Kesalahan Medis Pada Pasien Yang Berakibat Fatal Bahkan Menyebabkan Kematian



Kesalahan bisa saja terjadi pada setiap orang yang bekerja dalam bidang kesehatan dan melayani orang sakit. Tentu saja setiap dokter tidak ada yang dengan sengaja mencelakakan pasiennya, namun dalam prakteknya ada saja kesalahan-kesalahan yang dilakukan baik itu dari kesalahan alat ataupun human eror yang berakibat fatal bagi kesehatan pasiennya. Berikut ini kesalahan medis pada pasien yang berakibat fatal :

 

1. Salah Pasien

Photo via : http://www.kolomherbal.com

Nasib apes dialami seorang perempuan berusia 67 tahun yang harus merasakan tindakan operasi yang tidak seharusnya ia lakukan. Seharusnya ia menjalani operasi otak, akan tetapi wanita ini menjalani tindakan operasi jantung. Ironisnya dokter yang menanganinya sadar setelah satu jam wanita itu tergeletak di meja operasi dan dokter telah melakukan torehan-torehan di dada, artery, alur dalam sebuah tabung dan snaked atas ke dalam hatinya.

 

2. Salah Mengambil Testis

Photo via : www.sciencesource.com

Kejadian ini dialami oleh Benjamin Houghton yang harus kehilangan testisnya yang sehat, karena dokter melihat adanya gangguan pada testis sebelah kiri dan diputuskan untuk melakukan tindakan pengangkatan testis. Malangnya, bukan testis sebelah kiri yang diangkat, malahan testis kanan yang sehat.

 

3. Salah Membedah Otak

Photo via : www.newscientist.com

Kesalahan ini sangat fatal karena tidak hanya sekali tetapi dalam waktu satu tahun Rumah Sakit Rhode Island ini melakukan tindakan bedah otak kepada pasiennya. Kesalahan pertama adalah dokter membuat lubang di sisi yang salah pada pasiennya, yang kedua adalah seorang pria berusia 86 tahun yang kehilangan nyawanya karena bedah otak. Yang ketiga adalah perempuan berusia 82 tahun yang melakukan tindakan bedah untuk menghentikan pendarahan pada otaknya, pada CT scan jelas terlihat bahwa yang mengalami pendarahan adalah bagian otak kiri namun dokter melakukan operasi pada otak kanannya.

 

4. Salah Menanam Sperma

Photo via : www.merries.co.id

Nancy Andrews menjalani program bayi tabung dan membuahkan hasil, Nancy akhirnya hamil dan melahirkan seorang bayi pada tanggal 19 Oktober 2004. Keinginan Nancy dan Suami untuk mendapatkan anak yang lebih menarik dari orangtuanya, pihak rumah sakit meminta keduanya untuk tes DNA. Namun setelah itu dokter malah dengan sengaja menanam sperma pria lain ke dalam rahim Nancy.

 

5. Salah Cangkok Jantung dan Paru-paru

Photo via : thewell.northwell.edu

Seorang gadis bernama Jesica Santillan berusia 17 tahun meninggal dunia karena kerusakan otak dan komplikasi setelah operasi cangkok jantung dan paru-paru. Jesica ternyata menerima jantung dan paru-paru dari pendonor dengan golongan darah A sedangkan dia memiliki golongan darah O. Operasi tersebut bukannya membuat keadaan Jesica membaik, namun malahan berakibat fatal.

 

6. Salah Mengambil Ginjal

Photo via : http://www.downvids.net

Setelah di vonis memiliki tumor yang berpotensi berubah menjadi kanker, dokter merujuknya ke rumah sakit Park Nicollet Metodhist. Setelah itu dokter di rumah sakit melakukan operasi, dan ternyata dokter salah mendiagnosa dan saat tim patologi melakukan pemeriksaan terhadap ginjal yang diangkat ternyata ginjal tersebut utuh, sehat dan berfungsi dengan baik.

 

7. Retractor Tertinggal Di Dalam

Photo via : medicalexpo.com

Donald Church berusia 49 tahun, memiliki tumor di perut ketika ia tiba di Universitas Washington Medical Center di Seattle pada bulan Juni 2000. Setelah melakukan operasi tumor tersebut sudah hilang, namun sebuah retractor sepanjang 13 inci di dalam perut. Beruntung, Dokter ahli beda mampu mengangkat retractor tersebut setelah ditemukan dan ia tidak mengalami kesehatan jangka panjang akibat kesalahan tersebut.

 

8. Salah Membuang Kaki

Photo via : nyulangone.org

Kasus ini yang paling terkenal yaitu kasus kesalahan pemotongan kaki di Tampa, Florida. Hal ini dialami oleh pria berusia 52 tahun bernama Willie King, saat prosedur pemotongan pada Februari 1995. Akibat kesalahan fatal tersebut, rumah sakit tersebut di cabut lisensinya selama 6 bulan dan denda 10.000 US$ dan membayar 900.000 US$ terhadap Willie King dan terakhir tim operasi membayar juga 250.000 US$ terhadap King.

 

9. Salah Bypass Arteri

Photo via : www.getholistichealth.com

Dua bulan setelah dua kali operasi bypass jantung untuk menyelamatkan hidupnya, mantan pembawa acara Saturday Night Live mendapat berita jika ahli bedah jantung yang melakukan bypass salah arteri. Butuh waktu lain operasi darurat untuk menghapus blockage yang mengancam membunuh pria berusia 45 tahun ini. Pembawa acara inipun menuntut pihak rumah sakit dengan mengatakan ahli bedah telah melakukan kesalahan fatal.

 

10. Bangun Ketika Di Operasi

Photo via : http://www.i-vigilant.co.uk

Pria dari Virginia ini mengaku terbangun dari pingsannya ketika dioperasi dan merasakan setiap sayatan dari pisau bedah yang dilakukan oleh dokter. Hal ini membuatnya trauma selama dua minggu, kemudian ia mengajukan tuntutan ke Rumah Sakit Umum Raleigh Beckley, W.Va.

 

11. Meninggal Karena Dehidrasi

Photo via : http://www.safetysign.co.id

Kane Gorny berusia 22 tahun dirawat di St George Hospital, Tooting, London Selatan. Gorny tidak mendapatkan segelas air di rumah sakit tersebut. Ia begitu putus asa dan menelepon polisi dari ranjangnya karena ia begitu haus. Perawat dan dokter terus mengabaikan permintaannya untuk air dan ia meninggal pada hari berikutnya karena dehidrasi. Staf yang merawat Gorny mengatakan jika ia memiliki fiksasi dengan air.

 

12. Salah Tabung

Photo via : midatlanticmilkbank.org

Alicia Coleman berusia 19 bulan, ketika itu ia dan ibunya pergi ke rumah sakit Omaha, Nebraska. Dia memiliki kejang dan serangan jantung setelah obat itu tidak benar dialihkan ke dalam sistemnya. Alicia lahir 12 bulan dan memiliki gangguan pencernaan namun sudah membaik. Ibu Alicia mengatakan, perawat keliru memberikan Alicia obat yang dirancang untuk memperlambat penyerapan makanan, melalui jalur sentral untuk hatinya daripada melalui tabung pengisi Alicia, karena hal inilah yang menyebabkan kejang dan jantung berhenti. Para dokter berusaha menyelamatkan Alicia selama lebih dari satu jam. Namun pihak rumah sakit mengatakan mereka percaya kesalahan medis menyebabkan kematian Alicia tidak disengaja.

 

13. Kehilangan Semua Gigi

Photo via : foxnews.com

Christopher Crist 21 tahun, mengalami sakit gigi sehingga ia pergi ke dokter gigi. Crist pergi ke Amazing Family Dental Di Indianapolis, Indiana. Ia mengatakan agar mencabut 3 giginya, namun saat terbangun ia menemukan bahwa semua giginya telah dicabut. Sekarang ia hidup tanpa gigi.

 

14. Salah Operasi Mata

Photo via : https://en.wikipedia.org

Jesse Matlock berusia 4 tahun, ia pergi ke rumah sakit untuk memperbaiki matanya yang rusak. Namun yang terjadi adalah matanya salah di operasi. Operasi tersebut dilakukan di Legacy Emanuel Medical Center di Portland, Oregon. Dokter mengatakan ia tidak menyadari dia telah mengoperasi mata yang salah sampai operasi selesai.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >