Inilah 20 Grup Idol K-pop Generasi Pertama

    Kpop, Film & Musik, Info

Sejak kapan sih kamu mulai menyukai dunia perkpop-an ? dan grup idol siapa yang pertama kali kamu suka ? Sebenarnya demam kpop ini sudah ada sejak tahun 90-an lho. Mungkin kebanyakan dari kalian belum lahir nih di tahun segitu, mungkin yang kalian kenal hanya Super Junior, TVXQ, Bigbang, EXO dan BTS. Nah, kamu juga harus tahu lho grup-grup idol kpop generasi pertama yang paling populer di tahun awalnya terjadinya Hallyu Wave. Idol-idol kpop ini merupakan pilar utama dari kepopuleran dunia kpop hingga ke seluruh dunia hingga saat ini. Berikut ini grup-grup idol generasi pertama :

 

1. S#arp (1990an)

Photo via : kpopinfo114.wordpress.com

S#arp merupakan grup kpop yang kelompoknya memiliki gender campuran. Mereka terkenal di akhir tahun 90an dan awal 2000an. Lagu hits mereka yaitu “My Lips Like Warm Coffe”, “100 Days of Prayer”, “Tell Me, Tell Me”, “I Will Love You” dan banyak lagi. Grup ini bubar karena perselisihan dua anggota perempuan Lee Ji Hye dan Seo Ji Young yang tidak bisa akur dan bertengkar hebat, namun kedua anggota tersebut muncul di TV dan saling meminta maaf.

 

2. Seo Taiji and Boys (1992)

Photo via : www.nautiljon.com

Seo Taiji and Boys adalah grup idol kpop yang aktif tahun 1992 hingga 1996. Seo Taiji and Boys beranggotakan Seo Taiji, Yang Hyun Suk dan Lee Juno. Mereka terkenal dengan penggunaan eksperimental genre musik termasuk rap dan heavy metal yang sangat asing dengan scene musik Korea pada saat itu. Setelah pensiun Seo Taiji pergi ke Amerika Serikat, sementara Lee Juno dan Yang Hyun Suk membuat label rekaman sendiri. Yang Hyun Suk berhasil membuat YG Entertainment yang merupakan salah satu dari tiga agensi terbesar di Korea Selatan.

 

3. Roo’ra (1994)

Photo via : YouTube

Roo’ra adalah sebuah grup tari dan hip-hop Korea yang terkenal pada tahun 1994 – 2001. Nama Roo’ra sendiri merupakan singkatan dari Roots Of Reggae. Member dari grup ini yaitu Lee Sang Mi, Go Young Wook, Kim Ji Hyun dan Shin Jung Hwan. Salah satu anggota Roo’ra, Go Young Wook dipenjara karena melakukan penyerangan seksual terhadap anak dibawah umur. Lee Sang Min saat ini pembawa acara di Knowing Brother JTBC. Lagu Hits mereka termasuk “Angels Without Wings”, “Good”, “3! 4!”, “Let’s Play Together”, dan banyak lagi.

 

4. Turbo (1995 – sekarang)

Photo via : http://kpop.nzkoreapost.com

Turbo merupakan grup duo yang populer pada pertengahan hingga akhir 1990-an. Turbo awalnya beranggotakan Kim Joong Kook dan Kim Jung Nam. Pada awal tahun 1997, Kim Jung Nam meninggalkan grup dan Kim Joong Kook melanjutkan promosinya dengan anggota bari yaitu Mikey. Mereka menjadi salah satu grup yang sangat populer di industri hiburan Korea selama tahun aktif mereka. Bahkan mereka berhasil menual jutaan album dan rekaman di Asia secara keseluruhan.

 

5. H.O.T (1996 – 2001)

Photo via : idntimes.com

H.O.T merupakan boyband bentukan dari SM Entertainment pada tahun 1996 dan bubar pada 2001. H.O.T beranggotakan Kangta, Moon Hee Joon, Tony An, Jang Woo Hyuk dan Lee Jae Woon. Lagu hit mereka yaitu “Candy”, “We Are The Future”, “Full of Happiness” dan “Hope”.

 

6. Sechs Kies (1997 – sekarang)

Photo via : www.allkpop.com

Sechs Kies adalah boyband yang beranggotakan enam orang. Sechs Kies beranggotakan Eun Ji Won, Lee Jae Jin, Kim Jae Duck, Kang Sung Hoon, Ko Ji Yong dan Jang Su Won. Sechs Kies bubar pada 20 Mei 2000 dan kembali aktif pada 10 Mei 2016 terikat kontrak dengan YG Entertainment.

 

7. S.E.S (1997 – 2002)

Photo via : http://officiallykmusic.com

S.E.S merupakan girlband yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 1997. Anggota dari S.E.S yaitu Bada, Eugene dan Shoo. Grup ini tidak pernah dibubarkan secara resmi, namun masing-masing member memiliki karir sebagai aktris. Lagu hits mereka yaitu “I’m Your Girl”, “Running”, “Just A Feeling”, “Dream Come True”, dan banyak lagi.

 

8. Baby V.O.X (1997)

Photo via : www.allkpop.com

Baby V.O.X memulai debutnya untuk dikenal sebagai Spice Girls of Korea pada tahun 1997. Baby V.O.X merupakan girl grup pertama yang menyertakan rapper dalam barisan mereka dan merupakan salah satu girl band paling sukses di China. Lagu hits mereka yaitu “Doll”, “Accident”, “Get Up” dan “What Do I Do”.

 

9. Diva (1997 – 2005)

Photo via : http://www.koreatimes.co.kr

Diva adalah kelompok yang dibentuk oleh Lee Sang Min yang merupakan leader dari Roo’ra. Mereka memulai debutnya pada tahun 1997 dan dibubarkan pada tahun 2005. Girl group ini merilis album paling teratur dengan total 8 album. Girl group ini dikenal sebagai group wanita yang memiliki karisma paling banyak. Lagu hits mereka yaitu “Why Are You Calling”, “Yeah”, “That’s it”, “In This Winter” dan lainnya.

 

10. 1TYM (1998)

Photo via : kpopinfo114.wordpress.com

1TYM adalah group idol beraliran hip hop yang pertama di buat oleh YG Entertainment. Hingga sekarang group ini belum dibubarkan namun tidak juga aktif. Anggota dari group idol ini yaitu Oh Jinhwan, Teddy Park, Song Baekyoung dan Im Taebin. Saat ini Teddy park menjadi salah satu produser paling hits di YG Entertainment.

 

11. G.O.D (1998 – 2014)

Photo via : sumber.com

G.O.D merupakan salah satu grup Korea pertama yang dibentuk oleh JYP Entertainment. G.O.D memulai debutnya pada tahun 1999 dan menjadi grup kpop yang paling terkenal pada tahun 2000an. Salah satu personil mereka yaitu Yoon Kye Sang meninggalkan grup untuk mengejar karirnya sebagai aktor, namun anggota lainnya terus merilis album sebagai kelompok beranggotan empat orang saja. Anggota lainnya juga telah mengejar karir mereka sendiri sebagai aktor dan penyanyi.

 

12. Fin.K.L (1998)

Photo via : http://www.koreatimes.co.kr

Fin.K.L merupakan kepanjangan dari Fine Killing Liberty. Fin.K.L beranggota empat orang wanita, mereka menjual lebih dari 2,2 juta album. Fin.K.L tidak pernah resmi dibubarkan namun grup ini absen sejak tahun 2006. Lagu hit mereka yaitu “Blue Rain”, “Everlasting Love”, “To My Boyfriend”, “Now”, dan yang lainnya.

 

13. Shinhwa (1998)

Photo via : www.allkpop.com

Shinhwa adalah boyband yang memiliki enam anggota. Mereka pertama kali muncul pada tanggal 24 Maret 1998. Shinhwa debut dibawah naungan SM Entertainment. Namun setelah kontrak mereka selesai mereka memutuskan pindah agensi. Shinhwa beranggotakan Eric Mun, Lee Minwoo, Kim Dongwan, Shin Hyesung, Jun Jin dan Andy Lee, mereka merupakan grup kpop terpanjang dalam sejarah. Meskipun mereka masih bersama, anggotanya juga secara aktif terlibat dalam karir individu seperti aktor dan penyanyi.

 

14. Han’s Band (1998)

Photo via : onehallyu.com

Han’s Band adalah sebuah band rock yang debut pada tahun 1998, beranggotakan tiga perempuan. Lagu terkenal mereka yaitu “I Love You Teacher”, “An Amusement Hall”, “Mother’s Diary”, “Loving My Teacher” dan yang lainnya.

 

15. Clik-B (1999 – 2011)

Photo via : ameblo.jp

Click-B adalah grup boy Korea yang dibentuk pada tahun 1999 dibawah DSP Entertainment. Mereka terkenal dengan musik dan penampilan mereka yang menggabungkan rock and dance bersama. Hit Click-B termasuk “Undefeatable”, “Dear Sky”, “To Be Continued”, “Exit”, “Reborn”, dan yang lainnya.

 

16. Y2K (1999 – 2002)

Photo via : www.koreaboo.com

Y2K adalah salah satu grup musik klasik K-Pop yang dibentuk pada tahun 1999 dan bubar pada tahun 2002. Dua dari tiga anggota tersebut adalah kakak adik dari Jepang. Y2K terkenal dengan vokal stabil dan visualnya yang menakjubkan. Lagu hit mereka yaitu “Sadness” dan “After Breakup”.

 

17. Chakra (2000 – 2005)

Photo via : koreatimes.co.kr

Chakra merupakan girl group K-Pop generasi sensasional  dengan dance musiknya yang terinspirasi dari India. Mereka memulai debutnya pada tahun 1999 dan dibubarkan pada tahun 2006. Hit mereka termasuk “To You”, “End”, “Bitter Sorrow”, “Come Back”, “Hey U” dan lainnya. Anggota Hwangbo dan Jung Ryeo Won masih aktif tampil di TV sebagai aktor dan penyanyi.

 

18. Jewelry (2001 – 2015)

Photo via : http://kpophdhq.blogspot.co.id

Jewelry merupakan grup wanita terlama sampai mereka bubar pada tahun 2015, grup ini dibentuk pada tahun 2001 oleh Star Empire Entertainment. Lagu hit mereka meliputi “Superstar”, “I Really Like You”, “One More Time”, dan “Again”. Mereka melewati beberapa fase untuk mengubah anggotanya, dan Seo In Young, Park Jung Ah, Lee Ji Hyun, dan Kim Ye Won masih tampil di media Korea sebagai penyanyi dan entertainer.

 

19. Sugar (2001 – 2006)

Photo via : m.blog.naver.com

Sugar adalah girl group K-Pop yang dibentuk oleh SM Entertainment terkenal aktif dari tahun 2001 sampai 2006. Mereka cukup sukses di Jepang dan juga Korea. Lagu hit mereka termasuk “Shine”, “Secret”, “Farewell”, “Tell Me Why” dan yang lainnya. Anggota Ayumi, Hwang Jung Eum, dan Park Soo Jin masih aktif tampil di dunia entertainment sebagai aktor.

 

20. M.I.L.K (2001 – 2003)

Photo via : m.blog.naver.com

M.I.L.K adalah girl group yang dibentuk oleh S.M. Entertainment. Mereka memulai debutnya pada tahun 2001 dan dibubarkan pada tahun 2003. Anggota Park Hee Von dan Seo Hyun Jin masih aktif didunia entertainment sebagai aktor.

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >