sini juga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit, sehingga kulit kamu akan kembali lembap. Toner juga dapat membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap. Kamu dapat menuangkan beberapa tetes toner pada telapak tangan yang sudah dibersihkan sebelumnya atau pada kapas, lalu usapkan ke wajah secara merata.

3. Essence

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via louiseroe.com

Cukup banyak cewek yang melewatkan Essence sebagai produk skincare harian, padahal Essence sama pentingnya dengan produk skincare lainnya. Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi yang bertujuan untuk melembapkan kulit dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit. Essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit, serta mencegah penuaan. Hal ini berkat kandungan asam hialuronat, gliserin, dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Essence biasanya digunakan setelah penggunaan toner atau sebelum menggunakan serum wajah. Caranya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

4. Serum wajah

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via bykatiness.com

Setelah menggunakan essence, lanjutkan dengan mengaplikasikan serum wajah. Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi sehingga dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.

Serum sendiri di rancang untuk menargetkan masalah masalah kulit tertentu seperti keriput, noda di kulit, dan kulit kusam. Pemakaian Serum juga bisa melembabkan kulit dan jika di gunakan secara teratur kulit kita akan terlihat lebih muda, segar, kencang, sehat, dan tektur kulit pun lebih rata.

Cara penggunaannya, tuangkan sedikit serum wajah ke telapak tangan. Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata. Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

5. Krim mata (eye cream)

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via superfacialist.co.uk

Pemakaian krim mata alias eye cream juga sering dilewatkan oleh kebanyakan cewek. Banyak cewek yang merasa tidak terlalu membutuhkan produk satu ini. Padalah krim mata sangat penting untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan disekitar mata. Krim mata bermanfaat untuk memberi perlindungan secara khusus pada kulit di sekitar mata.

Area kulit mata kita tidak mempunyai banyak kelenjar minyak dan juga area kulit yang paling cepat menunjukan tanda tanda penuaan dini di banding kulit area lainnya. Jadi menggunakan Eye Cream bisa membantu untuk melembabkannya sekaligus untuk menangkal garis garis halus di sekitar area mata.

Eye cream juga berfungsi untuk melembapkan dan menghaluskan kulit di sekitar mata. Biasanya, eye cream bertekstur ringan dan menyerap lebih cepat. Oleskan eye cream secukupnya di sekitar area mata dan pijat secara lembut.

6. Pelembap (moisturizer)

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via getprettyface.com

Nah kalau krim mata sudah digunakan, tahap selanjutnya adalah menggunakan pelembab alias moisturizer. Moisturizer bertujuan untuk melembapkan kulit wajah serta menghaluskannya. Memakai pelembap secara rutin juga dapat mencegah kondisi kulit ekstrem terjadi pada kulit wajah, seperti kekeringan atau terlalu berminyak.

Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim. Tekstur krim yang lebih tebal bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi. Sementara, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.

Mengoleskan produk yang satu ini juga tak bisa asal guys. Sebaiknya, berikan sedikit pijatan saat kamu memakaikan moisturizer ke wajah. Oleskan dengan gerakan ke atas dari leher ke arah dahi. Selain membantu produk agar menyerap sempurna, pijatan juga membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah.

7. Tabir surya (sunscreen)

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via stylecraze.com

Nah tahap terakhir dari rangkaian penggunaan skincare sebelum kamu menggunakan makeup adalah menggunakan tabir surya alias sunscreen. Pemakaian tabir surya sangat penting terutama di negara tropis. Produk yang satu ini membantu melindungi wajah dari bahaya sinar matahari seperti kulit terbakar atau penuaan dini. Namun, tak hanya di wajah saja, tabir surya juga wajib digunakan di seluruh tubuh, dari muka hingga kaki agar kulit terlindung sempurna.

Dalam pemilihan produk tabir surnya, kamu disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah.

Setelah rangkaian pemakaian skincare di pagi hari selesai, kamu bisa langsung menggunakan produk make up atau riasan wajah yang diinginkan.

Urutan Pemakaian Skincare di Malam Hari

1. Make up remover

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via wapa.pe

Urutan memakai skincare malam hari yang pertama adalah makeup remover. Menghilangkan make up dengan make up remover bisa membantu membersihkan make up yang membandel sebelum mencuci wajah dengan facial wash. Dan jangan lupa gunakan Eye Remover sendiri untuk menghilangkan eye shadow dan maskara di sekitar mata jika Make Up Remover tersebut hanya untuk area wajah. Kulit di sekitar area mata sangat sensitive dan tipis. Jadi gunakan Eye Remover yang di buat khusus untuk kulit delicate kita ini.

Makeup remover akan membantu membersihkan debu, minyak, dan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Kamu dapat menggunakan make up remover berbahan dasar minyak guna menghapus makeup yang mengandung minyak. Akan tetapi, bagi pemilik kulit wajah berminyak sebaiknya gunakan make up remover berbahan dasar air agar wajah kamu tidak semakin berminyak.

2. Facial wash (sabun wajah)

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via verywellhealth.com

Setelah menggunakan makeup remover, tahap selanjutnya adalah mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah alias facial wash. Urutan memakai skincare malam hari ini sering dikenal dengan sebutan double cleansing. Setelah menggunakan makeup remover, kamu perlu kembali mencuci wajahmu menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Jika jenis kulit kamu kering, kamu bisa menggunakan sabun wajah yang mempunyai kandungan pelembab seperti tambahan shea butter dan gliserin yang terbuat dari ektrak lemak hewan dan tumbuhan yang baik untuk kulit. Jika kulit berminyak, carilah sabun wajah yang mempunyai banyak busa yang bisa membuat kulit terasa lebih bersih dan segar.

Urutan pemakaian skincare malam hari ini akan membuat proses membersihkan wajah menjadi lebih maksimal. Sabun pencuci wajah akan membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat oleh makeup remover.

3. Scrub wajah (eksfoliasi)

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via stives.com

Tahapan pemakaian skincare di malam hari selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi atau scrub yang bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga wajah bisa terbebas dari jerawat dan pori-pori besar. Jadi dengan menghilangkan sel sel kulit mati yang menumpuk ini, kulit kita akan menjadi lebih bercahaya, halus, cerah dan sekaligus membantu penyerapan produk skincare kita untuk menembus ke dalam kulit dengan lebih baik karena tidak terhalang oleh lapisan sel sel kulit mati ini.

Bagi yang memiliki kulit sensitif pilihlah produk exfoliator yang lembut dan tidak akan menyakiti kulit wajahmu. Perlu diketahui bahwa melakukan eksfoliasi wajah tidak dilakukan setiap malam, melainkan cukup hanya 1-2 kali dalam seminggu.

4. Toner

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via beautyextender.net

Urutan pemakaian skincare pada malam hari selanjutnya adalah dengan menggunakan toner. Penggunaan toner yang rutin setiap malam ini akan memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulitmu seperti menyeimbangkan kadar pH, melembapkan kulit, mengecilkan pori-pori, serta membersihkan permukaan kulit. Toner yang mudah meresap ini akan membuat kulit jadi lebih lembut dan kenyal.

Jika tidak menggunakan scrub, toner wajah bisa digunakan setelah kamu mencuci wajah dengan sabun pembersih. Pilihlah toner wajah yang mengandung asam laktat, asam hialuronat, dan gliserin guna memberikan efek melembapkan pada kulit.

5. Essence

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via louiseroe.com

Nah setelah menggunakan toner, saatnya menggunakan essence. Essence sendiri adalah sejenis skincare yang hampir mirip dengan Serum namun tidak sekuat Serum. Konsistensinya lebih cair seperti Toner dan tidak kental seperti serum. Di formulasikan secara khusus untuk mengatasi keriput, garis garis halus, kulit kusam dan juga kulit yang tidak rata. Essence Mengandung bahan aktif yang bisa meregenerasi kulit yang bisa membantu mengoptimalkan pergantian sel sel alami kulit dan juga bisa menambah lapisan hidrasi di kulit.

6. Ampoule

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via lindalibraloca.com

Buat kamu yang ingin hasil yang lebih cepat dan maksimal, maka kamu bisa memasukkan ampoule ke dalam ritual perawatan wajah di malam hari. Ampoule sendiri adalah sejenis serum namun dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi lagi dari serum yang bisa membantu memerangi masalah masalah di area kulit tertentu di kulit wajah dengan lebih singkat dan cepat. Bisa juga di gunakan sebagai booster ketika kulit kamu sedang membutuhkan perawatan extra.

Kamu bisa beri beberapa tetes kecil saja langsung ke area kulit wajah yang kamu ingin targetkan lalu tepuk tepuk dengan lembut. Atau jika ingin menargetkan area yang lebih kecil seperti garis garis halus di sekitar mata atau garis senyum, beri tetes ke jari lalu aplikasikan dengan lembut dengan jari.

7. Serum

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via bykatiness.com

Setelah menggunakan Ampoule di area kecil tertentu yang kamu inginkan, waktunya mengaplikasikan Serum. Serum sendiri konsistensinya lebih kental dari Ampoule dan Essence. Terdiri dari molekul molekul kecil yang dengan sangat mudah menembus masuk kedalam kulit. Mempunyai bahan aktif yang kuat yang bisa memerangi masalah masalah kulit seperti keriput, noda di kulit dan kulit kusam.

Pilihlah serum yang sesuai dengan permasalahan kulit yang kamu alami. Pemakaian serum dengan teratur akan membuat kulit terlihat lebih muda, segar, kencang, dan tekstur kulit akan lebih rata. Kamu cukup menggunakan serum beberapa tetes saja lalu aplikasikan di seluruh area wajahmu.

8. Opsional: Sheet mask

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via herzindagi.com

Penggunaan Sheet mask adalah opsional, bisa dilakukan jika kulit wajah kamu memerlukan perawatan ektra atau bisa juga digunakan sesuai mood kalian. Gunakan setelah menggunakan serum agar hasilnya lebih maksimal.

Sheet mask memiliki kandungan yang sangat baik bagi kulit wajah. Sheet mask dapat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit wajah. Selain itu sheet mask juga dapat mengencangkan kulit, mengurangi garis-garis halus, mencerahkan kulit, dan mengecilkan pori-pori.

Kamu cukup tempelkan masker ke wajah lalu biarkan selama 15-25 menit sambil bersantai. Dengan tekstur yang ringan dan sensasi rasa yang adem ini bisa menambah kita menjadi lebih relax pula. Setelah 25 menit lepaskan masker. Lalu sisa sisa cairan masker yang menempel di kulit, kamu cukup tekan pijat dengan lembut dengan telapak tanganmu supaya meresap ke dalam kulit. Cukup gunakan 3 kali dalam seminggu atau lebih bagusnya kamu juga bisa menggunakanya setiap hari jika ada waktu luang untuk perawatan extra kamu.

9. Krim mata (eye cream)

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via superfacialist.co.uk

Tahapan pemakaian skincare di malam hari selanjutnya adalah menggunakan krim mata. Kulit di sekitar mata kita sangatlah rapuh dan tipis. Kulit di sekitar mata juga tidak mempunyai banyak kelejar minyak di bandingkan area kulit lainya di wajah dan juga area kulit yang menujukan tanda tanda penuaan dini paling awal.

Tak hanya itu, kulit bawah mata pun mudah bengkak dan lingkaran hitam pun mudah terjadi apabila kita kelelahan atau hanya kurang tidur. Dengan pemakaian krim mata masalah masalah di atas bisa membantu menekannya dengan cara memberi kelembaban dan sekaligus menangkal garis garis halus di sekitar area kulit mata.

Selain berguna untuk mengatasi lingkaran hitam di kantong mata, eye cream juga berfungsi untuk melindungi area kulit halus sekitar mata dari produk skincare lainnya yang berpotensi menyebabkan iritasi.

Note : Lewati penggunaan eye cream ini jika: pelembap atau serum dapat digunakan dengan aman dan efektif di bawah mata.

10. Krim malam (night cream)

Inilah-Urutan-Pemakaian-Skincare-Dari-Pagi-Hingga-Malam-Yang-Tepat

photo via idiva.com

Dan urutan pemakaian skincare yang benar di malam hari adalah menggunakan krim malam alias night cream. Krim malam berguna untuk membantu mengunci semua produk skincare yang telah kamu aplikasikan ke wajah.

Krim malam memiliki kandungan yang berbeda dengan krim pagi. Oleh karena itu produk krim malam tidak bisa kamu gunakan untuk pagi hari. Krim malam memiliki banyak bahan aktif yang bisa memperbaiki kerusakan kulit, seperti masalah kulit kering, pigmentasi, dan penuaan.

Urutan pemakaian skincare malam hari yang satu ini tidak dapat dilewatkan karena saat malam hari kulit melakukan proses regenerasi dan menggunakan krim malam akan membantu proses tersebut.

Nah itulah urutan pemakaian skincare yang benar di pagi hari dan di malam hari. Jadi apakah urutan pemakaian skincare kalian sudah benar?

Artikel Terkait