Ini Lho Bahayanya Kalau Tidurmu Tidak Cukup

2 tahun lalu, by blogunik

Setiap hari kita pasti melakukan banyak aktivitas. Namun terkadang seseorang lupa untuk beristirahat. Dan menjadikan tidur hanya sebagai selingan jika benar-benar sudah lelah. Bahkan jika tugas banyak menumpuk, seseorang bisa saja tidak tidur demi menyelesaikan pekerjaannya. Padahal tidur merupakan kegiatan yang sangat penting. Berikut merupakan waktu ideal untuk tidur berdasarkan usia seseorang.

Namun apa jadinya jika seseorang tidak tidur dengan waktu yang cukup ? Sistem kekebalan tubuh memiliki hubungan langsung dengan waktu tidur, jika kamu kurang tidur maka tubuhmu akan sulit melawan penyakit. Selain itu, kamu juga susah berpikir secara logis dan bereaksi cepat, serta menambah berat badan, kesehatan kulit memburuk. Biasanya kulit mudah keriput dan muncul bintik-bintik penuaan serta jerawat dan usia tubuh juga akan berkembang lebih cepat. Kamu juga beresiko mengalami penyakit kardiovaskular dan kanker. Kadar testosteron yang kamu miliki juga akan menurun dan hormon seks berkurang 15 %. Pada saat kamu tidur, otak akan melakukan pemilahan informasi, sehingga jika kamu kurang tidur kamu juga akan mudah lupa karena kurangnya tidur dapat menghilangkan waktu yang dibutuhkan otak untuk melakukan ini. Agar itu tidak terjadi, yang harus kamu lakukan adalah :

1. Atur Jadwal

Jika kamu harus melakukan aktivitas di pagi hari, maka tidurlah pada pukul 11.00. Belajarlah untuk tidur di jam yang sama setiap harinya. Jika kamu menerapkan hal ini setiap harinya, tubuh kamu akan terbiasa ingin tidur pada waktu tersebut.

 

2. Hirup Udara Segar

Jika memungkinkan cobalah hirup udara segar di luar kamarmu selama kurang lebih 15 menit.

 

3. Lebih banyak bergerak di siang hari

Jika fisikmu lelah, maka motivasi untuk tidur pun akan semakin kuat. Namun jika memang pekerjaan kamu tidak berpindah-pindah, cobalah jogging di tempat atau lompat kodok sekitar 2 jam sebelum tidur.

 

4. Jangan Cemas

Kurangi kecemasan seminimal mungkin. Cobalah untuk tidak berdebat dan tidak mengambil sesuatu yang membuat kamu berpikir keras jika memungkinkan. Dan jangan sampai kamu menonton TV dan membaca berita sebelum tidur apalagi jika ada berita buruk.

 

5. Jangan makan sebelum tidur

Pencernaan adalah proses aktif yang dapat mengganggu tidurmu. Kamu boleh makan malam minimal 3 jam sebelum tidur.

 

6. Jangan minum kopi di malam hari

Hal yang sama berlaku untuk teh hijau, minuman energi, atau apapun yang mengandung kafein. Cokelat juga sebaiknya hindari.

 

7. Bekerjalah hanya di tempat kerjamu

Rumah adalah tempat untuk beristirahat dan relaksasi. Jangan sampai kamu juga membawa pekerjaanmu ke rumah.

 

8. Bersantailah di malam hari

Misalnya dengan mandi air panas atau membaca buku. Sebisa mungkin jangan sampai jam malam kamu gunakan untuk menatap layar. Kamu juga memiliki hak untuk beristirahat.

 

9. Buatlah ritual sebelum tidur

Misalnya sikat gigi, cuci muka, atau mengoleskan krim malam. Hal ini bisa menjadi sinyal bagi tubuh kamu untuk tidur. Sebisa mungkin nikmati juga ritualmu ini.

 

10. Ciptakan suasana yang nyaman untuk tidur

Misalnya dengan memakai piama favorit, atau terbaring di balik selimut. Kamu harus menikmati waktu di tempat tidurmu.

 

Kurang tidur bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan dan metal. Cobalah untuk melawan hal-hal yang menghambat waktu tidurmu. Lakukanlah kegiatan diatas selama satu minggu dan kamu akan merasakan tidur yang jauh lebih baik dari biasanya.

Artikel Terkait