Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik di Bawah 6 Juta

10 bulan, by blogunik

Kamera mirrorless terbaik

Buat yang menyukai video atau fotografi tentunya kalian membutuhkan sebuah kamera, namun terkadang ada juga kalian yang tidak puas dengan hasil jepretan kamera smartphone. Maka dari itu, kalian membutuhkan sebuah kamera yang memiliki hasil gambar bagus seperti DSLR. Namun kamera DSLR sendiri terbilang cukup besar dan berat sehingga untuk membawanya kemana-mana kalian perlu berpikir matang-matang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kini para produsen kamera terkenal berlomba-lomba untuk menghadirkan produk kamera mirrorless terbaik sebagai  solusinya. Kamera jenis baru ini lebih ringan namun fiturnya mendekati kamera DSLR.

Mirrorless adalah kamera DSLR yang dihilangkan bagian pemantul cahayanya (mirrorox), tanpa adanya mirrorbox yang berfungsi membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optis, ukuran kamera mirrorless ini pun menjadi lebih kecil dibandingkan dengan DSLR. Selain itu, hasil yang dihasilkan kamera mirrorless ini sama persis dengan apa yang dilihat di layar LCD berbeda dengan DSLR yang ada sedikit perbedaan dihasil jepretannya.

Keunggulan Kamera Mirrorless

Kira-kira apa sih keunggulan dari kamera mirrorless ini dibandingkan dengan DSLR

  1. Ukuran bodi lebih kecil

    Keunggulan kamera mirrorless yang paling terlihat yaitu terletak pada bodinya. Di kamera mirrorless, cermin serta prisma pemantul cahayanya dihilangkan. Maka dari itu kamera mirrorless ini pada umumnya berukuran kecil dan berbobot lebih ringan. Tak heran jika banyak orang jatuh cinta pada kamera kecil imut satu ini.

  2. Desainnya minimalis

    Selain ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan kamera ini juga memiliki desain yang lebih minimalis ketimbang kamera DSLR. Bahkan ada beberapa kamera mirrorless yang mengadopsi desain kamera lawas.

  3. Kecepatan fokus otomatis dan suara

    Kamera mirrorless memiliki teknologi jendela bidik elektronik yang berhasil memberikan performa yang bagus terhadap sistem pemotretan dengan fokus otomatis. Bahkan kamu bisa melihat secara akurat titik-titik mana yang fokus. Selain itu, kamera ini juga tidak akan menghasilkan suara sekeras kamera DSLR ketika pemotretan.

  4. Hasil jepretan lebih bagus

    Kamera mirrorless ini memiliki teknologi jendela bidik elektronik atau Electronic Viewfinder sehingga membuat hasil jepretannya lebih berkualitas. Sedangkan kamera DSLR masih menggunakan cermin optik yang memiliki kelemahan kualitas gambar, sehingga kualitas gambarnya berbeda dengan yang dilihat di layar.

  5. Hasil videonya lebih bagus

    Untuk pengambilan video, kamera mirrorless bisa dikatakan sedikit lebih unggul. Karena rata-rata kamera mirrorless sudah bisa merekam video HD bahkan 4K.

Kekurangan Kamera Mirrorless

Jika tadi sudah membahas tentang keunggulan mirrorless, kali ini kita akan membahas apa saja kekurangan dari kamera mirrorless ini

  1. Kekuatan Baterai

    Untuk kekuatan baterai sendiri kamera mirrorless lebih boros ketimbang dengan DSLR. Baterai kamera DSRL akan habis setelah mengambil gambar sebanyak 600 – 800 foto secara rata-rata namun untuk kamera mirrorless hanya mampu mengambil gambar sebanyak 300 – 400 saja. Namun sama seperti gadget, baterai akan tersu dikembangkan agar dapat bertahan lebih lama lagi.

  2. Sistem Fokus

    Selain baterai, kamera mirrorless juga memiliki kekurangan pada sistem fokusnya. Hampir semua kamera mirrorless menggunakan teknologi fokus dengan mendeteksi kontras yang mana sistem ini tidak secepat dengan sistem yang digunakan kamera DSLR. Sehingga buat fotografer dalam bidang olahraga atau yang suka melakukan pemotretan pada bidang yang bergerak cepat maka akan lebih cocok menggunakan kamera DSRL ketimbang mirrorless.

  3. Lensa Ekslusif

    Kamera mirrorless memiliki banyak sekali pilihan lensa namun sayangnya kita tidak boleh sembarangan memnggunakannya. Jika kamu memiliki kamera merek Canon maka kamu hanya bisa menggunakan lensa keluaran dari canon saja. Bisa saja kamu menggunakan lensa merek lainnya namun kamu harus membeli sambungannya lagi yang biasanya disebut dengan mount.

  4. Pegangan Kurang Nyaman

    Untuk sebagian orang mungkin kamera mirrorless ini kurang nyaman dipegang karena bentuknya yang minimalis.

  5. Bobot Ringan Kadang Mengkhawatirkan

    Kamera mirrorless memiliki bobot yang ringan sehingga rawan terjatuh ketika di sokong dengan tripod.

  6. Red Dot Pattern

    Jarak flange yang sangat pendek mengakibatkan kamera mirrorless banyak yang mengalami masalah red dot pattern. Red dot pattern sendiri yaitu kondisi gambar yang memantulkan sinar akibat adanya sumber cahaya yang sangat terang seperti matahari.

Kamera Mirrorless Terbaik di bawah 6 Juta

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kamera mirrorless, berikut ini ada beberapa kamera mirrorless terbaik dibawah harga 6 juta

1. Fujifilm XQ2 – Rp. Rp 4.299.000

Kamera Mirrorless Terbaik - Fujifilm XQ2

Photo via fujifilm.com

Fujifilm XQ2 adalah salah satu kamera mirrorless terbaik yang memiliki desain yang simple dan elegan. Kamera ini memiliki bodi berukuran 100 x 58.5 mm dengan tingkat ketebalan 33.3mm. Kamera ini dibekali dengan layar LCD yang berukuran 3 inch, selain itu kamera ini memiliki lensa beresolusi 12 MP. Untuk rentang ISO nya sendiri dimulai dari 100 – 12800.

2. Fujifilm X-A10 – Rp. 4.400.000

Kamera Mirrorless Terbaik - Fujifilm X-A10

Photo via petapixel.com

Fujifilm X-A10 adalah kamera mirroless yang penuh gaya untuk digunakan setiap harinya. Kamera dari Fujifilm ini termasuk salah satu kamera mirrorless terbaik dengan harga terjangkau. Kamera ini memiliki desain retro dan dilengkapi dengan LCD yang dapat diputas ke atas dengan tingkat kemiringan 180 derajat. Selain itu, Fujifilm X-A10 mengusung sensor CMOS APS-C 16,3 MP dengan kompatibilitas lensa-lensa Fujifilm X mount.

3. Samsung NX Mini – Rp. 4.700.000

Kamera Mirrorless Terbaik - Samsung NX Mini

Photo via juzaphoto.com

Samsung NX Mini adalah salah satu kamera mirrorless terbaik yang diluncurkan oleh Samsung pada tahun 2016. Kamera ini memiliki desain futuristik namun masih terlihat elegan. Jika dilihat kamera ini memiliki tampilan yang kecil dan sederhana. Kamera ini dibekali dengan sensor kamera CMOS BSI Sensor dan dibekali dengan resolusi sebesar 20 MP. Kamera mirrorless ini juga dilengkapi dengan layar touchscreen berukuran 3 inci dengan resolusi WVGA atau 480p.

4. Panasonic Lumix DMC-GF8 – Rp. 4.999.000

Kamera Mirrorless Terbaik - Panasonic Lumix DMC-GF8

Photo via bursakameraprofesional.co.id

Panasonic Lumix DMC-GF8 adalah kamera mirrorless yang memiliki gaya desain retro dengan aksesn kulit di beberapa sisinya. Kamera ini dibekali dengan layar fleksibel yang dapat diputar menghadap depan untuk memudahkan mengambil foto selfie. Kamera ini memiliki 8 filter kreatif, 5 efek filter selfie dan 20 opsi scene photo, panorama dan time lapse. Tak heran jika kamera Panasonic Lumix DMC-GF8 ini termasuk ke dalam kamera mirrorless terbaik.

5. Olympus PEN Lite E-PL6 Kit – Rp. 5.000.000

Kamera Mirrorless Terbaik - Olympus PEN Lite E-PL6 Kit

Photo via hardwarezone.co.id

Olympus PEN Lite E-PL6 Kit adalah kamera yang dilengkapi dengan fitur AF shutter sentuh dan layarnya dapat diputar 170 derajat. Kamera ini dilengkapi dengan sensor Live MOS 16 MP dan mesin pemrosesan gambar TruePic VI. Namun sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi dengan fitur Wi-Fi terintegrasi dimana pada umumnya kamera mirrorless sudah mennggunakan fitur ini.

6. Canon EOS M10 – Rp. 5.245.000

Kamera Mirrorless Terbaik - Canon EOS M10

Photo via inet.detik.com

Canon EOS M10 adalah kamera mirrorless terbaik yang memiliki banyak keunggulan. Canon EOS M10 memiliki sensor CMOS berukuran APS-C dengan resolusi 24 MP, prosesor gambar Digic 7 dan sistem autofokus Dual Pixel yang memukau. Selain itu, layar kamera ini dapat ditekuk 180 derajat dan mampu merekam video 1080p/60 fps. Canon EOS M10 juga dilengkapi dengan fitur remote shooting sehingga kamu bisa mengendalikan beragam fungsi melalui smartphone atau tablet.

7. Sony Alpha A5000 – Rp. 5.299.000

Kamera Mirrorless Terbaik - Sony Alpha A5000

Photo via tokocamzone.com

Sony Alpha A5000 adalah kamera mirrorless yang mengusung sensor Exmor APS HD CMOS. Kamera ini dibekali dengan kamera beresolusi 20,1 MP yang sudah dilengkapi dengan lensa SELP 16-50 mm. Sony Alpha A5000 ini juga dibekali dengan layar 3 inci yang dapat diputar 180 derajat sehingga memudahkan kita untuk vlogging dan selfie.

Kamera mirrorless ini juga memiliki dukungan lensa yang cukup memadai, kamu bisa memilih beberapa lensa dengan panjang fokal tertentu untuk E-Mount khusus mirrorless Sony. Bahkan kamu bisa memasangkan lensa dari DSRL merek lain menggunakan adaptor yang banyak tersedia.

Kamera ini merupakan salah satu pilihan kamera vlog terbaik karena sudah terkoneksi dengan WiFi dengan NFC sehingga akan memudahkanmu untuk mentransfer hasil foto ataupun video kamu ke smartphone maupun PC.

Nah, itulah beberapa kamera mirrorless terbaik dengan harga dibawah 6 juta. Kamera mirrorless ini bisa kamu jadikan pilihan jika kamu memiliki budget sedikit namun ingin membeli sebuah kamera mirrorless. Dan kamera diatas juga sangat cocok buat kamu yang masih pemula. Dari kamera diatas, kamera mirrorless mana yang tertarik kamu miliki?

Baca juga:
Kamera Vlog Bagus dan Murah
Tips Membuat Hasil Foto yang Bagus dengan Kamera Smartphone
Handphone Dengan Kamera Selfie Bagus Harga 2 Jutaan

0
Artikel Terkait