Aneka Jenis Bunga Warna Warni Yang Cocok Untuk Mempercantik Taman

Dibuat oleh blogunik

Memiliki taman di belakang rumah yang dipenuhi dengan aneka jenis tanaman bunga hias berwarna-warni tentu menjadi impian banyak orang. Warna-warni dari tanaman bunga yang tumbuh subur di taman belakang rumah kamu, tak hanya mampu membuat rumah kamu menjadi estetik, tampilannya yang indah dan aromanya yang harum juga mampu membuat suasana rumah terasa lebih menenangkan.

Buat kamu yang ingin membuat taman dengan tanaman bunga hias, ada banyak jenis bunga hias yang bisa kamu pilih dan tanam di belakang rumah kamu. Ada tanaman bunga hias yang mudah dalam perawatannya dan cocok untuk pemula, ada juga tanaman hias yang cantik namun perlu perawatan ekstra untuk membuatnya tumbuh subur. Nah buat kamu masih bingung dalam menentukan jenis tanaman bunga hias yang cocok untuk taman di rumah, berikut ini, Blog Unik bagian aneka jenis tanaman bunga warna-warni yang cocok ditanam di taman rumah kamu. So let’s check it out guys!

20 Jenis Bunga Warna Warni

1. Mawar

Aneka Jenis Tanaman Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via chezviviane.fr

Taman bunga rasanya nggak afdol jika tidak memiliki tanaman bunga mawar. Bunga mawar bisa dibilang salah satu jenis bunga yang paling populer karena keindahan dan aromanya yang harum. Tak hanya warna merah, tanaman bunga mawar juga memiliki beragam warna cerah dan menarik seperti putih, kuning, biru pink dan masih banyak lagi. Sehingga cocok dijadikan pilihan untuk di tanam di taman.

Cara merawat bunga mawar juga sangat mudah, selama masa pertumbuhannya, bunga mawar memerlukan cahaya matahari yang cukup. Pastikan mawar mendapat sinar matahari setidaknya 6 jam setiap hari dan siram secukupnya saja.

2. Tulip

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via gardengatemagazine.com

Tanaman bunga warna-warni selanjutnya yang bisa menjadi kamu pilih untuk mempercantik taman adalah tanaman bunga tulip. Meskipun tulip biasanya tumbuh di negara 4 musim, namun dengan treatment khusus, ternyata tulip juga bisa tumbuh di Indonesia lho.

Tulip banyak disukai karena punya bentuk yang elegan dengan warna-warni yang cantik. Mulai dari yang berwarna merah, kuning, pink, ungu, bahkan kombinasi cantik antara dua warna. Buat kamu yang ingin menanam bunga ini di taman rumah kamu, perlu diketahui bahwa tulip dikembangbiakkan menggunakan umbi. Untuk menanamnya memang agak tricky karena menanam tulip di negara tropis seperti Indonesia perlu perlakuan khusus. Meski begitu, saat berbunga, tulip otomatis akan membuat taman kamu menjadi lebih indah.

3. Anggrek

Aneka Jenis Tanaman Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via kknews.cc

Anggrek juga salah satu jenis bunga yang memiliki beragam spesies dan warna yang kepopulerannya nggak perlu diragukan lagi. Ada banyak pecinta anggrek yang mengoleksi ratusan hingga ribuan jenis tanaman bunga hias ini untuk mempercantik lingkungan rumah mereka.

Cara perawatan tanaman anggrek juga cukup mudah. Tanaman Anggrek ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Mulai dari daerah dataran rendah hingga dataran tinggi, hingga dari kawasan yang bersuhu dingin hingga bersuhu panas.

4. Bougenville

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via simakterus.com

Cocok ditanam di daerah tropis, bougenville alias bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias eksotis yang memiliki beragam jenis warna yang menarik dan memiliki tekstur yang tipis menyerupai kertas. Ada warna merah cerah, jingga, merah muda, kuning, putih, ungu, hingga kombinasi dari beberapa warna. Tanaman bunga hias ini bisa tumbuh tinggi dan akan sangat rimbun saat berbunga. Selain di pot, Bougenville juga bisa menjadi penghias pagar hingga dinding rumah bagian luar ataupun di tanam di area pekarangan rumah kamu.

5. Torenia/Wishbone Flower

Aneka Jenis Tanaman Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via sakataornamentals.eu

Jenis tanaman bunga warna-warni untuk taman selanjutnya adalah Torenia alias Wishbone Flower. Bunga ini juga sering disebut dengan bunga mata kucing. Tanaman pendek ini berasal dari kawasan tropis Asia. Bunganya berbentuk terompet dengan warna yang bervariasi dari putih dengan leher kuning, ungu, biru, violet, lavender hingga cobalt. Tanaman bunga hias satu ini sangat mudah perawatannya dan tak hanya cocok di tanam di pot atau tanah langsung namun juga sangat populer dijadikan sebagai tanaman pot gantung.

