Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami

5 bulan lalu, by blogunik

Setiap orang didunia ini pasti ingin menikah dengan orang yang dicintainya. Tapi menikah bukan hanya berdasar cinta guys. Memang sih, cinta adalah dasar dari sebuah pernikahan, namun bagi wanita, pernikahan tidaklah sesederhana itu. Pasalnya dalam membina hubungan rumah tangga tak akan cukup hanya dengan cinta. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh seorang wanita sebelum dirinya dipersunting oleh seorang pria.

Itu sebabnya kenapa kita sering gonta-ganti pacar sebelum waktu menikah nanti. Hal itu berguna untuk menyeleksi beberapa pria yang cocok kita pilih sebagai pendamping hidup kita kelak. Pasalnya peran suami dalam hubungan rumah tangga itu tidak hanya menghujani istrinya dengan cinta namun juga berperan sebagai imam dan pemimpin yang akan membimbing keluarganya untuk menjadi lebih baik dan beriman pada Tuhan. Bertanggung jawab atas keluarganya dan menafkahi keluarhanya lahir batin. Oleh karena itu, sebagai seorang wanita sangatlah penting untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini dalam menentukan calon suam. Kira kira apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ulasannya!

1. Seiman

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Seiman

photo via : www.tabloidbintang.com

Kriteria yang paling penting dalam mencari calon suami adalah haruslah seiman. Jadikan keyakinan adalah syarat utama untuk memilih calon suami. Memiliki suami yang satu keyakinan dapat membuka jalan untuk hidup harmonis. Meskipun rasa toleransi memperbolehkan pernikahan beda agama, namun menikah dengan orang yang seiman akan membuat kalian terhindar dari perbedaan keyakinan yang bisa saja membuat satu sama lain merasa tidak nyaman.

Pasalnya baik suami maupun istri akan mempertahankan keyakinan mereka masing-masing. Ketika salah satu pasangan melakukan hal-hal yang diperbolehkan oleh agama mereka, bisa saja akan menimbulkan ketidak nyamanan pada pasangannya. Contoh sederhanya seperti, jika suami beragama Islam dan itri beragama Kristen. Dimana sang suami mengharamkan daging babi, namun sang istri ingin memakan daging babi. Hal tersebut bisa saja menimbulkan masalah didalam rumah tangga.

Contoh lainnya adalah jika sang istri Islam dan suami beragama Kristen. Dimana sang istri tiba-tiba mendapat hidayah untuk menggunakan hijab, namun suami bisa saja tak mengizinkan istrinya menggunakan hijab. Hal-hal seperti ini bisa saja terjadi dalam hubungan beda agama. Maka sangatlah penting untuk mencari calon suami yang seiman.

2. Taat beribadah

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Taat beribadah

photo via : www.dainikjhenidah.com

Poin kedua yang harus dipertimbangkan oleh wanita dalam memilih calon suami adalah harus taat beribadah. Karena dengan memilih pria yang taat beribadah maka ia akan senantiasa membimbing kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain itu suami yang rajin beribadah juga niscaya memiliki akhlaq dan ilmu agama yang bagus sehingga nantinya ia akan mampu membahagiakan istri, anak dan keluarganya baik di dunia ini ataupun di akhirat kelak. Sebab suami yang Akhlaq dan Agamanya baik adalah seorang suami yang mampu memperlakukan istri dan anaknya dengan sifat-sifat yang terpuji.

3. Berjiwa pemimpin

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Berjiwa pemimpin

photo via : www.telegraph.co.uk

Dalam menentukan calon suami, pastikan pria pilihanmu memiliki jiwa pemimpin. Selain memimpin, tentunya tugas lainnya ialah mencari nafkah dan melindungi keluarganya, yaitu istri dan anak-anaknya. Seorang suami yang baik pasti akan terus berusaha menjadi pemimpin yang baik bagi istri dan anak-anak sehingga dapat selamat di dunia dan akhirat. Dan satu hal lagi yang penting dari seseorang yang berjiwa pemimpin ialah mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menjalani kehidupan rumah tangganya sehingga nantinya akan dihargai oleh istri dan anak-anaknya. Jadi guys, pilihlah pria yang memiliki jiwa pemimpin dalam dirinya.

4. Karir si pria/mandiri dalam ekonomi

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - mandiri dalam ekonomi

photo via : www.mldspot.com

Selain berjiwa pemimpin, kamu juga haru memilih sosok pria yang telah mandiri dalam ekonomi guys. Dalam artian pria tersebut memiliki penghasilan sendiri dan bukan dari minta-minta ke orang tua. Dia memiliki karir yang cemerlang dan telah mapan dari segi ekonomi. Hindari pria kaya namun kekayaannya milik orang tuanya. Lebih baik pilih pria yang hidup sederhana dan berkecukupan namun memiliki karir yang cemerlang dan telah mapan dengan uang hasil kerja keras sendiri. Dengan begitu, dalam kehidupan berumah tangga nanti ia akan mampu mencari nafkah untuk istri dan anak-anaknya.

5. Bertanggung jawab

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Bertanggung jawab

photo via : www.instagram.com/dude2harlino

Poin selanjutnya yang harus dipertimbangkan oleh para wanita dalam menentukan calon suami adalah calon suami haruslah bertanggung jawab. Contoh sederhanya seperti dalam hal mencari nafkah. Jangan sampai suami hanya menikmati hasil dari jerih payah istrinya, sedangkan dirinya hanya diam saja tanpa berbuat sesuatu apapun. Pria yang bertanggung jawab akan berusaha sekuat tenaga agar anak dan istrinya dapat hidup layak dan bahagia. Jadi pastikan kamu memilih pria yang bertanggung jawab demi keharmonisan rumah tangga kamu kelak.

6. Berasal dari keluarga yang baik-baik

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Berasal dari keluarga yang baik-baik

photo via : www.instagram.com/arnoldpo

Lingkungan keluarga biasanya akan mencerminkan bagaimana kepribadian seseorang. Oleh karena itu sebelum memilih laki-laki cobalah untuk mengetahui bagaimana kehidupan keluarganya atau kamu bisa mencoba untuk mengakrabkan diri dengan keluarganya terlebih dahulu. Melakukan riset terlebih dahulu terhadap keluarga calon suami sebelum melabuhkan hati sangat dianjurkan agar kamu tidak menyesal dikemudian hari karena menikah dengan keluarga yang bermasalah.

7. Riwayat kesehatan yang baik

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Riwayat kesehatan yang baik

photo via : www.menzig.fit

Dalam mencari calon suami hindari sifat munafik. Karena setiap wanita didunia ini pasti ingin memiliki calon suami yang sehat jasmani dan rohani. Dapat bertugas sebagai suami yang baik dan mampu memberikannya keturunan. Karena setiap pernikahan pastilah ingin memiliki keturunan. Untuk itu sebelum menentukan pilihan pastikan kamu memilih pria yang memiliki riwayat kesehatan yang baik. Atau mungkin kamu dan calon suamimu bisa sama-sama memeriksakan diri ke dokter dan melakukan general check up. Apakah kalian sama-sama sehat dan memiliki peluang untuk memiliki keturunan atau tidak.

8. Caranya memperlakukan orang tua

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Caranya memperlakukan orang tua

photo via : www.bridestory.com

Poin selanjutnya yang harus dipertimbangkan wanita dalam memilih calon suami adalah caranya memperlakukan orang tuanya. Seorang pria yang taat dan santun kepada kedua orang tua bisa menunjukkan bagaimana nantinya kepribadian pria tersebut setelah berumah tangga denganmu. Apabila dirinya taat dan santun kepada kedua orang tuanya terutama Ibunya maka dapat di pastikan bahwa laki-laki tersebut akan menghormatimu dan menyayangimu seperti ibunya sendiri.

9. Cinta

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Cinta

photo via : http://blog.sina.com.cn

Saat menentukan calon suami, pastikan kamu memilih pria yang mencintaimu dan kamu cintai. Bukan pria yang terpaksa menikah denganmu karena sebuah alasan. Karena pernikahan yang berlandaskan cinta akan lebih harmonis dan membahagiakan dunia akhirat. Pernikahan yang berlandaskan cinta juga akan terhindar dari yang namanya perceraian. Cinta akan membuat hubungan rumah tanggamu menjadi kokoh dan selalu bahagia.

10. Memiliki orientasi masa depan

Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Wanita Dalam Menentukan Calon Suami - Memiliki orientasi masa depan

photo via : www.gazetadopovo.com.br

Kriteria yang wajib diperhitungkan dalam memilih calon suami yang tepat adalah pria pilihanmu haruslah seorang pekerja keras dan memiliki orientasi masa depan. Pasalnya laki-laki yang mempunyai orientasi masa depan selalu bergerak maju. Orientasi masa depan, bisa digambarkan dengan pandangan hidup kedepannya yang terstruktur dan sistematis, jelas cita-cita dan tujuan hidupnya. Misalnya saja saat membangun sebuah usaha. Saat usaha pertama sukses ia akan mengembangkan usaha lainnya. Dan jika dirasa cukup, ia akan memakmurkan keluarganya dengan hasil jerih payahnya tersebut. Jika kamu memilih pria seperti ini dijamin masa depan kamu akan terjamin baik secara finansial ataupun dalam hal lainnya.

Nah itulah beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan oleh wanita dalam menentukan calon suami yang tepat. Ingat guys, kriteria diatas sangat penting untuk kamu pertimbangkan karena, pilihanmu adalah pilihan terakhir yang akan menemanimu membina rumah tangga dan menghabiskan waktu bersama hingga kalian menua nanti. Jadi jangan salah pilih ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait