10 Jajanan Khas Indonesia Timur Yang Enak Dan Wajib Kamu Cobain

by blogunik
 0  

Jajanan Khas Indonesia Timur

Jajanan khas Indonesia Timur, memang tidak sepopuler jajanan yang berasal dari Indonesia bagian Barat ataupun Tengah seperti cilok, seblak, siomay, batagor dll. Meski begitu, keanekaragaman dan kelezatan jajanan khas Indonesia Timur nggak bisa diremehkan lho. Indonesia bagian Timur yang meliputi pulau Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua memiliki beraneka ragam makanan dan jajanan khas yang rasanya bakal bikin kamu langsung jatuh cinta saat pertama kali mencobanya. Penasaran seperti apa jajanan khas Indonesia Timur? Untuk itu, berikut 10 jajanan khas ala Indonesia Timur yang enak dan wajib kamu cobain. So let’s check it out guys!

10 Jajanan Khas Indonesia Timur

1. Papeda

Jajanan Khas Ala Indonesia Timur

photo via grab.com

Kalau kalian berkesempatan bekunjung ke Indonesia bagian Timur khususnya Papua atau Maluku, maka jangan lewatkan untuk dapat mencicipi rasa asli papeda atau bubur sagu dari daerah asalnya. Salah satu makanan pokok yang digemari penduduk Papua ini berbahan utama sagu dan cukup terkenal di Indonesia. Teksturnya yang kenyal dan lengket dengan rasa yang tawar biasanya dikonsumsi dengan ikan kuah kuning yang gurih. Jangan khawatir, karena kandungan papeda baik untuk kesehatan, lho!

2. Kue Lontar

Makanan Khas Indonesia Timur

photo via id.tastemade.com

Ada juga nih Kue Lontar yang merupakan jajanan khas Papua dan bisa dibilang paling populer dikalangan masyarakat setempat. Kalau dilihat, kue lontar memang memiliki bentuk yang mirip dengan pie susu atau cheesetart yang lagi sekarang ini lagi hits. Namun yang membuatnya lebih unik adalah jajanan berbahan dasar telur ini dicetak menggunakan piring keramik, sehingga hasilnya lebih besar. Kue lontar biasanya dibuat menjelang lebaran dan Natal.

3. Martabak Sagu

Jajanan Khas Ala Indonesia Timur

photo via tfamanasek.com

Mungkin kita sudah sering mencoba aneka macam martabak manis maupun martabak telur. Tapi kalau kamu berkunjung ke Indonesia bagian Timur, kamu akan dibuat penasaran dengan martabak sagu. Yup, selain martabak manis dan martabak telur, Indonesia juga memiliki martabak sagu yang rasanya nggak kalah enak dari martabak jenis lainnya.

Seperti namanya, martabak ini berbahan dasar sagu yang telah dihaluskan kemudian digoreng, adonan tersebut lalu dicampur dengan gula merah atau gula aren. Rasa yang dihasilkan martabak dari Kabupaten Fak-fak, Papua Barat ini pun sedikit berbeda. Ada manis dan gurih yang mendominasi.

4. Kue Bagea

Makanan Khas Indonesia Timur

photo via resepkoki.id

Buat kamu yang sedang berlibur di daerah Ternate dan sedang mencari kudapan yang cocok sebagai teman minum kopi maupun minum teh, maka Kue Bagea bisa menjadi pilihan yang tepat. Kue Bagea merupakan kue tradisional masyarakat Palopo, Ternate yang memiliki rasa gurih dan tidak terlalu manis. Kue ini terbuat dari tepung sagu dengan berbagai jenis rasa, seperti kacang, kenari, dan wijen. Bentuknya biasa dibuat kecil-kecil dengan warna cokelat. Memiliki tekstur agak keras tapi lumer di mulut saat dimakan.

