Rekomendasi Home Theater Terbaik Untuk Pengalaman Menonton Bagaikan Di Bioskop

1 minggu lalu, by blogunik

Rekomendasi Home Theater Terbaik

Home Theater adalah sebuah perlengkapan elektronik yang terdiri dari perangkat sistem audio yang bisa memberikan pengalaman menonton film layaknya di bioskop. Tentunya untuk mendapatkan suasana menonton seperti di bioskop diperlukan sebuah ruangan khusus yang dijadikan sebagai home theater. Hal ini biasanya dipilih oleh banyak orang yang gemar menonton namun tidak sempat pergi ke bioskop untuk menonton film. Pada umumnya satu set home theater terbaik terdiri dari layar TV, pemutar DVD Blue Ray, subwoofer yang bertugas menimbulkan suara bass, speaker untuk membuat suara lebih jelas dan besar serta amplifier surround yang akan membuat efek suara pada film terdengar nyata.

Di masa kejayaannya home theater ini memiliki harga yang cukup mahal, namun dengan seiring berjalannya waktu banyak produsen elektronik yang mengeluarkan paket satu set home theater atau yang lebih dikenal dengan Home theater in a box (HTIB). Untuk harganya sendiri cukup beragam mulai dari harga yang murah hingga mahal pun ada, sehingga kamu harus menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi home theater terbaik untuk pengalaman menonton bagaikan di bioskop

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli perangkat home theater

1. Media dan Konektivitas

Dari segi media, home theater memiliki dua jenis yaitu dengan built-in player dan hanya receiver. Home theater dengan built-in player adalah media yang sudah dilengkapi dengan pemutar/pemeroses media. Sedangkan untuk home theater receiver adalah media yang masih memerlukan external player yang berfungsi sebagai input bagi home theater. Pada umumnya media yang digunakan sebagai home thater yaitu

  • DVD adalah salah satu media terfavorit untuk menonton film. Namun dengan seiring berjalannya waktu, media ini mulai tergantikan dengan media lainnya. Namun hal ini tidak membuat media DVD ditinggalkan.
  • BD atau Blu-Ray adalah salah satu media yang lebih serin ditemui pada home thater system untuk kelas menengah ke atas. Pemutar Blu-Ray ini biasanya backward compatible atau dapat memutar DVD standar. Ketika media Blu-Ray ini dipilih, pastika TV juga mendukung koneksi high definition agar kamu lebih menikmati secara optimal.
  • USB adalah salah satu media favorit untuk menyimpan film karena banyak film Blu-ray dan DVD yang bisa di convert ke dalam format penyimpanan PC seperti .mp4, .divx, .xvid, .mkv dan lainnya yang dapat diunduh dari internet.
  • TV adalah salah satu media untuk menikmati sebuah film baik dalam bentuk standard definition atau high definition. Hal ini tergantung dari fitur TV yang kamu miliki, kamu dapat menghubungkannya dengan home theater melalui koneksi HDMI / ARC (Audio Return Channel) (compressed multi-channel / 2ch uncompressed) ataupun optical / coaxial atau minimal analog output.
  • Set Top Box adalah media yang pada umumnya digunakan pada TV berlangganan seperti DVD atau Blu-Ray. Media ini menjadi sumber audio untuk home theater dan video untuk TV kamu. Periksa terminal output set top box untuk mengetahui koneksi yang tersedia.
  • Cloud Streaming adalah media dimana kamu bisa menonton langsung dari internet jika TV atau Player terhubung dengan LAN/ Wifi /berfitur DLNA dan terdapat software pemutar streaming dari penyedia video online dan video on demand seperti YouTube dan netflix.

2. Audio Output

Setelah media, pilihlah audio output yang sesuai dengan kebutuhan dan setidaknya saat ini maksimal ada delapan kanal kelas untuk produk home theater system consumer electronics sesuai dengan sumber media yang tersedia. Delapan kanal kelas tersebut yaitu FL (front left channel), FR (front right channel), C (center), SL (surround left), SR (surround right), SBL (surround back left), SBR (surround back right) dan LFE (low frequency effect) atau subwooer. Jumlah kanal audio ada beberapa yaitu

