Tips Membuat Hasil Foto yang Bagus dengan Kamera Smartphone

7 bulan lalu

Kamu pastinya pernah ingin menghasilkan sebuah foto yang bagus baik untuk di cetak nantinya ataupun untuk diletakkan di salah satu akun social media milikmu. Sebut saja facebook ataupun Instagram yang memperbolehkan kita untuk memajang berbagai foto – foto bagus dan unik yang kita miliki. Disaat ini dimana kemampuan kamera smartphone yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang tak kalah bagusnya dengan kamera DSLR, membuat orang – orang semakin mudah untuk menghasilkan sebuat foto dengan kualitas yang baik.

Meskipun kemampuan kamera smartphone telah semakin baik, namun tetap saja masih belum setara degnan kamera DSLR. Hanya saja hasil jepretan dari kamera haspe saat ini sudah cukup memadai dan bagus tidak seperti dahulu. Buat kalian yang ingin mencoba fotografi khususnya menggunakan kamera smartphone, berikut ini adalah sedikit tips dan triks untuk menghasilkan foto yang bagus menggunakan kamera smartphone.

1. Perhatikan Cahaya

photo via : www.popsci.com

Mungkin belum banyak diantara kalian yang tahu jika istilah fotografi berarti meluki dengan cahaya. Terang saja, pembuatan foto amat sangat bergantung pada cahaya yang ada di sekitar objek foto. Untuk kamera smartphone, meskipun telah mengalami kemajuan, namun tentu saja karena ukurannya yang kecil, jumlah sensor pada smartphone pun terbatas. Yang berbeda jauh dengan jumlah kamera DSLR yang memmiliki jumlah sensor yang lebih banyak. Selain hal itu, karena ukurannnya yang lebih kecil, kamera smartphone juga memilii kemampuan untuk menangkap cahaya yang juga lebih sedikit. Oleh karenanya, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, ada baiknya saat kalian memotret menggunakan kamera smartphone mencari objek yang berada dengan jumlah cahaya yang cukup atau dengan kata lain memotret objek dalam kondisi terang.

2. Jangan gunakan Zoom

photo via : oaknuggit.com

Untuk lensa di kamera smartphone biasanya memiliki panjang focal 25 hingga 28mm yang jika dalam ranah fotografi, hal tersebut disebut sebagai lensa sudut lebar. Oleh karenanya, hal tersebut membuat objek menjadi terlihat lebih kecil dari sebenarnya. Karena objek terlihat lebih kecil, sering kali kita melakukan zoom in untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun zoom yang ada di dalam kamera smartphone biasanya adalah zoom digital yang mana layaknya kita melakukan sebuah crooping adatupun zoom gambar pada komputer, tentu saja hasilnya biasanya tidak bagus dan cenderung blur. Untuk menghindari kualitas zoom yang tidak tepat ini, ada baiknya kalian menggunakan zoom alami yakni mendekatlah ke objek foto yang akan di potret. Sehingga selain kalian mendapatkan obejk gambar yang lebih jelas, hasil foto kalian pun akan lebih baik dibandingkan menggunakan zoom digital tersebut.

3. Hindari penggunaan Flash

photo via : www.snopes.com

Memang benar, dengna menggunakan flash, fasil foto kita menjadi lebih terlihat dengan jelas. Namun terkadang flash pada kamera akan membuat kadar alami dari hasil jepretan kita menghilang. Alami yang dimaksudkan disini adalah, hasil dari foto yang kita miliki tidak sama seperti apa yang kita lihat dengan mata telanjang. Selain karena akan menghilangkan kesan alami pada gambar, posisi flash pada smrtphone juga mempengaruhi hasilnya. Karena sebagian besar flash pada smartphone diletakkan di dekat sensor kamera yang membuat sensor tidak dapat bekerja dengan baik. Namun jika situasi objek foto berada dalam keadaan ataupun ruangan gelap, saat kalian ingin menggunakan flash, ada baiknya kamu menggunakannya dengan juga melakukan peningkatan eksposure dan tingkat ISO. Selain hal tersebut, dalam beberapa aplikasi yang telah ada di dalam smartphone, alias aplikasi kamera bawaan smartphone, telah terdapat mod malam yang membantu kita untuk menghasilkan gambar yang lebih baik meskipun situasi lingkungan objek gambar tersebut gelap.

4. Posisi Handphone yang stabil

photo via : www.dhgate.com

Untuk menghasilkan gambar yang bagus, tentu saja deperlukan posisi kamera yang fokus dan diam alias tegak dan stabil. Oleh karenanya untuk menghasilkan gambar yang baik, kalian harus berlatih memegang smartphone agar tetap stabil agar hasil gambar nantinya tidak goyang. Apabila kamu kurang begitu stabil dalam memegang kamera hape, kalian bisa metakkan kamera di atas objek datar yang tetap atau tidak bergerak seperti diatas meja, tembok ataupun pohon. Namun saat ini, hal itupun bisa diakali dengan menggunakan tripod kamera. Jika kondisi lingkungan tempat kalian mengambil gambar sulit untuk bisa mengambil gambar menggunakan tripod ataupun tidak adanya objek kokoh sebaga tempat untuk meletakan smartphone, salah satu tips dalam memegan hape agar stabil adalah dengan jalan memegang smartphone dengan dua tangan dan posisi kaki tegak sejajar. Apabila siku tangan kalian terasa kurang stabil, kamu bisa sedikit menempelkan tangan pada bagian dada agar posisi tangan lebih kokoh.

5. Objek foto yang menarik

photo via : korea.iyaa.com

Foto yang baik dan bagus tentu saja merupakan foto dengan objek yang menarik untuk dilihat. Oleh karenanya pemilihan objek foto pun harus dipikirkan secara seksama untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik. Coba contoh sederhana, dengan kualitas foto yang sama, kalian akan memilih foto yang ada cewek cantik di dalamnya ataukah bapak – bapak. Sebagian besar orang, ataupun khususnya pria, pasti akan memilih untuk melihat foto yang objek fotonya adalah seorang wanita cantik. Namun itu hanyalah sebuah contoh sederhana mengenai objek foto yang lebih menarik. Akan tetapi, di lapangan tentu saja kita tidak bisa memilih hanya mengambil gambar atau memotret wanita cantik saja. Namun dengan sedikit tips sebelumnya dan objek gambar yang tepat, kamua bisa menghasilkasn gambar foto yang lebih bagus dan menarik.

6. Gunakan Objek foto yang diam

photo via : www.batikbesurek.com

Perbedaan yang paling mencolok antara kamera smartphone dan kamera DSLR adalah kemampuan dari kamera DSLR yang dimiliki yakni mirrorless. Dengan kemapuan ini, kamera DSLR memiliki kemampuan untuk memotret gambar yang bergerak. Namun pada kamera smartphone yang memiliki sensor yang lebih kecil dan sedikit, tentu saja kemampuannya untuk mendapatkan gambar dengan objek foto yang bergerak akan sulit. oleh karenanya, untuk mendapatkan hasil gambar yang terbaik, ada baiknya kalian memilih objek gambar yang diam.

7. Tahan sedikit kamera hape saat mengambil gambar

photo via : www.macworld.co.uk

Masih berhubungan dengan kemampuan kmaera smartphone yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera DSLR baik itu dari pengambilan cahayanya ataupun dari kemampuan kamera smartphone yang tidak mampu untuk mengambil yang begerak dengan cepat. OLeh karenanya, salah satu tips untuk bisa mengambail gambar yang bagus menggunakan kamera smartphone adalah dengan cara saat kalian mengambil gambar menggunakan kamera smartphone, kalian harus menahan tombol shutter dari kamera dalam beberapa waktu untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Angle foto

photo via : crushedboxphoto.com

orang biasanya mengatakan Angle is everything dan memang benar saja, untuk mengambil gambar yang bagus, salah satu faktor lainnya untuk mendapatkan gambar yang bagus adalah dengan cara mencari angle atau arah kamera yang tepat. Dengan arah kamera yang tepat, hasil foto yang ingin diambilpun bisa maksimal. Apalagi jika kita bisa mendapatkan angle yang bagus untuk mengambil gambar, maka gambar ataupun hasil foto yang kita dapat bisa memiliki kesan unik di dalmnya.

9. Buat foto bercerita

photo via : femaleradio.co.id

Berbeda dengan foto biasanya yang menggunakan model berupa objek diam baik itu manusia, hewan ataupun barang namun tidak memimiliki makna selain objek itu sendri dengan foto yang memiliki makna ataupun cerita. Cerita yang dimaksud disini adalah dengan memadukan objek foto itu sendiri dengan lingkungan sekitarnya baik berupa benda ataupun suasa disekitar objek tersebut. Jadi meskipun foto bukanlah media seperti video yang mampu bercerita lebih banyak dengan adanya adegan, suara dan gambar bergerak yang ada didalammnya yang mampu menceritakan kejadian tersebut, sebuah gambar foto juga mampu memberikan ceritanya tersendiri dengan berbagai objek yang ada di dalamnya.

10. Pilih smartphone dengan kualitas kamera terbaik

photo via : gearpatrol.com

Saat ini, dengan perkembangan smartphone yang terus melaju dengan pesat, bukanah sebuah rahasia lagi bila masing – masing produsen membuat produk dengan kualitas yang terus berkembang. Kualitas kamera smartphone saat ini p un juga sudah semakin baik dan terus berkembang dengan baik. Salah satu teknologi kamera smartphone saat ini yang mulai semarak digunakan oleh berbagai produsen smartphone adalah penggunaan dual kamera yang memiliki sensor berbeda dan memiliki fungsinya masing – masing yakni untuk mengambil gambar jauh dan juga mengambil gambar dengan kepadatan yang mendalam. Oleh karenanya salah satu efek kamera yang sebelumnya biasa kita dapatkan menggunakan kamera DSLR yakni efek foto bokeh, saat ini, hal tersebut sudah dapat diambil dengan menggunakan kamera smartphone biasa.

Bahkan saat ini, kamera smartphone juga telah ada yang menggunakan kamera triplet atau 3 kamera didalam sebuah smartphone. Selain jumlah kameranya, nilai aferture yang lebih kecil juga membuat kamera smartphone mampu mengambil cahaya dengan jumlah yang lebih banyak. Selain dua hal diatas, hal lainnya yang menjadi faktor penentu hasil dari foto adalah resolusi dari kamera tersebut. Apalagi saat ini kamera – kamera smartphone telah memiliki resolusi yang tinggi, tentu saja membuat hasil jepretan dari smartphone jadi semakin baik.

Baca Juga