Rekomendasi Film Tema Ramadhan Terbaik Yang Penuh Nilai-nilai Kehidupan

Dibuat oleh blogunik

Bulan Ramadhan kali ini masih sama seperti tahun sebelumnya, dimana kita masih dalam masa pandemi Covid-19. Untuk meminimalisir penyebaran virus yang semakin meluas, pemerintah menghimbau untuk tidak melakukan kegiatan yang tidak terlalu penting di luar rumah. Sehingga mau tidak mau kita harus melakukan segala aktivitas di dalam rumah.

Perasaan bosan tentu saja sering menghampiri, namun mau bagaimana lagi? Bukankah untuk mempercepat keadaan seperti dulu lagi, kita harus meminimalisir penyebaran virus?

Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, sebenarnya ada berbagai macam aktivitas positif yang dapat kita lakukan dirumah salah satunya yaitu menonton film. Nah, karena masih dalam suasana bulan Ramadhan kenapa kamu tidak mencoba untuk menonton film yang bertema Ramadhan saja sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Kira-kira film bertema Ramadhan apa saja sih yang menarik untuk ditonton saat ini? Berikut ini daftar film tema Ramadhan yang penuh akan nilai-nilai kehidupan yang wajib kamu tonton.

15 Film Tema Ramadhan Terbaik

15. Children of Heaven (1997)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Anak tahun 90-an pastinya tau dong film yang berjudul Children of Heaven ini, dimana filmnya sering sekali diputar di stasiun televisi. Film ini memiliki jalan cerita yang sangat sederhana namun cukup menyentuh hati dan ada banyak sekali pelajaran yang dapat kita petik dari film satu ini.

Children of Heaven ini menceritakan tentang kakak-beradik bernama Ali dan Zahra yang terlahir dari keluarga miskin. Mereka berdua harus saling bergantian menggunakan sepatu untuk pergi ke sekolah. Hal ini mereka lakukan karena sepatu Zahra dihilangkan oleh Ali ketika ia sedang ke pasar.

Sebenarnya sepatu Zahra sudah sangat butut dan jebol, namun karena orang tuanya belum memiliki uang. Sepatu Zahra pun di sol saja agar dapat digunakan kembali. Pada saat itu, Ali disuruh untuk mengambil sepatu Zahra di tukang sol. Namun naasnya Ali malah kehilangan sepatu adiknya itu karena Ali menaruhnya di dekat keranjang sayuran. Kala itu ada seorang pemulung yang mengambilnya, pemulung itu berpikiran sepatu itu sudah tidak digunakan lagi.

Melihat sepatu adiknya yang hilang Ali pun berusaha mencarinya, namun tidak ketemu juga. Dengan berat hati Ali pun memberi tahu Zahra jika sepatunya hilang. Zahra yang mendengarnya pun ikut sedih, karena itu adalah sepatu satu-satunya yang ia miliki. Tak tega melihat adiknya bersedih, Ali pun memutuskan untuk meminjamkan sepatunya untuk dipakai Zahra ke sekolah. Semenjak itu, mereka pun saling bertukar sepatu agar dapat bersekolah.

14. The Kite Runner (2007)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Film yang disutradarai oleh Marc Poster ini mengisahkan tentang dua sahabat karib bernama Amir dan Hassan. Amir merupakan seorang anak keturunan Ras Pashtun (Ras terhormat di Afghanistan kala itu) ayahnya bernama Agha Sahib seorang duda kaya raya. Sedangkan Hassan sendiri anak keturunan Ras Hazara merupakan anak seorang pelayan, ayahnya bernama Ali dan ia merupakan pelayan di rumah Agha Sahib.

Pada saat itu merupakan era pertempuran antara Taliban dan Rusia. Amir dan Hassan selalu bermain bersama, di tempat tinggal mereka ada seorang anak bernama Assef. Assef memiliki kelainan seksual dan suka menganiaya anak laki-laki bersama gengnya.

Pada suatu hari Assef ingin mencelakai Amir, namun Hassan menyelamatkan Amir dengan menembakkan ketapel ke mata Assef. Assef yang kesal pun berjanji akan membalas dendam padanya. Hassan sangat setia pada Amir dan akan selalu melindungi Amir dari serangan Assef. Di saat Hassan berulang tahun, Amir memberikannya sebuah layang-layang. Hassan pun sangat senang menerima hadiah tersebut dan berjanji akan mengajari Amir bermain layang-layang. Amir yang awalnya tidak bisa bermain layang-layang menjadi seorang pemain yang hebat berkat ajaran Hassan.

Ketika itu Hassan pergi mengambil layang-layang yang dijatuhkan Amir disuatu tempat. Assef yang dendam padanya pun mengikutinya dan berhasil mendapatkan Hassan yang tengah sendirian di tempat yang sepi. Disaat itulah Assef melakukan tindakan kekerasan seksual pada Hassan. Sebenarnya kejadian itu diketahui oleh Amir, namun sayangnya Amir memilih untuk melarikan diri tanpa menolong Hassan. Padahal Hassan rela melakukan apa saja demi dirinya.

Singkat cerita, Amir pun menjauh dari Hassan dan memfitnah Hassan telah mencuri jam tangannya. Akibat dari peristiwa itu, Ayah Hassan memutuskan untuk tidak bekerja lagi disana. Beberapa tahun kemudian, terjadi invansi besar-besaran oleh Rusia. Ali dan ayahnya pun mengungsi ke Amerika dan Amir pun menyelesaikan pendidikannya. Amir juga telah menikah dengan seorang putri Jendral.

Setelah meninggalnya ayah Amir, tiba-tiba Amir mendapatkan sebuah surat dari Rahim Khan. Lantas apa isi suratnya? Dan apakah Amir dapat bertemu kembali dengan Hassan? Untuk kelanjutnya kalian dapat saksikan filmnya.

13. Ayat-ayat Cinta (2008)

Film Tema Ramadhan

photo via wikipedia.org

Selanjutnya, film tema Ramadhan yang dapat kamu tonton di rumah yaitu Ayat-ayat Cinta. Di masanya film ini sangat populer, film ini hasil adaptasi dari sebuah novel best seller karya dari Habiburrahman El Shirazy yang berjudul sama. Film ini berlatarkan kehidupan di Kairo, Mesir.

Diceritakan seorang Fahri bin Abdullah Shiddiq yang merupakan pelajar Indonesia yang berusaha menggapai gelar masternya di Al-Azhar. Di Mesir, dia harus berkutat dengan berbagai macam impian dan kesederhanaan hidup. Di negeri orang, ia bertahan hidup dengan menjadi penerjemah buku-buku agama. Semua impian dijalani Fahri dengan penuh antusias kecuali satu yaitu menikah.

Fahri digambarkan sebagai laki-laki taat dan tidak mengenal pacaran sebelum menikah. Selama ini hanya ada sedikit wanita yang dekat dengannya yaitu nenek, ibu dan saudara perempuannya.

Pindah ke Mesir tentunya membuat hal tersebut berubah berkat Maria Kirgiz. Tetangga satu flatnya yang beragama Kristen namun mengagumi Al-Qur’an dan mengagumi Fahri. Kekagumannya berubah menjadi cinta, namun sayangnya cinta Maria hanya tercurah dalam sebuah diari.

Diceritakan juga seorang anak Kyai yang terkenal, ia juga menempuh pendidikan di Al-Azhar bernama Nurul. Sebenarnya, Fahri menaruh hati pada Nurul tapi ia merasa minder karena Fahri hanya anak petani. Karena itu ia tidak pernah menunjukkan rasa apa pun pada Nurul. Sementara itu Nurul menjadi ragu dan selalu menebak-nebak.

Terakhir, munculah Aisha si mata indah yang mampu menyihir Fahri. Sejak sebuah kejadian di metro, saat Fahri membela Islam dari tuduhan kolot dan kaku. Aisha jatuh cinta pada Fahri dan Fahri tidak bisa membohongi hatinya.

12. My Name is Khan (2010)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Buat kalian para penggemar Shah Rukh Khan, film satu ini wajib kamu tonton deh karena film ini menyimpan nilai-nilai kehidupan. Film yang dirilis pada tahun 2010 ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol.

My Name is Khan ini menceritakan tentang Rizwan yang merupakan seorang muslim penderita sindrom Asperger, ia hidup bersama adiknya bernama Zakir dan ibunya Razia di Borivali. Karena kondisi Rizwan yang harus mendapatkan bimbingan khusus tak heran jika perhatian ibunya tertuju padanya. Hal inilah yang membuat Zakir cemburu dan kemudian meninggalkan mereka untuk pergi ke San Francisco.

Pasca kepergian ibunya, Rizwan dewasa pun pergi ke kota tersebut untuk menemui Zakir dan tinggal bersamanya. Disana, Rizwan bertemu dengan Mandira seorang Hindu. Mandira memiliki seorang putra dari pernikahan pertamanya bernama Sameer.

Kemudian Rizwan dan Mandira pun saling jatuh cinta dan memutuskan menikah dan tinggal di Banville. Disana mereka bertetangga dengan keluarga Garrick dan Sameer berteman dengan anaknya bernama Reese.

Pada tahun 2007, sebuah serangan teroris terjadi dan membuat pandangan Amerika terhadap warga muslim menjadi berubah. Rizwan dan keluarganya didiskriminasi bahkan Sameer pun terkena dampaknya dan membuatnya terbunuh setelah mendapatkan perundungan secara fisik oleh teman sekolahnya.

Kejadian ini pun membuat Mandira menyalahkan Rizwan atas kejadian yang terjadi, mereka pun berpisah. Namun Mandira memberikan kesempatan pada Rizwan untuk bersama kembali dengan syarat untuk bertemu Presiden Amerika Serikat dan mengatakan jika ia bukan teroris.

11. Sang Pencerah (2010)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Film ini berdasarkan kisah nyata tentang pendiri Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Lukman Sardi, Muhammad Ihsan Tarore dan Zaskia Adya Mecca. Film ini menjadikan sejarah sebagai pelajaran pada masa kini tentang toleransi, koeksistensi, kekerasan berbalut agama dan semangat perubahan yang kurang.

Sang Pencerah ini menceritakan tentang seorang pemuda berusia 21 tahun yang gelisah atas pelaksanaan syariat Islan yang melenceng ke arah sesat, syirik dan bid’ah. Dengan bantuan sebuah kompas, ia menunjukkan arah kiblat di Masjid Besar Kauman yang selama ini diyakini ke barat yang ternyata bukan menghadap ke Ka’bah di Mekah melainkan ke Afrika.

Usul ini pun membuat para kiai termasuk penghulu Masjid Agung Kauman, Kyai Penghulu Cholil Kamaludiningrat meradang. Ahmad Dahlan yang merupakan anak muda yang 5 tahun menempuh ilmu di kota Mekah dianggap membangkang aturan yang sudah berjalan selama berabad-anad lampau.

Meskipun perubahan arah kiblat di tolak, melalui surauanya Ahmad Dahlan mengawali pergerakan dengan mengubah arah kiblat yang salah. Ahmad Dahlan pun dianggap mengajarkan aliran sesat, menghasut dan merusak kewibawaan Keraton dan Masjid Besar.

Untuk mengetahui jalan ceritanya lebih jelas, kalian bisa saksikan langsung filmnya ya.

10. Tiga Hati, Dua Dunia, Satu Cinta (2010)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Film satu ini dibintangi oleh Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumi Bachsin. Film Tiga Hati, Dua Dunia, Satu Cinta ini diangkat dari dua novel karangan Ben Sohib yang berjudul Da Peci Code dan Rosid dan Delia. Film ini mengangkat tema mengenai perbedaan agama dan bagaimana setiap sosok dapat menyikapi perbedaan ini.

Tiga Hati, Dua Dunia, Satu Cinta ini menceritakan tentang Rosid pemuda muslim yang idealis dan terobsesi menjadi seniman besar seperti WS Rendra. Gaya seniman Rosid dengan rambut kribonya ini membuat sang ayah Mansur gusar karena tidak mungkin bagi Rosid untuk menggunakan peci.

Padahal bagi Mansyur, peci adalah lambang kesalehan dan kesetiaan kepada tradisi keagamaan. Namun bagi Rosid, bukan sekedar kribonya yang tidak mungkin menggunakan peci, melainkan karena Rosid tidak ingin keberagamaannya dicampur-baur oleh sekadar tradisi leluhur yang disakralkan.

Delia merupakan seorang gadis katholik yang memiliki wajah manis, ia kepicut pada sosok Rosid. Rosid dan Delia adalah dua anak muda yang rasional dalam menyikapi perbedaan. Namun orang tua mana yang rela dengan kisah cinta mereka. Mereka pun mencari cara untuk memisahkan Rosid dan Delia. Orang tua Delia bahkan mencoba mengirim Delia ke Amerika untuk sekolah.

Sama dengan orang tua Delia, Muzna ibu dari Rosid juga mencoba menjodohkan Rosid dengan Nabila. Nabila adalah gadis cantik berjilbab yang ternyata mengidolakan Rosid. Tapi cinta Rosid dan Delia sangat kuat, namun sekuat apapun cinta tersebut tantangan kedepannya juga semakin rumit. Apalagi jika mereka tetap meneruskan hubungan hingga ke ikatan pernikahan. Lalu mampukah mereka bersatu dalam ikatan perkawinan diatas perbedaan?

9. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Film Tema Ramadhan

photo via impawards.com

Hafalan Shalat Delisa merupakan salah satu film tema Ramadhan yang bisa kamu tonton sambil menunggu waktu berbuka puasa. Film ini diangkat dari novel laris karya Tere Liye dengan judul yang sama. Seluruh pengambilan adegan di film ini dibuat di Aceh.

Diceritakan Delisa gadis kecil yang periang tinggal di Lhok Nga, sebuah desa kecil yang berada di tepi pantai Aceh. Ia menjalani hidup yang indah sebagai anak bungsu dari keluarga Abi Usman, ayahnya bertugas di sebuah kapal tanker perusahaan minyak internasional. Delisa sangat dekat dengan ibunya dan ketiga kakaknya.

Pada 26 Desember 2004, Delisa bersama ibunya Ummi sedang bersiap menuju ujian praktik shalat dan tiba-tiba terjadi gempa. Kemudian tsunami menghantam, menggulung desa kecil mereka, menggulung sekolah dan menggulung tubuh kecil Delisa serta ratusan ribu lainnya di Aceh dan di berbagai pelosok pantai di Asia Tenggara.

Delisa pun berhasil diselamatkan oleh Smith, seorang prajurit Angkatan Darat AS setelah berhari-hari pingsan di cadas bukit. Namun sayangnya luka parah membuat kaki kanan Delisa harus diamputasi. Penderitaan yang dialami oleh Delisa ini menarik iba banyak orang. Smith bahkan sempat ingin mengadopsi Delisa bila ia sebatang kara. Namun Abi Usman berhasil menemukan Delisa. Delisa pun bahagia berkumpul bersama ayahnya meskipun sedih mendengar kabar ketiga kakaknya meninggal dan Ummi-nya belum diketahui dimana.

Ditengah rasa kehilangan, Delisa bangkit dan membagikan tawa disetiap kehadirannya.

8. 99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. 99 Cahaya di Langit Eropa ini menjadi film ke-40 yang dirilis oleh Maxima Pictures dan menjadi salah satu film termahal kala dirilis.

Film ini mengisahkan pengalaman seorang jurnalis asal Indonesia yang sedang menemani suaminya menjalani kuliah doktorat di Vienna, Austria. 99 Cahaya di Langit Eropa ini mengisahkan bagaimana mereka beradaptasi, bertemu dengan berbagai sahabat hingga akhirnya menuntun mereka kepada jejak-jejak agama Islam di benua Eropa yang dibawa oleh bangsa Turki di era Merzifonlu Kara Musiitafa Pasha dari Kesultanan Utsmaniyah.

7. Sang Kiai (2013)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Film ini dibintangi oleh Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken. Film yang dirilis pada tahun 2003 ini mengangkat kisah seorang pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdiatul Utama dari Jombang, Jawa Timur yaitu Hadratussyaikh Kyai Haji Hasyim Asy’ari.

Film Sang Kiai ini menceritakan tentang awal kedatangan Jepang disambut dengan antusiasme dan kebahagiaan yang tinggi dari rakyat karena dianggap telah membebaskan Indonesia dari belenggu Belanda. Namun seiring berjalannya waktu, Jepang mulai menunjukkan sifat tamaknya yang berambisi untuk menguasai kekayaan alam Nusantara.

Pada suatu hari, Kyai dituduh telah menghasut rakyat sehingga terjadi kerusuhan di pabrik Cukir yang mengakibatkan ia ditangkap oleh Jepang. Beliau dipaksa menandatangani perjanjian untuk bersedia melakukan Seikere yaitu upacara yang dilakukan tentara Jepang dengan menyembah Dewa Matahari. Namun beliau dengan keras menolak perintah tersebut. Melihat Kyai mendapatkan perlakuan yang kejam dari Jepang, santri tebu ireng pun berbondong-bondong mendatangi markas Jepang meskipun tidak memperoleh hasil yang nyata.

Merasa terdesak, Jepang pun memutuskan untuk memindahkan KH Hasyim Asyari ke Mojokerto. Lantas bagaimana cerita selanjutnya? Kalian bisa mencari tahu ketika menonton filmnya.

6. Assalamualaikum Beijing (2014)

Film Tema Ramadhan

photo via wikipedia.org

Selanjutnya film tema Ramadhan yang dapat kamu tonton dirumah yaitu Assalamualaikum Beijing. Film ini diadaptasi dari novel berjudul Assalamualaikum Beijing! karya dari Asma Nadia.

Assalamualaikum Beijing ini menceritakan tentang Dewa dan Ra yang menjalin hubungan pacaran sejak kuliaj dan tinggal selangkah lagi menuju gerbang pernikahan. Namun tak disangka ternyata Dewa bersama Anita rekan kerjanya yang memang telah lama jatuh hati padanya. Rencana indah pun berantakan karena Dewa terpaksa menikahi Anita yang hamil anaknya. Kala itu Anita menjebak Dewa sehingga mereka melakukan hal tersebut.

Sementara itu dalam perjalanan di Beijing, Asma bertemu dan berkenalan dengan Zhongwen pemuda yang sangat terkesan dengan kisah cinta sejati Ahei dan Ashima. Zhongwen pun memanggil Asma dengan Ashima karena menutunya keduanya memiliki kemiripan wajah.

Berteman dengan Asma membuat Zhongwen mendapat pencerahan tentang Islam dan hidayah akhirnya menuntunnya menjadi mualaf. Akibatnya, Zhongwen pun diusir dari keluarga.

Pada suatu hari, Asma divonis menderita sindrom antibodi antifosfolipid. Penyakit yang berhubungan dengan pengentalan darah yang membuatnya harus mengalami kesakitan yang luar biasa, serangan stroke, sulit bergerak bahkan nyari buta. Penyakit ini juga membuatnya sangat tidak dianjurkan untuk hamil dan melahirkan.

Zhongwen yang mulai merasa jatuh cinta pada Asma berusaha keras untuk mencari dan menemukan Asma yang mendadak menghilang. Dapatkan mereka bertemu kembali?

5. Mencari Hilal (2015)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Bosan berada dirumah? Kenapa kamu tidak mencoba untuk menonton film satu ini yaitu Mencari Hilal. Film ini dirilis pada tahun 2015 dan dibintangi oleh Deddy Sutomo, Oka Antara, dan Torro Margens.

Dibenak Mahmud tak ada yang lebih mulia selain tulus berjuang menerapkan perintah Islam secara kaffah dalam semua aspek hidup. Bertahun-tahun lamanya Mahmud berdakwah agar setiap orang percaya bahwa Islam adalah satu-satunya solusi semua persoalan hidup.

Namun semangat Mahmud tercederai saat mendengar isu sidang Isbat Kementrian Agama yang menelan dana 9 M untuk menentukan hilal. Realita itu membuatnya teringat lagi tradisi mencari hilal yang dilakukan pesantrennya dulu. Sebuah tradisi yang tidak berjalan lagi sejak pesantrennya bubar puluhan tahun lalu.

Mahmud pun ingin mengulang tradisi itu untuk membuktikan kepada semua orang bahwa ibadah tidak dibuat untuk memperkaya diri. Hilal bisa ditemukan tanpa harus menelan biaya miliyaran. Namun sayangnya upayanya ini terhalang oleh anaknya, mereka mengkhawatrikan kesehatan Mahmud yang menurun. Namun pada akhirnya, Mahmud pergi bersama anaknya.

4. Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea (2016)

Film Tema Ramadhan

photo via hiburan.lintas.info

Film satu ini diadaptasi dari novel Jilbab Traveler karya dari Asma Nadia. Dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Morgan Oey dan Giring Ganesha.

Film Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea ini menceritakan tentang Rania Samudra seorang penulis yang gemar traveling sehingga dijuluki Jilbab Traveling oleh pembacanya. Ketika ayahnya sakit, Rania memutuskan untuk pulang. Namun ayahnya malah memberikan misi padanya untuk mengunjungi Baluran, alam yang sangat indah di timur Pulau Jawa.

Disana, Raina bertemu dengan Hyun Geun fotografer asal Korea yang tampan namun cuek. Hyun Geun ditemani sahabtnya Alvin berhasil memaksa Rania untuk memnadu mereka ke kawah Ijen. Tetapi keputusan itu membuat Rania kehilangan momen terpenting bersama ayahnya.

Penyesalan pun mendorong Rania berhenti menjelajahi dunia. Ia juga tidak peduli ketika Hyun Geun yang merasa bersalah mencoba mendekat hingga Hyun Geun kembali ke Korea. Rania pun bersikeras tinggal di rumah, melihat hal ini dua kakak Rania pun berinisiatif menjodohkan Rania dengan Ilhan. Kebaikan hati dan perhatian Ilhan membuat Rania yakin akan menerima cinta Ilhan.

Hingga suatu hari sebuah undangan menjadi peserta Writers in Residence di Gangwon, Korea Selatan muncul dihadapnya. Rania pun dilema dan bayangan Hyun Geun bermunculan kembali seperti mimpi. Kemanakah hati Rania akan berlabuh, Ilham atau Hyun Geun?

3. The Breadwinner (2017)

Film Tema Ramadhan

photo via opinion8.ning.com

Berbeda dari film-film diatas, film The Breadwinner ini berupa film animasi arahan Nora Twoney yang diadaptasi dari novel anak-anak berjudul sama karya Deborah Ellis.

Film ini belatar pada tahun 2001, dimana Afghanistan berada dibawah kekuasaan Taliban. Hal ini membuat keluarga Parvana bersama dengan yang lainnya hidup dalam teror.

Kejadian buruk menimpa keluarga Parvana dimana ayahnya ditangkap dan dituduh atas sebuah kejahatan yang dirinya tidak lakukan. Parvana yang merupakan seorang gadis Taliban yang dikendalikan oleh Afghanistan pun harus berdandan layaknya seorang laki-laki supaya dapat bekerja untuk menafkahi ibu dan kakaknya.

Dalam film ini kita diingatkan untuk terus bersyukur serta selalu berjuang apapun situasinya.

2. Ajari Aku Islam (2019)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Film ini berdasarkan kisah nyata Jaymes Rianto yang juga menjadi produsernya. Film ini dibintangi oleh Roger Danuarta, Cut Meyriska, Shinta Naomi, Clara Jennifer Darren dan Miqdad Addausy.

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda keturnan Tionghoa – Medan bernama Kenny yang jatuh hati pada seorang gadis Melayu Muslim bernama Fidya.

Mereka berdua pun saling jatuh cinta, namun mereka dihadapkan dengan perbedaan budaya dan agama. Di sisi lain, orang tua Kenny juga berharap jika Kenny menikah dengan Chelsea Tan.

Disaat bersamaan juga, Fahri yang merupakan cinta lama Fidya kembali dari Turki setelah menimba ilmu agama disana. Lantas bagaimana hubungan mereka?

1. Mudik (2019)

Film Tema Ramadhan

photo via imdb.com

Film ini dirilis pada tahun 2019, film ini juga pertama kali ditayangkan di Festival Film Internasional Macau pada 9 Desember 2019. Film yang disutradarai oleh Adriyanto Dewo ini juga berhasil mendapatkan 9 nominasi pada Festival Film Indonesia 2020 dan memenangkan penghargaan Piala Citra untuk skenario asli terbaik. Selain itu, pada Piala Maya 2020, film ini mendapatkan 8 nominasi dan memenangkan 2 kategori yaitu penulisan skenario asli terpilih dan aktris utama terpilih.

Mudik bercerita tentang Aida yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik bersama sang suami, Firman ke kampung halaman mereka sekaligus untuk menemukan solusi atas konflik rumah tangga yang sedang dihadapi.

Dalam perjalanan, tak sengaja mereka terlibat dalam sebuah kecelakaan yang akhirnya merenggut nyawa suami orang lain. Dalam prosesnya menghadapi kejadian yang tidak terduga ini, Aida dipaksa untuk menemukan jawaban yang selama ini tersimpan di dalam hidupnya.

 

Itulah beberapa film tema Ramadhan yang penuh nilai-nilai kehidupan yang bisa kamu tonton sambil menunggu waktu berbuka puasa. Nah, dari deretan diatas, kamu ingin menonton yang mana duluan? Atau ada rekomendasi lainnya? Tulis di kolom komentar ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *