Berbagai Kelakuan Buruk Turis Asing di Bali Yang Sangat Keterlaluan

9 bulan, by blogunik

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

Tak diragukan lagi, Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki pemandangan yang eksotis. Seni dan budaya masih sangat kental terasa di Bali, jadi nggak heran kenapa Bali yang disebut sebagai pulau seribu pura ini menjadi tujuan utama wisatawan dunia untuk berlibur.

Sayangnya kedatangan para turis mancanegara ini juga diikuti oleh berbagai sifat perilakunya. Bahkan belakangan ini, kelakuan buruk turis asing di Bali menjadi viral di media sosial dan menjadi perbincangan hangat.

Bagaimana tidak, para turis yang berkunjung ke Bali ini tak hanya bertindak seenaknya dengan melecehkan tempat suci di Bali namun ada juga perangai turis asing yang meresahkan warga setempat seperti mengamuk hingga merampok. Perilaku turis asing ini tentu sangat membuat warga Indonesia terutama Bali sangat marah. Tak sedikit warganet yang menyayangkan sikap turis asing yang tak menghormati peraturan dan adat istiadat di Bali. Nah dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan kelakuan buruk turis asing di Bali. Check it out guys!

1. Melecehkan tempat suci di Ubud, Bali

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via instagram.com/aryawedakarna

Salah satu perilaku turis asing di Bali yang paling menghebohkan datang dari sebuah video di medsos dengan nama akun @sabina_dolezalova_ifb. Dalam video viral tersebut, terlihat dua orang turis melecehkan tempat suci di Ubud, Bali.

Dikutip dari Tribunnews.com, kejadian pelecehan tempat suci ini terjadi di kawasan objek wisata Monkey Forest, desa Padangtegal, Kecamatan Ubud, Bali pada Agustus 2019 lalu. Kelakuan tidak senonoh tersebut bermula ketika seorang turis pria membasuh pantat turis wanita dengan air yang mengucur dari sebuah pelinggih yang disucikan umat hindu. Kedua turis asing asal Ceko tersebut lantas terlihat tertawa terbahak-bahak.

Perilaku tidak sopan mereka lantas viral di media sosial, keduanyapun meminta maaf dan dikenakan sanksi adat. Kedua turis tersebut juga hadir dalam
upaya mediasi yang dilakukan antara wisatawan, pihak kepolisian, pihak imigrasi, honorary consul Republik Czech beserta pihak dari desa adat.

 

View this post on Instagram

 

Admin baru saja menerima lsg video @sabina_dolezalova_ifbb dari bule yang viral yg diduga melecehkan Pura yg disebut sebut sebagai Pura di Kawasan Monkey Forest Ubud Gianyar. Senator AWK, telah menyampaikan pesan dan nasihat ke orang asing tersebut untuk membuat upacara Guru Piduka yang melibatkan pengempon pura dan warga adat dgn biaya ug dibebankan kepada mereka. Terkait masalah hukum hanya bisa diproses jika ada semeton Bali yg melaporkan ke aparat atau inisiatif dr pihak aparat untuk memproses hal ini. Senator AWK berencana akan memanggil dua Bule Tersebut segera. Demikian update berita ini 🙏 ( admin ) @jokowi @aryawedakarna #wedakarna #awkbali #baliberdaulat #dpdri #mprri #satyagrahabali #hindu #purabali

A post shared by Shri Gusti Arya Wedakarna III (@aryawedakarna) on

2. Tikam polisi Bali hingga tewas

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via publica-news.com

Perilaku buruk turis asing di Bali berikutnya terjadi pada tahun 2016 lalu. Seorang turis asing asal Perancis bernama Amokrane Sabet terpaksa harus di tembak oleh petugas kepolisian Bali karena sudah menikam salah satu petugas polisi yang hendak menangkapnya.

Sebelumnya, Amokrane Sabet yang merupakan seorang atlet MMA (Mixed Martial Arts) diketahui sudah meresahkan warga di Berawa dan Seminyak, Kuta. Beberapa keonaran yang telah dilakukannya seperti menggunakan fasilitas pariwisata tanpa pernah mau membayar. Mengendarai mobil secara ugal-ugalan sambil menyalakan musik dengan kencang. Makan direstoran tanpa mau bayar, sering mengancam hingga sempat mau meminjam istri orang.

Karena banyaknya keresahan warga yang diakibatkan oleh Amokrane, pihak polisi lantas menangkapnya, namun selama proses penangkapan, Amokrane menikam seorang petugas kepolisian sebanyak 8 kali hingga meregang nyawa. Hingga pada akhirnya petugas kepolisian terpaksa menembak Amokrane Sabet hingga tewas.

3. Turis asing usir warga lokal mandi di pantai

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via idntimes.com

Turis asing juga sempat terekam kamera sedang mengusir warga lokal untuk mandi dipantai. Video berdurasi 01.30 menit itu langsung jadi viral di jagat pariwisata Bali. Dalam rekaman tersebut terlihat turis asing yang diduga dari Timur Tengah mengusir warga lokal agar tidak mandi di pantai. Mereka terlibat perdebatan panjang. Kata-kata kasar pun terdengar dari turis asing tersebut kepada warga lokal.

Dikutip dari Liputan6.com, turis tersebut diketahui menginap selama empat hari bersama keluarganya di The Villas Dusun Pegayaman, Desa Temukus, Banjar, Buleleng. Warga yang tidak terima diusir di wilayah sendiri melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian yaitu Polsek Banjar. Turis itu akhirnya diminta warga untuk meninggalkan villa tersebut. Usut punya usut kejadian seperti ini kerap kali dialami oleh warga Desa Temukus saat mandi di pantai. Warga dilarang mandi di seputaran lokasi vila oleh para turis asing.

4. Menendang pengendara motor

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via instagram.com/therakyatbali

Dikutip dari Suara.com, seorang turis asing berasal dari Australia bernama Nicolas Carr juga pernah terekam kamera mengamuk di kawasan jalan Sunset Road. Video tersebut dibagikan ulang oleh akun Instagram @infodenpasar, Minggu, 10 Agustus 2019.

Dalam video tersebut terlihat seorang WNA berlarian di tengah jalan, diteriaki warga, WNA tersebut justru malah menendang salah satu pengendara motor yang sedang melintas. Seketika pengendara motor jatuh tersungkur. Tak hanya itu, turis asing tersebut juga menabrakkan diri di mobil yang melintas.

Setelah diselidiki pihak berwajib, diketahui bahwa turis asing tersebut mabuk saat melakukan aksinya. Dia pun sudah ditetapkan sebagai tersangka sebagai buntut dari aksinya.

5. Mengambil barang milik villa di Bali

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via youtube.com (Grace Lase)

Dikutip dari Tribunnews.com, seorang turis asal India terekam kamera mencuri barang milik salah satu villa yang ada di Bali. Ada beberapa barang yang diambil dan dimasukkan ke dalam koper pribadinya. Mulai dari hairdryer, gantungan baju, toples, kaca, dan masih banyak lagi. Meski dalam video terdengar perdebatan antara turis dengan pegawai vila, turis akhirnya menawarkan ganti rugi atas barang-barang yang mereka ambil dan menyelesaikan masalah dengan damai.Turis tersebut telah mengganti rugi dengan sejumlah uang sebesar Rp 5 juta kepada pihak vila.

6. Merusak Patung Catur Muka

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via youtube.com (chanel berita viral)

Februari 2019 lalu beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seorang turis asing wanita mengamuk dan merusak patung Catur Muka di Bali. Ikon Denpasar, Bali tersebut dirusak oleh turis asing tersebut tanpa alasan. Hal ini membuat warga Bali mengecam kelakuan buruk turis asing tersebut. Dikutip dari Tribunnews.com, ada sekitar 10 dari 16 ornamen bunga di Patung Catur Muka dirusak oleh turis tersebut. Turis wanita ini lantas dikirim ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Kabupaten Bangli.

7. Menampar petugas imigrasi

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via hipwee.com

Bukan hanya merusak ikon kota Denpasar, namun ada juga turis asing yang nekat menampar petugas imigrasi di Bandara Ngurah Rai. Dikutip dari Tribunnews.com, hal ini bermula ketika petugas memeriksa dokumen turis asing itu dan telihat turis tersebut menyalahi izin tinggal atau overstay selama 60 hari.

Turis tersebut kemudian diperiksa dan terjadi cekcok serius dengan petugas imigrasi bernama Adriansah. Turis asing yang tersulut emosi tersebut kemudian berbicara dengan nada tinggi dan menampar petugas imigrasi. Ia pun dibawa ke kantor dan dikenai denda karena melebihi masa izin tinggal alias overstay. Kelakuan turis asing yang dianggap sangat buruk tersebut juga menjadi perbincangan setelah videonya viral di medsos.

8. Ditangkap karena mengedarkan narkoba lalu kabur dan menutup diri dengan dedaunan

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via bali.tribunnews.com

Andrei Spiridonov, seorang turis asing, ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, namun turis satu ini berhasil kabur dari tangkapan. Usai kabur dari tempat titipan penjagaan Ditresnarkoba Polda Bali, tak lama kemudian ia berhasil diringkus kembali oleh Ditresnarkoba Polda Bali.

Turis tersebut disergap saat bersembunyi di parit yang berada di Gang Tunjung Sari, Tohpati, Denpasar Timur. tersangka sempat menutupi dirinya dengan dedaunan di sekujur tubuh dan tidak mengenakan baju. Aksinya itu tercium masyarakat sekitar yang kemudian melaporkan hal tersebut ke petugas Polda Bali, kemudian diamankan polisi.

