Aneka Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits Dengan Cita Rasa Yang Lezat

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

Jogja tak hanya dikenal dengan objek wisatanya saja, namun juga dikenal memiliki beraneka ragam kuliner. Kuliner Jogja ini juga dikenal memiliki rasa yang sangat nikmat yang bakalan bikin kamu ketagihan deh. Untuk menu kulinernya sendiri tergolong banyak, namun beberapa kulinernya dikenal paling hits dan rasanya pun sangat lezat. Kira-kira kuliner apa saja itu? Berikut ini aneka kuliner Jogja kekinian yang lagi hits dengan cita rasa yang lezat.

15 Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

1. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/foodgram_yk

Jangan ngaku ke Jogja jika kalian belum mencicipi kuliner lezat di Angkringan Kopi Joss Lik Man ini. Angkringan ini dikenal dengan racikan kopinya yang sangat khas. Dimana segelas kopi yang sudah diseduh dengan air panas ditambahkan dengan potongan arang yang membara dari tungku. Pertemuan antara arang panas dan kopi seduh pun terdengar membuat kopi di dalam gelas mengepul dan berbuih serta bersuara khas, Josssssss…..

Tak hanya kopi, disini juga menyediakan aneka makanan yang enak-enak seperti nasi kucing dan beraneka ragam sate mulai dari ayam, puyuh, kerang, keong hingga usus ayam. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, tidak akan membuat dompetmu jebol deh.

  • Alamat : Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 16.00 – 02.00

2. Bakso dan Es Buah PK

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/kulinerjogya

Penyuka bakso wajib nih kunjungi kuliner di Jogja satu ini yaitu Bakso dan Es Buah PK. Tempat makan ini ternyata sudah ada sejak tahun 1973, maka dari itu tak perlu diragukan lagi rasanya. Meskipun hanya tenda kaki lima, kulinernya memiliki cita rasa yang sangat enak seperti bakso daging sapinya yang enak dan es buahnya yang begitu segar.

Dalam semangkuk es buah terdiri dari buah nangka, kelapa muda, blewah, sawo, alpukat dan cincau hitam. Potongan buah-buahan ini kemudian ditambahkan dengan es serut dan tak lupa susu kental manis dan sirup yang akan membuat rasanya tambah enak.

Karena kepopulerannya ini tak heran jika warung ini sellau ramai akan pembeli. Jangan kaget jika kamu harus mengantre untuk mencicipi kuliner lezat di Jogja satu ini ya!

  • Alamat : Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 10.00 – 18.00

3. Bakso Klenger Ratu Sari

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/baksoklenger

Kabar bahagia buat para penggemar bakso, di Bakso Klenger Ratu Sari ada beraneka ukuran bakso lho mulai seukuran kerikil hingga super jumbo juga ada. Seperti namanya klenger, disini kamu bisa makan bakso hingga kenyang.

Menu andalan mereka disini yaitu bakso daging sapi dengan varian bakso halus dan urat. Sama seperti bakso lainnya, bakso disini juga memiliki isian seperti telur ayam, keju, tetelan hingga cabe rawit.

Meskipun memiliki ukuran yang beragam, bakso disini terjamin sudah matang karena setiap ukurannya direbus hingga benar-benar matang. Untuk cara penyajian hampir sama seperti bakso pada umumnya dimana terdiri dari mie kuning dan bihun, irisan sawi serta pangsit goreng.

Jika kamu memesan bakso dengan ukuran jumbo, biasanya telah disiapkan pisau untuk memotongnya karena tidak memungkinkan untuk dimakan secara langsung dengan mulut. Bakso ukuran jumbo ini juga menjadi pilihan yang tepat jika berencana makan bareng teman-teman atau keluarga.

  • Alamat : Jl. Wahid Hasyim No.296, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 10.00 – 22.00

4. Cilok Gajahan

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/cilok_gajahan

Sebenarnya camilan satu ini dikenal sebagai kuliner Bandung, tapi dengan seiring berjalannya waktu makanan ini sudah bisa dinikmati di kota lainnya seperti Jogja. Ketika kamu sedang ingin mencicipi cilok, coba deh kunjungi Cilok Gajahan yang ada di Jl. Kadipaten Kulon No.97, Kraton, Yogyakarta.

Cilok disini memiliki tekstur yang empuk dan dicampur dengan daging sapi sehingga rasanya sangat nikmat dan bikin nagih. Satu porsi cilok ini bisa kamu cicipi bersamaan dengan sambal, saus dan kecap. Duh…bikin ngiler kan? Yuk buruan datangi tempatnya langsung untuk mencicipinya. Namun untuk mencicipinya kamu mesti sabar antre karena cilok Gajahan ini selalu ramai pembeli. Rasa lelahmu mengantre akan terbayar dengan rasa ciloknya yang menggoyang lidah.

  • Alamat : Jl. Kadipaten Kulon No.97, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 13.30 – 18.00

5. Gudeg Mbah Lindu

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/defhappytummy

Tak lengkap rasanya jika membicarakan tentang kuliner Jogja tanpa mencantumkan Gudeg Mbah Lindu. Kuliner satu ini memang sudah sangat legendaris dan wajib sekali dicoba jika datang ke Jogja. Untuk mencicipinya kamu bisa datang lebih cepat karena biasanya sudah banyak lauk gudeg yang habis.

Seporsi Gudeg Mbah Lindu ini dibandrol dengan harga Rp. 15.000 – Rp. 20.000. Untuk rasa tentu saja tak perlu diragukan lagi, rasanya pun semakin autentik karena dimasak dengan cara tradisional menggunakan tungku batu dan kayu bakar.

Meskipun di Jogja banyak yang berjualan gudeg namun setiap pedagang pastinya memiliki ciri khas tersendiri. Seperti milik Mbah Lindu yang gudegnya termasuk jenis basah yang masih mengandung air. Seporsi gudeg Mbah Lindu berisi nasi gudeg yang dilengkapi dengan krecek serta opor. Sederhana namun rasanya itu loh bikin nagih.

  • Alamat : Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 05.30 – 11.00

6. Gudeg Manggar Manding

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/darmayanti_liantono

Selain gudeg Mbah Lindu ada juga Gudeg Manggar Manding yang terletak di Jl. Parangtritis No. 11,5 Bantul, Yogyakarta. Gudeg Manggar ini cenderung menonjolkan rasa gurih dengan teksturnya yang renyah, cocok untuk kalian yang ingin menyantap gudeg dengan rasa yang berbeda.

Gudeg Manggar ini terbuat dari bunga pohon kelapa yang masih muda dimasak bersama santan dan bermacam bumbu yang dimasak hingga berjam-jam lamanya. Selain gudeg terdapat juga aneka makanan lainnya seperti brongkos, ayam goreng, ikan gurame, olahan ikan tawar dan beragam sayur serta sambal.

  • Alamat : Jl. Parangtritis No.11,5, Kadibeso, Sabdodadi, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 09.00 – 21.00

7. Jenang Bu Gesti

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/jogjabikinlaper

Meskipun ada banyak sekali makanan modern yang muncul, namun kuliner tradisional ini masih tetap disukai banyak orang. Seperti makanan satu ini yaitu Jenang Bu Gesti. Jenang Bu Gesti ini sudah ada sejak tahun 1950-an dan hingga kini rasa jenangnya tidak berubah sama sekali masih sama seperti dulu.

Disini ada beberapa jenang seperti jenang candil, jenang sumsum putih, jenang sumsum coklat dan jenang mutiara. Menariknya kamu bisa lho memesan keempat jenis tersebut dalam satu hidangan. Satu porsi jenang ini biasanya disiram dengan santan segar yang bakalan membuatmu ketagihan.

Jenang Bu Gesti ini juga menjadi langganan Sri Sultan Hamengkubuwono X, Presiden Soeharto dan Presiden Megawati. Bahkan alm. Pak Bondan Winarno juga pernah mencicipi jenang legendaris ini.

  • Alamat : Jl. Tegal Kemuning No.183, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 08.00 – 11.30

8. Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/kulinerjogja

Tak hanya bakso saja yang menjadi primadona orang Indonesia, mie ayam juga menjadi salah satu makanan yang banyak disukai dan mudah ditemui dimana saja. Khususnya di Jogja, kamu bisa mengunjungi Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu yang berada di Jl. Imogiri Tim. No 187 Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Mie ayam ini konon sudah buka sejak awal tahun 1990-an sehingga tak perlu diragukan lagi rasanya. Berkat rasanya yang nikmat ini hampir setiap hari warung ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Bahkan kamu harus rela antri jika berkunjung pada saat jam makan siang. Tapi jika kamu memang ingin mencicipinya usahakan datang saat warung mulai buka.

Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu ini banyak penggemarnya karena menggunakan mie yang dibuat sendiri sehingga ukuran mienya lumayan besar namun kenyal ketika dikunyah. Mienya ini kemudian disiram dengan kuah kental kecoklatan yang begitu gurih, manis dan kaya akan rempah-rempah. Daging ayamnya juga cukup besar-besar dan teksturnya empuk. Duh…pasti pada ngiler kan? Yuk buruan kunjungi Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu di Jogja.

  • Alamat : Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 10.00 – 17.00

9. Nasi Goreng Sapi Padmanaba

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/makanlagih

Nasi goreng menjadi salah satu makanan primadona banyak orang karena selain enak, makanan satu ini juga tergolong murah meriah dan pastinya mengenyangkan. Bagi para penggemar nasi goreng, wajib deh cobain Nasi Goreng Sapi Padmanaba yang berada di Jogja.

Jika dilihat tampaknya tidak berbeda dari nasi goreng pada umumnya nasi goreng ditambah telor mata sapi saja. Namun ketika nasi goreng ini sudah disantap, barulah kalian kaget akan rasanya yang nikmat.

Nasi goreng ini kaya akan rempah-rempah dan aromanya pun enak. Kenikmatan nasi goreng ini ditambah juga dengan adanya potongan daging sapi yang empuk serta emping yang gurih.

  • Alamat : Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 18.00 – 00.00

10. Nasi Campur Teri Gejayan

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/javafoodie

Ketika kamu sedang berada di JOgja dan kebetulan perutmu merasa lapar di malam hari. Kunjungi saja warung makan satu ini yaitu Nasi Campur Teri Gejayan. Meskipun hanya warung sederhana yang berada di pinggir jalan, rasa makanannya bikin nagih.

Seperti namanya, kuliner satu ini terkenal dengan terinya yang gurih dan asin dipadukan dengan oseng-oseng dan tak lupa sambal ijonya yang nampol abis. Disini juga ada beragam lauk lainnya yang bisa kamu cicipi seperti lele goreng, telur dan pete.

Karena kelezatan dari masakannya, tak heran jika warung ini selalu ramai pengunjung. Dan untuk kalian yang ingin mencicipinya, disini sudah tersedia kursi plastik dan tikar untuk lesehan.

  • Alamat : Jl. Affandi No.5, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 21.30 – 03.30 (Senin – Tutup)

11. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/gendut_kulineran

Suka dengan kuliner pedas? Yuk kunjungi Oseng-oseng Mercon Bu Narti yang berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.110, Notoprajan, Ngampilan, Jogja. Kuliner satu ini berdiri sejak tahun 1998 ketika negara sedang dilanda krisis ekonomi.

Sesuai dengan namanya oseng-oseng mercon, kuliner ini dikenal dengan rasanya yang sangat pedas. Menyantap makanan ini akan membuatmu mengeluarkan keringat bahkan menangis karena kepedasan. Tapi rasa pedas inilah yang membuatnya nikmat jika kamu menyukai makanan pedas.

Makanannya terbilang sederhana hanya nasi putih panas ditemani dengan oseng-oseng yang berisi kikil, gajih, kulit dan tulang muda. Ditambah dengan irisan cabe rawit, mmmm…..pastinya akan membangkitkan selera makanmu.

  • Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan No.110, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 16.00 – 23.00

12. Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/gendut_kulineran

Penikmat rujak wajib cobain kuliner satu ini deh namanya Rujak Es Krim Pak Nardi Pakualaman, segarnya rujak dipadukan dengan es krim. Kuliner ini berada di pinggir jalan dan sudah sejak dulu kuliner ini sangat disukai orang-orang.

Seporsi rujak es krim berisi serutan aneka buah-buahan segar kemudian diberi topping es krim diatasnya. Rasa rujaknya yang cenderung manis, jika ingin pedas kalian bisa menambahkan sambal yang telah disediakan. Es krimnya sendiri begitu lembut di lindah dan cocok sekali dikombinasikan dengan rujaknya.

Ternyata penjual rujak es krim ini sudah ada sejak 1978 dan hingga kini masih menjadi kuliner Jogja yang hits serta wajib dicicipi. Untuk tempatnya sendiri cukup nyaman karena telah disediakan kursi-kursi plastik jika ingin makan di tempatnya langsung.

  • Alamat : Jl. Harjowinatan, RT.44/RW.10, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 09.00 – 16.00

13. Sate Klathak Pak Pong

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/semarangfoodhunter

Sate Klathak Pak Pong tak boleh dilewatkan jika membicarakan tentang kuliner Jogja yang hits. Sate ini memiliki cita rasa yang khas, dimana bumbunya cukup sederhana yaitu menggunakan garam, bawang putih dan kemiri saja. Meskipun bumbunya sederhana, rasanya sangat nikmat dan bikin ketagihan. Tak lupa ketika penyajian menggunakan kuah gulai. Tak ketinggalan rasanya bikin enak ini berkat menggunakan daging kambing yang fresh.

Cara memasak sate ini juga sedikit berbeda dari sate pada umumnya, dimana sate ini menggunakan jeruji besi sepeda. Katanya penggunaan jeruji besi ini dapat membuat daging satenya matang lebih merata. Selain itu, jeruji besi ini juga dipilih karena dapat digunakan berkali-kali.

Dalam sehari, Sate Klathak Pak Pong ini mampu menghabiskan puluhan ekor kambing muda. Untuk harganya sendiri diseuaikan dengan kualitas dan potongan daging yang diberikan. Ada kualitas ada harga.

  • Alamat : Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 09.00 – 23.30

14. Sate Kambing Pak Syamsuri

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via travelingyuk.com

Sate Kambing Pak Syamsuri merupakan salah satu kuliner Jogja yang hits yang harus kamu kunjungi ketika ke Jogja. Sate ini sudah ada sejak tahun 1993 dan hingga kini kelezatan dari makanannya masih konsisten. Seporsi sate terdiri dari delapan tusuk sate dengan potongan daging berukuran sedang. Satenya biasanya disajikan bersama kecap, irisan tomat dan potongan kecil bawang merah. Ketika digigit dagingnya sangat empuk padahal proses pembakarannya tidak lama. Selain sate, disini juga terdapat tongseng otak dan gulai yang gurih.

Ketika berkunjung kesini dari depan tampak pikulan besar dengan beragam bumbu diatasnya. Serta terdapat anglo dengan arang serta wajan untuk memasak tongseng serta gulai. Yang menarik dari Sate Kambing Pak Syamsuri ini terletak pada proses pemotongan daging satenya yang dilakukan langsung di depan warung. Sehingga para pembeli dapat melihat langsung cara menyusun potongan demi potongan daging ke dalam tusukan sate sebelum dibakar.

Untuk mencicipinya sebaiknya datang lebih awal, karena biasanya ketika sudah terlalu siang beberapa menu habis. Hal ini karena beberapa masakan bahannya memang terbatas. Selain itu ketika datang di jam makan siang sudah pasti tempat ini akan ramai dikunjungi dan antrean panjang pun akan menyambut.

  • Alamat : Jl. Anggrek No.138, Sambelegi Kidul, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 09.00 – 16.00

15. Mangut Lele Mbah Marto

Kuliner Jogja Kekinian Yang Lagi Hits

photo via instagram.com/gendut_kulineran

Jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa untuk mampir ke Mangut Lele Mbah Marto ya. Kuliner satu ini berupa olahan ikan lele dengan kuah santan berbumbu pedas yang rasanya nampol abis. Disini ada dua versi lele yaitu yang digoreng dan diasap.

Tempatnya sangat sederhana tapi selalu ramai dikunjungi pembeli meskipun lokasinya tidak strategis. Makan disini kamu bisa langsung masuk ke dapur, aroma asap serta kayu bakar bercampur dengan wanginya kuah mangut yang dimasak. Semua lauk pauk akan diletakkan dalam baskom besa diatas balai-balai bambu.

Untuk menyajikan lele yang berkualitas serta memuaskan pelanggan. Lele yang dipilih untuk mangut lele adalah yang sudah cukup umur, berukuran besar dan masih segar. Sebelum diasap, lele dibersihkan dan ditusuk dengan bambu agar mudah dibolak-balik. Semuanya dimasak diatas tungku kayu bakar dan untuk bumbu mangutnya terdiri dari santan, cabe rawit, petai, daun salam, bawang merah, bawang putih dan kencur.

  • Alamat : Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 10.00 – 20.00

Itulah beberapa aneka kuliner Jogja kekinian yang lagi hits dengan cita rasa yang lezat. Kuliner-kuliner diatas pastinya membuatmu tak sabar ingin mencicipinya sendiri. Agar tidak penasaran, yuk berangkat ke Jogja dan cicipi kuliner lezat-lezatnya ini.

0
Artikel Terkait