Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerutan Wajah

Dibuat oleh blogunik

Tak bisa dipungkiri lagi seiring dengan bertambahnya usia, keriput di wajah pun akan muncul. Harvard Health Publishing mengatakan, ketika usia masih muda maka lemak di wajah merata dan memenuhi dahi, pelipis, pipi dan sekitar mata dan mulut.

Namun dengan bertambahnya usia, lemak tersebut menghilang dan membuat kulit mengendur. Selain efek usia, ternyata ada beberapa kebiasaan yang membuat kulit wajah cepat berkerut lho? Apa saja itu? Berikut ini kebiasaan yang dapat menyebabkan kerutan di wajah.

1. Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari Langsung

Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerutan Wajah

photo via daily.al

Tak bisa dihindari lagi, setiap hari kita tentunya beraktivitas dibawah terik matahari yang cukup panas. Siapa yang menyangka, ternyata terlalu sering menghabiskan waktu di luar ruangan diterpa sinar matahari ini dapat menyebabkan kerutan pada kulit. Maka dari itu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya untuk kulit gunakan sunscreen di bagian tubuh yang rentan mengalami paparan sinar matahari secara langsung.

2. Lupa Menggunakan Sunscreen

Sebelum beraktivitas baik itu di dalam ataupun diluar ruangan sebaiknya gunakan sunscreen. Sunscreen ini sangat ampuh melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung. Pilihlah sunscreen yang memiliki SPF 30 atau lebih serta pastikan produk sunscreen tersebut tahan air. Buat kalian yang sering berkendara, wajib pakek ini.

3. Membersihkan Riasan Wajah Dengan Kasar

Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerutan Wajah

photo via eri-eden.com

Tak bisa dipungkiri, setelah selesai bekerja rasa lelah melanda dan rasanya ingin segera merebahkan badan ini diatas kasur. Hal ini juga yang mendorong beberapa orang menghapus riasan wajah dengan kasar dan asal-asalan. Selain meninggalkan sisa riasan yang membuat wajah tidak bisa bernafas.

Menghapus riasa secara kasar dan asal ini juga dapat menyebabkan kerutan dibawah mata. Hal ini karena kulit diarea tersebut sangat tipis sehingga memerlukan cara khusus ketika dibersihkan.

Untuk membersihkan riasan diarea mata, kamu bisa melakukannya dengan cara tuangkan cairan pembersih riasan mata di kapas. Kemudian letakkan dibagian mata yang ingin dibersihkan. Tunggulah selama beberapa detik, kemudian barulah hapus riasanya secara perlahan. Jangan pernah kamu menggosok-gosoknya sekalipun kamu sedang menggunakan maskara waterproof atau eyeliner waterproof.

4. Sering Menyemprotkan Parfum Di Leher

Meskipun wajah terlihat masih kencang, namun kenapa leher terlihat keriput? Mungkin ini disebabkan karena kebiasaan menyemprotkan parfum di leher. Parfum sendiri mengandung alkohol yang bisa menjadi photosensitive jika terkena sinar matahari. Inilah yang membuat kulit leher menderita karena terkena sengatan matahari. Jika kebiasaan ini terus dilakukan bisa menyebabkan keriput dan pigmentasi.

5. Sering Menggosok Area Mata

Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerutan Wajah

photo via pikiran-rakyat.com

Kamu tahu tidak, ternyata kebiasaan menggosok-gosok area mata dapat mempercepat area kulit mata menjadi keriput. Area mata sangatlah sensitif dan mudah memecah kolagen sehingga semakin sering menggosok area mata maka keriput yang muncul di area mata semakin besar. Selain menggosok, ternyata menarik area mata ketika menggunakan eyeliner atau softlens juga dapat mempengaruhi.

6. Sering Mengernyitkan Dahi atau Menyipitkan Mata

Kebiasaan ini pastinya sering dilakukan beberapa orang, beberapa gerakan seperti mengernyitkan dahi atau menyipitkan mata ini dapat meningkatkan kerutan pada wajah. Gerakan ini membuat kontraksi pada area wajah yang dapat membuat kulit berkerut, jika kebiasaan ini sering dilakukan kerutannya pun akan terlihat lebih dalam.

7. Kurang Tidur dan Posisi Tidur Yang Salah

Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerutan Wajah

photo via my.theasianparent.com

American Academy of Sleep Medicine mengatakan kurang tidur dapat mempengaruhi fitur wajah seperti lingkaran gelap dibawah mata dan menghambat pergantian sel di kulit wajah. Jika ini terus menerus dilakukan, tidak dipungkiri akan timbul keriput di wajah. Maka dari itu,pastikan jika kamu tidur minimal 7 jam sehari.

Selain itu posisi tidur juga mempengaruhi, merapatkan wajah ke bantal atau tidur hanya dengan satu sisi bisa mempercepat munculnya keriput di wajah. Sebaiknya kamu tidur telentang dan melentakkan bantal dibawah lutut untuk mencegah berguling ke samping.

8. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis

Buat kamu yang suka dengan makanan yang manis-manis, sebaiknya dibatasin deh. Soalnya mengkonsumsi makanan yang manis-manis secara berlebihan dapat membentuk senyawa berbahaya dalam aliran darah dan senyawa ini dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit sehingga menyebabkan kulit cepat kendur serta munculnya keriput. Maka dari itu sebaiknya tidak terlalu berlebihan ketika mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

9. Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Kerutan Wajah

photo via pacificadentist.com

Kebiasaan mengunyah permen karet ternyata juga dapat menyebabkan kerutan di wajah lho. Kebiasaan ini tentunya akan memaksa mulut untuk terus bergerak dengan berbagai macam bentuk, hal ini akan membuat banyak kerutan di sudut mulut.

10. Terlalu Sering Minum Dengan Sedotan

Menurut seorang cosmetic dentist Dr. Lana Rozenberg, minum dengan menggunakan sedotan membuat kamu terlalu sering mengerucutkan bibir sehingga bisa meningkatkan risiko munculnya keriput dini di area tersebut.

11. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya menyebabkan gangguan pada kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan kamu memiliki kulit berkeriput. Hal ini dikarenakan rokok memiliki kandungan nikotin yang dapat menimbulkan kerutan dan kekusaman pada kulit. Apalagi pada saat merokok, mulut akan terus-terusan mengerucut dan melakukan isapan. Inilah yang membuat kulit wajah penuh kerutan dan wajahmu akan terlihat tampak lebih tua dari usiamu yang seharusnya.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kerutan di wajah. Selain mengubah kebiasaan-kebiasaan itu, kamu juga harus merawat kulit wajah yang tepat dan mengatur pola hidup yang sehat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.