Deretan Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar Beserta Alasannya

5 bulan, by blogunik

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar

Korea Selatan memang dikenal memiliki segudang grup idol kpop yang memiliki wajah rupawan dan berbakat. Bahkan untuk membentuk sebuah grup idol, setiap agensi berlomba-lomba mendebutkan sebuah idol grup dengan konsep yang unik dan lagu-lagu yang enak di dengar agar dilirik oleh publik. Namun karena banyaknya grup idol membuat persaingan ketat terjadi di industri musik Korea. Tak jarang ada beberapa grup idol kpop yang harus menelan pahit karena mereka harus bubar. Berikut ini deretan grup kpop idol yang sudah bubar beserta alasannya

1. X1

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - X1

Photo via instagram.com/x1official101

Siapa coba yang tidak mengenal idol kpop populer satu ini yaitu X1. X1 sendiri merupakan grup idol yang dibentuk oleh CJ E&M melalui acara kompetisi realitas Mnet Produce X 101. X1 sendiri terdiri dari 11 anggota yaitu Kim Yo Han, Kim Woo Seok, Han Seung Woo, Song Hyeong Jun, Cho Seung Youn, Son Dong Pyo, Lee Han Gyul, Nam Do Hyon, Cha Jun Ho, Kang Min Hee, dan Lee Eun Sang.

Idol kpop ini pun debut dibawah naungan Swing Entertainment dan Stone Music Entertainment. Untuk kontrak sendiri, kontrak mereka akan berakhir dalam waktu 5 tahun sejak debut dengan kontrak eksklusif selama dua setengah tahun dan kontrak non-eksklusif selama dua setengah tahun. Setelah kontrak mereka berakhir, mereka akan kembali berpromosi dengan agensi awal mereka.

X1 sendiri resmi debut pada 27 Agustus 2019, di awal munculnya X1 mereka berhasil mencuri perhatian masyarakat lewat single debut mereka berjudul “Flash”. Mereka juga berhasil menjadi idol kpop rookie terpopuler pada saat itu. Namun sayangnya perjalanan karir mereka yang tengah cemerlang ini diterpa rumor tidak sedap terkait manipulasi voting acara “Produce X 101”. Hingga akhirnya X1 pun resmi dibubarkan pada 6 Januari 2020.

2. Wanna One

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - Wanna One

Photo via banjarbaruweb.com

Sama seperti X1, Wanna One dibentuk oleh CJ E&M melalui acara kompetisi survival “Produce 101 season 2” pada tahun 2017. Wanna One memiliki 11 anggota yang terdiri dari Kang Daniel, Park Ji-hoon, Lee Dae-hwi, Kim Jae-hwan, Ong Seong-wu, Park Woo-jin, Lai Kuan-Lin, Yoon Ji-sung, Hwang Min-hyun, Bae Jin-young dan Ha Sung-woon. Grup ini pun debut pada 7 Agustus 2017 dibawah naungan YMC Entertainment dan CJ E&M. Namun pada 31 Mei, Wanna One pindah agensi ke Swing Entertainment dimana agensi ini menjadi perusahaan management eksklusif untuk Wanna One.

Wanna One resmi debut dalam acara bertajuk Wanna One Premier Show-Con di Gocheok Sky Dome pada 7 Agustus 2017. Mereka juga merilis mini album debut “1×1=1 (To Be One) pada 8 Agustus 2017 dengan singel utama berjudul “Energetic”. Kemudian pada 13 November, Wanna One merilis album “1-1=0 (Nothing Without You)” dengan singel utama berjudul “Beautiful”. Grup ini terbilang sangat sukses bahkan Wanna One menjadi grup Korea ke-3 yang telah menjual 1 juta kopi album debut mereka.

Mereka juga melakukan tur dunia pertama mereka yang bertajuk “One: The World” yang di mulai pada 1 Juni dan akan mengunjungi 13 kota berbeda di seluruh dunia. Kemudian pada 18 Desember 2018, Swing Entertainment merilis pernyataan resmi bahwa kontrak grup akan berakhir. Wanna One pun secara resmi dibubarkan pada tanggal 31 Desember 2018 dan melakukan konser terakhir mereka bertajuk “Therefore’ yang diadakan selama 4 hari berakhir pada 27 Januari 2019.

3. Boyfriend

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - Boyfriend

Photo via inikpop.com

Boyfriend adalah grup idol kpop yang dibentuk oleh Starship Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari Kim Donghyun, Shim Hyunseong, Lee Jeongmin, Jo Youngmin, Jo Kwangmin dan No Minwoo. Grup ini juga bisa dikatakan boygrup pertama yang memiliki anggota kembar yaitu Jo Youngmin dan Jo Kwangmin. Mereka memulai debutnya di Mnet M!Countdown pada tanggal 26 Mei 2011 dengan merilis singel debut mereka “Boyfriend”.

Setelah mengakhiri promosi untuk “Boyfriend” mereka kemudian mempromosikan lagu “You & I” yang menerima banyak respon positif dari kritikus musik. Pada 6 Oktober mereka merilis singel kedua “Don’t Touch My Girl” dan singel ketiga “I’ll Be There” dirilis pada tanggal 8 Desember dan lagu ini memuncak pada peringkat ke-2 di tangga lagu Gaon. Boyfriend juga menandatangani kontrak dengan agensi Jepang “Being” dan mereka merilis album Jepang spesial pertama mereka berjudul “We Are Boyfriend” pada 6 Juni. Mereka pun menandai debut mereka dengan mengadakan showcase pada 30 Juni di Nippon Budokan. Tak hanya itu saja, Boyfriend juga menjadi artis luar pertama yang menyanyikan lagu untuk anime “Hitomi no Melody” lagu ini dipilih sebagai lagu penutup untuk “Detective Conan”.

Di awal tahun 2014, Boyfriend sukses menggelar tur di benua Amerika dan seusai tur mereka merilis sebuah single di Jepang. Namun setelah lama berkarir di industri musik Korea Selatan, Starship Entertainment pun mengumumkan bahwa Boyfriend resmi dibubarkan bersamaan dengan kontrak para member dengan manajemen yang sudah habis. Mereka pun resmi bubar pada 17 Mei 2019.

4. Nine Muses

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - Nine Muses

Photo via femaleonklik.com

Nine Muses adalah girlgrup asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Star Empire Entertainment. Nine Muses resmi debut pada 12 Agustus 2010 dengan single “No Playboy’ sekaligus merilis mini album pertama “Let’s Have A Party”. Pada awalnya Nine Muses terdiri dari 9 member hingga Jae Kyung meninggalkan grup untuk menjadi model.

Pada tahun 2010 Hyuna bergabung di grup, sementara itu Rana dan Bini meninggalkan grup pada tahun 2011. Kemudian Nine Muses menjadi sembilan orang lagi setelah Kyungri dan Sungah bergabung pada tahun 2012. Pada tanggal 10 Oktober mereka pun mengumumkan nama fans club resmi yaitu “MINE” dan mereka pun mengumumkan pada acara Walk With The Start pada 17 November 2012 bahwa mereka akan melakukan comeback pada Januari 2013.

Namun sayangnya Nine Muses yang sudah berkarir sejak tahun 2010 harus bubar pada tanggal 24 Feburari 2019. Hal ini diumumkan oleh pihak manajemen yaitu Star Empire. Mereka merilis penyataan dan menyebut girlgroup yang pada akhirnya bertahan dengan 4 member ini akan resmi bubar setelah menggelar fanmetting bertajuk “Remember”. Group ini bubar karena sejumlah alasan seperti kontrak sudah hampir selesai.

5. A-JAX

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - A-JAX

Photo via last.fm

A-JAX adalah boygrup yang dibentuk oleh DSP Media pada tahun 2012. Pada awal karirnya, mereka dikenal sebagai DSP Boyz namun kemudian diganti menjadi A-JAX. A-JAX memiliki 5 member yang terdiri dari Hyeongkon, Yunyoung, Seungjin, Seungyeop, dan Junghee.

Boygroup ini melakukan penampilan pertama di TV sebagai grup di MBC Music Making the Star – DSP Boyz pada tanggal 24 April. A-JAX sendiri membuat debut resminya dengan singel berjudul “One 4 U” pada tanggal 1 Juni dan di Jepang pada tanggal 8 Agustus 2012 dengan lagu yang sama.

Namun sayangnya boygrup ini memutuskan untuk bubar setelah debut selama 7 tahun, mereka resmi bubar pada tanggal 31 Maret 2019. Bubarnya boygrup ini dikarenakan kontrak eksklusif kelima anggotanya telah berakhir. Setelah berakhirnya kontrak mereka, para anggota A-JAX pun akan terus berkarir dengan cara mereka masing-masing di industri hiburan Korea Selatan.

6. Myteen

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - Myteen

Photo via koreanarea.com

Myteen adalah boygrup asal Korea Selatan yang dibentuk oleh The Music Works pada tahun 2016. Grup ini terdiri dari 7 member yaitu Lee Taevin, Chunjin, Eunsu, Kim Kookheon, Shin Junseop, Song Yuvin, dan Hanseul. Myteen sendiri resmi debut pada tahun 2017 dengan merilis album mini pertama mereka “MYTEEN GO!” dimana album ini teridri dari 7 lagu termasuk single utama yaitu “Amazing”. Mereka juga melakukan showcase debut mereka di IIchi Art Hall pada hari yang sama dengan perilisan album. Mereka juga melakukan debut panggung resmi pertama di acara musik M Countdown keesokan harinya.

Pada tahun 2018, Myteen merilis album kedua mereka F:UZZLE dimana album ini terdiri dari 7 lagu termasuk singel utama “She Bad” dan mereka juga menggelar showcase comeback di IIchi Art Hall pada hari yang sama dengan perilisan album. Kemudian pada tahun yang sama pada tanggal 24 Oktober mereka debut dengan lagu She Bad versi Jepang dibawah naungan Ponycanyon. Selanjutnya masih di tahun yang sama di tanggal 30 Desember, The Music Works mengkonfirmasi bahwa Lee Tae Vin keluar dari Myteen. Ia akan lebih fokus untuk berakting setelah tak lagi menjadi member Myteen.

Pada tahun 2019, dua anggota Myteen yaitu Song Yu Vin dan Kim Kook Heon ikut berpartisipasi dalam acara Produce X 101. Keduanya mampu bertahan cukup lama namun Kim Kook Heon tereliminasi dengan berada di posisi ke-21 dan tidak masuk ke babak final. Sedangkan Song Yu Vin sempat meraih posisi cukup tinggi di peringkat aman dan berhasil masuk ke babak final. Namun saat babak final ia tidak masuk ke final line up. Namun sayangnya pada tanggal 21 Agustus 2019 salah satu membernya yaitu Eun Su merilis surat tentang pembubaran grupnya. Ia menulis bahwa Myteen resmi dibubarkan dan setiap anggotanya akan memilih jalan yang berbeda.

7. 14U

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - 14U

Photo via inikpop.com

14U merupakan boygrup yang dibentuk oleh BG Entertainment, grup ini debut pada tanggal 22 Juli 2017 dengan ‘VVV”. 14U ini terdiri dari 14 member yaitu E.Sol, Luha, Gohyeon, B.S, Loudi, Eunjae, Woojoo, Dohyuk, Hyunwoong, Sejin, Youngwoong, Rio, Gyeongtae, Gun dan Doyul. Grup ini cukup menyedot perhatian para penggemar Indonesia karena salah satu membernya yaitu Loudi berasal dari Indonesia.

Setelah 2 tahun debut secara tiba-tiba mereka mengumumkan pembubaran. Pembubaran ini dikarenakan beredar kabar masalah antara member menjadi salah satu alasannya. Dikutip dari Xportsnews yang mencoba untuk menyelidiki permasalahan ini lebih dalam, pihaknya merilis sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan. Dimana salah satu member disebut memiliki hubungan terlarang dengan seorang staf. Namun agensi membantah semua rumor dengan alasan tidak berdasar dan mengada-ada.

8. Pristin

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - Pristin

Photo via kprofiles.com

Pristin adalah girlgroup Korea Selatan yang dibentuk oleh Pledis Entertainment. Pristin sendiri memiliki jumlah anggota sekitar 10 yang terdiri dari Nayoung, Roa, Yuha, Eunwoo, Rena, Kyulkyung, Yehana, Sungyeon, Xiyeon dan Kyla. Sebelumnya dua anggotanya yaitu Nayoung dan Kyulkyung pernah mengikuti acara Produce 101 dan mereka didebutkan sebagai anggota girlgroup proyek I.O.I.

Setelah masa kontrak I.O.I selesai, Nayoung dan Kyulkyung pun debut sebagai anggota girlgroup Pristin dan mereka melakukan debut pada tanggal 21 Maret 2017 dengan album mini mereka yaitu Hi! Pristin. Dari awal kemunculannya, Pristin sukses menarik perhatian penggemar karena lagunya mudah diingat dan vokal yang tetap stabil ketika tampil diatas panggung. Selain itu, Pristin juga menangani sendiri proyek pembuatan albumnya dimana hal ini cukup berbeda dari idol kebanyakan. Proses penciptaan lagu ini berlangsung hingga pembuatan mini album kedua sekaligus album terakhir mereka.

Setelah 2 tahun debut, kabar tidak mengenakan datang dari girlgroup ini. Dimana girlgroup bentukan Pledis Entertainment ini dibubarkan dan tentunya hal ini menjawab tanda tanya para penggemar mengenai masa hiatus Pristin yang sudah lebih dari setahun. Selain itu kontrak Nayoung, Roa, Yuha, Eunwoo, Rena, Xiyeon dan Kyla juga diputus oleh Pledis Entertainment, hanya Kyulkyung, Yehana dan Sungyeon yang bertahan dengan agensi ini. Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan Pledis Entertainment, tak disebutkan secara jelas penyebab pembubaran Pristin. Mereka hanya menjelaskan bahwa keputusan membubarkan Pristin diambil lewat diskusi panjang antara agensi dan anggota grup ini. Pristin resmi bubar pada tanggal 24 Mei 2019.

9. Stellar

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - Stellar

Photo via solopos.com

Stellar adalah girlgroup yang dibentuk oleh The Entertainment Pascal pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari Minhee, Hyoeun, Soyoung, Youngheun, Gayoung dan Jeonyul. Grup ini mampu menarik perhatian karena awalnya diproduksi oleh Eric Mun yang merupakan anggota boyband Shinhwa.

Mereka debut dengan single “Rocket Girl” pada bulan Agustus 2011, gagal dengan singel debut mereka kemudian Stellar mulai melakukan perubahan gaya dan merilis “UFO” yang dirilis pada tahun 2012. Kemudian pada tahun 2013 Stellar mulai bekerja dengan tim produksi MonoTree dengan merilis “Study” yang memberi pengalaman sederhana lalu berhasil dan menjadi single pertama mereka pada grafik diatas 100 dari Gaon Digital Chart.

Namun pada tahun 2014, Stellar menjadi girlband yang banyak diperbincangan karena mereka mengadopsi tema yang lebih provokatif. Mereka merilis video musik vulgar di lagu Marionette dan MV ini dianggap tidak cocok untuk anak dibawah umur. Kemudian pada tahun 2015 mereka merilis “Vibrato” dan melanjutkan di lagu”Sting” di tahun 2016. Namun pada bulan Februari 2018 Stellar resmi dibubarkan karena para membernya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak.

10. Madtown

Grup Kpop Idol Yang Sudah Bubar - Madtown

Photo via soompi.com

Madtown adalah boygroup yang dibentuk oleh J.Tune Camp pada tahun 2014. Boygroup ini terdiri dari Moos, Daewon, Lee Geon, Jota, Heo Jun, Buffy dan H.O. Madtown merilis album debut mereka pada 6 Oktober 2014 dengan judul “Mad Town”. Pada 9 Oktober mereka menampilkan debut stage di M Coundown dan setelah itu mereka merilis album debut secara fisik.

Pada 9 Maret 2015, J. Tune Camp mengunggah teaser video musik untuk lagu baru mereka “New World” di saluran YouTube resmi mereka. Kemudian 3 hari setelahnya mereka mengunggah MV untuk “New World. Pada hari yang sama, J.Tune Camp merilis album mini kedua “Welcome to Madtown” secara digital dan pada 16 Maret mereka merilis album mini kedua secara fisik. Madtown diketahui merilis album hingga 2016 hingga pada awal 2017 Madtown menandatangi kontrak dengan agensi baru yaitu GNI Entertainment.

Pada tahun 2017 sebelum resmi dibubarkan Madtown sempat menjalani masa hiatus karena grup ini tidak memiliki jadwal. Pasalnya, CEO dari agensi GNI Entertainment ditangkap terkait kasus penipuan. Setelah ditingal sang CEO, satu persatu pegawai GNI Entertainment meninggalkan perusahaan termasuk staf, pegawai eksekutif hingga menajer. Hal ini pun membuat anggota MadTown terlantar dan tidak ada yang mengurus karena kekosongan di pihak manajemen.

Kemudian salah satu mantan anggota yaitu H.O mengungkapkan bahwa kurang terkenal menjadi salah satu alasan mengapa Madtown memilih untuk bubar. Sejak mereka debut pada tahun 2014, grupnya tidak terlalu banyak dikenal dan kurang menghasilkan bagi perusahaan mereka sehingga para anggota memutuskan untuk memilih berkarir sendiri-sendiri.

 

Itulah beberapa deretan grup kpop idol yang sudah bubar. Beberapa group diatas ada yang bubar karena masalah dengan agensinya dan ada juga yang memilih untuk berkarir solo. Apapun keputusan yang mereka buat, kita sebagai penggemar hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk mereka.

0
Artikel Terkait