Fenomena Meteor Dengan Kekuatan Nuklir Jatuh di Australia Yang Berhasil Terekam Kamera

5 bulan lalu, by blogunik

Melihat hujan meteor atau bintang jatuh memang sangat indah dimalam hari apalagi kalau langit sedang cerah. Banyak orang yang ingin melihat bintang jatuh karena keindahannya, padahal bintang jatuh sebenarnya adalah sebuah meteor yang sedang terbakar di atmosfer bumi.

Kebanyakan fenomena bintang jatuh akan terlihat memukau karena mereka habis terbakar saat menyentuh atmosfer bumi, sehingga kita yang dibumi melihatnya seperti bintang jatuh karena sama-sama bercahaya. Namun apakah kalian masih bisa mengatakan kalau meteor yang sedang terbakar tersebut indah kalau membawa kekuatan nuklir bahkan sampai jatuh kebumi? Setidaknya fenomena tersebut baru saja terjadi di sekitaran pantai Selatan Australia pada Selasa 21 Mei 2019 lalu.

Fenomena meteor jatuh di Australia tersebut telah menjadi viral di media sosial. Dalam sebuah video yang beredar, titik terang cahaya terlihat melesat melintasi langit, perlahan-lahan semakin membesar dan meledak. Bahkan kilatan cahaya yang begitu terang dari meteor tersebut mampu mengubah malam terlihat seperti siang hari hanya dalam sekejap mata.

Dikutip dari Express.co.uk, Centre for Near-Earth Object Studies (CNEOS) NASA menyatakan kalau meteor itu memasuki atmosfer dengan kecepatan 11,5 km per detik atau 25.724 mph. Meteor itu kemudian pecah dan mendarat di perairan Teluk Great Australian Bight sekitar 300 kilometer barat daya Gunung Gambier. Namun sebelum ini terjadi, bola api melepaskan energi yang cukup untuk menyamai kekuatan “bom nuklir kecil” di langit.

Menurut NASA, meteor memasuki atmosfer dengan kekuatan 1,6 kiloton atau 1.600 ton TNT. Untungnya, kata Profesor Phil Bland dari Universitas Curtin, batu ruang angkasa tersebut meledak di ketinggian sehingga tidak menyebabkan kerusakan signifikan.

Tak lama setelah fenomena tersebut, Banyak saksi mata yang membanjiri sosial media dengan hasil foto dan hasil rekaman video yang mereka ambil saat fenomena meteor tersebut terjatuh di pantai Selatan Australia. Banyak dari mereka yang merasa takjub dengan apa yang mereka lihat, namun tak sedikit yang merasa takut dengan kilatan cahaya yang begitu kuat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *