15 Film Tentang Bullying Terbaik Yang Penuh Dengan Pesan Moral

2 minggu, by blogunik

15 Film Tentang Bullying Terbaik

Bullying adalah tindakan di mana satu orang atau lebih mencoba untuk menyakiti atau mengontrol orang lain dengan cara kekerasan. Entah itu secara verbal, non verbal, atau bahkan melalui dunia maya. Kasus bullying atau perundungan ini biasanya marak di kalangan remaja dan sangat mempengaruhi kesehatan mental seseorang yang menjadi korban penindasan, bahkan bisa berakhir dengan melakukan tindakan bunuh diri. Dengan maraknya kasus Bullying yang terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia membuat beberapa sineas perfilman mencoba memberikan edukasi sekaligus berkarya melalui film dengan mengangkat tema bullying.

Film-film bertema bullying berikut ini akan membuatmu sadar bagaimana bullying dapat mempengaruhi seseorang.

15 Film Tentang Bullying Terbaik

1. Ekskul (2006)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via imdb.com

Film tentang bullying terbaik yang dapat mencampur aduk emosi kamu adalah film Ekskul. Film bullying asal Indonesia ini menceritakan tentang seorang anak bernama Joshua yang selalu dibuli oleh teman-teman di sekolahnya. Jiwa yang sangat tertekan membuat Josh nekat dan berubah menjadi psikopat. Ia membeli pistol rakitan dan merencanakan balas dendam. Ia menyandera beberapa orang yang pernah menghina dan membully-nya di ruang guru BP. Meski berhasil balas dendam, kehidupan Joshua berakhir tragis dengan memutuskan membunuh dirinya sendiri. Film ini mengajarkan kita bahwa dampak dari bully ini sangat berbahaya dan dapat mempengaruhi mental seseorang.

2. Ayah Mengapa Aku Berbeda (2011)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via thestreamable.com

Selanjutnya ada film bertajuk Ayah Mengapa Aku Berbeda yang juga merupakan salah satu film bertema bullying terbaik asal Indonesia. Film yang dirilis tahun 2011 ini bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Angel yang terlahir menderita tunarungu. Kekurangan yang dimilikinya membuat Angel menerima perundungan dari teman-temannya di sekolah. Film ini juga menunjukkan pengaruh besar dukungan keluarga bagi korban bullying. Tak hanya berhasil mengaduk emosi namun film ini juga sukses menguras air mata siapapun yang menontonnya.

3. Wonder (2017)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via skintlondon.com

Wonder merupakan film bertema bullying berikutnya yang wajib kamu tonton. Film satu ini semakin spesial karena memang terinspirasi dari kisah nyata. Film ini menceritakan tentang Auggie, seorang anak laki-laki yang lahir dengan kelainan bentuk wajah. Karena hal tersebut, ia pun seringkali dibully dan mendapatkan perlakuan yang buruk dari orang disekitarnya. Meski demikian, film Wonder sendiri mengusung tema yang jauh lebih positif tanpa meremehkan kondisi Auggie. Film ini mengajak kita memandang dari sudut yang berbeda untuk tak meremehkan seseorang yang memiliki kelainan. Film inspiratif ini terlalu sayang untuk dilewatkan. Apalagi banyak sekali pesan kehidupan yang disampaikan di film Wonder.

4. Bully (2011)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via imdb.com

Film tentang bullying berikutnya yang sukses membuat emosi para penonton adalah film bertajuk Bully yang rilis 2011 lalu. Film ini menceritakan tentang 5 anak remaja yang diperlakukan semena-mena oleh teman-teman mereka di sekolah. Tak hanya dibully secara verbal, mereka kerap kali menerima perlakuan tidak adil secara fisik. Yang membuat ceritanya semakin miris adalah dua remaja dari lima orang yang dibully tersebut memilih untuk bunuh diri akibat perundungan yang mereka terima. Sayangnya lagi adalah tidak adanya tanggapan positif dari pihak sekolah. Dimana seharusnya bisa menjadi tempat berlindung para siswa dari praktek bullying. Saat menonton film ini pastikan anak-anak harus berada di bawah pengawasan orang dewasa ya.

5. A Girl Like Her (2015)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via tvtropes.org

Sesuai judulnya, A Girl Like Her berfokus pada masalah bullying yang dialami oleh murid-murid perempuan di sebuah SMA di Amerika Serikat. Film ini menceritakan kisah Jessica yang mencoba bunuh diri karena kelakuan mantan sahabatnya, Avery yang selalu melakukan bully kepada Jessica. Avery menyangkal tuduhan itu dengan membuat video kesehariannya sebagai siswi populer yang disegani oleh teman-teman sekolahnya. Sedangkan menurut sahabat baik Jessica, Avery mulai melakukan bully hanya karena hal sepele dan seakan tak sadar telah melukai Jessica. Akhirnya, bersama sahabatnya Brian, Jessica berusaha mengungkapkan kedok pelecehan-pelecehan yang pernah dilakukan Avery selama ini.

6. My Little Baby, Jaya (2017)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via cine21.com

Film bertema bullying berikutnya hadir dari Korea Selatan bertajuk My Little Baby, Jaya. Film satu ini menceritakan tentang Jaya, seorang anak dari penyandang cereberal palsy. Ia bersekolah di sebuah sekolah elit di kota yang mengharuskannya untuk pindah tempat tinggal. Saat baru masuk, Jaya pun cukup menarik perhatian karena memiliki olah vocal dan suara yang bagus. Dia pun ditaksir oleh kakak kelasnya. Namun dari sanalah petaka bermula. Beberapa siswi lain yang merasa iri dengannya mulai mengganggunya. Bahkan ada yang menghina ayahnya karena “aneh” dan miskin. Perundungan yang diterimanya semakin berat, membuat Jaya nekat mengakhiri hidupnya. Sang ayah pun tak terima mengetahui anaknya bunuh diri tanpa sebab. Sang ayah akhirnya mengetahui alasan Jaya bunuh diri akhirnya berniat untuk membalaskan dendam. Karena tidak mau minta maaf, mereka yang membully harus menerima risiko telah menyakiti seseorang yang tak bersalah.

7. Mean Girls (2004)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via theatermania.com

Selanjutnya ada film bullying terbaik bertajuk Mean Girls. Film ini bercerita tentang seorang gadis polos yang baru saja masuk SMA bernama Cady Heron. Sebagai anak yang tadinya homeschooling Cady tak terbiasa dengan lingkungan sekolah yang berisi berbagai jenis orang. Namun sayang ia harus bertemu geng yang diketuai oleh Regina George. Cady bergabung dengan geng tersebut yang ternyata merupakan geng terlicik dan suka membuli orang di sekolah. Di film ini kamu akan ditunjukkan bagaimana seseorang bisa berubah menjadi tukang bully sampai akhirnya ia sadar dengan kesalahannya.

8. River’s Edge (2018)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via eigaland.com

River’s Edge merupakan film bertema bullying terbaik dari Jepang yang wajib kamu tonton. Mengambil setting pada tahun 90-an, film garapan Isao Yukisada ini berkisah tentang kehidupan sekelompok remaja SMA Jepang yang jauh dari hal-hal berbau romansa. Jauh dari canda tawa, sekelompok remaja ini justru mengalami depresi akibat perundungan di sekolah yang mereka alami. Berbagai kesulitan yang dialami para remaja tersebut juga dilatarbelakangi oleh kondisi rumah tangga orang tua yang kacau. Kesulitan remaja-remaja depresi untuk menjalani hidupnya tergambar secara gamblang di film ini, termasuk masalah bullying yang tak henti-hentinya terjadi. Sekelompok remaja ini bahkan memiliki cara yang aneh tersendiri untuk bersenang-senang. Salah satunya dengan menguburkan mayat, yang membuat perasaan mereka senang. Meski diwarnai kebrutalan dan penyimpangan, namun perilaku anak-anak ini adalah sebuah kejujuran yang tidak dipahami banyak orang.

9. Cyberbully (2015)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via taringa.net

Dari judulnya, tentu kalian sudah mengetahui kalau film satu ini mengangkat tema tentang cyberbullying alias perundungan lewat dunia maya. Secara belakangan ini cyberbully sedang marak terjadi dan korbannya bisa siapa saja. Bahkan beberapa idol Kpop seperti Sulli dan Goo Hara disebut mengakhiri hidupnya lantaran menerima cyberbully dari antifans. Film Cyberbully sendiri menceritakan tentang Casey (Maisie Williams) yang sedang melakukan video call via Skype bersama sahabatnya, Megan (Ella Purnell). Mereka terkejut dengan melihat tweet dari mantan Casey, Nathan, yang membeberkan keburukan Casey. Tak terima dengan itu, Casey menghubungi seorang hacker bernama Alex untuk meretas akun Nathan. Namun hal janggal terjadi ketika ia mendapat balasan yang ternyata bukan dari Alex, melainkan seorang hacker tak dikenal melakukan aksinya dengan menyebarkan semua keburukan Casey dan hal-hal memalukan yang pernah Casey lakukan. Film ini memberi gambaran kepada kita bahwa hanya dengan satu kalimat tertera di dunia maya saja bisa menyebabkan seseorang depresi bahkan bunuh diri.

10. Unfriended (2014)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via vplmoviecorner.blogspot.com

Unfriended juga merupakan salah satu film tentang bullying terbaik yang bakalan mampu mengundang emosi kamu saat menontonnya. Unfriended sendiri cukup unik lantaran mengangkat tema tentang perundungan dengan balutan misteri dengan sudut pandang layar laptop. Kisah film ini berawal dengan munculnya akun misterius “Billie227” yang mengaku bernama Laura, korban bully yang tewas bunuh diri setahun sebelumnya. Akun misterius ini muncul ditengah-tengah Blaire (Shelley Henning) dan Mitch (Moses J. Storm), juga 3 teman lainnya tengah berbincang-bincang melalui Skype. Di sanalah Billie227 mulai membeberkan siapa saja yang telah melakukan pembullyan dan juga apa saja yang telah dilakukan sang pelaku hingga membuat Laura tewas. Film ini memberikan pesan bahwa pelaku pembullyan tak bisa lari dari tanggung jawab setelah menghancurkan hidup korbannya.

11. The Class/Klass (2007)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via imdb.com

The Class merupakan film yang berasal dari Estonia yang menceritakan tentang kekerasan yang terjadi di sekolah. Berkisah tentang seorang remaja bernama Joosep yang menjadi korban bully oleh seluruh teman satu kelasnya yang diketuai oleh Anders. Teman sekelasnya selalu mengolok-ngoloknya dan tidak segan-segan mengerjainya bahkan sampai pernah menelanjanginya lalu mendorongnya ke kamar ganti wanita. Namun teman sekelasnya, Kaspar memutuskan untuk berada disisi Joosep dan melawan Anders, serta merencanakan untuk melakukan pembalasan. Di saat sedang jam istirahat, Joosep dan Kaspar membatai seluruh temannya yang dianggap bersalah. Dan diakhir mereka memutuskan untuk bunuh diri dengan cara menembak kepala masing masing.

12. Odd Girl Out (2005)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via rottentomatoes.com

Dari sahabat jadi musuh hanya masalah percintaan mungkin sudah sering terjadi dan pernah kamu alami sendiri. Isu inilah yang diambil dari film bertajuk Odd Girl Out. Film ini menceritakan saat sahabat-sahabatmu yang tadinya selalu berdiri bersamamu perlahan-lahan mulai menjauh darimu, bahkan memusuhimu hanya karena masalah percintaan.

Berfokus pada Vanessa Snyder yang dijauhi oleh sahabat-sahabatnya hanya karena dirinya dekat dengan laki-laki yang disukai oleh salah satu sahabatnya yaitu Staccey. Perlahan-lahan tidak ada lagi yang mau berteman dengan Vanessa, bahkan ia seperti orang yang dikucilkan. Orang-orang yang mebullynya juga membuat sebuah website dan memajang gambar-gambar memalukan Vanessa. Setelah dipermalukan habis-habisan, dikerjai, dan diejek, Vanessa pun mencoba untuk bunuh diri.

13. Bang Bang You’re Dead (2002)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via v.qq.com

Film bertema perundungan berikutnya yang penuh dengan pesan moral adalah film Bang Bang You’re Dead yang rilis tahun 2002 silam. Film ini berkisah pada seorang remaja bernama Trevor Adams yang merupakan seorang siswa SMA yang sebenarnya cerdas dan teladan. Namun sayangnya semua orang memandangnya dengan pandangan aneh dan membullynya secara ekstrem. Hampir semua orang membully-nya termasuk sahabatnya sendiri. Karena itulah ia mengancam untuk melakukan pengeboman di sekolah. Beruntung ada satu orang yang masih peduli dengannya yaitu Mr. Val Duncan yang merupakan salah satu gurunya di sekolah. Mr. Val ingin menolong Trevor agar tidak terjerumus dalam dendam.

14. The Duff (2015)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via imdb.com

Memiliki alur komedi di dalamnya membuat film bertema bullying ini terasa lebih santai untuk ditonton. The Duff yang dirilis tahun 2015 ini menceritakan tentang Bianca yang tiba-tiba mendapatkan julukan Duff dari seorang laki-laki yang ada di kelasnya. Duff (Designated Ugly Fat Friends) yang dimaksud adalah panggilan untuk anak yang paling tidak populer, tidak cantik, dan tidak menarik dari semua teman-temannya yang memiliki kebalikan darinya. Tak terima diperlakukan sebagai Duff, Bianca kemudian memutuskan untuk bangkit, walau ia sudah tidak memiliki teman bahkan orang-orang masih mencibirnya. Film satu ini mengajarkan pada kita bahwa seorang korban bully bisa bangkit dan lepas dari tindak pembullyan yang dialaminya jika memiliki tekat dan semangat.

15. Thread of Lies (2013)

Film Bertema Bullying Terbaik

photo via soompi.com

Satu lagi film tentang bullying terbaik yang penuh dengan pesan moral adalah film bertajuk Thread of Lies. Film asal Korea Selatan yang rilis 2013 lalu ini menceritakan tentang kehidupan masa remaja seorang anak bernama Cheon-ji yang selalu menjadi target bullying teman-teman di sekolahnya. Dibesarkan oleh seorang Ibu yang single parent, dan hidup hanya bertiga bersama ibu dan kakak perempuannya membuat Cheon-ji menjalani hidup yang berat apalagi dengan bully yang ia terima disekolahnya. Suatu ketika Cheon-ji ditemukan tewas bunuh diri dengan menggantung dirinya. Terpukul dan merasa kehilangan sang kakak dan Ibunya menelusuri penyebab bunuh diri Chon-ji yang tidak meninggalkan petunjuk apapun. Semakin ditelusuri, ternyata sang Ibu, kakak, dan orang-orang terdekat Chon-ji menjadi salah satu penyebab ia melakukan bunuh diri.

Itu dia 15 film bertema bullying terbaik yang penuh dengan pesan moral yang sayang jika dilewatkan. Jangan lupa ambil pelajaran berharga dari film-film bullying terbaik diatas ya! Dan pastikan buat kamu yang belum cukup umur agar menontonnya dengan pengawasan orang tua atau orang dewasa.

0
Artikel Terkait