Fakta Seputar Pernikahan Pangeran Harry Dan Meghan Markle, Beda Jauh Dengan Sang Kakak

1 tahun lalu

Pangeran Harry dan Meghan Markle secara resmi mengumumkan pertunangan mereka kepada publik pada Senin, 27 November 2017. Kabar bahagia ini langsung disambut baik oleh masyarakat dunia. Tak hanya itu, pihak Istanapun turut mengumumkan rencana pernikahan pasangan ini akan berlangsung tanggal 19 Mei 2018. Nah jelang pernikahannya yang tinggal beberapa jam lagi ini, ada sederet fakta yang kamu perlu ketahui mengenai pernikahan antara Pangeran Harry Dan Meghan Markle ini. Berbeda 180 derajat dengan pernikahan sang kakak, Pangeran William, berikut fakta-faktanya.

1. Tidak Mengundang Politisi

photo via : www.popsugar.com

Tak seperti pernikahan anggota keluarga kerajaan Inggris sebelumnya yang turut mengundang sejumlah politisi seperti presiden atau perdana menteri, maka untuk kali ini, Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan mengundang para politisi ke pestanya termasuk presiden AS Donald Trump dan pendahulunya Barack Obama. Sepertinya pasangan ini lebih menyukai suasana intim dengan dihadiri anggota keluarga dan kerabat dekat mereka. Bahkan juru bicara Istana Kensington menyatakan jika keluarga kerajaan telah memutuskan bahwa daftar politisi baik Inggris maupun Internasional, tidak diperlukan untuk pernikahan Pengeran Harry dan Meghan Markle.

2. Tidak Menerima Hadiah Maupun Amplop

photo via : www.royal.uk

Jika kebanyakan orang berharap diberikan hadiah ataupun amplop tebal saat pernikahannya, namun tak begitu dengan Pengeran Harry dan Meghan Markle. Mereka menganggap hadiah dan amplop bukanlah hal yang penting. Namun mereka tetap berterimakasih atas niat baik yang diberikan kepada mereka. Mereka bahkan menginginkan orang-orang yang kurang beruntung mendapat manfaat dari pernikahan mereka. Oleh karena itu, pasangan tersebut meminta agar siapa saja yang ingin memeberikan hadiah agar menyumbahkan hadiah ataupun amplop tersebut sebagai amal ketempat-tempat yang membutuhkan. Pasangan inipun telah memilih tujuh badan amal sebagai wadah hadiah ataupu amplop para tamu.

3. Mengundang Angkatan Bersenjata

photo via : twitter.com/KensingtonRoyal

Tidak mengundang politisi, namun mengundang angkatan bersenjata. Namun bukan angkatan bersenjata biasa, seluruh angkatan bersenjata yang diundang mempunyai koneksi khusus dengan Pangeran Harry. Kerajaan menyatakan akan ada lebih dari 250 anggota angkatan bersenjata yang tampil dalam acara pernikahan yang dilaksanakan di Kastel Windsor.

4. Menyebarkan 2.640 Undangan

photo via : twitter.com/KensingtonRoyal

Pengeran Harry dan Meghan Markle telah menyebar undangan untuk menghadiri pernikahanya pada 19 Mei 2018. Undangan yang disebar mencapai 2.640 undangan. Namun dari total undangan, 1.200 tamu merupakan orang-orang istimewa yang dipilih secara khusus. Beberapa diantaranya adalah anak-anak muda dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Ada pula anak muda yang telah berbakti kepada lingkungan dan negara. Ada juga beberapa diantara mereka yang memiliki keterbatasan atau difabel namun memiliki kontribusi tinggi dan mampu menginspirasi orang lain.

5. Meghan Markle Tidak Mendapat Gelar Putri

photo via : www.simplemost.com

Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang yang bergelar bangsawanlah yang ketika ia menikah dengan pangeran kerajaan akan mendapat gelar putri. Namun karena Meghan bukan dari kalangan bangsawan tapi dari kalangan aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Dirinya tak gelar putri karena dirinya bukan keturunan bangsawan. Bukan hanya Meghan namun seperti yang kalian tahu Kate Middleton pun tidak mendapat gelar putri sehingga hingga kini Kate Middleton tetap dipanggil Kate Middleton. Namun Kate memperoleh gelar Duchess of Cambridge karena pernikahan dengan Pangeran William. Mungkin gelar tersebut juga akan diperoleh oleh Meghan.

6. Lokasi Pernikahan

photo via : http://time.com

Lokasi pernikahan mereka sepertinya memiliki kenangan manis bagi Pangeran Harry, pasalnya St. George’s Chapel di Windsor Castle yang merupakan lokasi pernikahan mereka merupakan tempat dimana dulu Pangeran Harry dibaptis ketika dia berumur tiga bulan pada tahun 1984. Kapel St. George juga menjadi tempat di mana ayah Harry, Pangeran Charles, dan Duchess of Cornwall, mengadakan acara keagamaan mereka yang disiarkan secara langsung di televisi setelah mereka melakukan upacara pada tahun 2005. Namun Kapel St. George ini hanya dapat menampung 800 tamu, tidak seperti Westminster Abbey, tempat Pangeran William dan Kate Middleton menikah yang mampu menampung 2.000 tamu undangan.

7. Biaya Pernikahan

photo via : http://www.travelandleisure.com

Belum diketahui persis berapa total biaya yang dihabiskan oleh kerajaan untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan yang dilangsungkan hari ini, tanggal 19 Mei 2018. Namun sebagai perbandingan, biaya pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William tahun 2011 diperkirakan $ 34 juta, dengan $ 32 juta hanya untuk keamanan saja. Akankah biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan juga sama besarnya?

8. Waktu Pernikahan

photo via : www.accessonline.com

Pada 12 Februari 2018, Istana Kensington mengumumkan bahwa upacara pernikahan Meghan dan Harry akan dimulai pukul 12 malam waktu London (07.00 EST; 04.00 PST) diikuti oleh prosesi kereta satu jam kemudian di sekitar Kota Windsor. Menurut kabar dari Istana, pasangan tersebut juga akan merayakannya dengan resepsi di St. George’s Hall. Pada hari yang sama, Istana mengumumkan bahwa “The Archbishop of Canterbury” akan memimpin jalannya pernikahan bersama dengan “The Dean of Windsor” yang akan melakukan pelayanan.

9. Kue Pernikahan

photo via : twitter.com/KensingtonRoyal

Untuk kue pernikahan mereka, Pangeran Harry dan Meghan Markle meminta secara khusus kepada seorang chef bernama Claire Ptak dari Violet Cakes di London untuk membuat kue pernikahan mereka. Sebagai temanya, mereka memilih tema lemonflower “yang akan menggabungkan rasa cerah musim semi”. Sebagai informasi kue ini dilapisi dengan buttercream dan dihiasi dengan bunga-bunga segar.

10. Gaun Pernikahan

photo via : www.etonline.com

Belum diketahui seperti apa gaun pengantin yang akan dikenakan oleh Meghan. Namun Meghan sempat mengungkapkan jika ia menyukai gaun pengantin yang ia kenakan saat syuting memerankan karakter Rachel Zane di episode Suits pada tahun 2016. Dirinya merasa santai saat menggunakan gaun pengantin dengan garis leher balerina rendah seperti yang dikenakan oleh dirinya saat memerankan Rachel Zane.

11. Ditayangkan Di TV

photo via : twitter.com/KensingtonRoyal

Acara perikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang bisa disebut dengan Royal wedding ini akan melibatkan publik sebanyak mungkin. Jadi kemungkinan kamu bisa menontonnya lewat TV kabel, karena acara besar tersebut akan ditayangkan di TV-TV Inggris. Berdoa saja TV Indonesia nayangin juga ya?. Pangeran Harry dan Meghan ingin hari tersebut menjadi momen spesial dan perayaan bagi teman-teman dan keluarga mereka. Selain itu mereka juga ingin masyarakat ikut merasakan bagian dari perayaan itu.

12. Cincin Pertunangan Yang Di Desain Sendiri Oleh Pangeran Harry

photo via : www.glamour.com

Jauh sebelum acara pernikahan ternyata Pangeran Harry telah mendesain cincin untuk hari pertunangan mereka. Pangeran Harry mendesain cincin berlian tiga batu dengan perhiasan Inggris, Cleave and Company. Batu utamanya berasal dari Botswana dan dua batu sampingnya berasal dari koleksi pribadi Putri Diana. Menurut Harry, warna emas kuning adalah “favorit” dari pasangannya tersebut.

13. Undangan Pernikahan

photo via : www.jbcreatives.co.uk/

Tanggal 22 Maret lalu, foto undangan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle dirilis. foto-foto itu mengungkapkan bahwa undangan akan menggunakan nama resmi Harry, “Henry,” dan tamu akan menuju resepsi makan siang di St George’s atas undangan Ratu Elizabeth. Menurut Istana Kensington, undangan tersebut menampilkan lencana tiga pangeran dari Pangeran Charles yang dicetak dengan tinta emas. Untuk informasi, undangan pernikahan tersebut dicetak di percetakan Barnard dan Westwood yang ada di London

 

Baca Juga