Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Beserta Harganya

Dibuat oleh blogunik

Pada umumnya hewan yang banyak dipelihara adalah kucing dan anjing, tapi ternyata banyak juga orang yang memelihara ikan khsusunya ikan hias. Ikan hias ini banyak dipilih karena sangat mudah di pelihara dan membutuhkan biaya perawatan yang tidak terlalu mahal. Ikan hias ini juga dapat dipelihara di dalam aquarium yang kecil sehingga menghemat tempat.

Di dunia ini ada banyak sekali ikan hias dan ikan hias pun memiliki 2 jenis yaitu ikan hias yang hidup di laut dan ikan hias air tawar, tapi kebanyakan orang-orang memilih memelihara ikan hias air tawar. Ikan hias ini memang dikenal memiliki badan yang kecil namun dibalik badannya yang kecil itu terdapat warna-warna yang cantik dan unik. Kecantikan ikan hias air tawar ini dilihat dari corak warna dan bentuk tubuhnya. Nah buat kamu yang ingin memelihara ikan hias air tawar, berikut ini ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang cantik dan lengkap dengan harganya

1. Ikan Cupang – Rp. 1.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Cupang

Photo via nusabudidaya.com

Ikan Cupang adalah salah satu ikan hias air tawar dimana ikan ini berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang sangat unik dan cenderung agresif. Ikan cupang ini dibagi menjadi 3 golongan yaitu cupang hias, cupang aduan dan cupang liar. Ikan cupang ini termasuk ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu yang lama sehingga apabila ikan ini ditempatkan di wadah yang memiliki volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara ikan ini masih tetap bisa hidup.

2. Ikan Guppy – Rp. 1.500/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Guppy

Photo via aquariumtidings.com

Ikan Guppy adalah salah satu ikan hias yang paling populer di dunia, ikan ini mudah menyesuaikan diri dan beranak-pinak sehingga banyak disukai. Ikan ini memiliki ciri khas yaitu terletak pada bentuk ekor dan corak warnanya. Ikan guppy memiliki bentuk ekor yang besar dan corak warna yang beragam dari kepala hingga ujung ekor. Ikan guppy ini memiliki banyak jenis karena banyak pembudidayaan ikan hias menyilang antar jenis ikan guppy dan menghasilkan varietas baru.

3. Ikan Mas Koki – Rp. 10.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Mas Koki

Photo via blog.elevenia.co.id

Ikan Mas Koki adalah salah satu jenis ikan hias yang pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Cina. Awalnya bentuk ikan mas koki ini sama seperti ikan mas karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Namun bedanya mas koki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya. Ikan mas koki ini secara umum termasuk ikan yang mampu beradaptasi dengan berbagai variasi kualitas air dan juga suhu. Ciri khas ikan mas koki dengan ikan hias lainnya adalah bentuk perutnya yang besar dan tonjolan pada bagian kepalanya. Ikan mas koki ini juga dipercaya membawa hoki bagi siapa saja pemiliknya.

4. Ikan Koi – Rp. 20.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Koi

Photo via kodamakoigarden.com

Ikan Koi adalah ikan yang secara spesifiknya berasal dari Jepang, dimana ikan ini di Jepang menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Ikan ini termasuk ikan mas yang memiliki ornamen yang sangat indah. Ikan ini biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah. Ikan ini memiliki ciri khas yang terletak pada corak warnanya yang sangat cantik. Semakin cantik dan unik pola warnanya maka semakin maha pula harganya.

5. Ikan Arwana – Rp. 75.000/ekor (silver)

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Arwana

Photo via medium.com

Ikan Arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki banyak penggemarnya. Ikan ini memiliki badan yang panjang dengan ketahan fisik yang kuat. Pada umumnya ikan ini memiliki warna perak dan ikan ini sering disebut “Ikan Naga” karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Ikan arwana ini memiliki beberapa warna yaitu hijau, emas ekor merah, emas dan merah. Ikan ini dapat dipelihara di akuarium namun karena ikan ini semakin besar maka sebaiknya menggunakan akuarium yang besar. Pemeliharaan 2-3 ekor ikan arwana di dalam satu akuarium tidak disarankan karena sifat agresfinya yang akan menyebabkan perkelahian. Ikan ini juga termasuk ikan yang mahal tergolong dari warnanya.

6. Ikan Louhan – Rp. 20.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Louhan

Photo via blog.elevenia.co.id

Ikan Louhan adalah salah satu ikan hias yang dapat dipelihara di akuarium. Ikan ini memiliki ciri khas yang terletak dari benjolan yang ada di kepalanya dengan warna sisik yang unik. Di Indonesia ada 10 jenis ikan louhan dan harganya masih bisa dikatakan terjangkau tergantung dari jenis dan ukurannya.

7. Ikan Discus – Rp. 75.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Discus

Photo via tocadabelinha.com.br

Ikan Discus adalah salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari sungai Amazon. Namun saat ini ikan ini banyak di budidayakan karena ikan ini memiliki tubuh yang indah. Banyak yang mengatakan, ikan discus ini merupakan ratu dari ikan air tawar karena keindahan corak dan warnanya. Ikan ini memiliki bentuk badan yang menyerupai bentuk lempengan disket komputer. Ikan ini lumayan sulit ditemukan dan memiliki harga yang cukup mahal.

8. Ikan Neon Tetra – Rp. 1.500/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Neon Tetra

Photo via ikanesia.id

Ikan Neon Tetra adalah ikan hias penghuni asli Amerika Selatan dimana di habitat aslinya ikan ini berada di sungai hutan hujan lebat yang jarang terkena sinar matahari. Ikan ini sangat digemari oleh pemain aquaspace karena bentuknya yang kecil serta warnanya yang bagus sehingga mempercantik tampilan aquaspace.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh memanjang sekitar 1-3 cm dimana ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan ikan hias lainnya. Ikan ini memiliki ciri-ciri perut berwarna silver, sisik horizontal pada bagian mata sampai ekor berwarna biru menyala dan bagian pangkal ekor berwarna merah terang.

9. Ikan Manfish – Rp. 15.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Manfish

Photo via beragamikanhias.blogspot.com

Ikan Manfish atau yang dikenal juga dengan Angelfish adalah salah satu ikan hias air tawar yang sangat populer. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan lebar, memiliki sirip yang panjang dan corak warna belang-belang menyerupai zebra. Ikan ini juga merupakan ikan yang membuat perlindungan dan melindungi keturunannya.

10. Ikan Blue Ram – Rp. 5.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Blue Ram

Photo via glowsilver.blogspot.com

Ikan Blue Ram adalah Ikan hias satu ini memiliki warna yang sangat indah, dimana warna tubuhnya berkilauan layaknya permata berkilauan. Dihabitat aslinya warnanya lebih cerah dibandingkan ketika dipelihara di akuarium. Ikan Blue Ram ini adalah ikan karnivora dan merupakan salah satu ikan hias kecil dari keluarga Cichild yang indah.

Ikan ini memiliki panjang tubuh sekitar 5 cm sedangkaan maksium untuk ikan jantan lebih dari 7 cm. Ikan jantan pada umumnya memiliki garis pertama pada sirip dorsal dan memanjang kebawah sedangkan betina memiliki warna kemilau biru diatas tempat pas dibawah sirip punggung.

11. Ikan Lemon – Rp. 20.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Lemon

Photo via pics24web.com

Ikan Lemon adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Danau Tanganyika, Afrika Timur. Di habitat aslinya tebiasa dengan lingkungan air tawar yang berbatu dan lumayan hangat. Ikan lemon ini memiliki 2 macam yaitu warna kuning kenari cerah dan warna orange kemerahan. Namun ikan lemon yang berwarna kuning cerah sajalah yang paling populer di masyarakat.

Ikan lemon ini memiliki ciri-ciri tubuh berwarna dasar kuning cerah atau orange kemerahan, sirip punggung berwarna hitam, pangkal sirip punggung terdapat garis putih memanjang dari punggung depan hingga ke belakang, di ujung sirip punggung berwarna kuning cerah dan sirip dubur dan perut berwarna kuning dan hitam transparan.

12. Ikan Molly – Rp. 3.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Molly

Photo via greenfish.co.kr

Ikan Molly adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki warna-warna yang menarik. Selain itu, ikan ini juga bersifat damai sehingga cocok disatukan dalam komunitas akuarium. Ikan ini tidak memerlukan akuarium yang besar karena ketika dewasa ikan ini hanya mencapai ukuran maksimal 12 cm. Ikan ini juga mudah dipelihara dan di kembang biakan.

13. Ikan Pedang – Rp. 2.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Pedang

Photo via biodiversitywarriors.org

Ikan Pedang adakah salah satu jenis ikan yang banyak diminati bagi para pecinta ikan hias. Ikan ini berasal dari Brazil, Amerika Serikat dan ikan ini memiliki sifat karnivora. Ikan ini dapat tumbuh hingga 13 cm dan mampu bertahan sekitar 3-5 tahun. Ikan ini banyak ditemukan diarea rawa, danau dan laguna. Ikan ini juga senang di daerah dangkat dengan tanaman yang lebat.

14. Ikan Botia – Rp. 7.500/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Botia

Photo via fishbazaar.sg

Ikan Botia adalah ikan hias yang juga banyak disenangi oleh pecinta ikan hias di Indonesia. Habitat asli ikan ini yaitu sungai yang memiliki aliran arus deras. Buat kamu yang ingin memeiharanya disarankan untuk membuat arus buatan pada akuarium atau kolam. Tak hanya itu saja, kalian juga harus memastikan suhu air pada 24-26 derajat celcius. Ikan Botia memiliki panjang mencapai 30-40 cm dan mereka lebih menyukai hidup berkelompok.

15. Ikan Komet – Rp. 5.000/ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Dan Harganya - Ikan Komet

Photo via panduanbudidayaikan018.blogspot.com

Ikan komet adalah ikan hias air tawar yang memiliki tubuh ramping dengan warna putih perak mengkilap dan merah menyala. Ikan ini jika dilihat-lihat mirip dengan ikan koi, hal ini dikarenakan mereka masih satu keluarga. Ikan ini memiliki ekor yang panjang dan terus melambai-lambai ketika berenang. Ketika ikan ini masih muda memang ekornya tidak terlalu lebar namun dengan seiring berjalannya waktu ekor ikan ini melebar dan membuat ikan ini menggemaskan. Ikan ini terbilang cukup mudah dipelihara sehingga tidak diperlukan perawatan yang extra ketat.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar terindah lengkap dengan harganya, dari jenis-jenis ikan diatas ikan hias mana yang ingin kamu pelihara di akuarium-mu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait