Fakta Unik Bandara Internasional Kertajati Di Majalengka, Jawa Barat

2 tahun lalu, by blogunik

Di bulan puasa ini, satu lagi Bandara Internasional resmi dibuka untuk umum. Setelah menantis sekitar 15 tahun, Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, resmi beroperasi mulai dari tanggal 24 Mei 2018 lalu. Peresmian pengoperasian BIJB Kertajati tersebut ditandai dengan pendaratan pertama (historical landing). Dimana pesawat kepresidenan yang ditumpangi oleh Presiden Jokowilah yang mendarat pertama sekaligus meresmikan pengoperasian BIJB Kertajati.

photo via : www.rmoljabar.com

Jokowi berharap bandara ini bisa melayani masyarakat yang ingin ke Jawa Barat dan bisa meningkatan perekonomian masyarakat Jawa Barat. Jokowi menambahkan, pembangunan bandara ini bisa menjadi proyek percontohan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku bangga sekaligus bahagia karena impian masyarakat Jabar memiliki bandara internasional terwujud. Nantinya, bandara ini akan menjadi bandara alternatif bagi masyarakat Jawa Barat di samping Bandara Internasional Husein Sastranegara yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Sebelum kita menikmati fasilitas dari badara internasional Jawa Barat, yang ada di Kertajati, Makalengka ini, ada baiknya kita mengetahui sederet fakta unik dari BIJB ini.

1. Bandara Terbesar Kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta

photo via : finrollnews.com

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)Kertajati memiliki luas lahan mencapai 1.800 hektar dan memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Tak heran jika BIJB disebut sebagai Bandara Internasional terbesar ke2 setelah Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu bandara ini juga mempunyai apron seluas 397.890 meter persegi yang dapat menampung 10 parking stand pesawat jet narrow body.

2. Sempat Diambil Alih Oleh Pemerintah Pusat

photo via : mp3prank.tk

Dalam proyek pembangunan yang memakan waktu hingga 15 tahum, banyak catatan penting yang terjadi di dalam pembangunan BIJB, salah satunya sempat diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah pusat pada awal 2016 lalu. Namun, pada September 2016, pembangunan dan pengelolaan BIJB batal diambil oleh pemerintah pusat dan kembali dilimpahkan kepada Pemprov Jawa Barat serta PT BIJB. Keputusan dikembalikannya pengelolaan BIJB dari pemerintah pusat kepada Pemprov Jabar muncul setelah pergantian Menteri Perhubungan saat itu.

3. Dikelola BUMN dan BUMD

photo via : http://www.radarcirebon.com

BIJB merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang pengelolaannya dilakukan oleh BUMN (PT Angkasa Pura II) dan BUMD (PT BIJB) yang dimiliki oleh Pemprov Jabar.

4. Bandara Kertajati siap digunakan untuk penerbangan Haji 2018

photo via : www.viva.co.id

Presiden memastikan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, akan melayani pemberangkatan jamaah haji mulai tahun ini. Selain itu BIJB juga siap digunakan untuk jalur mudik lebaran tahun ini.

5. Menambah Panjang Landasan Pacu

photo via : katadata.co.id

Pada bulan Juli 2018 mendatang, landasan pacu di BIJB akan diperpanjang hingga menjadi 3.200 meter dan rencana akan dirampungkan selama enam bulan. Dengan bertambahnya panjang landasan pacu, diharapkan BIJB dapat melayani operasional pesawat sipil terbesar di dunia seperti Airbus A380, Boeing B 747, maupun B 777.

6. Akses Mudah Menuju Bandara

photo via : katadata.co.id

Bandara tak akan bisa dikatakan sempurna jika akses menuju bandaranya susah, namun Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat telah menyiapkan aksesibilitas transportasi menuju BIJB berupa Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dari Bandung ke Indramayu atau sebaliknya. Rute itu menempuh Bandung-Sumedang-Kadipaten-Kertajati-Indramayu. Selain tol, telah juga disiapkan akses non tol yang menghubungkan jalur arteri Kabupaten Majalengka.

7. Terintegrasi dengan Transportasi Lain

 

photo via : newswire.id

Bandara ini juga terhubung dengan transportasi lainnya. Bandara ini akan terhubung dengan Tol Cipali dan Kereta Api. Tak hanya itu, nantinya bandara ini bisa diakses dengan kereta bandara yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta.

8. Jadi Proyek Percontohan Nasional

photo via : asn.id

BIJB didapuk sebagai proyek percontohan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pasalnya pembangunannya melibatkan banyak pihak dan menerapkan inovasi baru dalam hal skema pendanaannya.

9. Bandara Kertajati Tingkatkan Citra Indonesia di Mata Dunia

photo via :  www.suaramerdeka.com

Pembangunan BIJB, diharapkan dapat menghapus citra buruk industri penerbangan Indonesia dimata dunia. Dibangun dengan konsep aetropolios business concept, BIJB akan menjadi peluang Indonesia membenahi pelayanan di dunia penerbangan.

10. Layani 5 Rute Penerbangan Domestik

photo via : katadata.co.id

Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat akan melayani lima rute penerbangan domestik. Hal itu disampaikan Kadishub Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik. Lima rute penerbangan tersebut antara lain, Kertajati-Denpasar, Kertajati-Surabaya, Kertajati-Ujung Pandang, Kertajati-Balikpapan, dan Kertajati-Medan.

Artikel Terkait