Aneka Kuliner Khas Malaysia Terpopuler Yang Menggugah Selera

4 minggu, by blogunik

Kuliner khas Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang terkenal dengan beragam etnis dan budaya. Seperti yang kita tahu, penduduk Malaysia terdiri dari tiga etnis utama, yakni Melayu, India, dan Cina. Keberagaman etnis ini membuat Malaysia mempunyai gaya kuliner yang juga beragam. Mungkin bisa dikatakan jika hampir semua makanan khas Malaysia merupakan hasil perpaduan antara etnis Melayu, Cina, India, bahkan etnis lainnya seperti Thailand dan Arab.

Buat kalian yang sering wara-wiri ke Malaysia, tentu sudah akrab dengan rasa makanan khas Malaysia, seperti misalnya nasi lemak yang memang begitu terkenal hingga ke berbagai negara termasuk Indonesia. Selain nasi lemak, Malaysia masih memiliki banyak makanan khas lainnya yang populer dan memiliki rasa yang menggugah selera. Nah berikut ini adalah deretan makanan khas Malaysia terpopuler dan menggugah selera yang wajib kamu coba ketika berlibur ke Malaysia. So let’s check it out guys!

20 Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

1. Nasi Lemak

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via angsarap.net

Makanan khas Malaysia terpopuler diawali dengan Nasi Lemak. Tentunya kalian sudah nggak asing dong dengan makanan satu ini? Nasi lemak adalah nasi dimasak bersama santan kelapa dan daun pandan sehingga menghasilkan tekstur basah berminyak pada nasi disertai aroma gurih yang menyeruak. Nasi lemak ini biasanya disajikan bersama telur, irisan timun, kacang panjang, kacang tanah, tahu, tempe, petai, ikan, kerang, udang, cumi-cumi, sotong, ayam, atau daging sapi. Bagi orang Malaysia, nasi lemak biasanya disantap untuk sarapan.

2. Nasi Kandar

Makanan Khas Malaysia

photo via penangfoodie.com

Tak hanya nasi lemak, nasi kandar juga menjadi salah satu kuliner khas Malaysia yang populer dan wajib kamu coba saat berlibur ke Negeri Jiran. Nasi satu ini sepintas mirip dengan nasi lemak jika dilihat dari cara penyajiannya. Hanya saja perbedaannya terdapat pada tambahan bumbu kari yang membuatnya kaya akan rempah. Nasi ini biasanya disajikan bersama daging ayam, udang, dan kerupuk emping.

3. Nasi Kerabu

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via istockphoto.com

Selanjutnya ada Nasi Kerabu yang bisa dibilang merupakan ikon kuliner khas Malaysia yang kerap diburu wisatawan. Hidangan ini cukup unik karena nasi yang digunakan memiliki warna kebiruan karena dimasak bersama kelopak bunga telang. Nasi Kerabu juga memiliki aroma harum, yang berasal dari daun rempah seperti kecombrang, daun kesum, daun kaduk, dan lainnya. Biasanya Nasi Kerabu dihidangkan bersama dengan aneka lauk seperti ayam bakar, ikan asin goreng, telur asin, kerupuk dan berbagai jenis sayuran.

4. Nasi Daun Pisang

Makanan Khas Malaysia

photo via news.nestia.com

Sesuai namanya, Nasi Daun Pisang adalah hidangan berupa nasi dengan beberapa lauk pendamping yang disajikan diatas daun pisang. Nasi daun pisang merupakan makanan khas Malaysia yang berasal dari India. Biasanya Nasi Daun Pisang dihidangkan bersama dengan lauk pauk seperti udang, ikan gorengan atau ayam dan aneka sayuran. Yang menjadikannya spesial adalah pemberian bumbu kari yang membuat cita rasa masakan khas India-nya tidak menghilang.

5. Mee Kolok

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via curiouscuisiniere.com

Buat para penggemar mie, Mee Kolok khas Malaysia wajib banget kamu coba. Mee Kolok yang berarti mie lengket dalam bahasa Indonesia ini adalah jenis mie kering atau mie iris yang populer di Serawak, Malaysia. Olahan mie khas Malaysia ini biasa dihidangkan dengan kuah sup polosan atau dengan kecap, dengan tambahan ayam suwir, seafood, atau daging sapi dan sayuran seperti sawi atau bawang daun. Mie satu ini paling enak disantap ketika masih hangat dengan tambahan sambal super pedas.

6. Wantan Mee

Makanan Khas Malaysia

photo via yummly.co.uk

Kuliner khas Malaysia yang populer berikutnya adalah Wantan Mee. Wantan mee sendiri merupakan mie asal China yang populer di Hong Kong, Singapura, dan Malaysia. Mungkin di Indonesia sajian mie ini lebih dikenal dengan nama mie wonton. Mie ini diracik dari paduan mie Hokkien dan wonton atau pangsit yang disiram dengan kuah kaldu serta daging cincang.

7. Mie Tarik

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via kaijiamuslimfood.com

Bukan hanya teh yang ditarik lho! Pasalnya Malaysia juga memiliki sajian mie yang cara pengolahannya dengan cara membanting-banting dan menarik mie. Mie tarik mungkin bisa ditemui dimanapun termasuk di Indonesia. Namun makanan satu ini sangat populer di Malaysia. Mie Tarik atau juga disebut Lamian ini sebenarnya berasal dari Tiongkok. Mie ini sangat spesial karena proses pembuatan Mie Tarik ini bisa menjadi pertunjukkan yang sangat menarik. Mie ini memiliki tekstur yang lembut dengan kuah kaldu yang segar. Selain itu, mie ini juga kerap dihidangkan dengan topping lauk pauk seperti telur rebus atau irisan daging.

8. Ayam Percik

Makanan Khas Malaysia

photo via heavelyfood.wordpress.com

Kuliner khas Malaysia yang terkenal berikutnya adalah Ayam Percik. Sesuai namanya, kuliner ini berbahan dasar ayam yang dioleh dengan beragam jenis rempah. Malaysia memiliki 2 jenis ayam percik yang terkenal yakni ayam percik Kelantan dan ayam percik Trengganu. Ayam percik Kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan sejumlah rempah, sedangkan ayam percik Trengganu dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas dan menggugah selera. Ayam ini biasanya diolah dengan cara merendam ayam ke dalam bumbu untuk kemudian dipanggang sehingga sedikit angus. Saat ayam sedang dipanggang, biasanya akan dipercikan bumbu tambahan sehingga disebut dengan Ayam percik.

9. Ayam Pongteh

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via says.com

Selanjutnya ada Ayam Pongteh yang menjadi salah satu makanan khas Malaysia yang wajib kamu coba saat melipir ke negeri Jiran tersebut. Berbeda dengan ayam percik, ayam pongteng biasanya disajikan dengan potongan kentang dan jamur shitake. Hidangan ini sepintas mirip dengan semur ayam Indonesia. Warna kuahnya cokelat kemerahan dan agak kental, dengan cita rasa yang khas karena penggunaan tauco yang dicampurkan saat dimasak.

10. Umai

Makanan Khas Malaysia

photo via gulamelakacikvida.wordpress.com

Kalau Jepang memiliki sushi yang terbuat dari ikan mentah, maka Malaysia memiliki umai yang sama-sama terbuat dari ikan mentah. Ikan yang dipilih untuk membuat umai harus ikan yang segar. Tidak semua jenis ikan bisa dibuat umai. Biasanya penduduk Malaysia memilih ikan terubuk, parang, bawal putih, bawal hitam, atau udang. Hidangan ikan khas Malaysia ini disajikan dengan campuran bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan bumbu penyedap.

11. Palak Paneer

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via reddoorz.com

Palak Paneer merupakan makanan khas Malaysia yang berasal dari India. Palak Paneer sendiri merupakan sebuah hidangan yang ikonik dengan kuah kari berwarna hijau. Warna hijau dari makanan ini diperoleh dari daun bayam segar. Selain berbahan pokok daun bayam, olehan ini juga diberi tambahan keju kambing. Makanan ini biasanya disantap dengan roti khas India seperti chapatis atau bhatura.

12. Asam Laksa Penang

Makanan Khas Malaysia

photo via bakewithpaws.com

Jika kamu berkunjung ke Malaysia, belum lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi kuliner terpopuler Malaysia yakni Asam Laksa Penang. Kuliner ini berasal dari perpaduan masakan Tionghoa dan Melayu dan memiliki cita rasa yang sangat menarik. Laksa ini adalah sejenis mie berkuah yang sangat popular di Malaysia. Terdiri dari mi atau bihun yang disiram dengan kuah kental asam pedas kemudian ditaburi dengan topping ikan makarel segar, selada, nanas, mentimun dan cabai. Rasanya pedas dan segar, pastinya akan membuat kamu ketagihan.

13. Chee Cheong Fun

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via thestar.com.m

Chee cheong fun merupakan kuliner khas Malaysia peranakan Tionghoa yang tepatnya berasal dari Kanton, Cina Selatan, termasuk Hongkong. Chee cheong fun adalah semacam mi namun dalam bentuk yang berukuran besar, mirip usus sehingga sering disebut mi usus babi. Semangkuk chee cheong fun umumnya terdiri dari mie usus itu sendiri yang diguyur saus manis, saus kari, saus udang, dan saus cabai. Di Malaysia Chee cheong fun biasanya dimakan sebagai camilan atau bersama makanan lain seperti dim sum.

14. Char Kway Teow

Makanan Khas Malaysia

photo via christieathome.com

Ada juga nih Char Kway Teow yang merupakan makanan khas Malaysia yang mirip dengan kwetiau di Indonesia. Bumbu char kway teow juga tak jauh berbeda dengan kwetiau di Indonesia, seperti bawang putih, kecap manis, kecap ikan dan sambal. Biasanya berisi daging ayam hingga babi. Ada juga yang berisi tambahan daging kepiting. Makanan khas Malaysia ini mudah kamu temui di kawasan Kuala Lumpur dan Pulau Pinang.

15. Bubur Century

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via makanguru.my

Selanjutnya ada bubur century yang merupakan kuliner khas Malaysia yang populer dan tentunya menggugah selera. Bubur satu ini sekilas mirip dengan bubur di Indonesia. Mulai dari topping telur, bawang goreng merah, seledri, dan suiran ayam di atasnya. Hanya saja, bubur warisan dari China ini cukup unik karena menggunakan topping telur berwarna hitam. Telur diproses cukup lama dengan cara direndam hingga berbulan-bulan sampai warnanya berubah menjadi kehitaman.

16. Cekodok

Makanan Khas Malaysia

photo via resepibooke.blogspot.com

Cekodok merupakan camilan khas Malaysia yang cukup populer dan mudah dibuat dirumah. Camilan ini terbuat dari adonan pisang yang digoreng garing. Camilan yang sering dinikmati Upin Ipin itu memiliki beragam nama. Ada yang menyebutnya Cokodok, Cekodok, Cengkodok, Kuih Kodok, Jemput-jemput, atau Cucur dan Cucur Pisang. Rasanya mirip pisang goreng Indonesia yakni perpaduan antara gurih dan manis.

17. Apam Balik

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via stock.adobe.com

Selain Cekodok, apam balik juga merupakan jajanan khas Malaysia yang terkenal dan bisa mudah ditemui di pasar malam hingga dipinggir jalan. Sepintas mirip dengan martabak manis di Indonesia, hanya saja apam balik bentuknya lebih tipis dibanding martabak manis di Indonesia. Soal rasa, 11 12 dengan martabak Indonesia, sama-sama manis dan enak.

18. Kek Lapis Serawak

Makanan Khas Malaysia

photo via reddoorz.com

Kek Lapis Sarawak adalah sebuah kue lapis, yang secara tradisional disajikan di Sarawak, Malaysia pada acara-acara khusus. Bahan utama yang digunakan dalam membuat kue ini adalah mentega, susu, telur, dan selai. Sedangkan untuk tekstur, jajanan khas Malaysia ini memiliki tekstur lembut serta memiliki beragam warna menarik yang membuatnya terlihat semakin menggiurkan.

19. Satar

Kuliner Khas Malaysia Terpopuler

photo via my-resepi.com

Selanjutnya ada satar yang merupakan salah satu jajanan khas Malaysia terpopuler yang memiliki kemiripan dengan otak-otak Indonesia. Satar yang juga disebut dengan nama satah ini terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut, jahe, bawang, dan cabai. Setelah itu kemudian dibungkus menggunakan daun pisang hingga membentuk kerucut kemudian dibakar di atas api arang panas.

20. Es ABCD (Air Batu Campur Durian)

Makanan Khas Malaysia

photo via kokcheehou.blogspot.com

Bila kalian penggemar animasi Upin Ipin, tentu kalian sudah nggak asing dengan yang namanya es ABCD yang dijual oleh uncle Muthu. Es ABCD ini sebenarnya singkatan dari es Air Batu Campur Durian. Mirip dengan es campur yang ada di Indonesia. Hanya saja isiannya cukup berbeda dengan yang ada di Indonesia, di Malaysia es ini biasanya menggunakan kacang merah khas Jepang, buah lengkeng, buah atap, agar-agar dan durian. Kemudian ditambah dengan es serut yang disiram dengan sirup yang manis.

Itu dia aneka kuliner khas Malaysia paling populer dan menggugah selera yang wajib kamu coba saat berkunjung ke negeri Jiran tersebut. Jadi mana nih yang paling membuat kalian ngiler?

0
Artikel Terkait