Fakta Seputar Fenomena Pisang Warna Biru Bercita Rasa Es Krim

4 bulan lalu

Siapa sih orang didunia ini yang gak tau buah pisang? Buah yang bisa dengan mudah ditemui di seluruh dunia ini memang terkenal dengan manfaatnya yang banyak buat kesehatan. Buah pisang ini juga menjadi sahabat yang baik buat mereka yang sedang diet. Tapi gak semua orang suka dengan rasa pisang guys! Ada yang tidak menyukai teksturnya, ada juga yang tidak menyukai aromanya bahkan enggan untuk mencicipi rasa manis pisang itu sendiri. Tapi kalau pisangnya rasa es krim, yakin masih menolak pisang?

Kalau kamu salah satu yang anti dengan buah pisang, maka kamu wajib mencoba buah pisang satu ini guys! Dinamakan Blue Java Banana, buah pisang ini memiliki kulit berwarna biru yang cantik, rasanyapun akan membuat kamu ketagihan karena mirip seperti es krim! Yup, baru-baru ini pisang berwarna biru dengan rasa es krim ini memang tengah populer dikalangan masyarakat.

Selain karena warnanya yang tak biasa, rasa dan teksturnya yang menyerupai es krim vanila juga membuat banyak orang penasaran. Bahkan tak jarang para pencinta pisang rela membeli pisang satu ini dengan cara online. Pasalnya di Indonesia, pisang jenis ini belum bisa ditemui di pasar tradisional maupun di supermarket. Nah sebelum kalian memesan online pisang ini, berikut beberapa fakta unik dari pisang biru satu ini!

photo via : www.instagram.com/hungrytogrowhappy

1. Memiliki banyak nama

Pisang ini memang populer dengan nama Blue Java Banana, karena kulitnya yang berwarna biru, namun banyak yang menyebut pisang ini dengan nama lain seperti pisang es krim, pisang Hawaii, Ney Mannan, Krie atau Cenizo.

2. Rasa dan tekstur

Bukan hanya berwarna biru, permukaan kulit pisang ini juga tampak mengkilap. Blue Java Banana ini memiliki bentuk lonjong gemuk dengan panjang mencapai 7 inci. Daging buah pisang biru berwarna putih krem dengan bagian biji yang kecil-kecil. Sesuai dengan namanya, Pisang Es Krim, pisang ini juga banyak diburu karena rasanya yang menyerupai es krim. Daging pisang yang berwarna putih krem memiliki tekstur berserat lembut seperti es krim. Rasanya yang manis creamy mirip es krim vanila membuat banyak orang lebih memilih untuk memakannya langsung, tapi tak jarang juga digunakan sebagai topping kue ataupun campuran smoothie. Meski rasanya unik, namun pisang ini tentu saja tak mengandung pemanis buatan atau pun rasa buatan.

photo via : us.letgo.com

3. Asal usul pisang biru

Awalnya, pisang ini ditanam oleh para petani di Hawaii sekitar tahun 1920-an. Menurut Direktur Eksekutif Hawaii Tropical Fruit Growers, Ken Love, mengatakan bahwa di Hawaii sendiri ada lebih dari 100 varietas pisang dengan rasa yang berbeda-beda. Menurutnya, Blue Java Banana ini bukanlah varietas yang paling manis di antara ratusan jenis pisang tersebut. Ken mengungkap, tanaman pisang ini bermutasi secara alami, sehingga melahirkan pisang yang memiliki berbagai rasa dan karakteristik yang berbeda-beda pula. Seperti halnya pisang Mysore yang rasanya seperti buah beri ataupun pisang apel yang terasa seperti buah jeruk manis.

photo via : offerup.com

4. Akan berubah warna saat matang

Meski warna kulitnya biru, namun warna kulit Blue Java Banana akan berubah menjadi kuning pucat ketika sudah matang. Begitu pula dengan warna dagingnya yang akan berwarna krem yang tak berbeda dengan warna daging pisang pada umumnya.

5. Manfaat Blue Java Banana untuk kesehatan

Seperti pisang lainnya, pisang ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Pisang yang sudah matang kaya akan serat, vitamin B6, vitamin C, kalium, magnesium, tembaga dan protein. Menyantap pisang ini secara rutin diketahui bisa mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Vitamin B6 dalam pisang ini juga membantu memperbaiki suasana hati, melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam pisang ini bahkan membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko serangan jantung hingga 27%.

photo via : www.wanita.me

6. Tergolong kelompok genomik ABB

Sebagai informasi saja guys, biasanya pisang itu diklasifikasikan dalam kromosom yang mereka miliki. Kromosom tersebut terdiri dari A – acimnata, manis dan gula, atau B – balbisiana, pati. Blue Java Banana sendiri merupakan bagian dari kelompok genomik ABB yang terdiri dari satu bagian gula dan dua bagian pati. Pati ini diubah menjadi gula, saat pisang tersebut benar-benar matang. Tak heran, jika akhirnya banyak yang menggunakan pisang ini sebagai topping pengganti mentega untuk melapisi roti panggang, karena teksturnya yang lembut. Bahkan, pisang ini juga dijadikan alternatif es krim yang sempurna ketika dibekukan dan dicampur dengan bahan-bahan manis lainnya.

Baca Juga