9 Jenis Kopi Terbaik Indonesia Yang Berkualitas Ekspor

3 minggu lalu, by blogunik

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor

0

Kamu pecinta kopi? Mau tahu jenis kopi lokal asli Indonesia dengan kualitas terbaik? Simak ulasan Blog Unik berikut ini ya.

Sebagian rakyat Indonesia gemar meminum kopi, bukan karena untuk teman begadang namun cenderung sudah menjadi kebiasaan orang-orang Indonesia untuk menikmati secangkir ataupun segelas kopi pada pagi, siang ataupun malam hari.

Karena kebiasaan orang Indonesia yang gemar meminum kopi, nggak heran mengapa Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbaik, bahkan pada 2021, pasokan kopi diprediksi mencapai 795 ribu ton dengan konsumsi 370 ribu ton, sehingga terjadi surplus 425 ribu ton.

Dengan jumlah tinggi pasokan kopi tersebut, Indonesia, sebagai produsen kopi keempat di dunia, banyak mengekspor kopi ke mancanegara. Setidaknya ada lebih dari 10 jenis kopi asli Indonesia yang diminati oleh pasar Internasional. Kira-kira jenis kopi apa saja? Untuk itu, yuk kita cari tahu jenis-jenis kopi Indonesia yang memiliki kualitas ekspor! Check it out guys!

1. Kopi Aceh Gayo

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Aceh-Gayo

photo via sentrakopi.com

Kopi Aceh Gayo adalah jenis kopi Arabica yang diproduksi di daerah Aceh Tengah, tepatnya di dataran tinggi Gayo. Kopi Aceh Gayo ini tumbuh subur di dataran tinggi daerah Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, dan wilayah Gayo Lues. Jadi nggak heran Aceh menjadi salah satu daerah terbesar penghasil biji kopi arabika sebanyak 40 persen dari total seluruh panen di Indonesia. Bahkan jenis kopi ini sudah terkenal di berbagai belahan dunia.

Kopi Aceh Gayo ini mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat. Dengan berbagai kenikmatan dan aroma yang unggul dari jenis kopi arabica lainnya, nggak heran dunia Internasional menganugrahi Fair Certified™ sebagai bentuk apresiasi untuk kopi Aceh Gayo sebagai kopi terbaik didunia.

Kopi Aceh Gayo sendiri saat ini sudah di ekspor ke berbagai negara seperti Kawasan asia, Amerika dan Eropa. Meskipun memiliki kualitas ekspor, namun masyarakat Aceh sendiri memiliki cara penyajian tradisional yang khas. Kopi ini tidak diseduh seperti kebanyakan cara membat kopi lainnya, melainkan kopi dan air direbus dalam panci secara bersamaan hingga mendidih, lalu dituang kedalam gelas yang sudah berisi susu dan gula. Wah siapa nih yang mau mencoba nikmatnya Kopi Aceh Gayo?\

2. Kopi Toraja

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Toraja

photo via goodnewsfromindonesia.id

Selain Kopi Aceh Gayo, kopi asal Indonesia yang juga memiliki kualitas ekspor selanjutnya adalah Kopi Toraja. Mungkin kalian sudah nggak asing lagi dengan merk kopi satu ini. Yup karena selain di ekspor keluar negeri, kopi toraja juga bisa dengan mudah kita temukan diberbagai pusat perbelanjaan dan juga pusat oleh-oleh khas Indonesia.

Kopi Toraja sendiri merupakan kopi yang berasal dari Sulawesi Selatan tepatnya di pegunungan Toraja. Proses olahan kopi ini menggunakan metode giling basah yang membuat kopi Toraja ini memiliki aroma yang khas. Bahkan aroma khas dari kopi satu ini sudah terkenal di dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan sudah banyak tersebar di Jepang dan Amerika. Hebatnya lagi, saat ini kopi Toraja dianggap sebagai minuman premium, bahkan sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang bernama Key Coffee sejak 2005.

Dianggap sebagai salah satu jenis kopi terbaik, kopi Toraja memiliki dua varian, yaitu Toraja Arabika dan Toraja Robusta. Keduanya memiliki rasa dan kualitas kopi yang khas Indonesia, seperti kayu manis atau kapulaga. Rasanya ini tidak terlalu kuat dan aftertaste-nya pun terasa lembut dan halus di langit-langit mulut.

Selain itu. kopi Toraja biasanya tidak menyisakan after taste pahit yang bagi sebagian orang terasa mengganggu. Sensasi pahit yang ditimbulkan dari kopi Toraja hanya ada di awal dan hilang dalam sekali teguk. Kopi Toraja dan mayoritas kopi lainnya yang tumbuh di Sulawesi cenderung punya rasa earthy,seperti rasa tanah atau hutan dengan kandungan asam rendah.

3. Kopi Kintamani, Kopi Terbaik Indonesia dari Bali

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Kintamani-Bali

photo via balikami.com

Selain tempat wisata eksotis yang kerap ditawarkan oleh Bali, ternyata Bali juga terkenal dengan produksi kopinya yang kerap diburu oleh wisatawan. Tepatnya di daerah Kintamani Bali, terdapat kopi yang memiliki ciri khas yang berbeda dari yang lain serta memiliki kualitas ekspor yang tak perlu diragukan lagi.

Kopi Kintamani Bali ini memiliki cita rasa yang khas yakni menyajikan rasa pahit sekaligus cita rasa jeruk. Pasalnya, dikutip dari CNNIndonesia.com, konon rasa jeruk pada kopi tersebut dihasilkan karena kebun kopi di Kintamani bertetangga dengan kebun jeruk yang juga menjadi ciri khas dari Kintamani. Karena sekilas memiliki cita rasa jeruk, After taste dari kopi Kintamani Bali ini memberikan rasa yang segar sehingga menjadi ciri khas dari kopi Kintamani Bali ini. Ada juga yang mengatakan bahwa kopi Kintamani Bali ini memiliki rasa pahit dan asam diawal namu setelah diteguk rasa pahit berganti dengan rasa manis.

Proses pengolahan kopi Kintamani Bali ini sendiri dilakukan secara tradisional menggunakan metode irigasi Bali. Pengolahan secara manual itulah yang lantas mengeluarkan aroma kopi yang lebih kuat. Bukan hanya menjadi oleh-oleh buruan para wisatawan mancanegara, namun kopi Kintamani Bali ini juga telah diekspor ke Jepang Perancis dan negara Eropa lainnya.

4. Kopi Flores Bajawa

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Flores-Bajawa

photo via qoo10.co.id

Tak kalah dengan Bali, Flores juga memiliki produk kopi berkualitas ekspor terbaik yang kerap diburu oleh wisatawan mancanegara. Disebut dengan kopi Flores Bajawa, kopi nusantara berjenis arabika ini pun sudah mendunia dan diekspor ke sebagian besar wilayah Amerika.

Berbeda dengan kebanyakan kopi di Indonesia, kopi Arabika dari kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur, punya rasa dominan cokelat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty. Aromanya pun dapat menggiurkan setiap orang yang menghirupnya. Tekstur dari kopi Bajawa juga cukup kental dan sedikit asam namun tetap aman bagi lambung.

Kopi Flores Bajawa sendiri ditanam pada ketinggian 1.000-1.550 meter di atas permukaan laut (mdpl) di perkebunan kopi yang berada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

5. Kopi Papua Wamena

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Papua-Wamena

photo via instagram.com/kopiiyata

Kopi asli Indonesia yang berkualiatas ekspor selanjutnya adalah kopi Papua Wamena. Kopi ini memiliki rasa yang unik dengan aroma cokelat dan floral yang menjadi ciri khasnya serta rasa asam yang sedang dan body medium. Saat diseduhpun, kopi Papua Wamena memiliki teksur yang ringan dan tanpa asam. Sangat harum dan tidak meninggalkan rasa asam di lidah.

Kopi Papua ini adalah jenis kopi arabika yang ditanam di Lembah Baliem pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kopi-kopi ini ditanam menggunakan alat-alat tradisional dimana tidak menggunakan pupuk kimia ataupun pestisida. Bisa dibilang, kopi Papua Wamena ini ditanam secara organik sehingga baik untuk kesehatan. Sayangnya, kopi yang memiliki kualitas ekspor ini masih kesulitan dalam mendistribusikannya, sehingga turis mancanegara yang ingin mencicipinya harus datang ke Indonesia tepatnya ke Papua untuk mendapatkannya.

6. Kopi Robusta Temanggung

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Robusta-Temanggung

photo via blanja.com

Bukan hanya terkenal karena tembakaunya, namun Temanggung, Jawa Tengah juga terkenal dengan hasil kopinya. Kualitas kopi Temanggung bahkan tidak bisa dikatakan remeh karena memiliki kualitas ekspor yang cukup disegani didunia.

Dengan brand kopi bernama Robusta Temanggung, kopi yang dipanen di wilayah Temanggung ini memiliki rasa yang unik. Budidaya kopi yang ditanam di antara pohon tembakau, mengakibatkan hasil panen kopi temanggung menyerap karakter bau tembakau segar dari sekelilingnya, yang menghasilkan gabungan citarasa kopi yang berbeda yakni aroma tembakau dengan rasa pahit yang pekat dan mendominasi.

Kopi satu ini sangat autentik dan digemari tidak hanya masyarakat Indonesia namun juga wisatawan mancanegara. Bahkan kopi Robusta Temanggung ini sudah diekspor ke negara-negara di Eropa, Timur Tengah hingga Amerika Latin.

7. Kopi Liberika Meranti

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Liberika-Meranti

photo via bukalapak.com

Selain jenis kopi arabika dan robusta, ada juga jenis kopi liberika yang terkenal dari kepulauan Meranti, Riau. Kopi ini tumbuh di lahan rawa gambut dan sebagian lagi tumbuh di tanah mineral. Lokasinya berada di Desa Kedaburapat, Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau.

Salah satu hasil produk kopi liberika ini adalah Kopi dengan nama Liberika Meranti. Kopi ini memasarkan produknya dari dalam negeri hingga luar negeri seperti negeri Jiran Malaysia dan juga Singapura. Kopi Liberika Meranti memiliki aroma dan ciri khas tersendiri yaitu memiliki aroma coklat dan rasa buah nangka.

8. Kopi Ijen Raung

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Ijen-Raung

photo via travel.kompas.com

Beberapa daerah di pulau Jawa juga menjadi daerah penghasil kopi berkualitas ekspor. Salah satunya adalah kopi dari pulau jawa yang sangat terkenal dan mendunia yang bernama kopi Ijen Raung. Kopi satu ini merupakan jenis kopi arabika khas Bondowoso.

Dikutip dari IDNTimes.com, satu kontainer kopi Java Ijen Raung khas Bondowoso pertama kali diekspor pada 2011, tapi popularitasnya di luar negeri kian meroket. Hingga 2016, Indonesia berhasil mengekspor 43 kontainer atau setara dengan 858,91 ton kopi. Kopi Java Ijen Raung punya ciri khas unik yakni rasa sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Tingkat asamnya sedang, tapi cenderung ke asam Jawa daripada citrus.

9. Kopi Luwak

Berbagai-Jenis-Kopi-Indonesia-Berkualitas-Ekspor-Kopi-Luwak

photo via id.dropjual.co

Pastinya kalian sudah nggak asing lagi dengan kopi luwak yang merupakan kegemaran orang Indonesia. Bukan hanya orang Indonesia lho, pasalnya kopi luwak juga menjadi incaran para pencinta kopi diseluruh dunia. Nggak heran kenapa kopi Luwak disebut sebagai salah satu kopi asal Indonesia berkualitas ekspor terbaik.

Seperti yang kita tahu, kopi Luwak dihasilkan dari proses yang unik. Yaitu dengan memanfaat luwak untuk memilih biji kopi terbaik. Luwak yang memakan biji kopi ternyata tidak bisa mencerna biji kopi yang dimakannya sehingga kotorannya masih menyisakan biji kopi. Biji kopi dari kotoran luwak tersebutlah merupakan biji-biji kopi terbaik yang layak diproses menjadi kopi bercita rasa tinggi.

Saat ini kopi luwak menjadi kopi terbaik dan termahal di dunia asli produk indonesia. Bahkan kopi luwak sudah diekspor ke negara-negar di kawasan Eropa. Tidak hanya itu, kopi jenis ini pun telah memiliki agen pemasaran resmi berkantor pusat di Polandia.

Nah itulah beberapa jenis kopi Indonesia terbaik yang memiliki kualitas ekspor yang wajib kamu ketahui. Mana nih yang menjadi favorit kalian?

0
Artikel Terkait