Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Dan Cocok Untuk Pemula

Dibuat oleh blogunik

Selain anjing dan kucing, burung menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih. Burung dikenal memiliki suara yang merdu, bulu yang indah serta kecerdasan yang membuat beberapa orang menyukainya. Untuk jenisnya sendiri tergolong cukup banyak dengan berbagai ukuran, warna dan suara.

Namun buat kalian yang masih pemula dalam mengurus burung, alangkah baiknya jika kalian menyimak ulasan BlogUnik.com berikut ini.

18 Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara

1. Burung Beo

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via kicaumania.net

Beo adalah burung piaraan yang sangat digemari orang karena kepandaiannya berbicara. Di alam, burung ini hidup di hutan-hutan basah terutama di bukit-bukit. Beo menyukai buah-buahan yang berdaging tebal dan tidak keras. Untuk memenuhi proteinnya, beo memakan serangga seperti belalang, jangkrik, capung dan telur semut. Selain itu, burung beo juga sangat mudah mengenali pemiliknya sehingga kamu akan lebih mudah untuk merawatnya.

2. Burung Cendet

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via gerava.com

Burung Cendet memiliki tubuh berukuran agak besar sekitar 25 cm, jenis burung ini suka memakan belalang, kumbang, tonggeret dan memiliki habitan di daerah terbuka.

Burung Cendet ini termasuk jenis burung kicau dengan suara merdu. Mereka mampu menirukan suara burung lain bahkan suara binatang lain yang sering didengarkan.

Pada dasarnya di alam habitat aslinya cendet termasuk hewan aktif serta ganas karena binatang ini tergolong dalam kelompok predator. Sehingga ketika hewan ini dipelihara maka akan kehilangan keagresifan serta performanya.

3. Burung Cockatiel

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via tokopedia.com

Cockatiel juga dikenal sebagai burung weiro atau quarrion adalah burung beo kecil yang merupakan anggota cabang dari keluarga kakatua endemik Australia.

Mereka termasuk dalam jenis burung yang mudah jinak dengan manusia. Jika dilatih dengan benar, biurung ini bisa melakukan hal-hal menarik. Tak hanya itu saja, burung ini juga dapat menirukan suara-suara di sekitarnya termasuk suara manusia. Burung ini cenderung lebih mudah berkembang biak.

Jika kamu ingin memelihara burung ini, jangan pernah membiarkan mereka berada di dalam kandang sepanjang waktu karena dapat membuatnya stres.

Agar Cockatiel berumur panjang, perhatikan makanannya. Berikan biji-bijian, akan lebih bagus jika pelet dijadikan makanan utama dan kombinasikan dengan buah, sayuran, telur rebus, kacang-kacangan atau daging matang.

4. Burung Cucak Hijau

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via trikmerawat.com

Jenis burung selanjutnya yang mudah dipelihara untuk pemula yaitu Cucak Hijau. Cucak ijo atau cica daun besar adalah spesies burung dengan ciri utama bulu berwarna hijau. Nama ilmiahnya adalah Chloropsis sonnerati dan termasuk dalam keluarga Chloropseidae.

Burung ini memiliki kemampuan menirukan suara burung-burung lain. Sudah dari dulu burung ini memang sangat populer dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia, tapi yang paling populer yaitu Cucak Hijau Banyuwangi.

5. Burung Kenari

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via nature-pictures.org

Burung kenari termasuk jenis burung peliharaan dirumah yang pintar karena dapat menirukan suara burung lainnya. Selain itu burung ini memiliki badan yang kecil sehingga tidak berbahaya untuk anak-anak dan keluarga dirumah.

Perawatannya tidak terlalu merepotkan, kamu hanya perlu membersihkan sangkarnya, berikan makan harian, minum dan dijemur secara rutin.

Burung kenari memiliki sifat yang ceria, manis dan menyenangkan. Pejantan memiliki kicauan yang merdu serta nyaring, sedangkan betina cenderung kalem.

6. Burung Kacer

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via agrozine.id

Burung ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Ekornya terangkat ke atas jika mereka sedang mencari makanan di tanah atau kadang ketika sedang bertengger.

Dikalangan pecinta burung, burung kacer cukup populer dan sangat cocok dipelihara untuk pemula. Burung ini memiliki mental yang kuat dan tangguh, selain itu perawatannya juga cukup mudah serta kicauannya juga sangat indah.

7. Burung Kakaktua

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via portalgambarhd.blogspot.com

Burung hias ini memiliki bulu yang indah dengan lengkingan suara yang cukup nyaring. Spesies ini termasuk salah satu burung dengan kecerdasan yang cukup bagus sehingga sering digunakan untuk acara-acara hiburan di kebun binatang.

Burung Kakaktua juga dikenal sebagai burung yang setia dan bila pemiliknya terancam mereka akan melindungi pemiliknya. Jika memelihara kakaktua sejak masih kecil, kalian bisa mengajarinya berbicara dan mereka juga bisa berpikir seperti manusia.

8. Burung Kesturi

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via pasarburung.top

Burung kesturi (Melopsittacus undulatus) adalah jenis burung berukuran kecil dengan ekor panjang dari keluarga Psittaculidae. Burung ini pemakan biji-bijian dan memiliki kepribadian yang ramah, menyenangkan, suka bersosialisasi dengan manusia dan ingin tahu.

Mereka ditemukan hidup liar di daerah kering di Australia, di mana spesies ini mampu bertahan dalam kondisi yang keras selama lima juta tahun. Namun burung ini termasuk suka berada di dalam kawanan. Disarankan untuk memeliharanya minimal dua ekor atau lebih.