5. Klappertaart

Jajanan Khas Ala Indonesia Timur

Photo via instagram.com/cook4you.id

Manado yang merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara juga memiliki jajanan khas dengan cita rasa yang lezat yakni Klappertaart. Klappertaart sendiri merupakan kue khas Manado yang terbuat dari kelapa, susu, mentega, telur, dan tepung terigu. Kue ini terdiri atas 2 jenis yaitu Klappertaart tekstur padat yang dipanggang dan menggunakan roti, serta Klappertaart tekstur lembut yang tidak dipanggang. Kue satu ini sangat cocok buat kamu pecinta makanan manis.

6. Sagu Lempeng

Makanan Khas Indonesia Timur

photo via instagram.com/lilylewi73

Selanjutnya ada sagu lempeng yang merupakan jajanan khas dari Papua. Jajanan ini berupa olahan sagu yang mempunyai bentuk seperti batangan persegi panjang dan warnanya merah kecoklatan atau porna. Rasa awalnya tawar, namun belakangan sudah mulai bervariasi dengan gula untuk mendapatkan cita rasa manis. Ciri khas dari jajanan ini adalah teksturnya yang keras. Namun masyarakat setempat biasa menikmatinya dengan dicampur atau dicelupkan ke air, kopi atau teh supaya lebih lunak.

7. Sate Ulat Sagu

Jajanan Khas Ala Indonesia Timur

photo via trippers.id

Sebagian dari kalian, mungkin sudah nggak asing dengan kuliner satu ini. Sate Ulat Sagu sering disebut dengan kuliner ekstrim yang bisa kamu temukan di Papua. Biasanya, masyarakat setempat menyantap ulat sagu secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Namun, kamu bisa mencoba yang sudah diolah seperti sate ulat sagu ini. Ada rasa manis dan asin yang dihadirkan. Tekstur dari dagingnya sendiri keras di luar dan lunak di dalam.

Meskipun terlihat menjijikan, namun ternyata ulat sagu merupakan sumber energi dengan kadar kolestrol rendah lho. Kandungan protein dan juga beberapa kandungan lainya pada ulat sagu sangat baik untuk tubuh. Jadi jangan ragu untuk mencicipi kuliner satu ini kamu kamu berlibur ke Papua.

8. Dange

Makanan Khas Indonesia Timur

photo via bosmeal.com

Jajanan khas Indonesia Timur berikutnya adalah Dange. Dange adalah makanan tradisional masyarakat Bugis yang merupakan santapan sehari-hari masyarakat Palopo, Luwu dan sekitarnya. Dange selalu disediakan dalam acara-acara keluarga seperti ramah tamah, perkawinan dan sebagainya. Jajanan satu ini mirip dengan kue pukis. Rasanya gurih, manis dan legit karena ada campuran kelapa parut dan juga gula merahnya.

9. Bobengka

Jajanan Khas Ala Indonesia Timur

photo via instagram.com/sutisnohanny

Bobengka adalah kue khas Manado yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Manado. Kue yang berwarna cokelat ini terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, gula merah, dan santan. Ciri khas dari kue ini adalah adanya taburan kacang kenari di atasnya yang membuat kue ini lebih spesial. Bobengka dimasak dengan cara dipanggang dan kerap dinikmati bersama kopi hangat.

10. Gogos

Makanan Khas Indonesia Timur

photo via shopee.co.id

Satu lagi jajanan khas Indonesia Timur yang wajib kamu coba adalah gogos. Gogos adalah makanan khas Ambon yang berbentuk seperti lemper namun dengan isian suwiran ikan. Bahan baku gogos terbuat dari ketan yang berisi suwiran ikan, dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar sampai matang. Masyarakat setempat, gemar mengkonsumsi gogos saat masih hangat dan dijadikan sebagai teman minum kopi atau minum teh.

Itu dia 10 rekomendasi jajanan khas Indonesia Timur yang enak dan wajib kamu cobain saat berkunjung ke kota-kota yang terdapat di Indonesia bagian Timur. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait