Inspirasi Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

1 minggu, by blogunik

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

Rumah tanpa jendela pasti akan membuat rumah menjadi sumpek dan pengap. Karena tidak hanya pintu, jendela juga memiliki fungsi yang sangat penting dalam membangun sebuah rumah. Bukan hanya untuk memberikan cahaya alami pada siang hari, jendela juga berfungsi penting untuk sirkulasi udara layaknya ventilasi. Selain memiliki fungsi yang sangat vital untuk kenyamanan sebuah rumah, jendela juga harus memiliki desain yang sesuai agar tampilan keseluruhan rumah bisa terlihat selaras. Pasalnya bentuk dan penempatan jendela juga akan berpengaruh terhadap kecantikan rumah kamu.

Untuk itu, memilih desain rumah tidak boleh sembarangan. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti bentuk jendela, ukuran jendela beserta ukuran rumah hingga bahan yang diperlukan. Nah buat kamu yang ingin membangun rumah dengan gaya minimalis modern, ada banyak sekali model dan pilihan jendela yang bisa kamu pilih. Untuk itu, berikut beberapa inspirasi desain jendela rumah minimalis dan modern yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih desain jendela. Let’s check it out guys!

20 Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

1. Casement windows dengan tambahan tempat duduk untuk bersantai

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via luxebeatmag.com

Desain jendela pertama yang bisa kamu aplikasikan pada rumah kamu adalah modern minimalis casement window yang dibuat lebar hampir memenuhi satu sisi dinding. Jika kamu memiliki rumah dengan pemandangan outdor yang asri kamu bisa mengaplikasikan model jendela ini untuk memaksimalkan cahaya yang masuk. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tempat duduk atau tempat bersantai layaknya window seat untuk menikmai pemandangan sambil bersantai.

2. Bifold windows untuk jendela dapur yang cantik

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via fairviewwindows.co.nz

Untuk penampilan dapur yang cantik, kamupun bisa memasang model jendela bifold dengan frame hitam yang terlihat modern dan kekinian. Jendela ini memiliki model yang bisa dilipat dengan sisi tekukan diarahkan ke tengah atau ditumpuk ke sisi pinggir ruangan. Jendela ini cocok untuk ruangan yang lebar dengan dan sisi jendela mengarah ke ruang terbuka.

3. Black frame triple casement windows

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via homestolove.com.au

Selanjutnya kamu bisa mencoba mengaplikasikan model triple casement windows dengan frame berwarna hitam. Dengan memasang model jendela casement windows yang tinggi dan lebarnya hampir memenuhi sisi dinding akan membuat rumah kamu terasa lebih luas dan penampilannya pun menjadi cantik dan kekinian.

4. Sleek accordion style windows

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via thekitchn.com

Mirip dengan bifold windows, accordion windows juga cocok dipasang di ruangan yang ingin menonjolkan pemandangan outdoor. Jendela yang bisa dilipat layaknya alat musik accordion ini memiliki bukaan lebar untuk memaksimalkan pandangan dan aliran udara, dan jendela penuh gaya ini juga mampu memberikan kesan luas pada rumah.

5. Double hung window dengan frame hitam yang minimalis

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via plankandpillow.com

Double hung window merupakan gabungan 2 kaca yang stylish yang dapat digeser ke bawah atau ke atas menjadi satu menghadirkan jendela dengan panorama yang lebih luas. Tipe jendela satu ini bisa menciptakan kesan tradisional, klasik, namun tetap stylish pada tampilan rumah. Jendela ini juga bisa sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara, dan bisa diterapkan pada rumah yang menginginkan bukaan yang luas. Selain itu, jendela ini juga tergolong memilki desain yang praktis sekaligus dinamis serta dapat menggantikan jendela model standar. Untuk kesan minimalis dan modern kamu bisa memilih frame hitam yang netral.

6. Window seat dengan frame kayu yang minimalis

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via contemporist.com

Window seat adalah salah satu desain jendela yang sedang populer. Jendela model ini dibuat menjorok ke luar sehingga menciptakan ruang pada dinding yang berguna sebagai tempat duduk yang bisa ditambahkan bantalan sofa sesuai keinginan. Keberadaan window seat benar-benar menjadi pusat perhatian dan daya tarik tersendiri. Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik menjadikan area ini sangat nyaman untuk beristirahat sambil memandang taman di luar rumah kamu.

7. Stationary window dan casement windows untuk sudut ruangan

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via design-milk.com

Selanjutnya kamu bisa mencoba mengaplikasikan stationary window pada susut dinding ruangan kamu untuk penampilan yang lebih modern. Model stationary window merupakan jenis jendela yang tidak bisa dibuka. Model jendela satu ini lebih bersifat dekoratif sehingga cocok dipasang di sudut ruangan. Kamu juga bisa mengkombinasikan jendela ini dengan model casement windows, sehingga jendela pada ruanganmu tetap berfungsi sebagai sirkulasi udara. Tipe jendela ini juga kerap ditemukan pada rumah minimalis modern atau bergaya kontemporer.

8. Pivot window dengan bentuk lingkaran

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via buzzfeed.com

Bosan dengan bentuk jendela yang selalu kotak? Kamu bisa mengaplikasikan jendela berbentuk lingkaran untuk tampilan rumah yang lebih unik dan dinamis. Kamu bisa memasang pivot windown dengan bentuk lingkaran sehingga tak hanya membuat cantik rumah kamu tapi juga memaksimalkan sirkulasi udara.

9. Sliding window seat dengan frame kayu

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via selfbuild.ie

Model rumah saat ini kebanyakan mengaplikasikan jendela yang super lebar yang hampir mirip dengan fungsi pintu. Jendela super lebar memang mampu memaksimalkan pencahyaan dan sirkulasi udara sekaligus membuat rumah kamu terlihat lebih luas. Untuk itu, kamu bisa memasang model sliding window seat pada ruangan yang menghubungkan pada area outdoor rumah kamu. Kamu bisa memilih fram kayu untuk tampilan jendela yang minimalis dan modern.

10. Jendela dengan kaca nako yang nggak pernah ketinggalan zaman

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via airbnb.com

Kaca nako adalah pengatur sirkulasi udara di rumah. Dengan desain dan penempatan yang tepat, benda ini dapat memberikan sentuhan yang berbeda pada ruangan di rumah. Gunakanlah warna-warna gelap untuk kusen jendela. Warna gelap pada jendela cocok untuk diterapkan hampir di seluruh ruangan. Selain itu penggunaan warna ini juga cocok digunakan untuk rumah berdesain minimalis modern.

11. Long stationary window untuk penampilan rumah yang lebih indah

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via onekindesign.com

Nah buat kamu yang merasa dinding di bagian tangga terasa kosong, dibanding menghiasnya dengan potret-potret keluarga ataupun lukisan, kamu bisa mengaplikasikan sebuah jendela untuk membuatnya terlihat lebih cantik. Kamu bisa mengaplikasikan long stationary pada bagian dinding tersebut. Selain tampak indah, pemasangan jendela pada bagian tersebut juga memaksimalkan pencahayaan pada ruangan.

12. Picture window untuk rumah yang lebih estetik

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via homeadore.com

Selanjutnya kamu bisa memasang picture window pada ruangan rumah kamu. Picture window hampir mirip dengan stationary window karena tidak dapat dibuka dan ditutup. Hal yang membedakannya hanyalah ukurannya yang sangat besar, bahkan beberapa jendela dapat menggantikan fungsi tembok saking besarnya. Sesuai dengan namanya, jendela ini berfungsi untuk mengekspos pemandangan indah di luar. Pemasangan picture window juga bisa membuat ruangan di rumah kamu terasa lebih luas.

13. Frosted window glass untuk kamar mandi yang cantik

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via casatreschic.blogspot.com

Untuk membuat kamar mandi kamu terlihat lebih unik dan cantik, kamu bisa mengaplikasikan frosted window glass pada salah satu sisi dinding. Frosted glass adalah jenis kaca yang memiliki tekstur pada salah satu sisinya. Tekstur ini berfungsi sebagai elemen dekoratif sekaligus untuk mengurangi intensitas sinar matahari dan pandangan orang asing ke dalam rumah. Jenis kaca pada jendela ini memiliki karakteristik yang buram dan tebal sehingga rumah yang menggunakan jenis jendela ini akan tetap terasa terang di siang hari, tapi tidak begitu silau. Dengan menggunakan jenis kaca es ini, kamu pun tidak perlu repot menambahkan tirai lagi. Jendela ini sangat cocok dipasangan di kamar mandi kamu.

14. Decorative window frosted glass

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via etsy.com

Tak hanya di kamar mandi, jendela dengan kaca frosted juga bisa kamu aplikasikan di ruang tamu. Kamu bisa memilih jendela dengan model kaca frosted yang lebih decoratif dan dinamis atau sesuai dengan tema ruang tamu kamu sehingga kamu tak memerlukan tirai lagi di malam hari.

15. Stationary window dengan kombinasi horizontal pivot window untuk tampilan rumah industrial yang keren

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via www2.hm.com

Buat kamu yang suka dengan gaya industrial desain, kamu bisa mengaplikasikan stationary window dengan frame baja hitam untuk memenuhi satu bagian dinding ruangan di rumah kamu. Kombinasikan dengan horizontal pivot window agar terlihat lebih unik dan sirkulasi udara tetap lancar.

16. Modern bay window untuk tampilan facade rumah yang kekinian

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via homify.co.uk

Untuk model rumah minimalis modern yang kekinian, kamu bisa mengaplikasikan model bay window. Bay window adalah jendela dengan model yang menjorok ke depan, keluar dari garis batas dinding bangunan. Jendela ini biasanya cocok untuk rumah bertema mediterania atau klasik Eropa. Namun kini, model bay window mulai di aplikasikan pada rumah modern dengan bentuk yang lebih minimalis. Jendela bay bisa dibuat menjorok secara melengkung ataupun kotak. Selain tampak dan mewah, bagian dalam/ interior jendela bay bisa dimanfaatkan untuk window seating, sebagai meja, ataupun sebagai area membaca dan bersantai.

17. Double casement window untuk tampilan rumah minimalis dan cantik

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via thisoldhouse.com

Buat kamu yang dinding rumahnya tidak memungkinkan memasang jendela dengan ukuran sangat lebar, kamu bisa mengaplikasikan model double casement window dengan ukuran normal. Model jendela ini terlihat sangat sederhana namun mampu memberikan penampilan yang cantik jika ditempatkan di ruangan yang tepat dan menghadap ke pemandangan yang tepat.

18. Modern awning window

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via thededicatedhouse.com

Awning window adalah jendela dengan engsel yang membuat jendela terbuka di bagian bawah. Model jendela ini cukup banyak di gunakan pada rumah-rumah di Indonesia. Kamupun bisa menempatkan model jendela ini pada setiap bagian ruangan yang ingin kamu pasang jendela. Dengan model yang lebih minimalis dan modern, jendela ini mampu memberikan kesan yang cantik pada rumah kamu.

19. Corner window untuk rumah yang lebih modern

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via archdaily.com

Untuk memiliki rumah dengan model yang lebih unik dan modern, kamu bisa mengaplikasikan corner window di beberapa sudut ruangan kamu. Corner window biasanya menggunakan jenis jendela yang tidak bisa dibuka, namun memiliki desain yang cukup lebar sehingga memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan. Model jendela ini mampu memberikan kesan dekoratif pada penampilan rumah.

20. Modern minimalis pivot window

Desain Jendela Rumah Minimalis Modern

photo via kknews.cc

Satu lagi jenis jendela yang bisa kamu terapkan pada rumah minimalis modern kamu adalah model pivot window. Kamu bisa mengganti satu sisi dinding di ruangan dengan memasang pivot window yang lebar. Model jendela ini bisa di pasang di lantai satu ataupun lantai dua ruamh kamu. Selain memaksimalkan udaran dan cahaya, model jendela ini juga membaut rumah kamu terlihat lebih mewah dan modern.

Nah itulah beberapa inspirasi desai jendela rumah minimalis modern yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih desain jendela yang tepat untuk rumah kamu. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait