Film Terbaik Reza Rahadian, Dari Romantis Hingga Lucu

Film Terbaik Reza Rahadian

Siapa sih yang nggak tahu Reza Rahadian? Salah satu aktor terbaik Indonesia ini memang tak perlu lagi diragukan kualitas aktingnya. Dari peran sosok yang serius sampai peran sosok yang humoris, sudah pernah dilakukan oleh aktor berwajah tampan satu ini.

Sudah banyak judul film terpopuler yang dibintangi oleh Reza Rahadian, salah satu yang paling terkenal dan sukses melambungkan namanya adalah film Habibie & Ainun yang rilis tahun 2012 lalu. Berkat film ini, Reza Rahadian sukses meraih penghargaan sebagai pemeran utama terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2013 dan penghargaan pemeran utama pria terfavorit pada Indonesia Movie Award (IMA) 2013.

Namun bukan film Habibie & Ainun saja lho. Karena ada banyak judul film yang diperankan oleh Reza Rahadian yang layak disebut sebagai film terbaik. Untuk itu, berikut beberapa film terbaik Reza Rahadian, mulai dari film bergenre romantis hingga lucu. So let’s check it out guys!

15 Film Terbaik Reza Rahadian

1. 3 Hati, Dua Dunia, Satu Cinta (2010)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Film terbaik yang dibintangi oleh Reza Rahadian diawali oleh film bertajuk 3 Hati, Dua Dunia, Satu Cinta yang rilis pada tahun 2010 lalu. Film ini merupakan film drama romance yang memiliki cerita ringan dan mungkin kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Reza Rahadian sendiri berperan sebagai Rosid, seorang pemuda muslim yang ingin menjadi seniman. Rosid jatuh cinta pada gadis katolik bernama Della (Laura Basuki). Perbedaan keyakinan tidak membuat cinta mereka goyah sedikit pun. Ketika kedua orang tua mereka mencoba memisahkan, kekuatan cinta Rosid dan Della pun tetap kokoh.

Salam satu film terbaik Reza Rahadian ini menerima banyak penghargaan dari Festival Film Indonesia di tahun 2011. Reza selaku pemeran utama memenangkan penghargaan sebagai Pemenang Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2010 dan Pemenang Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2011.

2. Habibie dan Ainun (2012)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Pecinta film mana sih yang belum nonton film Habibie dan Ainun? Salah satu film terbaik Reza Rahadian ini merupakan sebuah film biografi perjalanan hidup Alm. BJ Habibie, mulai dari karir hingga kehidupan cintanya dengan sang istri yaitu Alm. Hasri Ainun Besari.

Sosok Habibie pada film ini diperankan oleh Reza Rahadian yang beradu peran dengan Bunga Citra Lestari yang berperan sebagai Ainun. Berkisah tentang awal pertemuan Habibie dengan Ainun saat masih SMP pada tahun 1962, lalu menikah, terpilihnya BJ Habibie sebagai pemimpin bangsa, hingga kisah meninggalnya sang istri, Ainun.

Film ini banyak mengajarkan arti tanggung jawab, pengorbanan, dan cinta kasih. Dalam film ini Reza Rahadian banyak meraih penghargaan sebagai pemeran utama terbaik dalam beberapa ajang festival film. Tak hanya itu, film Habibi dan Ainun sendiri juga masuk dalam daftar film terlaris sepanjang masa dengan total 4.583.641 penonton.

3. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via hotstar.com

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck juga merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibintangi oleh Reza Rahadian. Berbeda dari film-film sebelumnya, di film ini Reza berperan sebagai tokoh Antagonis yakni Aziz, pemuda kaya raya dari tanah Minang, namun memiliki karakter yang sombong dan angkuh.

Film yang diadaptasi dari novel karangan Buya Hamka dengan judul yang sama ini memiliki genre drama romantis. Berkisah tentang perbedaan latar belakang sosial yang menjadi penghalang hubungan cinta antara Zainuddin (Herjunot Ali) dan Hayati (Pevita Pearce). Sosok Aziz yang diperankan oleh Reza Rahadian sendiri menjadi orang ketiga dalam kisah cinta Zainuddin dan Hayati.

4. Kapan Kawin? (2015)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Kapan Kawin? menjadi film terbaik Reza Rahadian selanjutnya yang wajib kamu tonton. Film ini rilis pada tahun 2015 lalu dan memiliki genre drama, comedy, romance yang menarik untuk diikuti. Sepanjang film ini akan dibumbui dengan konflik yang disertai dengan adegan-adegan kocak yang mampu membuat penonton terpingkal.

Pada film ini, Reza Rahadian berperan sebagai Satryo yang bekerja sebagai seorang aktor teater idealis. Satryo disewa oleh Dinda (Adinia Wirasti) untuk menjadi pacarnya karena Dinda selalu didesak oleh orang tuanya untuk segera menikah. Namun pada akhirnya kebohongan keduanya pun diketahui oleh orang tua Dinda setelah kedua orang tuanya terus mendesak keduanya untuk segera menikah.

5. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Setelah sukses memerankan sosok Habibie dalam film Habibie dan Ainun, Reza Rahadian kembali menjajal kemampuan aktingnya dengan memerankan tokoh Tjokroaminoto dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang rilis pada tahun 2015 lalu.

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto sendiri merupakan film yang bergenre drama biografi dan disutradarai oleh Garin Nugroho, film ini mengusung kisah perjalanan hidup dari salah satu pahlawan pergerakan nasional Indonesia yaitu Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau lebih dikenal dengan H.O.S Tjokroaminoto. Beliau merupakan guru dari sang proklamator, Presiden Pertama Indonesia yakni Soekarno.

6. Rudy Habibie (2016)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Film terbaik yang dibintangi oleh Reza Rahadian selanjutnya adalah film Rudy Habibie pada tahun 2016 lalu. Rudy Habibie merupakan spin-off dari film Habibie dan Ainun yang menceritakan tentang perjalanan hidup BJ Habibie mulai dari semasa ia berkuliah di Jerman bersama dengan teman-teman Indonesia lainnya tanpa ditemani kisah cinta bersama dengan Ainun.

Reza Rahadian yang kembali memerankan sosok Habibie mendapat banyak pujian dari penonton dan menjadikan Rudy Habibie sebagai salah satu film Indonesia terbaik dan terlaris sepanjang masa.

7. My Stupid Boss (2016)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Memiliki genre komedi, film My Stupid Boss yang rilis pada tahun 2016 ini tentunya layak disebut sebagai salah satu film terbaik yang diperankan oleh Reza Rahadian. Dalam film ini, Reza berperan sebagai seorang bos paruh baya yang memiliki kepribadian pelit, egois, menjengkelkan namun takut pada istri.

Berfokus tentang hubungan seorang bos yang otoriter dan menjengkelkan bersama sekretaris pribadinya, Diana yang dimainkan oleh Bunga Citra Lestari. Dipenuhi adegan lucu dan juga menjengkelkan, film ini cocok ditonton sebagai mood booster kamu.

8. Critical Eleven (2017)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Critical Eleven menjadi film terbaik dari Reza Rahadian selanjutnya yang wajib diperhitungkan. Film yang rilis tahun 2017 ini, mempertemukan kembali Reza dengan Adinia Wirasti sebagai pemeran utama. Dalam film ini, Reza berperan sebagai Ale, suami dari Anya yang dibintangi oleh Adinia Wirasti.

Filmnya sendiri berkisah tentang pasangan muda yang hijrah ke negeri orang, yaitu New York. Namun kisah cinta mereka harus diuji dengan kehadiran seseorang dari masa lalu Anya, sehingga keharmonisan rumah tangga mereka terancam.

9. Firegate (2017)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Kalau kamu penggemar Reza Rahadian, maka jangan lewatkan untuk menonton film Firegate yang merupakan salah satu film terbaik Reza Rahadian yang rilis tahun 2017 lalu.

Dalam film bergenre Thriller Adventure Horror ini, Reza berperan sebagai seorang wartawan di sebuah tabloid yang bertema misteri bernama Tomo Gunardi yang melakukan ekspedisi mengungkap misteri yang ada di Piramida Gunung Padang.

Filmnya sendiri berkisah tentang sebuah mitos dan misteri yang ada di balik Piramida Gunung Padang (Cianjur), sebuah artefak peninggalan sejarah berupa sebuah Gunung yang dipercaya sebagai sebuah Piramida dan telah berusia 4500 tahun.

10. The Gift (2017)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via indonesianfilmcenter.com

Film terbaik yang dibintangi oleh Reza Rahadian selanjutnya adalah The Gift yang rilis pada tahun 2017 lalu. Dalam film ini Reza berperan sebagai seorang tunanetra bernama Harun yang terlibat kisah romantis dengan Tiana yang diperankan oleh Ayushita.

Film ini berkisah tentang seorang novelis penyuka kegelapan, Tiana yang jatuh cinta pada seroang tunanetra. Padahal di saat yang bersamaan, teman satu panti asuhan Tiana yaitu Arie diperankan oleh Dion Wiyoko berencana untuk melamarnya. Seperti apa kisah cinta segitiga mereka? Langsung saja deh tonton filmnya!

11. Benyamin Biang Kerok (2018)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Bukan hanya identik dengan film bertema biografi maupun romantis, Reza Rahadian juga membuktikkan kemampuannya dalam memerankan tokoh kocak dalam film Benyamin Biang Kerok. Film yang dirilis pada tahun 2018 ini menjadi salah satu film terbaik Reza Rahadian yang wajib ditonton.

Film Benyamin Biang Kerok sendiri merupakan film komedi Indonesia, karya sutradara Hanung Bramantyo yang terinspirasi dari film Benyamin Biang Kerok yang dirilis tahun 1972, yang diperankan oleh legenda komedian sekaligus aktor asli Betawi, almaruhum Benyamin Sueb.

Dalam film ini Reza berperan sebagai Pengki yang merupakan anak orang kaya yang hidup bergelimang harta di rumah berteknologi canggih. Dalam film versi baru ini, Pengki menikmati kekayaan hasil kerja keras ibunya (Meriam Bellina), pebisnis terkemuka di Indonesia. Sebaliknya, ayah Pengki (Rano Karno) hidup sederhana di rumah bergaya Betawi sambil mengurus kambing. Film satu ini dipenuhi banyak adegan kocak yang patinya bakal jadi mood booster saat ditonton.

12. Imperfect (2019)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Imperfect menjadi salah satu film terlaris yang dibintangi Reza Rahadian. Dirilis tahun 2019, film karya Ernest Prakasa dan sang istri Meira Anastasia ini mengangkat tentang sebuah isu yang banyak dibicarakan yakni body shaming.

Reza Rahadian sendiri berperan sebagai Dika, seorang fotografer sekaligus kekasih Rara (Jessica Milla) yang tidak peduli dengan pendapat orang lain tentang bentuk tubuhnya. Meski memiliki kekasih yang mau menerima Rara apa adanya, namun semuanya berubah ketika bos Rara (Dion Wiyoko) meminta Rara untuk memperbaiki penampilannya jika ingin menduduki posisi manajer di kantornya.

13. Twivortiare (2019)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Film terbaik yang diperankan oleh Reza Rahadian selanjutnya adalah Twivortiare yang rilis pada tahun 2019. Film ini merupakan film bergenre romantis dimana Reza berperan sebagai Beni Wicaksono, seorang dokter bedah yang akhirnya harus bercerai dengan sang istri, Alexandra Rhea (Raihaanun) karena masalah rumah tangga yang tak ada ujungnya.

Setelah perpisahan, ternyata Beni masih memikirkan Alex, begitupun dengan Alex. Padahal di satu sisi, Alex sudah memiliki orang yang menaruh perhatian lebih padanya. Kedua insan ini bahkan selalu dipertemukan oleh berbagai peristiwa yang membuat benih-benih cinta diantara mereka tumbuh kembali.