9. Burung Kolibri

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via starfarm.co.id

Burung satu ini temasuk burung kecil dengan panjang 6,4 cm, burung ini sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kolibri memiliki sekitar seribu bulu yang gemerlap sehingga dapat memantulkan dan memancarkan sinar warna-warni yang dapat berubah ketika mereka bergerak.

Karena burung ini termasuk penerbang ulung, maka dari itu mereka membutuhkan tenaga yang cukup besar. Mereka biasanya mengkonsumsi madu dan tidak disarankan memberikan kental manis karena tidak cocok untuk burung ini.

10. Burung Lovebird

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via detik.com

Dari sekian banyak burung, lovebird jenis burung yang mudah dijinakkan. Burung ini memiliki warna dan suara yang menarik, tak heran banyak orang terpikat untuk memeliharanya.

Burung ini memiliki paruh yang bengkok dan tubuh yang mungil. Buat yang ingin memeliharanya, akan lebih baik pelihara sepasang agar mereka tidak kesepian.

Karena termasuk burung yang aktif, kamu bisa menyiapkan kandang yang agak besar dan jangan lupa memasang tempat bertengger, tempat makan, minum serta area untuk mandi. Makanan dari burung ini yaitu biji-bijian, buah-buahan, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

11. Burung Murai Batu

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via megapolitan.okezone.com

Kucica Hutan juga dikenal sebagai Murai Batu termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia dan sebagian pulau Jawa. Burung ini menjadi salah satu jenis yang populer dipelihara karena memiliki suara kicauan yang merdu dan keras.

Suaranya yang merdu ini membuat banyak orang melatihnya untuk mengikuti kontes. Makanan dari burung ini cukup mudah ditemukan seperti buah-buahan, seranga dan cacing tanah.

12. Burung Merpati

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via oneindia.com

Burung ini menjadi peliharaan sejak zaman dulu, jenis burung ini sangat jinak sekali dan mudah dipelihara. Menariknya, jika burung ini sudah mengenalmu dengan sangat baik, ketika mereka dilepas bebas akan tetap kembali ke sarang pemiliknya.

Karena burung ini termasuk yang sering terbang bolak-balik, maka membutuhkan kandang yang lebar. Jangan lupa berikan kayu untuk tempat bertenggernya. Sesekali mandikan mereka dan jemur dibawah sinar matahari.

13. Burung Nuri

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via hewanpeliharaan.org

Sudah lama, burung Nuri dikenal sebagai salah satu burung yang paling mudah dipelihara untuk pemula. Hal ini dikarenakan burung ini paling mudah dijinakan dan paling mudah dirawat. Cara yang paling mudah untuk menjinakkannya dengan memandikan burung secara rutin. Burung Nuri juga suka bermain dan dapat dilatih untuk melakukan atraksi tertentu.

14. Burung Parkit

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via burungcantik.com

Burung Parkit merupakan salah satu jenis burung yang mudah dipelihara dan cocok untuk pemula. Burung ini kecil dan memiliki warna yang menarik, tak heran jika burung ini menjadi hewan favorit banyak orang. Untuk menjinakkan burung ini cukup mudah, kamu hanya perlu membiasakan untuk memberi makan langsung dari tanganmu. Jika sudah jinak, burung ini dapat diajak bermain di luar sangkar.

15. Burung Pipit

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via murianews.com

Burung ini memiliki tubuh yang kecil, meskipun kecil mereka membutuhkan tempat yang luas. Akan lebih baik jika meletakkan mereka di dalam kandang horizontal. Ketika kamu berniat memeliharanya sepasang, sediakan juga keranjang anyaman kecil sebagai tempat bersarang. Selain itu, karena mereka tidak perlu waktu bermain di luar kandang, sediakan saja makanan, air dan bersihkan kandangnya secara rutin.

16. Burung Pacific Parrotlet

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via mascotarios.org

Burung beo Pasifik, juga dikenal sebagai burung beo Lesson, atau burung beo surgawi adalah spesies burung beo kecil dalam keluarga Psittacidae.

Burung ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan terkadang cukup agresif ketika mengejar sesuatu yang menarik baginya.

Walaupun begitu, burung ini dapat dijinakan dengan mudah dengan perawatan yang benar. Tapi karena harganya cukup mahal, burung ini jarang digunakan sebagai peliharaan.

17. Burung Perkutut

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via greeners.co

Burung ini merupakan jenis burung pemakan biji-bijian saja, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jika burung ini juga memakan serangga di habitat aslinya. Perkutut sangat mudah dipelihara dan jinak terlebih jika sudah dipelihara sejak kecil. Mereka memiliki insting yang kuat, sehingga akan melindungi pemiliknya jika ada tanda bahaya. Burung ini juga perlu dimandikan secara rutin, setidaknya seminggu sekali.

18. Burung Pleci

Jenis Burung Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

photo via pinhome.id

Jenis burung yang mudah dipelihara selanjutnya ada burung Pleci. Burung ini memiliki tubuh yang mungil namun dikenal memiliki suara kicauan yang keras dan merdu. Ciri khas dari burung ini yaitu lingkaran putih yang ada disekitar matanya. Ini juga yang membuatnya dikenal dengan sebutan burung kacamata.

Itulah jenis burung yang mudah dipelihara dan cocok untuk pemula. Ketika kamu berminat untuk memelihara hewan, pastikan untuk merawat mereka dengan baik. Berikan makanan, minuman dan mandikan secara rutin. Jangan lupa, berikan kasih sayang agar peliharaan senang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait