Kebiasaan Unik, Aneh dan Lucu di Dunia

2 tahun lalu

Orang-orang di seluruh dunia pastinya punya cara dan kebiasaan yang berbeda-beda dalam mengahadapi situasi maupun kondisi yang ada disekitarnya. Namun terkadang tingkah laku dan kebiasaan orang orang ini terlihat aneh dan lucu. Entah mereka sadari ataupun tidak dan apa yang merka lakukan tersebut merupakan hal biasa yang terjadi disana. Namun bagi kita di Indonesia, hal itu bukanlah hal yang lazim dan cenderung aneh dan lucu. Berikut ini beberapa tingkah laku aneh dan lucu yang dilakukan oleh orang-orang di dunia.

1. Tidur di kantor

photo via : theculturetrip.com

Jika di luarnegeri khususnya eropa ataupun belahan dunia barat lainnya, tertidur di kantor dianggap sebagai sebuah penghinaan yang ekstrim, yang bisa membuat orang tersebut dimarahi oleh atasannya, atau mendapat hal lebih buruk lagi. Namun berbeda halnya dengan budaya bisnis di Jepang. Di Jepang seorang karyawan memungkinkan karyawan yang bekerja keras tersebut untuk tidur di kantor dan hal tersebut disebut “inemuri” – tidur siang di tempat kerja. Namun beberapa orang biasanya memalsukan inemuri, sehingga bos mereka percaya bahwa mereka bekerja keras.

2. Kendaraan beroperasi pada hari tertentu

photo via : npr.org

Di Indonesia, plat kendaraan baik mobil motor ataupun kendaraan lainnya merupakan sebuah identitas layaknya KTP. Dengan adanya plat tersebut, para petugas kusunya dirgen pajak akan lebih mudah untuk mendata jumlah kendaraan bermotor dan juga mengenali siapa pemiliknya. Namun jika di Filipina, plat kendaraan bukan sekedar KTP motor seperti biasa. Disana plat kendaraan juga digunakan sebagai ijin apakah kendaraan tersebut dapat beroprasei atau tidak.

Hal ini termasuk dalam peraturan pemerintah disana untuk mengurangi tingkat kemacetan yang ada di kota manila.Pemerintah disana menetapkan jika kendaraan bernomor akhir 1 atau 2 tidak diizinkan beroperasi di hari Senin. Sedangkan angka 3 & 4 tidak boleh di hari Selasa, 5 & 6 tidak boleh di hari Rabu, 7 & 8 tidak boleh di hari Kamis, 9 & 0 tidak boleh di hari Jumat. Peraturan ini berlaku sejak pukul 07.00 pagi setiap harinya.

3. Sandal khusus toilet

photo via : susanneruettimann.files.wordpress.com

Orang Jepang terkenal dengan kebersihannya dan hal – hal yang berkaitan dengan higienis apalagi dengan yang berkaitan dengan toilet yang merupakan tempat banyak kuman. Untuk itu, orang Jepang biasa menyediakan sandal untuk digunakan di toilet. Untuk membedakan daerah dimana terdapat banyak kuman seperti lantai toilet dengan lantai ruangan biasa. Selain itu, hal tersebut merupakan hal untuk menjaga agar kuman-kuman ataupun penyakit yang biasanya ada di toilet agar tidak ke ruangan utama.

4. Dilarang berkebun dan membeli minuman keras

photo via : www.thelocal.de

Di Negara Swiss ada sebuah aturan yang pastinya aneh buat kalian. yang pertama, di Swiss orang-orang di negara ini dilarang untuk berkebun di hari Minggu, alasannya cukup sederhana yakni “berisik”. Memang hari minggu merupakan hari libur dan biasanya hari ini digunakan untuk beristirahat jadi wajar saja orang-orang disana tidak ingin terganggu istirahatnya karena suara-suara berisik saat berkebun

Aturan yang kedua adalah warga swiss dilarang keras untuk menujal, membeli, menyelundupkan dan juga memproduksi minum minuman beralkohol. Namun mereka diizinkan untuk mengkonsumsinya. Kalau ada aturan seperti itu gimana caranya yah ? yang jual saja gak ada, kalaupun ada beli juga gak boleh. Mungkin harus keluar negeri dulu baru bisa minum minuman beralkohol.

5. Laporan suap

photo via : i.ytimg.com

Korea saat ini terkenal dengan industri hiburannya baik itu Kdrama ataupun Kpopnya. Namun meskipun dengan hingar bingar industri perfilman yang ada saat ini, pasti kalian ga bakal nyagka kalau di korea ada aturan yang rada nyeleneh. Disini setiap polisi yang bertugas dijalan raya diwajibkan untuk membuat laporan. Tapi ini bukan laporan biasa loh, laporan yang wajib dibuat disini adalah laporan jumlah uang suap. Ya, kalian tidak salah dengar, para polisi di korea diwajibkan untuk membuat laporan berapa banyak uang suap yang mereka terima dari para pengendara motor ataupun mobil yang mereka tilang. Kalau di INdonesia sih uang begitu udah langsung masuk kantung, gak pakek lapor-lapor segala.

6. Pemulung

photo via : polresbangli.id

Aneh-aneh saja memang, di Indonesia meskipun profesi pemulung itu merupakan profesi yang dianggap kotor dan juga menjijikkan namun banyak orang yang menekuni profesi ini. Bukan karena pekerjaannya melainkan hasilnya juga yang membuat mereka tertarik untuk melakoninya. Jika di Indonesia banyak pemulung karena para pemulung bebas untuk mengambil apapun yang dibuang ataupun sudah menjadi sampah, lain halnya di Innggris. Mungkin bisa dibilang tidak ada pemulung di negara ini. Hal itu dikarenakan memulung ataupun memngambil barang yang meskipun telah dibuang akan mendapatkan hukuman. Hukumannya pun tak tanggung-tanggung, hukuman yang dikenakan pada para pemulung sama dengan hukuman pidana terorisme. Jadi kalian mungkin ga bakal bisa nemuin pemulung di negara ini.

7. Kalau mau mukul pakailah meja atau kursi

photo via : www.wwe.com

Beda budaya barat dan timur mungkin hal itu adalah yang paling tepat bisa kita katakan tentang hal ini. Jika disini orang-orang yang berkelahi khususya para pria, dikatakan jantan bilan berkelahi menggunakan tangan kosong alias tanpa senjata apapun. Namun jika kalian berkelahi di Italia, jangan pernah memukul orang disana dengan kepalan tangan kalian alias tangan kosong. Karena jika kalian memukul dengan kepalan tangan maka akan mendapat ancaman hukuman pidana penganiayaan. Namun jika kamu menggunakan meja ataupun kursi maka itu bisa dianggap membela diri. Jadi jika kalian berkelahi di Italia, jangan pernah menggunakan tangan kosong yah, pakailah meja ataupun kursi yang ada disekitarmu.

8. Dilarang Kencing

photo via : www.blogkesehatandian.com

Terdengar aneh bukan, namun hal konyol ini memang ada di salah satu negara di dunia yakni Kanada. Orang-orang di Kanada dilarang keras untuk buang air kecil di semua toilet yang ada di Kanada. Baik itu toilet umum, hotel maupun supermarket semua tempat-tempat yang ada di Kanada. Namun kalian hanya boleh kencing di toilet rumah kalian sendiri.

9. Surat ijin bersepeda

photo via : bp.blogspot.com

Jika disini ada SIM A, SIM B, B1, B2, dan SIM C sebagai syarat untuk pengendara kendaraan seperti motor, mobil, truk dan bus maka lain halnya dengan di negara Israel. Jika kalian sedang bokek alias tidak punya uang untuk membeli bensin, mungkin kalian akan menggunakan salah satu kendaraan yang lainnya seperti sepeda gayung. Namun jika kalian inggin emnggunakan sepeda di Israel, kalian harus punya surat ijin terlebih dahulu, kalau gak mungkin kalian bakalan kena tilang

10. Mau mampir buat mandi ?

photo via : stackpathdns.com

Salam seperti selamat pagi ataupun yang lainnya mungkin merupakan hal yang biasa kita katakan pertama kali pada orang-orang yang kita temui, baik itu diluar ataupun di dalam rumah. Namun tidak untuk orang Brazil, jika kalian punya teman orang brazil dan main kerumah mereka, meraka pasti akan menanyakan apakah kalian mau mandi di tempat mereka? Bagi kalian mungkin itu hal yang aneh. Namun untuk warga disana itu sama seperti sapaan dimana mereka hanya menawarkan untuk mampir ketempat mereka sambil ngopi bareng mungkin. Menawarkan untuk mandi itu bukanlah untuk mengatakan jika kalian bau ataupun kotor, meskipun mungkinsebelumnya kalian melakukan kegiatan di luar rumah seperti nge-gym ataupun berolahraga yang membuat kalian kotor dan berkeringat.

11. Menerima kartu nama dengan hati-hati

photo via : fthmb.tqn.com

Sebenarnya kebiasaan ini ada di Taiwan, namun tak jarang di Indonesia juga ada. Entah disadari ataupun tidak, saat orang memberi ataupun menerima sebuah kartu nama ataupun business card, untuk sopannya harus menggunakan 2 buah tangan dan saat memberi ataupun menerima juga harus hati-hati. Jika orang yang tidak tahu mungkan akan langsung tertawa. Bagaimana tidak, proses serah terima kartu nama saja seperti serah terima bom dimana harus hati-hati dan menggunakan dua tangan supaya bomnya tidak meledak.

12. Menunjuk dengan bibir

photo via : jokoegler.files.wordpress.com

Di Filipina dan juga Kolumbia, pasti hampir tidak bisa kalian temui orang-orang menunjuk sesuatu dengan jari mereka. Mengapa demikina, karena di beberapa kebudayaan, menunjuk dengan jari itu bisa dianggap sesuatu yang buruk dan menghina. Oleh karena itu saat berbicara orang FIlipina ataupun Kolumbia biasanya sedikit memonyongkan bibir mereka ke arah yang ingin mereka tunjuk. Buat kalian yang belum terbiasa ataupun ingin berlibur kesana, jangan salah artikan yah gerakan bibir yang mereka tampilkan tersebut sebagai tanda bahwa dia naksir kamu ataupun ingin mencium kamu.

13. Menyebrang jalan meskipun rame kendaraan

photo via : deviantart.net

Beberapa dari kita mungkin sudah terbiasa untuk menyebrang jalan di depan lampu merah guna menyebrangi zebra cross. Namun berbeda dengan di Mesir, seberapapun macetnya atau ramai nya kendaraan bermotor yang lalu lalang, orang orang tetap akan menyebrang. Di Mesir kalian akan senantiasa melihat fenomena ini diamana ada saja orang yang menyebrang meskipun jalanan sedang ramai. Hal seperti ini memang sudah menjadi kebiasaan orang-raong mesir. Kita juga tak bisa bilang aneh sih, bagaimana tidak akses untuk pejalan kaki terutama Zebra Cross amat jarang bisa ditemui disana. Jangan kan zebra cross, lampu merah saja tidak ada disana.

14. Wajib memberi tip atau malah hukuman

photo via : blog.greens.org.nz

Kebiasaan ini biasanya ada di bisnis hotel ataupun restoran dan tidak terkecuali khususnya ada di amerika utara, dimana yang menggaji pelayan itu bukanlah bos mereka melain para pelanggan yang makan di sana. Jika kalian makan dan merasa puas dengan pelayanan mereka kalian bisa memberikan tip sebesar 15% hingga 20% dari harga yang tercantum di dalam bill. Mereka yang di amerika utara ini juga apabila mereka merasa sedang kesal ataupun tidak mood, meskipun pelayanan yang diberikan pelayan itu bagus tetap saja tidak akan mendapatkan tip karena semuanya ditentukan oleh kondisi emosional dari sang pelanggan.

15. Selalu bawa korek

photo via : bukalapak.com

Mungkin terdengar konyol, tapi inilah yang terjadi di Turki. Dimana mayoritas penduduk yang ada disana merupakan perokok, Jadi jika kalian pergi kesana, untuk dapat lebih bersosialisasi dengan penduduk setempat, kalian wajib membawa korek api. Begitu pula orang-orang disana yang pastinya selalu membawah korek api ataupun pemantik api. Walaupun belum mereka yang membawa itu adalah perokok.

16. Tidur di siang bolong

photo via : intellibed.com

Di Spanyol kebiasaan ini sungguh nyata, jika kalian mungkin jika hari libur tidur di siang hari mungkin wajar. Namun di negara ini kebiasaan ini menuju ke level yang lebih tinggi, dimana semua orang di sapnyol tidur di siang hari karena cuaca yang panas disana. Bahkan ada waktu lebih dari 2 jam break bagi para pegawai dan tempat-tempat kebanyakan tutup pada waktu tersebut. Pada jam-jam tersebut kebanyakan orang mencari tempat yang pas untuk berteduh dan tidur.

Baca Juga