15 Hewan Paling Beracun Dan Mematikan di Dunia

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ada banyak jenis hewan di dunia ini dengan karakteristiknya masing-masing. Selain hewan pemangsa seperti singa ataupun harimau yang ditakuti, hewan yang memiliki racun yang mematikan juga menjadi salah satu jenis hewan yang paling ditakuti dan dihindari. Pasalnya, beberapa jenis hewan secara alamiah memiliki racun yang dapat menyebabkan penyakit, kelumpuhan, bahkan beberapa bisa mematikan manusia dalam waktu singkat.

Parahnya, hewan-hewan dengan racun mematikan ini terkadang memiliki penampilan yang lucu dan menggemaskan. Nah biar kalian tidak terkelabui, berikut beberapa hewan paling beracun dan mematikan didunia. So let’s check it out guys!

1. Box Jellyfish

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via bbc.com

Hewan paling beracun dan mematikan di dunia diawali dengan box jellyfish. Hewan ini memiliki nama ilmiah chironex flecker dan dapat ditemukan di daerah perairan Australia dan Asia Tenggara.

Ubur-ubur kotak ini dapat menyengat manusia, dan racun yang dimilikinya dapat langsung menjalar ke saraf, dan jantung. Orang-orang yang tersengat racut ubur-ubur ini dapat terkejut dan meninggal didalam air. Setidaknya ubur-ubur ini telah memakan korban lebih dari 5.000 nyawa sejak 1954.

2. King Cobra

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via wallpaperaccess.com

Siapa yang nggak tahu king cobra? Ular dengan racun paling mematikan ini bisa dibilang paling populer di banding dengan hewan beracun lainnya. King Cobra sendiri memiliki nama ilmiah Ophiophagus Hannah dan banyak ditemukan di kawasan perhutanan Asia Tenggara dan Asia Selatan.

King cobra juga merupakan Ular berbisa terpanjang di Dunia dengan panjang mencapai hingga 5,6 meter dan dapat menegakan badannya hingga1,8 meter. Hanya dengan satu gigitan, king cobra dapat membunuh seorang dewasa sehat dalam jangka waktu 15 menit ataupun dapat mematikan seekor Gajah Afrika yang besar dalam jangka waktu 3 jam.

3. Marbled Cone Snail

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via m.scooper.news

Selanjutnya adalah Marbled Cone Snail. Siput ini merupakan siput laut yang dapat ditemukan di Teluk Benggala India, Samudera Pasifik bagian Barat, perairan Madagaskar, dan Chagos. Siput ini disebut sebagai siput paling berbahaya karena hanya dalam satu kali tetes bisa nya saja dapat membunuh hingga 20 orang. Racun Marbled Cone Snail ini akan menyebabkan kesulitan dalam bernafas dan gagal jantung. Hingga saat ini, belum ada obat penawar untuk racun Marble Cone Snail.

4. Laba-Laba Brazilian Wandering

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via kidsanimalsfacts.com

Hewan paling beracun dan mematikan di dunia berikutnya adalah Laba-Laba Brazilian Wandering. Laba-laba Brazilian Wandering ini umumnya banyak ditemukan di kawasan perhutanan Amazon dan Brasil. Laba-laba ini disebut sebagai Laba-laba yang paling mematikan di dunia karena telah menyebabkan banyak kematian manusia.

Perlu diketahui bahwa hanya 0.006 mg racun yang dikeluarkannya saja dapat membunuh seekor tikus. Efek yang disebabkan dari racun laba-laba ini adalah peradangan, sakit pada otot, dan kematian apabila tidak segera ditangani. Berbahayanya lagi di beberapa kawasan, laba-laba ini dapat dijumpai di tempat keramaian penduduk, di mobil, lemari baju maupun di sepatu. Untungnya, sudah obat penawar terhadap racun laba-laba jenis ini.

5. Katak Panah Beracun (Poison Dart Frog)

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via rainforest-alliance.org

Katak Poison Dart Frog atau katak panah beracun juga dipercayai sebagai hewan yang paling beracun di Dunia ini dalam kategori hewan Vertebrate. Katak ini merupakan Katak yang memiliki corak warna yang cerah dan terang dengan mata yang hitam besar, banyak ditemukan di wilayah benua Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Racun seekor Katak Panah Beracun dapat membunuh 10 hingga 20 manusia atau sekitar 20.000 ekor tikus sekaligus. Racun Katak Panah ini terdapat pada kulitnya karena biasanya digunakan sebagai perlindungan diri ketika ada pemangsa.

6. Ikan Buntal (Puffer Fish)

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via rangerrick.org

Jika dilihat dari penampilannya, ikan buntal atau puffer fish memang terlihat lucu dan menggemaskan apalagi saat menggembungkan badannya, namun siapa sangka jika ikan ini termasuk ke dalam salah satu hewan paling beracun dan mematikan di dunia. Ini karena ikan buntal memiliki racun Tetrodotoxin yang tidak hanya di kulit, tapi juga di ginjal, dan hati.

Seekor ikan buntal, apabila dimakan dapat membunuh 30 nyawa manusia. Efek dari racun ikan buntal ini dapat menyebabkan mati rasa di bibir dan lidah, muntal, mual, sulit bernafas, pening, jantung berdetak dengan cepat, lumpuh dan kematian. Kebanyakan mereka yang keracunan Ikan Buntal akan meninggal dunia dalam waktu 4 hingga 24 jam.

7. Blue Ringed Octopus

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via healthline.com

Blue Ringed Octopus menjadi hewan laut paling berbahaya berikutnya karena mengandung racun yang dapat membunuh manusia dalam sekejap. Gurita ini hidup di perairan Australia dan barat Indo-Pasifik. Meski ukurannya kecil hanya sekitar 12 cm hingga 20 cm, namun gurita cincin biru ini mengandung racun yang mampu membunuh 26 orang dewasa dalam hitungan menit. Satu gigitan kecil gurita ini dapat menyebabkan kesulitan pernafasan, muntah, mual dan mati rasa. Hingga saat ini, belum obat penawar racun Blue Ringed Octopus.

8. Stonefish

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via sunnyskyz.com

Masih dengan makhluk laut yang mematikan, kali ini ada stonefish yang diam-diam ternyata memiliki racun yang sangat berbisa hingga dapat menyebabkan kematikan pada manusia. Stonefish biasanya ditemukan di perairan tropikal seperti Samudera Pasifik dan Samudra Hindia. Ikan ini berbentuk seperti Batu atau karang yang biasanya kita temukan di laut sehingga sangat sulit untuk melihatnya.

Sengatan ikan ini dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan hingga kelumpuhan. Jika tidak segera diobati akan menyebabkan amputasi bagian tubuh yang terkena sengatan hingga kematian.

9. Kalajengking Deathstalker

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via discovermagazine.com

Dari banyaknya jenis kalajengking yang ada, kalajengking Deathstalker disebut sebagai salah satu kalajengking paling berbahaya dana mematikan di dunia. Kalajengking berbisa berwarna kuning ini hidup di kawasan gurun, meliputi Israel, Timur Tengah dan Afrika Utara. Satu sengatan serangga ini dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan, kejang, hingga demam tinggi, kelumpuhan, gangguan pernapasan, koma hingga kematian.

10. Ular Inland Taipan

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via biologydictionary.net

Selain King Cobra, Ular Inland Taipan juga menjadi salah satu ular dengan bisa yang mematikan di dunia. Bisa hewan melata ini 200 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan ular King Cobra dan paling banyak ditemukan di Benua Australia.

Ular ini mempunyai racun neurotoksin yang sanggup membunuh orang dalam jangka waktu 45 menit jika tidak segera mendapat pertolongan medis. Untungnya, telah ada serum atau obat untuk mengatasi gigitannya hewan berbisa ini.

11. Kadal Berkulit Kasar

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via smithsonianmag.com

Hewan paling beracun dan mematikan di dunia berikutnya adalah kadal berkulit kasar. Sesuai namanya, kadal ini merupakan spesies kadal yang memiliki kulit dengan tekstur kasar dan warna yang mencolok. Tubuhnya mengandung racun tetrodotoxin yang dapat membunuh pemangsanya. Orang atau hewan yang mengonsumsi kadal berkulit kasar akan mengalami mati rasa disusul serangan jantung. Bahkan dapat membunuh 20 orang dewasa sekaligus. Kadal ini biasanya akan mengeluarkan bau menyengat sebagai bentuk peringatan.

12. Tawon Raksasa (Moniker Yak Killer Hornet)

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via spain.inaturalist.org

Tawon Raksasa atau disebut juga dengan Moniker Yak Killer Hornet merupakan salah satu hewan paling beracun dan mematikan di dunia. Seperti yang kita tahu, sengatan tawon biasa saja dapat membuat bengkak dan rasa sakit yang luar biasa. Namun efek sengatan itu akan semakin parah jika disengat oleh tawon raksasa satu ini. Tawon ini memiliki racun dengan campuran zat neurotoksik dan sitotoksik. Orang yang tersengat dapat terancam nyamanya karena berdampak pada kerusakan jaringan, sehingga menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan bahkan kematian dalam beberapa kasus.

13. Kumbang Spanyol

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via weirdimals.wordpress.com

Siapa sangka jika kumbang juga memiliki spesies yang beracun mematikan. Kumbang tersebut ada kumbang Spanyol. Kumbang ini memiliki warna hijau zambrud yang indah. Meski penampilannya indah namun kumbang ini menghasilkan racun cantharidin yang sangat mematikan. Jika terjadi kontak dengan kulitnya saja dan racun yang ada dikulitnya terserap ke dalam kulit kita maka akan menyebabkan rasa sakit seperti terbakar.

Parahnya, jika sampai Kumbang Spanyol termakan, racun itu bisa menyebabkan bisul, lepuh, dan pendarahan di seluruh saluran pencernaan, dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

14. Bintang laut bulu seribu (Crown of Thorns Seastar )

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via thoughtco.com

Hewan paling beracun dan mematikan di dunia berikutnya adalah crown of thorns seastar atau bintang laut bulu seribu. Selain beracun, bintang laut ini juga merupakan salah satu bintang laut terbesar di dunia. Sesuai dengan namanya, bintang laut ini memiliki banyak duri beracun di sekujur permukaan tubuhnya yang mengandung saponin, jenis glikosida yang dapat menyebabkan iritasi pada kelenjar lendir dan menghancurkan butir darah. Jika tertusuk, maka dapat menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan, perdarahan terus-menerus karena efek hemolitik saponin, mual, dan pembengkakan jaringan yang dapat bertahan selama seminggu atau lebih.

15. Katak tebu

Aneka Hewan Paling Beracun Dan Mematikan Di Dunia

photo via australian.museum

Satu lagi hewan paling beracun dan mematikan di dunia adalah Katak tebu. Jenis katak ini memiliki kelenjar racun yang menghasilkan bufotoxin, salah satu racun paling beracun di dunia. Racun katak tebu dapat membunuh berbagai hewan dan sangat berbahaya bagi anjing bahkan manusia jika tidak sengaja menyentuhnya. Bahkan, kecebong katak tebu saja sangat beracun bagi sebagian besar hewan ketika mereka memakannya.

Nah itu dia beberapa hewan paling beracun dan mematikan di dunia yang wajib kalian ketahui. Tetap waspada dimanapun kalian berada karena hewan-hewan beracun dan mematikan bisa berada dimana-mana!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.