Keren Semua! Ini Lho 15 Film Animasi Terbaik Karya Walt Disney

2 minggu lalu, by blogunik

Film Animasi Terbaik Karya Disney

0

Siapa coba yang tidak mengenal studio animasi terpopuler di dunia satu ini yaitu Disney. Walt Disney Animation Studio adalah studio animasi Amerika Serikat yang menciptakan begitu banyak film animasi terbaik, film pendek dan serial televisi untuk The Walt Disney Company.

Disney sendiri diketahui telah membuat sekitar 56 film animasi mulai dari film animasi “Snow White and the Seven Dwarfs” hingga film “Frozen”. Selain itu, film animasi Disney ini juga mengangkat berbagai macam kisah mulai dari kisah tentang putri, robot, hewan dan lainnya. Beragamnya kisah yang di angkat tentunya membuat film karya Disney ini begitu menarik hingga ditonton banyak penggemarnya di seluruh dunia. Kira-kira film apa saja yang termasuk film animasi terbaik buatan Walt Disney? Simak ulasan Blog Unik berikut ini!

1. Aladdin (1992)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Aladdin (1992)

Photo via preview.disneyplus.com

Film animasi terbaik karya Disney yang pertama adalah Aladdin yang dirilis pada tanggal 25 November 1992. Film animasi Aladdin ini menceritakan tentang seorang pemuda miskin bernama Ali yang jatuh cinta kepada seorang putri bernama Putri Jasmine. Ali menyadari jika ia tidak mungkin bisa menikahi Putri Jasmine, namun suatu hari Ali menemukan sebuah lampu ajaib. Setelah menemukan lampu ajaib ini Ali pun berubah menjadi seorang pangeran yang kaya raya.

Trailer Aladdin (1992)

2. Beauty and the Beast (1991)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Beauty and the Beast (1991)

Photo via preview.disneyplus.com

Berikutnya ada Beauty and the Beast. Film ini sendiri dirilis pada 22 November 1991, dimana film ini menjadi film ke-30 dalam rangkaian animasi klasik Walt Disney. Salah satu film animasi terbaik Disney ini juga dibuatkan versi live actionnya yang diperankan oleh Emma Watson dan Dan Stevens. Beauty and the Beast ini menceritakan tentang seorang gadis desa bernama Belle yang pergi ke sebuah kastil untuk menyelamatkan sang ayah. Di dalam kastil itu ternyata tinggal seorang makhluk yang menyeramkan bernama Beast. Namun seiring dengan berjalannya waktu Belle mengetahui jika Beast adalah seorang pangeran tampan yang dikutuk.

Trailer Beauty and the Beast (1991)

3. Big Hero 6 (2014)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Big Hero 6 (2014)

Photo via wikipedia.org

Big Hero 6 adalah film animasi 3D yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios, dimana film ini berdasarkan dari tim superhero Marvel Comics dengan nama yang sama. Animasi ini menjadi film animasi ke-54 di Walt Disney Animated Classics series. Film Big Hero 6 ini dirilis pada 7 November 2014 oleh Walt Disney Pictures. Film ini menceritakan tentang Hiro yang merupakan pemuda genius yang harus kehilangan kakaknya dalam sebuah insiden kebakaran di universitasnya. Pada suatu hari Hiro tidak sengaja mengaktifkan Baymax dan ia pun melindungi kota dengan harapan untuk memenuhi harapan Tadashi (kakak Hiro) untuk membantu banyak orang.

Trailer Big Hero 6 (2014)

4. Frozen (2013)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Frozen (2013)

Photo via imdb.com

Film Disney satu ini dikenal dengan soundtracknya yang berjudul “Let it Go”, berjudul Frozen. Frozen sendiri adalah film fantasi musikal animasi 3D yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film animasi terbaik Disney ini merupakan film animasi ke-53 yang terinspirasi dari dongeng Hans Christian Andersen “The Snow Queen”. Film ini perdana dirilis pada 19 November 2013 dan memiliki perilisan terbatas pada 22 November dan masuk ke perilisan teater umum pada 27 November. Film ini menceritakan tentang Putri Elsa dari Arendelle yang memiliki kekuatan sihir yang memungkinkannya untuk mengontrol dan membuat es dan salju. Elsa kecil sering menggunakannya untuk bermain bersama sang adik perempuan bernama Putri Anna. Namun suatu ketika, Elsa tidak sengaja melukai Anna dengan Sihirnya. Orang tua mereka pun membawa kedua ke sebuah koloni troll yang dipimpin oleh Grand Pabbie. Anna pun sembuh namun ingatannya dirubah sehingga ia lupa jika Elsa memiliki sihir. Untuk keamanan, orang tua mereka pun mengisolasi kedua putrinya di dalam kastil. Elsa pun menghentikan semua kontak dengan Anna sehingga menciptakan keretakan diantara mereka.

Trailer Frozen (2013)

5. Fantasia (1940)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Fantasia (1940)

Photo via nabilbakri.blogspot.com

Fantasia adalah film animasi klasik Disney yang terdiri dari delapan segmen. Dimana segmen-segmen ini menggabungkan antara live action dan animasi. Di segmen pertama terdiri dari adegan live orkestra dengan gambar warna-warni yang merefleksikan musik yang sedang dimainkan. Segemn kedua terdapat peri-peri, ikan, bunga, daun dan jamur yang menarikan lagu-lagu pergantian musim. Segmen ketiga menceritakan tentang Mickey Mouse yang menggunakan berbagai jenis sihir unruk mengerjakan tugasnya. Tapi semuanya menjadi kacau ketika Mickey Mouse tidak bisa mengontrol sihirnya.

Trailer Fantasia (1940)

6. Mulan (1998)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Mulan (1998)

Photo via imdb.com

Mulan adalah salah satu film animasi produksi Walt Disney Animation, dimana film animasi ini pertama kali dirilis pada 5 Juni 1998. Film animasi Mulan ini menjadi salah satu film animasi terbaik karya Disney yang menampilkan wanita kuat dan tegas. Film ini menceritakan tentang diserangnya sebuah dinasri di Republik Rakyat Tiongkok oleh bangsa Hun. Hal ini pun membuat sang kaisar harus menetapkan wajib militer, dimana setiap keluarga harus mengirim seorang pria termasuk keluarga Fa. Satu-satunya keluarga Fa yang pria adalah ayah dari Mulan, ayah Mulan adalah veteran perang yang sudah lanjut usia. Tak ingin ayahnya yang pegi berperang, ia pun menyamar menjadi pria dan pergi menggantikan ayahnya.

Trailer Mulan (1998)

7. Moana (2016)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Moana (2016)

Photo via amazon.com

Moana adalah film animasi terbaik karya Disney, film petualangan fantasi musikal animasi 3D ini menjadi film ke-56 yang diproduksi Walt Disney Animation Studios. Film Moana ini dirilis pada tanggal 23 November 2016. Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Moana yang sejak lahir hanya terkungkung di Pulai Motonui. Moana mulai menyadari ada sesuatu yang bergerak dari dalam dirinya untuk selalu mendekati laut. Namun sayang, ayahnya melarang kerasa Moana mendekati laut apalagi berlayar melewati karang yang telah ditentukan. Ayah Moana mengatakan banyak hal buruk yang terjadi dibalik karang tersebut dan Moana terus bertanya-tanya. Sampai akhirnya nenek Moana yaitu Tala, mengungkapkan panggilan Moana yang sebenarnya. Untuk mengembalikan kaumnya menjadi kaum penjelajah kembali sesuai nenek moyak mereka di zaman dahulu yang dikenal gemar berlayar dan menemukan berbagai pulai di Oceania. Mendengar fakta tersebut, Moana pun mengerti kenapa setiap kali berhadapan dengan laut gejolak hatinya merasakan sesuatu. Tapi sayangnya Tala harus meninggal dunia sebelum ia menuntaskan mimpinya itu. Sebelum meninggal dunia Tala berpesan agar Moana mengembalikan batu keramat yang menjadi jantung Te Fiti dan mencari sosok pahlawan Maui untuk membantunya mengembalikan batu tersebut ke Lalotai.

Trailer Moana (2016)

8. Pinocchio (1940)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Pinocchio (1940)

Photo via imdb.com

Film satu ini bisa dikatakan paling populer film ini berjudul Pinocchio, film animasi produksi Walt Disney ini dirilis pada tanggal 7 Februari 1940. Film ini menceritakan tentang seorang tukang kayu bernama Geppetto yang membuat sebuah boneka kayu bernama Pinocchio. Geppetto membuat permohonan kepada bintang agar Pinocchio bisa menjadi seorang anak laki-laki seungguhan. Lalu datanglah peri dan membuat Pinocchio menjadi boneka hidup. Peri juga mengatakan, apabila Pinocchio membuktikan bahwa dirinya berani, jujur dan tidak egois ia akan membuatnya menjadi seorang anak laki-laki sungguhan.

Trailer Pinocchio (1940)

9. Sleeping Beauty (1959)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Sleeping Beauty (1959)

Photo via imdb.com

Siapa sih yang tidak tahu film satu ini yaitu Sleeping Beauty, Sleeping Beauty adalah film animasi klasik yang diproduksi oleh Walt Disney. Film ini dirilis pada tanggal 29 Januari 1959 dimana film ini didasarkan dari cerita rakyat Putri Tidur oleh Charles Perrault. Film ini menceritakan tentang Maleficent yang merupakan seorang peri jahat yang merasa tersinggung karena tidak diundang oleh Raja Stefan dan Ratu Leah dalam pesta perayaan kelahiran Aurora. Peri jahat ini pun memberik kutukan yang akan membuat Aurora meninggal tertusuk jarum tepat sebelum berusia 16 tahun. Namun, seorang peri baik bernama Merrweather meringankan kutukan ini. Aurora hanya akan tertidur dan bisa terbangun jika dicium oleh cinta sejatinya.

Trailer Sleeping Beauty (1959)

10. Tangled (2010)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Tangled (2010)

Photo via imdb.com

Tangled adalah film animasi musikal yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios. Film ini mirip seperti dongeng dari Jerman yang berjudul Rapunzel. Tangled sendiri menceritakan tentang sebuah kerajaan dibangun didekat hutan dimana dihutan tersebut terdapat bunga ajaib. Pada suatu hari Permaisuri sakit dalam kondisi hamil sehingga membuat Raja memerintahkan pasukannya untuk mencari bunga ajaib itu. Sementara itu Mother Gothel yang menggunakan kekuatan bunga ajaib itu melihat para pasukan dan menutupi bunga itu. Namun sayangnya bunga itu diketahui oleh para pasukan dan membawanya ke istana. Di istana permaisuri pun meminum larutan bunga itu dan sembuh, ia pun melahirkan seorang putri dengan rambut pirang yang bernama Rapunzel. Kesal karena bunganya hilang, Mother Gothel pun menyusup ke istana dan menculik Rapunzel dan menyembunyikan Rapunzel di menara tinggi dibalik gua. Mother Gothel mengetahui jika rambut Rapunzel tetap ajaib dengan menyanyikan sebuah lagu khusus. Di kurung selama bertahun-tahun membuat Rapunzel ingin mengetahui dunia luar dan ia berusaha untuk kabur dan melihat dunia luar.

Trailer Tangled (2010)

11. The Little Mermaid (1989)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - The Little Mermaid (1989)

Photo via imdb.com

The Little Mermaid adalah film animasi terbaik karya Disney yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios yang dirilis pada 17 November 1989. Film animasi ini adalah seri ke-28 dari Walt Disney Animated Classics series. Film ini menceritakan tentang Ariel yang merupakan putri duyung berumur enam belas tahun yang tidak puas dengan kehidupan bawah lautnya dan ingin mengetahui dunia manusia. Ariel bahkan mengabaikan peringatan Ayahnya bahwa hubungan anatara manusia dan duyung itu dilarang. Namun karena Ariel sangat penasaran ia pun melakukan perjalanan ke permukaan laut.

Trailer The Little Mermaid (1989)

12. The Jungle Book (1967)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - The Jungle Book (1967)

Photo via imdb.com

The Jungle Book adalah film animasi yang dirilis pada tanggal 18 Oktober 1967, film ini menjadi film ke-19 dalam rangkaian Film Animasi Klasik Walt Disney. Ketika membuat film ini, Walt Disney meninggal dunia sehingga film ini menjadi film terakhir yang diproduksi sendiri oleh Walt Disney. Film ini menceritakan tentang anak laki-laki bernama Mowgli yang dibesarkan oleh serigala di hutan. Ia menganggap mereka semua keluarga termasuk hewan lainnya Baloo dan Bagheera. Kemudian ia meninggalkan hutan saat harimau pemakan manusia datang.

Trailer The Jungle Book (1967)

13. The Lion King (1994)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - The Lion King (1994)

Photo via imdb.com

The Lion King adalah salah satu film animasi terbaik karya Disney yang dirilis pada 15 Juni 1994 dan dirilis untuk publik pada 24 Juni 1994. Film animasi ini menjadi film ke-32 dari rangkaian film animasi klasik Walt Disney. Film The Lion King ini juga menjadi salah satu film animasi yang paling sukses. Film ini menceritakan tentang Mufasa yang merupakan seorang singa yang menjadi raja dari seluruh binatang di tempat itu. Scar yang merupakan adik Mufasa iri karena posisi Simba sebagai pewaris tahta. Ia dan kawanannya dubuk pun bekerja sama untuk menyingkirkannya.

Trailer The Lion King (1994)

14. Wreck-It Ralph (2012)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Wreck-It Ralph (2012)

Photo via imdb.com

Wreck-It Ralph adalah film animasi 3D yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios. Film Wreck-It Ralph ini menjadi film ke-52 dalam seri Film unggulan animasi Disney. Film ini dirilis pada tanggal 29 Oktober 2012 di El Capitan Theater dan 2 November dirilis secara umum. Film ini menceritakan tentang Wreck-It Ralph ingin disayang banyak orang seperti temannya yang baik hati Fix-it Felix. Namun tidak ada orang yang suka dengan karakter jahat seperti Ralph sehingga saat ada adu tembak disebuah game pimpinan Sersan Calhoun, Ralph pun bersemangat mengikutinya. Tujuan Ralph sederhana, ia ingin menang dan mendapatkan medali agar dianggap sebagai pahlawan.

Trailer Wreck-It Ralph (2012)

15. Zootopia (2016)

Film Animasi Terbaik Karya Disney - Zootopia (2016)

Photo via imdb.com

Zootopia adalah film animasi 3D Amerika Serikat yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios. Film satu ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Animasi Brussels pada tanggal 13 Februari 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 4 Maret 2016. Film Zootopia ini menceritakan tentang sebuah dunia dimana para binatang hidup rukun. Judy Hopps adalah seorang kelinci yang berasal dari desa Bunnyburrow memiliki impian masa kecilnya menjadi petugas kelinci pertama di departemen kepolisian di kawasan perkotaan Zootopia. Judy pun diterima di Departemen Kepolisian Zootopia namun ia dipindah tugaskan ke bagian parkir kendaraan oleh Ketua Bogo yang meragukan potensi Judy. Meskipun belum sesuai harapan sebagai polisi yang sempurna, Judy tetap melaksanakan tugasnya dengan semangat. Suatu ketika tanpa sengaja Judy berkenalan dengan seekor rubah bernama Nick Wilde yang membuatnya kembali dilanda trauma masa kecil karena aksi tipunya. Judy sempat menjauhinya, namun ia terpaksa membutuhkan Nick untuk menyelesaikan kasus orang hilang yang mendadak dilimpahkan kepadanya. Terlebih dengan adanya isu ancaman akan dikeluarkan dari satuan kepolisian, Judy pun mau tidak mau bertaruh menyelesaikan kasus tersebut.

Trailer Zootopia (2016)

Nah, itulah beberapa film animasi terbaik karya Walt Disney. Yang mana nih jadi favorit kamu?

0
Artikel Terkait