Film Natal Terbaik Dari Jaman Dulu Hingga Sekarang

2 tahun lalu

Sebentar lagi liburan Natal nih sobat, biasanya menjelang liburan natal, banyak yang memilih untuk berlibur atau berkunjung ke tempat-tempat wisata yang kental akan nuansa natalnya. Tapi banyak juga yang memilih mengisi acara liburannya berada di rumah untuk berkumpul bersama keluarga sekedar berbagi cerita ataupun menikmati tayangan televisi yang bernuansa natal.

Berbicara soal tayangan televisi, menjelang hari natal, biasanya stasiun-stasiun TV memang gencar menayangkan film yang bertemakan Natal. Dari banyaknya film-film natal yang ditayangkan di televisi, ada beberapa film bertema natal yang layak disebut sebagai film natal terbaik sepanjang masa, karena selain sukses menggambarkan nuansa natal dengan sangat apik, film-film ini juga dapat menarik perhatian bukan hanya anak-anak saja, namun film-film natal ini juga degemari oleh semua kalangan umur, baik remaja maupun dewasa.

Berikut beberapa film bernuansa Natal terbaik sepanjang masa yang dapat BlogUnik rangkum, yuk cek langsung!

 

1. Home Alone (1990)

Photo Via : pinterest.com

Udah gak heran lagi kalau film Home Alone ini adalah film Natal  terbaik dan yang paling terkenal sepanjang masa. Yakin deh, menjelang Natal, film family comedy ini pasti diputar di stasiun TV. Gak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat dan banyak negara lain, film Home Alone masih jadi film Natal nomor 1 yang wajib diputar pada masa-masa menjelang Natal.

Udah tau dong ya jalan cerita film ini? Yap, film ini berkisah tentang seorang anak bernama Kevin McCallister (diperankan oleh Macaulay Culkin) yang gak sengaja ketinggalan sendirian di rumah sementara seluruh anggota keluarganya pergi berlibur. Kevin harus tinggal di rumah dan menghadapi 2 orang penjahat yang berencana merampok isi rumahnya. Tapi berkat kecerdikan dan keusilan Kevin, kedua perampok akhirnya berhasil dikalahkan.

 

2. Home Alone 2: Lost in New York (1992)

Photo Via : www.weepodcast.com

Sukses dengan film pertamanya, kisah petualangan Kevin berlanjut di film kedua. Sekuelnya masih disutradarai oleh Chris Colombus yang terakhir menyutradarai film Home Alone pertama.

Kali ini Kevin berhasil ikut liburan bersama keluarganya. Ia dan keluarganya berencana liburan ke Miami, Florida. Tapi saat di bandara Kevin terpisah dari keluarganya dan masuk ke pesawat yang membawanya ke kota New York.

Terdampar sendirian di New York, ia tidak sengaja bertemu dengan kedua perampok yang pernah berusaha merampok rumahnya dulu. Kedua perampok tersebut melarikan diri dari penjara dan berniat balas dendam kepada Kevin yang telah menyusahkan mereka selama ini.

Film Home Alone 2 juga merupakan film Natal terbaik dan tidak kalah keren dari film pertamanya. Bahkan, hampir di setiap Natal pasti ada stasiun tv swasta yang menayangkannya.

 

3. Home Alone 3 (1997)

Photo Via : youtube.com

Film Home Alone ketiga tidak diperankan lagi oleh Macaulay Culkin dan karakter Kevin pun diganti dengan tokoh baru bernama Alex Pruitt yang diperankan oleh Alex D. Linz.

Masih bertema Natal, film ini mengisahkan bocah 9 tahun bernama Alex yang berusaha menggagalkan pencurian chip rahasia yang disimpan di sebuah mobil mainan oleh 4 orang penjahat. Chip itu akan diserahkan kepada teroris Korut.

Film Natal terbaik ini disutradarai oleh Raja Gosnel yang pernah menyutradarai film-film keluarga lainnya seperti Scooby-Doo (2002), Beverly Hills Chihuahua (2008) dan The Smurf (2011).

 

4. Dr. Seuss’ How the Grinch Stole Christmas (2000)

Photo Via : riotheatre.ca

Kalian pasti tau dong soal Grinch, sosok hijau yang benci banget sama yang namanya Natal? Yap, sosok hijau berbulu yang menyeramkan ini memang salah satu tokoh literatur terkenal yang kisahnya sudah difilmkan, baik dalam bentuk kartun maupun film drama komedi. Dr. Seuss’ How the Grinch Stole Christmas yang dibuat tahun 2000 ini merupakan adaptasi terbaru dari kisah Grinch. Di film ini, sosok Grinch dengan senyum sinisnya diperankan oleh aktor-komedian ternama, Jim Carrey.

Film ini masih mengisahkan tentang Grinch yang sangat benci dengan hari Natal dan ingin menghancurkan momen Natal dengan rencana-rencana jahatnya. Sepanjang film kita akan disuguhi dengan adegan-adegan kocak yang makin menarik karena dibumbui oleh aksi komedik Jim Carrey yang memang lucu dan menarik banget.

 

5. The Polar Express (2004)

Photo Via : www.amazon.com

Saat Natal, pasti di stasiun-stasiun TV ada yang menayangkan film The Polar Express ini. Ya, film animasi ini memang konon katanya sangat asyik untuk ditonton, apalagi menjelang Natal. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks sebagai pengisi suara tokoh utama ini bahkan diklaim sebagai salah satu film Natal terbaik sepanjang masa.

The Polar Express bercerita tentang seorang anak laki-laki yang tak percaya dengan adanya Santa Claus. Pada suatu hari, ia tiba-tiba terjebak dalam sebuah kereta bernama Polar Express yang menuju ke Kutub Utara. Di sini, ia bertemu dengan Santa Claus dan membangun persahabatan dengan penumpang kereta yang lainnya.

 

6. A Christmas Carol (2009)

Photo Via : youtube.com

Rekomendasi film Natal terbaik berikutnya adalah A Christmas Carol yang tayang tahun 2009. Film animasi produksi Disney ini lain dari biasanya karena menampilkan suasana kelam dan gelap.

Animasi garapan Robert Zemeckis ini menceritakan seorang pengusaha tua bernama Tn. Scrooge yang sangat pelit, perhitungan dan tidak pernah peduli dengan siapapun. Sampai suatu ketika ia didatangi oleh 3 sosok gaib yaitu Roh Natal Masa Lalu, Saat Ini dan Akan Datang.

Ketiga roh tersebut membawa Scrooge ke perjalanan panjang menembus ruang dan waktu yang menunjukkan apa yang dialaminya dulu, dilakukannya saat ini dan apa akibatnya jika ia tidak berubah di masa depan. Animasi ini walaupun bernuansa kelam tapi kamu dapat mengambil pelajaran mendalam darinya. Film ini diisi suaranya oleh Jim Carey, Gary Oldman dan Colin Firth.

 

7. Elf (2003)

Photo Via : subscene.com

Elf, merupakan salah satu judul film natal terbaik yang wajib kamu tonton. Film natal terbaik ini mempunyai cerita yang sangat bagus sehingga film ini banyak ditonton. Film Elf menuai respons yang positif dari para penontonnya.

Film natal terbaik ini bercerita tentang seorang elf yang membantu Santa untuk menemukan identitas aslinya. Ia pun menjadi manusia dan pergi ke New York untuk menyebarkan semangat Natal kepada orang-orang yang ditemuinya.

 

8. Love Actually (2003)

Photo Via : madisonsmovies.wordpress.com

Love Actually adalah film Natal paling dikenang sepanjang masa. Film ini juga disebut-sebut sebagai film Natal bergenre komedi romantis yang paling populer dan memiliki pesan positif untuk penontonnya. Film besutan sutradarai Inggris ternama Richard Curtis ini merupakan salah satu film berbudget mahal pada saat itu karena dibintangi oleh lebih dari 10 aktor-aktris ternama, termasuk Hugh Grant, Bill Nighy, Colin Firth, Kiera Knightley, Martin Freeman, Andrew Lincoln, Emma Thompson, Alan Rickman, Thomas Brodie-Sangster, Rowan Atkinson, dan lain-lainnya.

Film ini memiliki 9 kisah berbeda dari orang-orang yang merayakan Natal dengan berbagai cara dan acara. Meski demikian, ceritanya saling menyambung satu sama lain dan memiliki satu kesimpulan besar jika Natal harus dirayakan dengan cinta.

 

9. Rise of the Guardians (2012)

Photo Via : subscene.com

Film animasi Natal yang mengangkat kisah tentang para legenda anak-anak ini diisi suaranya oleh para aktor dan aktris ternama Hollywood seperti Chris Pine sebagai Jack Frost, Alec Baldwin sebagai Santa Claus, Isla Fisher sebagai Peri Gigi, Hugh Jackman sebagai Kelinci Paskah dan Jude Law sebagai Pitch Black.

Film Natal terbaik yang disutradarai oleh Peter Ramsey menceritakan para legenda baik anak-anak yang bersatu untuk melawan legenda jahat Pitch Black yang mengirimkan mimpi buruk ke seluruh anak-anak di dunia.

 

10. It’s a Wonderful Life (1946)

Photo Via : fanart.tv

Film Natal paling jadul yang ada di list ini adalah It’s a Wonderful Life. Film ini dibuat pada tahun 1946 dan masih dalam format hitam putih. Meski demikian, film ini menjadi salah satu film Natal paling dikenang sepanjang masa. Film ini dibintangi bintang kelas atas pada jamannya seperti James Stewart dan Henry Travers.

Film ini mengisahkan tentang George Bailey yang merasa hidupnya tidak berguna dan berharap ia tak pernah dilahirkan. Seorang malaikat kemudian turun ke bumi dan mengabulkan permintaan George. George kemudian menyadari bahwa ternyata hidupnya berguna bagi banyak orang dan banyak hal yang akan berubah jika ia tak pernah dilahirkan ke dunia.

 

11. A Christmas Story (1983)

Photo Via : tickets.grapevineticketline.com

Meskipun tergolong film jadul, A Christmas Story tetap layak untuk ditonton dikala menjelang Natal. Film natal terbaik ini bergenre komedi yang menceritakan tentang keinginan seorang anak berusia 9 tahun pada saat Natal yang ditolak ibunya karena dianggap berbahaya. Meskipun demikian, Film natal terbaik sukses menjadi film kegemaran anak-anak pada saat itu.

 

12. The Nightmare Before Christmas (1993)

Photo Via : youtube.com

Udah gak asing dengan sosok Jack Skellington? Yap, sosok tengkorak kurus yang memiliki wajah seram ini memang jadi ikon film The Nightmare Before Christmas ini. Film yang dibintangi oleh aktor-aktris Hollywood ternama seperti Danny Elfman dan Catherine O’Hara ini memang mengisahkan tentang petualangan Jack Skellington pada saat malam Natal.

Di film ini dikisahkan Jack Skellington begitu iri pada malam Natal yang gemerlap dan penuh kehangatan. Ia kemudian menyusun rencana jahat untuk menguasai malam Natal. Salah satu caranya adalah dengan menculik Santa Claus. Berhasilkah si Jack ini.

 

13. Arthur Christmas (2011)

Photo Via : www.dhakamovie.com

Film natal kali ini berjudul Arthur Christmas, film natal ini bernuansa komedi,karena ceritanya yang lucu dan menarik film ini ini menjadi pusat perhatian dan cukup banyak menuai pujian. Pada umumnya Arthur Christmas ini sangat sering di tonton oleh anak-anak. Tapi bagi kamu penggemar film natal juga bisa menyaksikannya.

Film natal terbaik dalam versi animasi ini cukup layak menjadi teman nonton saat libur Natal. Film natal terbaru ini bercerita tentang kehidupan para elf dan Santa Claus pada saat Natal. Film natal terbaru ini cukup menghangatkan hati dan karakter animasinya pun bagus dan menarik untuk ditonton. Wah cukup seru ya liburan natal kali ini.

 

14. Die Hard (1988)

Photo Via : tickets.grapevineticketline.com

Mau nonton film bernuansa Natal tapi dengan kemasan action? Nonton saja film pertama dari franchise Die Hard ini. Film ini memang tidak ada ceritanya dengan Natal, hanya setting waktunya saja.

Die Hard menceritakan seorang polisi bernama John McClane yang ingin menjemput istrinya saat malam Natal di tempat kerjanya, gedung Nakatomi Plaza. Namun sesampainya disana, gedung tersebut telah dikuasai oleh teroris. John yang seorang diri harus berusaha semaksimal mungkin untuk melumpuhkan para teroris dan membebaskan para sandera beserta istrinya.

Film yang disutradarai John McTiernan (Predator [1987]) ini merupakan salah satu film action terbaik yang pernah dibuat. Selain itu film ini juga turut mengangkat nama Bruce Willis di dunia perfilman Hollywood.

 

15. The Holiday (2006)

Photo Via : torrentbutler.e

Film natal terbaik ini menceritakan tentang dua wanita yaitu Kate Winslet dan Cameron Diaz yang mengalami kegagalan dalam hubungan mereka. Pada saat Natal, kedua wanita ini bertukar rumah supaya mendapatkan suasana yang berbeda. Kisah romantis dan lucu yang ada dalam film terbaru ini sangat menarik untuk ditonton.

 

16. Jingle All The Way (1996)

Photo Via : funtime.ge

Arnold Schwarzenegger yang biasanya bermain di film laga dan film tembak-tembakan, ternyata bisa juga lho memerankan sosok ayah di film Natal keluarga. Film Jingle All The Way ini menjadi salah satu film terbaik yang bisa ditonton bareng keluarga di saat Natal. Selain Arnold Schwarzenegger, ada beberapa artis lain yang membintangi film ini, termasuk Rita Wilson dan Jake Lloyd.

Film ini berksiah tentang sosok ayah workaholic yang lupa pada keluarganya, bahkan gak memperdulikan Natal bersama dengan keluarganya. Tapi, dia ingin menebusnya dengan cara memberikan hadiah pada anak laki-lakinya. Sayangnya, hadiah yang diminta anak laki-lakinya adalah boneka limited edition yang susah dicari. Alhasil, sang ayah harus rela berpetualang seru hanya untuk mendapatkan apa yang diinginkan anaknya.

 

17. Fred Claus (2007)

Photo Via : subscene.com

Apa jadinya jika Santa Claus punya kakak yang sifatnya berkebalikan dengan dirinya? Ada sebuah film yang mengangkat cerita tersebut berjudul Fred Claus. Dikisahkan Nicholas Claus merupakan adik dari Fred Claus. Saat lahir Nicholas sudah menunjukkan bahwa dirinya memang anak yang spesial. Tapi hal itu membuat kakaknya sangat membencinya karena kebaikan dan kedermawanan Nicholas suka membuat kesal Fred. Sampai akhirnya mereka berdua dewasa, Nicholas tinggal di Kutub Utara menjadi Santa Claus yang baik hati dan dermawan, sedangkan Fred menjadi orang yang suka mengeluh dan sial.

Suatu hari karena masalah yang disebabkannya, Fred harus ditahan di penjara. Untuk bebas dari sana ia membutuhkan uang jaminan. Karena sudah tidak tahu lagi harus kemana, akhirnya ia meminta bantuan adiknya. Santa Claus setuju membantu Fred dengan syarat ia harus bekerja di Toko Mainan Santa. Ia ditempatkan di departemen Nakal-Baik yang bertugas menyeleksi surat-surat yang dikirimkan anak-anak untuk meminta hadiah kepada Santa. Ia pula yang menentukan apakah anak tersebut baik atau nakal.

 

18. Krampus (2015)

Photo Via : geektyrant.com

Film bertema Natal satu ini berbeda dari biasanya. Jika film Natal identik dengan keceriaan dan penuh warna, Krampus bertema horor. Film ini mengangkat legenda jahat tentang Natal.

Seorang anak bernama Max sedang berkumpul bersama keluarganya di suatu rumah untuk merayakan Natal. Momen yang seharusnya penuh sukacita tersebut berubah saat berbagai pertengakaran terjadi di antara mereka. Melihat hal itu Max menjadi kecewa dan merobek surat yang ditulisnya untuk Santa. Ia sudah tidak memiliki semangat untuk merayakan Natal. Namun hal tersebut berbuah petaka untuk keluarganya karena tanpa diketahui tindakan dan kekecewaan Max melepaskan iblis atau monster Natal bernama Krampus yang meneror seisi rumah.

 

19. The Santa Clause (1994)

Photo Via : reeltoreelmovies.com

Film natal terbaik ini masih tetap bergenre drama komedi. Umumnya film komedi memang cukup sering di tonton karena dianggap bisa membuat hati lebih rileks dan senang. Nah film natal yang bernuansa komedi ini berjudul The Santa Claus.

Film natal ini bercerita tentang seorang pria yang sudah bercerai dari istrinya bersama anak mereka yang melihat kehadiran seorang Santa Claus. Film natal terbaru tentang Santa Claus yang hadir dalam kehidupan nyata manusia ternyata masih digemari oleh penonton sehingga mendapat pujian yang cukup bagus.

 

20. Christmas Vacation (1989)

Photo Via : www.reddit.com

Film natal terbaik yang terakhir ini berjudul Christmas Vacation. Film natal terbaik ini dirilis pada tahun 1989 silam. Meskipun film ini lumayan jadul, Christmas Vacation termasuk ke dalam film natal terbaik.

Film natal terbaik yang menceritakan tentang rencana yang gagal pada saat Natal ini dibuat dengan lucu dan menghibur. Momen Natal yang seharusnya spesial justru tidak bisa dinikmati karena harapan yang tidak tercapai. Film natal terbaik ini bisa menjadi salah satu alternatif tontonan saat liburan Natal tiba.

Baca Juga