  • 5.1 ch atau lebih (7.1 ch)
    Saat ini banyak kontent movie yang hadir dalam bentuk setidaknya 5.1 ch (FL/FR/C/SL/SR/LFE) yang di-encode pada Dolby Digital 5.1 ataupun DTS dan kontent ini biasanya banyak ditemui pada media DVD. Setiap kanal audio akan dikerluarkan ke masing-masing kanal. Sedangkan konten lebih dari 6 ch yaitu 7.1 ch (FL/FR/C/SL/SR/SBL/SBR/LFE) biasanya ditemui pada media Blu-Ray baik yang di-encode dengan Dolby True-HD, DTS HD maupun 8 ch LPCM. Ketika kamu memutar track 7.1 ch seperti Dolby True-HD atau DTS HD sementara player kamu tidak dilengkapi dengan dekoder pada umumnya player akan memutar track standar 5.1 ch.
  • Kurang dari 5.1 ch
    Meskipun sistem kurang dari 5.1 ch kamu tidak boleh menyepelekannya, karena dengan kemajuan audio prosesing secara digital produsen berusaha mewujudkan home theater meskipun hanya dengan dua kanal saja atau tiga kanal ditambah dengan kanal subwoofer. Biasanya hadir tanpa surround speaker atau center speaker. Surround effect akan dikeluarkan secara virtual dari speaker depan dengan proses downmixing meskipun tidak serealitis keluaran surround sesungguhnya. Bentuk 2.1 ch bisa dalam keadaan speaker terpisah maupun tergabung dengan unit utama dan sekarang produk ini lebih dikenal dengan soundbar/audio bar. Meskipun begitu kamu masih bisa menikmati film favoritmu dengan baik.

3. Video Output

Home theater tidak hanya tentang memanjakan telinga dengan detail suara saja namun juga perlu didukung dengan video yang sepadan. Salah satu parameter yang bisa menjadi acuan yaitu resolusi dari video. Resolusi ini selain bergantung pada media / source juga harus didukung dengan koneksi dan dukungan televisi pada resolusi tersebut. Ketika media kamu adalah DVD maka normalnya kamu akan mendapatkan resolusi standar yaitu 480i yang ditransmisikan ke TV melalui Composit Video (1 kabel konektor kuning), S-Video ataupun Component output (kabel merah, hijau dan biru). Kecuali kamu menggunakan HD TV dan player yang bisa deinterlace video menjadi 480p melalui Component output atau jika perangkan kamu up-scaling ke 720p, 1080i atau 1080p dengan koneksi HDMI (High Definition Multimedia Interface). Standar kualitas HDMI adalah High Definition (720p) dan seiring dengan peningkatan standar saat ini pada umumnya player sudah didukung dengan full HD (1080p) dan kelas high-end sudah mendukung 3D dan Ultra High Definition (UHD atau 4K resolution).

4. Harga

Harga dari home theater sendiri cukup beragam tergantung dari merek, model dan fitur yang ditawarkannya. Jika kamu hobi menonton dan kebetulan memiliki budget yang lebih, tentunya kamu akan memilih memiliki ruangan khusus untuk menonton dan menggunakan jasa home theater designer. Untuk peralatannya sendiri, pastinya kamu akan memilih kelas premium untuk pengalaman menonton serasa di bioskop. Tapi jika kamu hobi menonton namun memiliki budget terbatas, kamu bisa membeli home theater yang sesuai dengan budgetmu dan kebutuhanmu, jangan membeli peralatan yang tidak berguna.

Rekomendasi Merk Home Theater Terbaik

Setelah mengetahui hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli perangkat home theater. Sekarang saatnya memilih brand home theater terbaik untuk pengalaman menonton bagaikan di bioskop

1. Roadmaster HT-2014M – Rp. 1.500.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Roadmaster HT-2014M

Photo via lazada.co.id

Roadmaster HT-2014M adalah salah satu home theater terbaik yang dilengkapi dengan Dolby Digital 5.1, home theater ini juga menyajikan kualitas gambar yang jernih sehingga kamu bisa merasakan menonton film serasa du bioskop. Home theater ini memiliki desain speaker yang mudah dipasang di dinding dan mudah dipasang dengan sudut tertentu untuk menghasilkan suara yang memenuhi ruangan. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan koneksi digital HDMI, USB playback dan tuner radio.

2. Polytron PHT 728 – Rp. 1.999.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Polytron PHT 728

Photo via polytronstore.com

Polytron PHT 728 adalah home theater dengan 5.1 channel Surround sound. Home theater ini memiliki 4 speaker dan 1 speaker tengah yang dapat memberikan suara dari berbagai arah, menambah kekuatan dan keakuratan suara dalam film. Produk ini memiliki desain yang elegan dan tampil premium glossy look cocok untuk melengkapi ruang TV. Selain itu, rasakan juga menonton film seperti dibioskop dengan dentuman bass dari XBR Subwoofer. Dengan kualitas yang dimilikinya tidak salah jika Polytron PHT 728 termasuk salah satu home theater terbaik di kelasnya.

3. Samsung HT – J5100K – Rp. 2.500.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Samsung HT – J5100K

Photo via samsung.com

Samsung HT – J5100K adalah home theater yang memiliki daya 1000 watt, dimana dilengkapi dengan audio 5.1 ch yang terdiri dari 2 stand speaker yang disebut tallboy, surround speaker yang berteknologi wireless, crystal amplifier plus dan dolby digital plus yang membuat kualitas suara super jernih. Selain itu, home theater ini juga memiliki perangkat pemutar 3D Blu-Ray yang semakin memanjakan indera penglihatan kita.

4. Polytron BB5510 – Rp. 2.699.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Polytron BB5510

Photo via polytronstore.com

Polytron BB5510 adalah salah satu home theater yang diproduksi oleh Polytron. Home theater ini juga layak untuk masuk ke jajaran home theater terbaik, dimana produk ini dilengkapi dengan sistem tata suara 5.0 berteknologi surround speaker yang akan menciptakan bisokop di rumahmu. Suara yang dihasilkannya menggelegar berkat desain rocket blaster engine yang tersemat didalamnya. Tak hanya dapat diandalkan untuk menyetel film saja namun juga bisa digunakan sebagai sumber suara bagi alat musik elektrik. Produk ini dilengkapi dengan efek distorsi dan kompresor sehingga kamu tidak perlu menambah alat lainnya.

5. LG DH7530T – Rp. 3.000.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - LG DH7530T

Photo via lg.com

LG DH7530T adalah home theater yang berkualitas dengan teknologi 1080p Full HD Up Scaling. Dengan menggunakan produk ini kamu bisa menikmati konten video lewat DVD dengan kualitas gambar jernih dan detail. Selain itu, produk ini juga memiliki teknologi Aramid Fiber Cone sehingga membuatnya dapat memaksimalkan kualitas suara speaker yang dihasilkan.

6. Panasonic SC XH333LJ – Rp. 3.250.900

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Panasonic SC XH333LJ

Photo via panasonic.com

Panasonic SC XH333LJ adalah home theater terbaik yang memiliki 5.1 saluran dengan suara bass yang kencang. Produk ini memiliki teknologi Powerful Bass Reflex Sub-Woofer dan 2 Way 3 Speaker yang akan membuat suasana menonton lebih nata. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan video DVD up scaling 1080p melalui HDMI dan USB sehingga menampilkan kualitas gambar yang sempurna.

7. Sharp HT-CN1203DA – Rp. 3.500.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Sharp HT-CN1203DA

Photo via tokopedia.com

Sharp HT-CN1203DA adalah home theater yang memiliki desain speaker stylish dan subwoofer besar untuk memberikan pengalaman baru dalam menonton film dan mendengarkan musik di rumah. Produk ini menawarkan suara dan gambar berkualitas HD, selain itu kamu juga dapat menikmati berbagai hiburan dari berbagai sumber seperti DVD, CD hingga USB.

8. Sony BDV-E4100 – Rp. 4.299.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Sony BDV-E4100

Photo via bdstall.com

Sony BDV-E4100 adalah salah satu produk home theater unggulan dari merek Sony, dimana produk ini dilengkapi dengan fasilitas mumpuni sebagai produk home theater. Produk ini dibekali dengan audio 5.1 ch, dengan stand speakers yang dilengkapi dengan bass boost sehingga dapat membuat efek suara dentuman dalam film. Selain itu, produk ini juga memiliki tampilan gambar 3D Full HD dan fasilitas pemutar film Blu-Ray. Tak heran jika home theater ini akan memanjakan kita ketika menonton di rumah.

9. Sony DAV-DZ650 – Rp. 4.299.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Sony DAV-DZ650

Photo via omall.co.ke

Berikutnya Sony juga mengeluarkan produk home theater terbaiknya yaitu Sony DAV-DZ650. Produk ini dilengkapi dengan channel audio 5.1, pemutaran film Blu-Ray dan amplifier digital S-Master. Sony DAV-DZ650 ini dapat menghasilkan suara bass yang menggelegar, memperjelas efek suara yang kecil dan memiliki gambar yang jernih. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fitur karaoke dan bluetooth sehingga memudahkan untuk tersambung ke perangkat smartphone.

10. Samsung HT-J5530K – Rp. 7.000.000

Rekomendasi Home Theater Terbaik - Samsung HT-J5530K

Photo via samsung.com

Samsung HT-J5530K adalah home theater yang di produksi oleh Samsung, dimana produk ini memiliki daya 1000 watt yang dilengkapi dengan audio 5.1 ch. Dimana terdiri dari 2 stand speaker yang disebut tallboy, surround speaker berteknologi wireless, crystal amplifier plus dan dolby digital plus yang membuat kualitas suara jernih. Home theater ini juga dilengkapi dengan perangkat pemutar 3D Blu-Ray yang semakin menanjakan penglihatan kamu.

Itulah rekomendasi beberapa home theater terbaik untuk pengalaman menonton serasa di bisokop. Pilihlah produk home theater yang sesuai dengan budget dan menyesuaikan ukuran home theater dengan ukuran ruangan yang akan digunakan agar acara menonton semakin nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *