Fakta Unik Film Dilan

2 tahun lalu

Film Dilan merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya dari Pidi Baiq. Novel ini merupakan karya best seller, dan tak heran jika banyak pembacanya yang menanti-nanti film ini. Film ini mengangkat tema percintaan remaja yang duduk dibangku SMA, kisah Dilan dan Milea jadi inti alur ceritanya. Pemeran karakter Dilan dan Milea sudah diumumkan, yaitu Dilan diperankan oleh Iqbal CJR dan Milea diperankan oleh Vanesha Prescilla. Sebenarnya apa sih yang membuat film ini layak untuk ditunggu-tunggu ? nah berikut fakta unik pemeran film Dilan :

1. Apakah Ini Kisah Nyata ?

Photo via : yourbanize.com

Menurut penuturan penulis, ia mengungkapkan kalau kisah yang di tulisnya berdasarkan kisah nyata. Maka dari itu, cerita yang disuguhkan begitu terasa alami dan tidak dramatis. Dan karena ini novel yang berkisah tentang problematika remaja pada tahun 1990an menjadi buku best seller.

 

2. Apakah Dilan dan Milea Nyata ?

Photo via : www.viva.co.id

Jika kamu sudah membaca novel Dilan pasti sudah membayangkan bagaimana sosok dari Dilan dan Milea. Namun banyak pembaca yang bertanya-tanya, apakah Dilan dan Milea adalah kisah nyata atau fiktif belaka. “Ini kisah nyata, data-datanya saya dapat dari Milea. Enaknya nulis buku Dilan tuh gini datanya sudah ada saya tinggal nulis saja,” tutur Pidi Baiq. Ia mengakui hal itu dalam acara bedah buku Dilan bersama XTC di Bandung tahun lalu. Penasaran dengan sosok asli dari kedua tokoh utama ini.

 

3. Sempat Menolak Untuk Di Filmkan

Photo via : ceritapribumi.wordpress.com

Pidi Baiq sempat menolak novelnya dijadikan karya film kecuali jika dia sendiri yang menjadi sutradaranya.

 

4. Lokasi Syuting Di Bandung

Photo via : youtube.com

Dalam memproduksi film Dilan, semua hal dibuat semirip mungkin dengan yang ditulis dalam novel dan kisah aslinya. Itu termasuk seluruh setting lokasi yang mengambil gambar di Bandung. Lokasi-lokasi yang digunakan dalam film ini adalah kawasan Cibeunyi dan Cilaki yang dinamai jalan Milea dalam novel aslinya. Selain itu juga di Jalan Natuna, Jalan Kancra, SMAN 20 Bandung, kawasan Asia Afrika, dll.

 

5. Mengarang Soundtrack

Photo via : kompas.id

Selain menuliskan cerita film, Pidi juga mengarang soundtrack untuk Dilan. Pidi lebih dulu merilis album CD Voor Dilan pada 2016. Lagu-lagunya sudah dibuat video klip dengan model Vanessa Prescilia (pemeran Milea). Diduga kuat lagu-lagu yang sudah ditampilkan itu juga untuk original soundtrack film Dilan.

 

6. Pro Kontra Iqbal CJR Sebagai Pemeran Sosok Dilan

Photo via : www.bintang.com

Semenjak tim produksi mengumumkan para pemainnya, pro kontra mulai bermunculan. Banyak penggemar novel tidak setuju dengan pemilihan Iqbal sebagai pemeran Dilan. Menurut mereka, Iqbal tidak menggambarkan sosok remaja bad boy seperti karakter Dilan, selain itu mereka menganggap Iqbal kurang pas saat membawakan dialog romantis. Padahal dialog-dialog tersebut yang membuat sosok Dilan dan novel ini menarik.

 

7. Sebelum Film Dilan, Vanessa Prescilla Perankan Milea Dalam Video Klip

Photo via : www.viva.co.id

Vanessa merupakan adik kandung aktris Sissy Priscilla. Vanessa dipilih sendiri oleh Pidi Baiq untuk memerankan sosok Milea dalam debut awalnya di film. Sebelum pemilihan pemeran Dilan, ternyata Vanessa sudah berperan sebagai Milea dalam video klip Voor Dilan. Video klip ini sudah di unggah di YouTube resmi milik ThePanasdalam Agustus 2016, jauh sebelum film ini diproduksi. Pidi Baiq memilih vanessa karena wajahnya mirip dengan sosok Milea, selain itu sosoknya sama dengan Milea dalam buku yang merupakan gadis kelas 2 SMA berasal dari Jakarta. Kesamaan lainnya adalah sang ibu yang merupakan penyanyi tahun 80-an.

 

8. Iqball Di didik Geng Motor Asli Bandung

Photo via : hype.idntimes.com

Iqbal ternyata di didik menjadi “preman jalanan” selama sepekan dan tak tanggung-tanggung gurunya benar-benar gangster di Kota Bandung. Sebanyak 60 casts dalam film Dilan juga mengambil dari XTC, Brigez, GBR dan Moonraker.

 

9. Proses Syuting dan Jadwal Tayang

Photo via : peliculas.store

Film Dilan sudah memulai syuting sampai Juli 2017 dan rencananya akan tayang pada bulan 25 Januari 2018.

 

10. Adaptasi Novel Best Seller

Photo via : noviaelma5.wordpress.com

Film Dilan merupakan adaptasi dari Novel Dilan : Dia adalah Dilanku tahun 1990 yang merupakan karya dari Pidi Baiq. Novel ini sampai dicetak 18 kali, selain fisik, e-booknya juga sempat menjadi judul yang paling banyak diunduh melalui PlayStore.

 

Fakta Unik Kedua Pemain Dilla dan Milea

 

Photo via : instarix.com

 

1. Kedua Pemain Utama Memiliki Umur Yang Sama

Photo via : selebupdate.com

Iqbal dan Vanessa ternyata memiliki umur yang sama, saat ini mereka berdua berumur 17 tahun. Mereka kelahiran tahun 1999, Iqbal lahir di Surabaya 28 Desember 1999 dan Vanessa lahir di Jakarta 25 Oktober 1999.

 

2. Iqbal Merupakan Mantan Anggota Cowboy Junior a.k.a CJR

Photo via : https://www.instagram.com/iqbaal.e

Sudah banyak yang tahu, bahwa Iqbal tergabung dalam boy band Indonesia ternama CJR yang kini sudah bubar. Selain itu, Iqbal merupakan gitaris dan vokalis di band The Second Breaktime.

 

3. Iqbal Kuliah Di Amerika

Photo via : http://www.iboqq.org

Saat ini Iqbal kuliah di Armand Hammer United World College of The American West di New Mexico Amerika Serikat. Iqbaal diterima pada program United World Colleges (UWC).

 

4. Dilan bukan film pertama Iqbal CJR

Photo via : shopback.com

Film Dilan bukanlah film pertama Iqbal. Iqbal sendiri pernah berakting di 5 film yaitu 5 Elang, Coboy Junior The Movie, Comic 8, CJR The Movie : Lawan Rasa Takutmu dan Ada Cinta di SMA.

 

5. Vanessa Adik dari Artis Sissy Pricillia dan DJ Terkenal

Photo via : https://www.instagram.com/vaneshaass

Vanessa ternyata memiliki dua orang kakak yang juga pekerja di dunia hiburan Indonesia. Kakak perempuan Vanessa adalah seorang aktris Sissy Pricillia pemeran Mili di “Ada Apa Dengan Cinta” sedangkan kakak laki-laki adalah seorang DJ jebolan The Remix bersama Rini Wulandari yang bernama Jevin Julian.

 

6. Finalis Gadis Sampul

Photo via : www.kitamuda.id

Vanessa rupanya pernah mengikuti ajang Gadis Sampul pada tahun 2014 dan terpilih menjadi finalisnya. Meskipun tidak mendapatkan juara, Vanessa memiliki perkembangan karir yang cepat. Saat ini Vanessa sedang sibuk dengan modelling dan mejadi brand ambassador perusahaan mobil asal Jepang.

 

7. Ditawari Main Film Dilan Saat Ngopi

Photo via : www.kitamuda.id

Vanessa ditawarkan bermain film Dilan saat sedang ngopi bersama temannya di kantin The Panas Dalam. Penulis Dilan, Pidi Baiq yang melihat sosok Vanessa lantas menghampirinya dan berujar “Kamu Lia”. Setelah kejadian itu, Vanessa diajak bermain film Dilan : Dia adalah Dilanku Tahun 1990 yang di tulis oleh Pidi Baiq yang dipanggil ayah ini.

 

8. Diajak Syuting Video Klip Dulu

Photo via : youtube.com

Sebelum diajak bermain film, ternyata Vanessa diajak syuting video klip terlebih dahulu. Jadi kita bisa melihat akting Vanessa sebagai Milea di cuplikan video bertajuk Voor Dilan.

 

9. Keluarga Vanessa Menyukai Dilan

Photo via : www.upstation.id

Katanya, keluarga Vanessa menyukai novel garapan Ayah Pidi Baiq. Mengetahui hal itu, katanya Ayah akan mengajak ibu Vanessa untuk ikut berakting dalam filmnya.

 

Trailer :

 

Baca Juga