6. Petunia

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via myhomebook.de

Jenis bunga taman selanjutnya adalah petunia. Tanaman bunga ini memiliki bentuk seperti terompet kecil dengan variasi warna yang beragam dan menarik mulai dari merah, putih, kuning, biru, hingga ungu. Petunia populer dijadikan sebagai tanaman hias gantung yang menawan karena tangkainya dapat tumbuh menujulur. Namun bunga petunia hanya bisa tumbuh berkembang satu kali saja seumur hidup. Meski begitu kamu tetap bisa menyemai biji-bijinya agar tumbuh petunia baru.

7. Alamanda

Aneka Jenis Tanaman Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via plantsnap.com

Tanaman bunga warna-warni yang bisa dijadikan tanaman bunga hias di taman selanjutnya adalah alamanda. Tanaman bunga yang tumbuh rimbun ini populer dijadikan tanaman hias karena bunganya yang besar dan berwarna-warni. Tanaman ini dikenal pula sebagai golden trumpet karena bentuknya yang menyerupai terompet. Selain kuning, terdapat pula warna lain yang tidak kalah menariknya seperti pink hingga peach. Bila ditanam dengan rapi, tanaman bunga alamanda bisa membuat rumah kamu terlihat estetik dan teduh.

8. Lobelia

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via seedcorner.com

Tanaman bunga warna-warni selanjutnya yang cocok ditanam di taman adalah Lobelia. Tanamn bunga hias satu ini memiliki bunga yang cantik dan tumbuh bergerombol dalam jumlah banyak. Bunganya kecil-kecil dan memiliki warna-warna indah seperti ungu, biru, merah dan putih. Lobelia juga cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Bunga hias ini sangat mudah ditanam melalui bijinya dan mampu tumbuh hampir di semua musim.

9. Anyelir/carnation

Aneka Jenis Tanaman Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via meliseh.com

Anyelir atau dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai carnation merupakan tanaman hias pekarangan dan pot yang populer karena bunganya yang indah. Anyelir mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus memiliki beberapa jenis, yang dinamakan berdasarkan warna atau motifnya. Di antara jenis-jenis bunga Anyelir ada warna putih, merah, pink, ungu, kuning, dan bermotif garis-garis. Anyelir bisa menjadi salah satu jenis bunga yang akan membuat taman atau pekarangan rumah kamu menjadi lebih cantik.

10. Daisy

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via housebeautiful.com

Tak hanya populer dijadikan buket bunga, daisy juga merupakan salah satu tanaman bunga hias yang cocok untuk mempercantik taman atau pekarangan rumah. Memiliki bunga yang mungil dan cantik bunga ini cocok di tanam untuk menutupi tanah pekarangan rumah kamu yang kosong. Pasalnya, ketika tumbuh, tanaman bunga hias ini akan menyerupai semak yang padat namun rapi. Bunga ini umumnya berwarna putih namun sebenarnya daisy memiliki banyak warna yang menarik.

11. Aster

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via gardeningknowhow.com

Jenis tanaman bunga hias warna-warni untuk taman selanjutnya adalah aster. Bunga satu ini sangat populer karena keindahannya dan merupakan bunga yang akan mekar sepanjang tahun. Bunga satu ini juga merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki warna yang menawan. Mulai dari putih, ungu, pink, kuning dan biru. Bentuknya hampir mirip dengan bunga daisy dan tumbuhnya bisa sangat rimbun.

12. Petrea

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via lazada.co.id

Ingin membuat taman yang dipenuhi dengan bunga warna-warni? Kamu bisa menanam tanaman bunga petrea di taman rumah kamu. Petrea merupakan tanaman yang populer dijadikan sebagai tanaman penghias pagar rumah karena sifatnya yang merambat. Petrea bisa menghasilkan 15-30 bunga per gugusan dan akan mekar selama beberapa hari. Tanaman ini bisa berbunga sepanjang tahun dan memiliki ungu atau putih yang sangat memesona.

13. Geranium

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via blog.thompson-morgan.com

Selanjutnya ada tanaman bunga geranium yang bisa kamu tanam di taman ataupun pekarangan rumah kamu. Bunga geranium memiliki bentuk yang cantik dengan ciri khas kelopak yang saling bertumpuk. Bunga geranium memiliki beragam warna, seperti putih, merah muda, dan ungu. Daunnya pun sangat unik dengan bentuk bulat yang hampir menyerupai bunganya.

Tanaman bunga hias ini bisa tumbuh sekitar 20 cm hingga 40 cm jika ditanam di dalam pot tanaman. Sedangkan, yang tumbuh liar bisa mencapai ketinggian hingga empat meter. Tak hanya indah dan harum, namun bunga geranium juga dikenal karena khasiatnya mengusir nyamuk.

14. Marigold

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via chicagotribune.com

Bunga marigold mungkin sudah nggak asing dimata kalian. Bunga marigold atau dikenal dengan bunga tahi ayam atau orang Bali menyebutnya dengan nama gemitir ini memiliki ciri khas kelopak yang bertumpuk dan memiliki warna kuning dan orange. Bunga marigold setidaknya terdiri dari 50 spesies dan termasuk bunga yang gampang sekali tumbuh di mana saja, bahkan di media tanah yang tandus sekalipun. Bunga ini juga tahan akan cuaca panas dan akan terus berbunga setiap saat sehingga cocok untuk menambah warna pada taman rumah kamu.

15. Camelia

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via lifestyle.sapo.pt

Tanaman bunga warna-warni selanjutnya yang bisa mempercantik taman adalah tanaman bunga camelia. Tanaman satu ini terkenal akan keindahannya dan tak jarang digunakakan sebagai buket bunga. Bunga satu ini memiliki bentuk kelopak yang pendek dan lebar, membuat mahkota bunga terlihat unik dengan bentuknya yang membulat. Bunganya berukuran cukup besar sehingga nampak mencolok dengan berbagai variasi warna dari putih, merah muda, merah hingga ungu.

16. Dahlia

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via gardeningknowhow.com

Tanaman bunga hias untuk taman yang bakalan membuat taman atau pekarangan rumah kamu makin cantik adalah tanaman bunga dahlia. Dahlia merupakan salah satu tanaman bunga hias populer yang memiliki beraneka bentuk dan warna bunga yang menarik sehingga cocok untuk mewarnai kebun bunga kamu.

Bunga dahlia membutuhkan perawatan rutin agar tumbuh maksimal. Tidak hanya disiram dan dipupuk, tanaman ini juga perlu dibersihkan area tumbuhnya dan dipangkas sesekali. Jadi pastikan kamu merawatnya dengan baik agar bunga dahlia dapat tumbuh subur dan bunga bermekaran dengan lebat.

17. Celosia/Bunga jengger ayam

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via gardenerspath.com

Bunga warna-warni untuk taman selanjutnya yang bisa kamu tanam adalah bunga Celosia atau dikenal juga dengan bunga jengger ayam. Tampilan bunga celosia sangat menarik dan unik ketika mekar. Bahkan ada varietas celosia yang bentuknya memang terlihat seperti jengger merah ayam jantan yang ada di atas kepala ayam. Warnanyapun beragam mulai dari ungu, merah, kuning, orange, dan kombinasi warna tersebut. Tanaman celosia merupakan tanaman semusim tetapi kadang dapat hidup dalam dua musim tergantung kondisinya. Dengan cara perawatan yang mudah, tanaman satu ini sangat cocok di tanam dalam jumlah yang banyak di kebun bunga kamu.

18. Bunga Cosmos/kenikir

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via amazon.ca

Bunga cosmos atau dikenal juga dengan nama kenikir merupakan salah satu tanaman bunga hias yang mampu membuat taman atau kebun bungan menjadi lebih semarak. Bunga-bunga yang dihasilkan berwarna cerah dalam jumlah yang banyak. Bunga ini memiliki aneka ragam warna yang cantik dan juga cerah. Tanaman ini juga termasuk jenis tanaman yang tumbuh dengan cukup mudah. Selain itu, cosmos juga termasuk jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya.

19. Bunga Kembang Bokor/Hydrangea

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via housebeautiful.com

Sering ditemukan di kawasan berhawa sejuk seperti Bogor, Bandun, hingga Puncak, bunga kembang bokor atau Hydrangea juga menjadi salah satu tanaman bunga hias yang bisa kamu tanam di taman. Bunga satu ini memiliki bentuk yang sangat cantik. Kuntum-kuntumnya yang mekar tumbuh saling merapat, bergerombol membentuk cluster dan menyerupai sarang lebah. Warnanya sangat menarik dan beragam, ada hijau muda, biru keunguan, merah muda cerah, sampai merah. Yang unik dari tanaman hias yang satu ini adalah bunganya dapat berubah warna bergantung keadaan pH tanah.

20. Bunga Matahari

Bunga Warna Warni Untuk Taman

photo via hosstools.com

Satu lagi tanaman bunga hias yang cocok di tanam di taman adalah bunga matahari. Pastinya kalian sudah nggak asing dengan jenis tanaman bunga satu ini. Bunga yang biasanya berwarna kuning ini memiliki bunga yang berukuran cukup besar dengan bentuk yang menyerupai matahari.

Bunga ini bisa tumbuh tinggi dan jika ditanam dengan jumlah yang banyak akan membuat taman rumah kamu terlihat lebih cantik. Bunga penghasil kuaci ini tidak hanya berwarna kuning lho, karena ada juga bunga matahari berwarna merah.

Nah itu dia aneka jenis tanaman bunga warna-warni untuk taman yang bisa kamu tanam untuk menyemarakkan taman ataupun kebun bunga di rumah kamu. Semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait