Fakta unik dan menarik tentang gedung putih Amerika Serikat yang masih terselubung

2 tahun lalu, by blogunik

White House alias gedung putih merupakan tempat dengan tingkat kemanan tertinggi di dunia. Tentu saja hal tersebut merupakan hal yang wajib untuk tempat tinggal seorang presiden dari sebuah negara super power seperti Amerika Serikat. Dengan tingkat kemanan yang tinggi, hampir mustahil untuk menembus gedung putih baik dengan serangan nyata ataupun melalui serangan dunia cyber, karena di dalam sana terdapat banyak informasi-informasi penting dari seluruh dunia yang sifatnya rahasia dan hanya dapat diketahui oleh orang – orang yang berkepentingan.

Terlepas dari sisi keamanannya, ternyata ada banyak hal tentang gedung putih yang pastinya blom banyak kamu ketahui. Berikut beberapa hal unik dan menarik tentang gedung putih yang masih terselubung.

1. Gedung Putih Seharusnya Lebih Besar Lagi

Ketika Gedung Putih sedang dirancang, arsitek Charles L’Enfant ingin sebuah rumah yang sangat mewah. Dia membayangkan kediaman presiden nantinya akan menjadi sebuah istana yang sangat megah seperti istana para bangsawan Perancis.

Namun, Presiden George Washington tidak menyukai desain Gedung Putih yang diusung oleh Charles. Hingga akhirnya Washington memecat Charles. Dan akhirnya, Gedung Putih diselesaikan sesuai rancangan James Hoban.

Rancangan Gedung Putih hasil Hoban, lima kali lebih kecil dibandingkan dengan rancangan Charles. Dan setelah Perang Saudara, Gedung Putih kehilangan gelarnya sebagai rumah paling mewah dan megah karena ketika itu mulai banyak dibangun gedung-gedung megah.

2. Ada Arwah Presiden Abraham Lincoln Gentayangan Di Gedung Putih

Ketika Perdana Menteri Britania Raya, Winston Chruchill tinggal di Gedung Putih dan tidur di kamar mendiang Presiden Abraham Lincoln, keesokan harinya Wisnton terburu-buru meninggalkan Gedung Putih.

Dia diduga telah melihat hantu Lincoln keluar dari bak mandi di kamar Lincoln. Winston memang pernah kembali lagi ke Gedung Putih, tapi ia menolak tidur di kamar Lincoln.

Winston ternyata bukan satu-satunya orang yang pernah melihat arwah Lincoln. Lady Grace Coolidge dan Mary Eben (sekretaris pribadi Eleanor Roosevelt) juga mengalami kejadian serupa. Mary Eben mengklaim kalau Lincoln duduk di tempat tidurnya sambil memakai sepatu.

3. Tingkat Keamanan di Gedung Putih Luar Biasa Gila

Bagi Amerika, Gedung Putih bukan hanya hunian tapi juga sebuah pusat komando penting negara. Di sinilah presiden lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengatur negara. Maka hal yang tidak boleh dikompromi adalah masalah keamanan. Tentang security, gedung yang di Washington DC bisa dibilang yang paling aman di dunia.

Di sekeliling Gedung Putih ada pagar tinggi yang tajam dan tiap beberapa meter dijaga oleh petugas bersenjata lengkap. Di halamannya, ada semacam sensor infra merah yang tak terlihat mata. Ketika sensor ini dipicu, maka pasukan elit pengaman bersenjata perang lengkap akan muncul serentak dari banyak sisi. Lalu, di bagian atas ada para sniper terpilih berjajar rapi siap memburu target. Dari sisi keamanan properti, Gedung Putih seluruhnya bulletproof alias anti peluru. Belum lagi, di dalamnya terdapat orang-orang gila yang bertugas mengamankan jaringan sistem komputer presiden. Hacker kelas atas yang tidak gampang dikalahkan oleh siapa pun.

4. Fasilitas Gedung Putih yang Bikin Presiden Malas Kerja

Presiden butuh untuk relaksasi dan menikmati hidup karena ia juga manusia biasa. Makanya, Gedung Putih ini juga memasukkan hal-hal yang bersifat rekreasi. Misalnya kolam renang mewah, lapangan tenis pribadi, jogging track, bioskop, ruangan biliard, sampai tempat bowling juga ada.

Gedung putih sendiri memiliki sekitar 6 lantai yang di dalamnya terdapat 132 kamar. Masing-masing kamar didesain sangat nyaman dan bikin betah. Tak hanya itu, di gedung ini juga terdapat banyak sekali benda-benda seni langka dari berbagai dunia, dan Amerika khususnya. Jadi, presiden tak hanya bisa menikmati tidur enak atau nonton film saja, tapi mereka juga bisa menikmati galeri seni yang tidak semua orang bisa melihatnya.

5. Para Tukang Masak Khusus yang Bikin Presiden Seperti Raja

Hal yang tak kalah penting di Gedung Putih ini sendiri adalah keberadaan para chef. Ya, mereka adalah yang bertanggung jawab penuh atas asupan gizi sang kepala negara. Maka dari itu, para chef gedung putih diseleksi sangat ketat. Tak hanya tentang skill memasak saja, tapi juga dari hal-hal yang lain.

Setidaknya ada sekitar lima chef tetap di Gedung Putih, mereka sangat terlatih dan sudah punya pengalaman gila. Hebatnya lagi, dikatakan para chef ini mampu menyediakan makanan untuk sekitar 140 tamu dalam waktu yang cukup singkat. Itu pun sudah termasuk deretan jenis hidangan yang beraneka ragam dan punya kelas tinggi.

 

Save