Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif Dan Bisa Kamu Teladani

2 minggu, by blogunik

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

Hari gini siapa sih yang nggak tau Google? Hampir semua orang menggunakannya, bahkan warga Indonesia sendiri memiliki julukan khusus untuk menyebut mesin pecari informasi terbesar didunia ini, dengan sebutan “Mbah Google”. Pasalnya, layaknya mbah-mbah yang telah mencicipi asam garamnya kehidupan, Google pun mampu membantu manusia untuk memberikan informasi apa pun yang orang-orang butuhkan.

Google sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di California. Hingga kini, Google masih menjadi salah satu perusahaan software terbesar di dunia. Jika ditanya siapa pendiri Google? Maka jawabannya adalah Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya merupakan mahasiswa Pascasarjana Doktoral (di luar negeri bergelar PhD) Stanford University di California, Amerika Serikat.

Namun belakangan ini, nama Sundar Pichai mendapat sorotan dunia. Pasalnya, Sundar Pichai, yang sebelumnya adalah wakil presiden dari manajemen produk, kini sukses diangkat sebagai Pemimpin dan CEO Google dunia berkat prestasi dan pengaruhnya diperusahaan terknologi besar Google Inc. Tak hanya menjadi CEO Google, Pria berkebangsaan India ini juga menjabat posisi CEO di perusahaan induknya yakni Alphabet.

Sejumlah produk Google yang dirilis ke pasaran saat ini, merupakan campur tangan Pichai dalam perancangannya. Sebut saja seperti Chrome, Gmail, Google Maps, Google Drive, dan sistem operasi Android adalah deretan produk yang pernah ditanganinya. Bergabung dengan Google pada 2004, Pichai meniti kariernya dari bawah. Lalu 11 tahun berselang ia diangkat jadi CEO, dan pada 2019 juga memimpin Alphabet.

Kesuksesan yang diraih Pichai tentu tak datang begitu saja. Kisah hidup yang dijalaninya bisa dianggap sebagai bukti bahwa hard work never betrays you. Sangat menginspirasi, kali ini Blog Unik akan mengulik tentang Biografi Sundar Pichai serta kisah sukses perjalanan hidup Sundar Pichai hingga berhasil menjadi CEO Google dunia serta menjadi sosok dan tokoh utama dibalik kesuksesan Google. Seperti apa kisahnya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Biografi singkat Sundar Pichai

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via latestgkgs.com

Sundar Pichai lahir dengan nama Pichai Sundararajan di kota Chennai, India selatan pada 12 Juli 1972. Ia berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya, Regunatha Pichai adalah seorang mandor di perusahaan peralatan listrik GEC asal Inggris, dan ibunya, Lakshmi Pichai seorang stenographer. Ia memiliki satu saudara. Keluarganya tinggal di sebuah apartemen kecil yang hanya memiliki 2 kamar, di mana Sundar dan saudaranya terkadang tidur di ruang tamu yang sempit.

2. Masa-masa sulit Sundar Pichai

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via deccanchronicle.com

Sundar Pichai tumbuh besar di apartemen dua kamar bersama orang tua dan saudara laki-lakinya. Tidak ada kemewahan di masa kecil itu, tidak ada mobil bahkan televisi. Untuk bepergian, mereka harus berdesakan di bus kumuh atau memakai sepeda motor jenis Vespa yang baru bisa dibeli setelah menabung tiga tahun. Bahkan mereka tak segan untuk berhimpitan naik vespa berempat sekaligus.

3. Tertarik dengan teknologi sejak kecil

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via wikibio.in

Sang ayah berkisah anaknya itu sudah tertarik teknologi sejak belia. Pada umur 12 tahun, keluarga Sundar memasang telepon. Ingatan Pichai tergolong luar biasa. Ia mampu mengingat setiap nomor telepon yang pernah diputarnya di pesawat telepon bertombol putar. Pichai juga dikenal sebagai seorang yang sangat cerdas dan kreatif. Ia menjadi lulusan terbaik secara akademis di sekolahnya.

Meski begitu, Pichai menghabiskan masa remajanya di berbagai sekolah berbeda. Ia menyelesaikan pendidikannya di kelas 10 dari Sekolah Jawahar Vidyalaya, lalu menempuh kelas 12 di Vana Vani School yang terletak di area kampus IIT (Indian Institute of Technology), Chennai.

4. Memiliki otak cemerlang dan masuk di universitas bergengsi India

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via inet.detik.com

Pichai yang otaknya cemerlang sejak kecil, masuk universitas bergengsi India yakni Indian Institute of Technology Kharagpur mengambil jurusan metalurgi. Karena kecerdasannya tersebut Pichai mendapatkan penghargaan Institute Silver Medal. Pichai lulus tahun 1993 dan berhasil meraih beasiswa S2 dari Stanford University di Amerika Serikat jurusan ilmu materi dan semikonduktor.

5. Membuat permainan digital

Ketertarikan Pichai pada teknologi mendorongnya untuk membuat sebuah permainan digital. Ia mengembangkan permainan catur. Permainan tersebut bisa dibilang sukses dan banyak disukai masyarakat India.

6. Mengikuti program beasiswa S2 di Stanford University meski terhalang dana

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via blog.google

Setelah lulus dari Indian Institute of Technology Kharagpur pada tahun 1993, Pichai meraih beasiswa S2 dari Stanford University di Amerika Serikat jurusan ilmu materi dan semikonduktor. Namun sayangnya, biaya untuk tiket penerbangan dan ongkos lainnya harus ditanggung sendiri. Sang ayah, Regunatha Pichai yang jadi tulang punggung keluarga, mencoba untuk meminjam uang untuk menutupinya. Tapi ia gagal sehingga harus menguras seluruh tabungannya. Tak hanya itu, Setiba di Negeri Paman Sam, Pichai justru merasa waswas. Pasalnya, biaya hidup di Amerika lebih mahal dibanding di negara asalnya.

Pichai harus hidup hemat dan sempat homesick. Waktu itu dia sudah punya pacar di India bernama Anjali sehingga harus menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Syukurnya, Pichai tidak merasa kesulitan saat menempuh pendidikan di Stanford. Ia berhasil mendapatkan gelar masternya, kemudian kembali kuliah di University of Pennsylvania Wharton School untuk mendapatkan gelar MBA.

7. Sempat Drop Out

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via techno.okezone.com

Sundar Pichai awalnya berniat meniti karir sebagai akademisi dan sukses meraih gelar Master of Science dari Stanford. Namun saat menjalani pendidikan Ph.d, dia malah drop out dan sempat membuat orang tuanya panik. Pichai memilih bekerja sebagai engineer dan product manager di Applied Materials, sebuah perusahaan semikonduktor.

8. Awal karir Sundar Pichai

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via koalahero.com

Sebelum bergabung dengan Google, Sundar Pichai terlebih dahulu bekerja di sebuah perusahaan semikonduktor, Applied Materials. Selain itu ia juga sempat bekerja di perusahaan konsultan McKinsey & Co.

Barulah pada tahun 2004, bertepatan dengan perayaan April Mop, ia mendapatkan wawancara kerja di Googleplex atau di hari yang sama Google merilis Gmail. Akhirnya ia pun diterima bekerja di Google sebagai pimpinan manajemen produk dan inovasi perangkat lunak Google yang kini meliputi Google Chrome, Chrome OS, dan Google Drive.

Selain itu, ia juga bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi seperti Gmail dan Google Maps. Inovasi awal yang ia dibawa ke Google saat itu ialah menambahkan fitur toolbar pada halaman pencarian.

Fitur itu pun sukses mencuri perhatian di tahun keduanya bekerja, tahun 2006. Microsoft bahkan mengikutinya dan menjadikan Bing sebagai mesin telusur default di Internet Explorer. Pichai kemudian berhasil meyakinkan para Founder Google, Sergey Brin dan Larry Page, bahwa Google harus membuat peramban (browser) sendiri. Hasilnya, perusahaan itu pun kini memiliki Google Chrome yang telah banyak digunakan di seluruh dunia.

9. Perjalanan karir Sundar Pichai

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via asiatimes.com

Pada 2013, Pichai kemudian mengambil alih divisi sistem operasi Android. Salah satu usaha terbesar yang pernah dijalani olehnya ialah dengan menghadirkan smartphone Android One, yakni ponsel pintar yang ditujukan di kawasan negara berkembang karena harganya yang murah. Pencapaian lainnya yakni akuisisi perusahaan Nest pada 2014 dan mengembangkan sistem operasi Chrome OS.

10. Menempati posisi CEO Google di tahun 2015

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via inet.detik.com

Tepatnya pada tahun 2015, Sundar didapuk menjadi Chief Executive Officer (CEO) Google menggantikan sang pendiri Google, Larry Page. Saat itu Google memang akan merestrukturisasi kembali perusahaannya dengan membuat perusahaan induk bernama Alphabet. Larry Page mengatakan jika Pichai memiliki kemampuan yang luar biasa dalam melihat masa depan dan memobilisasi supertim produk disekitarnya.

11. Sukses dengan gaji yang fantastis

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via gadgetsnow.com

Sukses didapuk sebagai CEO Google dunia, tentu penghasilan Sundar Pichai membuat banyak orang penasaran. Dilansir dari Finansialku.com, Pichai mendapatkan gaji US$650.000 atau setara dengan Rp8,6 miliar pada 2016. Angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan gajinya pada 2015 yang mencapai US$652.500 atau setara dengan Rp8,7 miliar. Tak hanya gaji, pria yang sudah lama bekerja di Google dan menjabat jadi CEO sejak Agustus 2015 ini mendapatkan penghasilan dari saham Google yang jika diuangkan mencapai US$198,7 juta pada 2016. Angka itu setara dengan Rp 2,64 triliun.

Penghasilan Pichai dari saham Google dilaporkan meningkat dua kali lipat dibandingkan penghasilan sahamnya pada 2015 dengan nilai US$99,8 juta atau setara dengan Rp1,32 triliun. Jika diakumulasi, keseluruhan penghasilan Pichai, baik dari gaji maupun saham senilai US$199,7 juta atau setara dengan Rp2,66 triliun, naik dua kali lipat dari sebelumnya US$100,6 juta atau setara dengan Rp1,34 triliun dan tentunya akan terus bertambah.

12. Fakta unik dari Sundar Pichai

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via id.wikipedia.org

Orang-orang sukses biasanya identik dengan kebiasaan bangun pagi, namun berbeda dengan sosok sukses di dunia Google satu ini. Orang nomor satu di Google ini malah mengungkap kebiasaan yang tak disangka-sangka soal bangun pagi. Pichai mengaku suka bangun tidur lebih siang dibanding waktu bangun tidur normal pada umumnya. Setiap harinya, pria yang tumbuh di keluarga sederhana tersebut bangun tidur antara pukul 6.30 dan 7.00. Setelah itu, ia membaca koran dan menenggak teh favoritnya sebelum akhirnya beranjak ke markas Google.

13. Kehidupan pribadi Sundar Pichai

Kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google Yang Inspiratif

photo via ibtimes.com

Sundar Pichai bertemu pasangan hidupnya, Anjali Pichai di IIT. Anjali adalah teman sekelas yang kemudian dilamarnya di tahun terakhir kuliah. Meski sempat LDR lantaran Pichai harus menyelesaikan gelar Master-nya di Amerika, namun kedua sejoli ini akhirna menikah dan kini sudah memiliki dua anak dan tinggal di Bay Area, San Fransisco.

Itulah sepenggal kisah hidup Sundar Pichai, CEO Google dunia yang sangat inspiratif. Kisah Sundar Pichai mengajarkan bahwa apapun latar belakangmu, selama seseorang bekerja keras dan mau sedikit berkorban untuk mewujudkannya, maka mereka bisa mencapai kesuksesan yang diimpikan. Seperti Sundar Pichai yang lahir dari keluarga biasa di India yang bahkan tak bisa membeli televisi kala dia kecil, namun Sundar kini berharta triliunan sebagai CEO Google. Sungguh pengorbanan keluarganya mendidik dengan sepenuh hati di tengah kekurangan, dibalas dengan prestasi luar biasa olehnya. Di bawah kepemimpinan Pichai, Google berhasil menaikkan pendapatan dengan core iklan dan bisnis You Tube. Mereka juga mengembangkan investasi di mesin pembelajaran, hardware, dan komputer.

Artikel Terkait