Kalahkan Belanda, Portugal Juara UEFA Nations League 2019

4 bulan lalu, by blogunik

Dalam Liga Timnas Eropa atau UEFA Nations League, yang digelar di Estadio Do Dragao, Porto, Senin dini hari 10 Juni 2019 dini hari waktu WIB, Portugal keluar sebagai juara setelah menaklukkan Belanda dengan skor beda tipis yakni 1-0.

Laga final berjalan alot pada babak pertama. Portugal dan Belanda sama-sama gagal mencetak gol hingga babak pertama berakhir dengan 0-0. Portugal memiliki banyak peluang untuk unggul lebih dahulu di 45 menit pertama, tetapi tidak ada bola yang bersarang di gawang Belanda.

Sementara itu, di awal babak kedua, Belanda mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu melalui Georginio Wijnaldum. Tetapi lini belakang Portugal masih solid mematahkan serangan tersebut. Di 10 menit pertama babak kedua Timnas Belanda tampak lebih agresif dalam menyerang. Namun serangan tersebut tidak cukup membahayakan bagi Portugal.

Akhirnya dimenit ke-60, gol tercipta lewat kaki Goncalo Guedes yang membuat Portugal unggul lebih dahulu. Gol perdana sekaligus gol tunggal tersebut tercipta setelah sepakan keras kaki kanan Guedes dari luar kotak penalti ke arah kiri gawang tidak bisa dijangkau Jasper Cillessen. Guedes mencetak gol memanfaatkan assist Bernardo Silva.

Enam menit setelah gol Portugal, Belanda mencoba menyamakan kedudukan lewat upaya Memphis Depay di menit ke-66. Tetapi sundulan pemain Olympique Lyon itu bisa diselamatkan kiper Rui Patricio. Di menit ke-83 pemain pengganti Donny van de Beek memberikan ancaman untuk pertahanan Portugal. Sayangnya Rui Patricio berada di posisi yang tepat untuk menggagalkan upaya dari Van de Beek.

photo via : telegraph.co.uk

Menjelang laga berakhir Portugal bertekad menambah jumlah gol mencoba mengandalkan serangan balik. Satu peluang didapat di menit ke-80 lewat tembakan Bruno Fernandes dari luar kotak penalti yang masih mampu diamankan Cillessen.

Jelang peluit akhir pertandingan, kedua tim saling bertukar serangan. Namun, tak ada gol tambahan hingga wasit asal Spanyol, Alberto Undiano Mallenco, meniup peluit akhir. Dengan hasil ini, Portugal berhasil meraih gelar UEFA Nations League edisi perdana. Gelar ini membuat Portugal berhasil mempertahankan status jawara di tingkat Eropa. Sebelumnya bersama pelatih yang sama, Selecao merupakan juara piala Euro tahun 2016 setelah mengalahkan tuan rumah Prancis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *