Kerambit, Senjata Paling Berbahaya di Dunia Asli Indonesia

3 tahun lalu, by blogunik

Kerambit atau Karambit, merupakan senjata tradisional asal Indonesia yang dinobatkan menjadi paling mematikan di dunia. Bentuknya kecil dan imut. Namun sangat berbahaya sebab mampu menyayat atau merobek anggota tubuh lawan. Hebatnya lagi, senjata ini bisa melumpuhkan musuh secara cepat dan tak terdeteksi. Sabetan kerambit bila mengenai tubuh lawan, dari luar memang tampak seperti luka sayatan kecil, namun pada bagian dalam tubuh bisa menimbulkan akibat yang sangat fatal karena urat-urat yang putus. Berdasarkan sejarah tertulis, kerambit berasal dari Minangkabau, lalu kemudian dibawa oleh para perantau Minangkabau berabad yang lalu dan menyebar ke berbagai wilayah, seperti Jawa, Semenanjung Melayu dan lain-lain.

Menurut cerita rakyat, bentuk kerambit terinspirasi oleh cakar harimau yang memang banyak berkeliaran di hutan Sumatera pada masa itu. Senjata di sebagian besar kawasan nusantara, pada awalnya merupakan alat pertanian yang dirancang untuk menyapu akar, mengumpulkan batang padi dan alat pengirikanpadi.

Namun berbeda dengan kerambit, yang sengaja dirancang lebih melengkung seperti kuku harimau, setelah melihat harimau bertarung dengan menggunakan cakarnya, hal ini sejalan dengan falsafah Minangkabau yang berbunyi Alam takambang jadi guru. Kerambit akhirnya tersebar melalui jaringan perdagangan Asia Tenggara hingga ke negara-negara seperti Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina dan Thailand.

Menurut Tambo Minangkabau, kerambit merupakan jenis senjata asli Sumatera Barat, termasuk senjata khas andalan yang sangat berbahaya. Pada masa dahulu, permainan senjata kerambit di propinsi itu hanya diwarisi oleh para Datuk atau kalangan Raja, tidak sembarang orang menguasai permainan yang dianggap rahasia dan hanya untuk kalangan tertentu saja.

Guru Besar Silat Harimau, Edwel Yusri Datuk Rajo Gampo Alam, mengatakan kerambit merupakan warisan nenek moyang Minangkabau yang dulunya digunakan sebagai senjata rahasia.

“Dulunya dipakai oleh pasukan harimau untuk membunuh dan menculik, bentuk melengkungnya juga leluasa dipakai untuk mencongkel kunci pintu,” katanya.

Kerambit, katanya, dahulu diyakini dapat melumpuhkan ilmu kebal karena pisau genggam itu dibuat dari tujuh campuran logam. Kerambit akan dikeluarkan saat terdesak, seusai bertarung dengan tangan kosong.

Menurutnya, kerambit kini perlahan mulai dikenal kembali oleh pemuda terutama anak-anak muda masa kini. Sebelumnya, bahkan keberadaan pisau yang terkenal di berbagai negara itu, banyak yang tidak mengetahuinya.

Semakin populernya silat di dunia, senjata ini pun ikut terkenal. Beberapa perusahaan senjata besar di Amerika Serikat memproduksi Kerambit dalam jumlah banyak.

https://www.youtube.com/watch?v=HyJYqWMeSh4

Save

Artikel Terkait