9. Turis asing menjambret di Canggu, Bali

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via bali.tribunnews.com

Dikutip dari TribunTravel.com, seorang wisatawan asal Australia terpaksa diamankan Satuan Reskrim Polsek Kuta Utara. Bule yang diketahui bernama Matthew Richrd tersebut sempat dihakimi masyarakat lantaran melakukan aksi jambret di Jalan Lingkar Nelayan, Canggu, kuta Utara Badung pada Juni 2019 lalu.

Turis asing satu ini menggunakan motor rental yang disewanya untuk melakukan aksi penjambretan bersama rekannya. Aksi jambret yang mereka lakukan kepada korban bernama Soraya Dergham Montreal, seorang turis asal Belanda, sempat diketahui warga setempat. Namun usai mengambil tas korban pelaku langsung kabur dan dikejar oleh warga beserta wisatawan yang melintas di areal jalan Lingkar Nelayan.

10. Turis naik pelinggih yang disucikan di Pura Luhur Batukau

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via kilasbali.com

Pelecehan terhadap tempat suci di Bali tidak hanya terjadi di Ubud, pasalnya Pura Luhur Batukau Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan juga sempat menjadi sasaran para turis nakal tersebut. Dikutip dari TribunTravel, foto seorang turis asing naik ke pelinggih Pura Batukau menjadi viral dimedsos. Turis bernama Jarvi Tony Kristian tersebut berasal dari Finlandia. Aksinya tersebut membuat banyak warganet mengecam tindakannya. Bahkan petugas berwajib yang mengetahui kejadiannya langsung mencari turis satu ini.

Setelah mengetahui dirinya dicari pihak kepolisian, ia menyerahkan diri ke Mapolsek Denpasar Selatan. Tony pun mengakui kesalahannya dan minta maaf. Ia pun siap untuk mengeluarkan dana sebesar Rp 15 juta untuk menggelar upacara guru piduka.

11. Ngamuk dan nekat telanjang

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via balicitizen.com

Lagi-lagi mengamuk, kali ini Satpol PP Badung kembali dibuat gerah oleh ulah turis asing di Kuta, Badung, Bali. Turis berprilaku buruk tersebut berasal dari Inggris yang bernama Emma Jane. Emma harus diamankan karena mengamuk melempari mobil dan berteriak-teriak di Jalan Mina Segara, Kuta, Badung.

Meski sudah diamankan di Kantor Satpol PP, Emma tak bisa diam. Ia bahkan mencoba untuk telanjang dengan membuka baju. Tindakan itu coba dihentikan oleh petugas Satpol PP.

12. Curi pakaian dalam di butik di Bali

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via dev.keepo.me

Netah apa yang ada dipikiran segerombolan turis cantik satu ini. Dalam sebuah video yang beredar terlihat seorang turis asing yang memakai gaun merah berusaha keluar dari dalam toko setelah mencuri pakaian dalam. Namun, dia dicegah oleh pihak keamanan toko hingga terjadi perdebatan dan tendangan ke arah pintu kaca. Aksi tersebut sempat menjadi tontonan warga sekitar. Setelah ditelusuri, lima bule perempuan itu ternyata adalah siswa SMA di salah satu sekolah di luar negeri. Mereka ke Bali untuk liburan.

13. Hanya menggunakan bikini saat belanja ke mini market

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via baomoi.com

Seorang turis asing menjadi kontroversi dan viral di medsos setelah berbelanja di salah satu mini market di Bali. Pasalnya turis wanita tersebut hanya menggunakan bikini saat belanja di mini market tersebut. Sontak masyarakat mengecam kelakuan turis tersebut sebagai tindakan yang tidak sopan dan memalukan.

14. Nggak mau bayar pesanan

Deretan-Kelakuan-Buruk-Turis-Asing-Di-Bali

photo via today.line.me

Dikutip dari today.line.me, sebuah cafe di kawasan Ubud, Bali mengunggah curhatannya mengenai seorang turis yang enggan membayar tagihan pesanan makanannya. Menurut akun @Coraliabali, seorang turis bernama Kalee Hewleett yang dikenal sebagai host TV dan fashion expert di Australia tersebut enggan membayar tagihan pesanannya senilai Rp95 ribu. Kejadian itu bukan kali pertama yang dilakukan Kalee.

Masih dari akun @Coraliabali, sebelumnya Kalee juga nggak membayar pesanannya. Namun, pihak cafe memaklumi dan membiarkan Kalee nggak membayar dengan alasan baru pertama kali datang ke cafe tersebut. Seolah memanfaatkan kesempatan, Kalee melakukan lagi hal tersebut dan membuat sang pemilik cafe kesal. Untuk menimbulkan efek jera, @Coraliabali juga menyebar foto dan akun Instagram Kalee di media sosial mereka.

Itulah berbagai kelakuan buruk para turis mancanegara di Bali yang bisa dikatakan sangat keterlaluan. Hal ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua agar lebih berhati-hati dan menghormati kepercayaan, adat dan budaya masyarakat tempat kita berada.

0
Artikel Terkait