Fakta Unik Seputar lagu Aisyah Istri Rasulullah Yang Lagi Viral

Dibuat oleh blogunik

Dunia musik Tanah Air kini sedang diramaikan dengan lagu berjudul “Aisyah Istri Rasulullah”. Lagu yang menceritakan tentang keromantisan rumah tangga Nabi Muhammad dan Aisyah tersebut viral setelah group Sabyan Gambus mengcovernya lewat Channel YouTube mereka, hingga diikuti oleh para penyanyi lain seperti Putih Abu-Abu, Anisa Rahman, Syakir Daulay, dan lainnya. Bahkan Lagu tersebut menguasai trending YouTube Indonesia dengan berbagai versinya.

Bisa dibilang, lagu “Aisyah Istri Rasulullah” ini begitu fonomenal di dunia musik Tanah Air, karena seperti yang kita tahu, banyak sekali musisi Indonesia yang berlomba-lomba meng-cover lagu “Aisyah Istri Rasulullah”.

Dibalik kepopulerannya, ternyata ada banyak fakta menarik yang perlu kamu ketahui mengenai lagu pop yang mendadak sangat viral ini. Berikut ulasannya!

1. Berasal dari Malaysia

Lagu “Aisyah Istri Rasulullah” pertama kali muncul pada 2017. Lagu ini berasal dari Malaysia dan dibawakan oleh band bernama Projector. Projector Band sendiri merupakan band asal Kuala Kubu Bharu, Selangor Malaysia yang terbentuk pada 2013. Band ini awalnya beranggotakan lima orang, namun seiring berjalannya waktu mereka bertahan dengan empat personel. Nama Projector Band sendiri berasal dari sang basis yang bernama Ahmad Khusairi.

2. Cerita lagu “Aisyah Istri Rasulullah” yang asli

Konsep lagu pertama kalinya adalah band Melayu. Lagu ini sebenarnya berjudul “Aisyah (Satu Dua Tiga Cinta Kamu)”. Lirik lagu ini memang bercerita tentang seorang perempuan bernama Aisyah. Namun, bukan sosok Aisyah istri Nabi Muhammad SAW. Berbeda dari lagu covernya yang bernuansa islami, lagu asli Aisyah milik Projector Band bercerita tentang kisah cinta yang agak menyakitkan.

3. Versi religi

Dikutip dari Tribunnews.com, lagu “Aisyah” dalam versi religi akhirnya muncul pada Agustus 2017. YouTuber Malaysia bernama Mr Bie yang mempopulerkannya di akun Vitaminbie. Mr Bie mengemas ulang lagu “Aisyah” ini dengan beberapa perubahan.

Perubahan paling mencolok tentu saja ketika liriknya diganti menjadi “Aisyah Istri Rasulullah”. Mr Bie mengaku terinspirasi lagu tersebut karena istrinya secara kebetulan bernama Aisyah. Namun, saat itu lagu itu belum begitu populer.

4. Pengubahan lirik disesuaikan untuk Indonesia

Ketika akhirnya lagu “Aisyah Istri Rasulullah” populer di Indonesia, Mr Bie turut mengapresiasi. Ia justru berpesan agar lagu tersebut bisa dijadikan bahan pelajaran untuk anak-anak mempelajari sosok Aisyah. Dalam sebuah unggahan di Instagramnya, Mr Bie juga menyatakan bahwa pengubahan lirik di lagu itu disesuaikan untuk Indonesia

Ia tak ingin lirik lagunya menjadi salah makna. Ada beberapa kata dalam lirik yang ditakutkan salah makna oleh pendengarnya. Oleh sebab itu ia memberikan klarifikasi agar tidak menyalahi hadits dan riwayat nabi.

5. Dipopulerkan di Indonesia oleh Sabyan

Lagu “Aisyah Istri Rasulullah” awalnya viral karena di cover oleh Nissa Sabyan, penyanyi gambus yang tergabung dalam group musik Sabyan Gambus sebagai vokalis. Nissa yang memiliki paras cantik itu, dikenal publik karena kerap menyanyikan ulang lagu-lagu bernuansa islami. Nissa mengcover ulang lagu Aisyah Istri Rasulullah dan diupload ke akun youtube sabyan. Dengan suara merdunya, Nissa mampu menghipnotis orang untuk mendengarkan lagu itu dan banyak yang menyanyikan ulang. Video yang diupload dengan total viewers 26 juta itu sempat menduduki trending pertama sebelum akhirnya kini dikuasai oleh Putih Abu-Abu yang sama-sama menyanyikan ulang lagu tersebut.

6. Syakir Daulay membeli lisensi lagu “Aisyah Istri Rasulullah”

photo via liputan6.com

Dikutip dari Kapanlagi.com, saking viralnya lagu “Aisyah Istri Rasulullah” ini banyak pihak ang mempertanyakan status lisensi lagu Aisyah Istri Rasulullah ini. Penyanyi sekaligus youtuber Anji sempat membuat konten terkait lisensi lagu tersebut. Namun, belakangan ini, laguAisyah Istri Rasulullah telah dibeli lisensinya oleh Syakir Daulay.

Pihaknya juga mengatakan bahwa lagu yang dinyanyikannya itu menjadi trending, apabila tidak diurus ketakutan fatal muncul di benaknya. Sehingga ia memutuskan untuk membeli lisensi lagu tersebut. Syakir juga menyebutkan bahwa dirinya yang pertama dari Indonesia yang memiliki hak cipta dari Universal Malaysia.

7. Dapat kritikan dari Buya Yahya

Kepopuleran lagu “Aisyah Istri Rasulullah” ternyata tak lepas dari yang namanya kritikan. Lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah ini menjadi kontroversi. Penggambaran terhadap bentuk fisik Aisyah menjadi salah satu sorotan.

Lirik lagu ini menggambarkan fisik Aisyah. Salah satunya adalah pipinya merah. Dikhawatirkan gambaran ini justru akan mengarah pada imajinasi yang tidak-tidak tentang Aisyah.

Buya Yahya, pendiri Pondok Pesantren Al-Bahjah, mengkritik lagu tersebut karena menurutnya, lagu “Aisyah Istri Rasulullah” hanya menonjolkan fisik Aisyah semata. Padahal Aisyah yang merupakan istri Nabi Muhammad SAW, memiliki kelebihan yaitu kepintarannya.

8. Lirik yang bikin pendengarnya jadi baper (Bawa Perasaan)

Banyak yang berpendapat kalau salah satu alasan lagu “Aisyah Istri Rasulullah” ini bisa begitu populer dan viral adalah karena liriknya yang mampu membuat baper para pendengarnya. Selain karena lantunan musiknya yang indah dan menyejukkan hati, liriknya yang ringan dan mudah dimengerti juga memiliki makna yang begitu dalam sehingga mampu membuat siapapun yang mendengarnya jadi terbawa perasaan.

9. Lirik lagu “Aisyah Istri Rasulullah”

Buat kamu yang pengen nyanyi dan coverin lagu “Aisyah Istri Rasulullah”, seperti ini lho liriknya.

Mulia indah cantik berseri

Kulit putih bersih merahnya pipi mu
Dia Aisyah putri Abu Bakar
Istri Rasulullah

Sungguh sweet Nabi mencintai mu
Hingga Nabi minum di bekas bibirmu
Bila marah, nabi?kan?memanja
Mencubit hidungnya

Aisyah..
Romantisnya cintamu dengan Nabi
Dengan Baginda kau pernah main lari-lari
Selalu bersama hingga ujung nyawa
Kau di samping Rasulullah

Aisyah…
Sungguh manis oh sirah kasih cintamu
Bukan persis novel mula benci jadi rindu
Kau istri tercinta ya Aisyah, ya Humairah

Hooo.. Hooo.. Hoo..

Mulia indah cantik berseri
Kulit putih bersih merahnya pipi mu
Dia Aisyah putri Abu Bakar
Istri Rasulullah

Sungguh sweet Nabi mencintamu
Bila lelah Nabi baring di jilbab mu
Seketika kau pula bermanja
Menyikat rambutnya…

Aisyah..
Romantisnya cintamu dengan Nabi
Dengan Baginda kau pernah main lari-lari
Selalu bersama hingga ujung nyawa
Kau di samping Rasulullah

Aisyah..
Sungguh manis oh sirah kasih cintamu
Bukan persis novel mula benci jadi rindu
Kau istri tercinta ya Aisyah, ya Humairah

Aisyah..
Romantisnya cintamu dengan Nabi
Dengan Baginda kau pernah main lari-lari
Selalu bersama hingga ujung nyawa
Kau di samping Rasulullah

Aisyah..
Sungguh manis oh sirah kasih cintamu
Bukan persis novel mula benci jadi rindu
Kau istri tercinta ya Aisyah, ya Humairah
Rasul sayang, kasih Rasul cintamu

Nah itulah beberapa fakta menarik seputar lagu “Aisyah Istri Rasulullah” yang begitu populer dan viral didunia musik Tanah Air. Bagaimana menurut kalian guys?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.