14. Toko Barang Mantan (2020)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via movfreak.blogspot.com

Film Toko Barang Mantan yang dirilis tahun 2020 lalu, juga menjadi salah satu film terbaik Reza Rahadian yang sayang untuk dilewatkan. Film bertema romansa ini menceritakan tentang kisah Tristan (Reza Rahadian) yang kesulitan dalam mengutarakan cintanya pada Laras (Marsha Timothy).

Namun disatu sisi Tristan masih menyimpan rasa pada mantan kekasihnya, Laras. Tristan dan sahabatnya memutuskan untuk membuka sebuah toko yang menjual barang-barang pemberian dari mantan untuk membantu para muda-mudi yang masih sulit untuk move on dari mantan kekasihnya.

15. Layla Majnun (2021)

Film Terbaik Reza Rahadian

photo via imdb.com

Film terbaru Reza Rahadian yang wajib untuk ditonton berikutnya adalah Layla Majnun. Ini merupakan film adaptasi dari sebuah cerita roman klasik, yang ditulis oleh Penyair Persia Nizami Ganjavani dan menjadi kisah cinta yang tragis sekaligus legendaris.

Dalam film ini, Reza berperan sabagai Samir, pria Azerbaijan yang pernah menjadi pelajar di Indonesia sekaligus merupakan penggemar sastra dan novel karya Layla (Acha Septriasa). Layla sendiri merupakan gadis Indonesia yang mendapatkan beasiswa untuk belajar sekaligus mengajar di Azerbaijan.

Mereka pun jatuh cinta. Namun, Layla masih berat hati untuk mengakuinya kepada Samir, karena Layla sudah menerima lamaran Ibnu (Baim Wong) sebelum berangkat ke Azerbaijan.

Film Terbaik Reza Rahadian Lainnya

16. Pulau Hantu 2 (2008)
17. Kirun + Adul (2008)
18. Perjaka Terakhir (2008)
19. Emak Ingin Naik Haji (2009)
20. Queen Bee (2009)
21. Perempuan Berkalung Sorban (2009)
22. Alangkah Lucunya (Negeri Ini) (2010)
23. Jakarta Maghrib (2010)
24. Hari Untuk Amanda (2010)
25. Love Story (2011)
26. ? (Tanda Tanya) (2011)
27. Laut Bercermin/The Mirror Never Lies (2011)
28. Hafalan Shalat Delisa (2011)
29. Dilema (2012)
30. Brokenhearts (2012)
31. Perahu Kertas (2012)
32. Perahu Kertas 2 (2012)
33. Test Pack (2012)
34. Something in the Way (2013)
35. Finding Srimulat (2013)
35. Ketika Tuhan Jatuh Cinta (2014)
36. Pendekar Tongkat Emas (2014)
37. Yasmine (2014)
38. Strawberry Surprise (2014)
39. Talak 3 (2016)
40. 3 Srikandi (2016)
41. Terpana (2016)
42. Insya Allah Sah (2017)
43. Surga yang Tak Dirindukan 2 (2017)
44. Kartini (2017)
45. My Stupid Boss 2 (2019)
46. Bebas (2019)
47. Habibie & Ainun 3 (2019)
48. Abracadabra (2020)
49. Benyamin Biang Kerok 2 (2020)

Film Reza Rahadian Terbaru 2021

50. Surga yang Tak Dirindukan 3 (2021)
51. Konfabulasi (2021)
52. Buya Hamka (2021)
53. Surga di Bawah Langit (2021)
54. Mendarat Darurat (2021)
55. Garis Waktu (2021)
56. Jejak Dedari (2021)
57. Perias Mayat (2021)

Nah itu dia deretan film terbaik yang dibintangi oleh Reza Rahadian dari yang romantis, horor hingga lucu. Jadi film Reza Rahadian mana aja yang belum kamu tonton?

No items
Artikel Terkait