Gunung Di Dunia Yang Disucikan Oleh Orang-Orang Sekitarnya

    Alam

Seperti yang kita tahu keberadaan gunung memang memberikan segudang manfaat untuk kehidupan sehari-hari kita, dari sumber bahan tambang, menyuburkan tanah, tempat penyimpanan kandungan air hingga sebagai pengatur iklim di bumi. Tak heran jika manusia menganggap gunung adalah sumber kehidupan selain matahari tentunya. Di dunia ini banyak gunung yang disucikan dan sangat dijaga dari pendaki yang tak bertanggung jawab. Penasaran gunung apa saja di dunia ini yang disucikan oleh masyarakat setempat? Yuk cek dibawah ini!

1. Gunung Olimpus (Yunani)

Photo Via : www.noahhowell.com

Gunung yang berada di Yunani ini memiliki tinggi 2919 mdpl dan memiliki 1700 spesies flora yang berbeda. Yang membuat gunung ini disucikan adalah karena menurut mitosnya gunung ini adalah tempat tinggal dari para dewa Yunani, dan singgasana dari dewa Zeus.

2. Gunung Fuji (Jepang)

Photo Via : www.justgiving.com

Gunung Fuji yang terkenal dengan keindahannya ini sangat disakralkan oleh umat Buddha dan Shinto di Jepang sana. Bahkan Gunung yang diselimuti es pada puncaknya ini akan dipenuhi oleh pendaki pada bulan Juli dan Agustus.

3. Gunung Agung (Bali-Indonesia)

Photo Via : www.topindonesiaholidays.com

Bagi Umat Bali, gunung Agung bukan hanya sebagai sumber kehidupan tapi juga merupakan pusat dari jagat raya. Gunung yang merupakan gunung tertinggi di Bali ini beridi kokoh dengan ketinggian 3142 meter di bagian Timur Bali. Di gunung ini juga berdiri pura terbesar di Bali yang bernama pura Besakih yang dibangun di ketinggian 915 meter.

4. Gunung Salib Suci (Colorado)

Photo Via : www.danieljoderphotography.com

Gunung yang terletak di bagian Utara wilayah Sawatch ini diberi nama Salib Suci karena terdapat bagian salju yang membentuk salib dibagian Timur Laut gunung ini. Gunung dengan ketinggian 4267mdpl ini menjadi tempat paling populer peziarahan umat Kristen.

5. Gunung Everest (Nepal atau Perbatasan China)

Photo Via : www.thesanctuaryheal.com

Siapa yang tak tau dengan gunung Everest ini?, Yap gunung yang di claim sebagai puncak tertinggi di dunia ini disucikan oleh orang Nepal dan Tibet. Everest juga merupakan salah satu bagian dari pegunungan himalaya yang tertutup salju abadi.

6. Puncak San Fransisco (Arizona)

Photo Via : www.summitpost.org

Rangkaian gunung berapi yang memiliki tinggi 3851 mdpl di hutan Nasional Coconino ini dipercayai oleh puluhan suku asli Amerika sebagai tempat yang sangat sakral. Termasuk Hopi, yang dipercayai sebagai puncak yang ditinggal orang-orang Kachina.

7. Gunung Croagh Patrick (Irlandia)

Photo Via : www.croaghpatrickhostel.ie

Bangsa Celtic pada zaman pra-Kristen menganggap Dewa Crom Dubh tinggal di gunung ini dan kemudian Santa Patrick membawa agama Kristen ke dataran Irlandia untuk melakukan perjalanan selama 40 hari berpuasa dan berdoa di puncak gunung ini. Memberikan pengaruh terhadap peziarah yang dilakukan bagi penganut Kristen di Irlandia.

8. Gunung Nebo (Yordania)

Photo Via : www.summitpost.org

Berdasar pada sisi akhir dari sisi Deuteronomy, Gunung Nebo adalah tempat di mana nabi Musa Ibrani temukan tanah yang dijanjikan Tuhan. Waktu tengah hari cerah dari gunung ini bisa tampak Laut Mati, Bethlehem, Yerusalem, Sungai Yordania, Jericho serta Gunung Olive.

9. Gunung Kailash (China-Perbatasan Tibet)

Photo Via : www.scoopvenue.com

Beberapa ribu penganut Budha, Hindu, Jain serta Bonpo lakukan perjalanan suci ke kota terpencil di lokasi Himalaya, Darchen tiap-tiap tahunnya untuk lakukan kora satu ritual melingkari Gunung Kailash. Menginjakkan kaki di gunung ini yaitu aksi yang tidak mematuhi kesucian, tetapi dengan lakukan kora dengan panjang perjalanan 51 kilometer ini diakui bisa meniadakan dosa sepanjang hidup didunia.

10. Puncak Popocatepel (Meksiko)

Photo Via : mountainphotos.org

Puncak gunung berapi ini ada dari 72 kilometer tenggara Meksiko City serta mempunyai dampak besar di legenda suku Aztec serta suku lokal Nahua. Gunung yang umum dimaksud El Popo ini bermakna sesuatu yang hidup serta bernapas. Waktu era ke-16 beberapa misionaris dari Spanyol masuk Meksiko di bangun 14 gereja di lembah El Popo. Peninggalan ini jadi salah satu situs warisan budaya yang dilindungi UNESCO.

 

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >