Kuliner Lezat Khas Thailand Yang Wajib Kalian Coba Jika Berkunjung Ke Thailand

9 bulan lalu, by blogunik

Kuliner khas Thailand yang lezat

Sama-sama negara yang berada dalam lingkup Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand memiliki kemiripan dalam berbagai hal salah satunya adalah rempah-rempah dan bahan makanan. Layaknya di Indonesia, Thailand juga menggunakan berbagai macam bumbu masakan yang sering kita gunakan termasuk terasi. Namun walupun rempah-rempah ataupun bumbu masakan Thailand hampir sama dengan Indonesia, Thailand tetaplah sebuah negara yang memiliki ciri khasnya sendiri termasuk mengenai jenis dan cita rasa makanannya sendiri.

Jika nasi goreng dan rendang adalah makanan khas Indonesia yang terkenal dan populer hingga ke negara lain, maka Thailand memiliki Tom Yum dan salad pepaya yang juga terkenal hingga ke penjuru dunia. Nah jika kalian mendapat kesempatan berkunjung ke Thailand jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas Thailand yang memiliki cita rasa yang menyegarkan dan juga lezat. Berikut 15 Kuliner Lezat Khas Thailand Yang Wajib Kalian Coba Jika Berkunjung Ke Thailand! Check It Out!

1. Som Tam (Spicy Green Papaya Salad)

Kuliner khas Thailand - Som Tum (Spicy Green Papaya Salad)

photo via : http://scholarships.travel

Makanan autentik pertama khas Thailand yang paling terkenal adalah Som Tum. Som Tum merupakan salad khas Thailand yang terbuat dari serutan pepaya muda yang diberi bumbu. Hampir mirip rujak Indonesia hanya saja bumbu Som Tum ini terbuat dari bawang putih, cabai, gula palem, saus ikan dan perasan jeruk nipis. Selain itu, pada Som Tum ini juga ditambahkan beberapa bahan makanan lain seperti udang kering, tomat, kacang panjang, terung bulat dan kacang sangrai yang ditumbuk kasar. Makanan khas Thailand ini memiliki cita rasa yang segar, asam dan juga pedas, cocok banget dijadikan makanan pencuci mulut saat berlibur di Thailand yang udaranya panas.

2. Tom Yum Goong (Spicy Shrimp Soup)

Kuliner khas Thailand - Tom Yum Goong (Spicy Shrimp Soup)

photo via : yuyunngeblog.blogspot.com

Selain Som Tam, Tom Yum juga merupakan salah satu makanan khas Thailand yang terkenal hingg penjuru dunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran-restoran yang menyediakan makanan khas Thailand ini. Tapi walaupun bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia, tetap saja saat berkunjung ke Negeri Gajah Putih tersebut kamu gak boleh melewatkan makanan satu ini. Tom Yum merupakan hidangan beberapa jenis seafood seperti potongan cumi, udang dan jamur yang disajikan dengan kuah yang kental dan berbumbu. Tom Yum memiliki rasa yang kuat dan juga identik dengan rasa yang pedas dan juga warna yang merah karena dibumbui dengan berbagai rempah-rempah seperti serai, laos, jeruk nipis, saus ikan, daun jeruk dan tentu saja cabai.

3. Pad Thai (Thai style Fried Noodles)

Kuliner khas Thailand - Pad Thai (Thai style Fried Noodles)

photo via : /id.wikipedia.org

Buat kalian yang pecinta mie, Pad Thai adalah salah satu kuliner lezat khas Thailand yang wajib kamu coba. Pad Thai ini merupakan sajian makanan berupa mie goreng yang dicampur dengan aneka sayuran dan sea food. Bentuk mienya lebih mirip dengan kwetiau. Hidangan ini biasanya Pad Thai ini dihidangkan bersama kuah, kucai, tauge, tahu kuning dan sumber protein, seperti udang, kepiting, daging sapi atau daging ayam. Pad Thai ditumis dengan fish sauce, asam, udang kering, gula dan perasa jeruk nipis. Sehingga cita rasa Pad Thai ini menjadi manis-manis asam gurih. Di Thailand, makanan ini bisa ditemukan di restoran hingga warung kaki lima.

4. Gaeng Daeng (Red Curry)

Kuliner khas Thailand - Gaeng-Daeng-(Red-Curry)

photo via : www.idntimes.com

Saat berkunjung ke Thailand, tentunya kalian yang pecinta pedas gak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk dapat merasakan nikmatnya Gaeng Daeng langsung dari Thailand. Pasalnya makanan khas Thailand satu ini memiliki cita rasa yang pedas dan juga segar dan pastinya akan membuat kalian ketagihan. Gaeng Daeng terdiri dari potongan daging sapi bertekstur lembut, pasta kari berwarna merah, santan halus, daun jeruk, dan ditaburi dengan jeruk nipis. Masyarakat Thailand biasa menyantap sajian ini ditemani dengan nasi hangat.

5. Tom Kha Kai (Chicken in Coconut Soup)

Kuliner khas Thailand - Tom Kha Kai (Chicken in Coconut Soup)

photo via : www.loveandoliveoil.com

Makanan khas Thailand selanjutnya yang wajib kalian coba saat berkunjung ke Negeri Gajah Putih tersebut adalah Tom Kha Kai. Tom Kha Kai merupakan sup ayam yang sangat populer di negeri tersebut. Selain ayam sebagai bahan utama, Tom Kha Kai ini terbuat dari santan kelapa, laos, jeruk purut, serai, ketumbar, jamur merang, perasan jeruk nipis dan cabai. Walaupun menggunakan santan, masakan ini tergolong sebagai sup karena ringan dan tidak berlemak seperti gulai. Tom kha kai berbentuk seperti sup dengan kuah santan yang warnanya putih dan bercita rasa lebih pedas daripada tom yum. Kuah santan yang tidak terlalu pekat juga menjadikan makanan ini salah satu menu favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Thailand khususnya bagi pecinta pedas.

6. Pad Krapow Moo Saap (Fried Basil and Pork)

Kuliner khas Thailand - Pad Krapow Moo Saap (Fried Basil and Pork)

photo via : www.eatingthaifood.com

Ingin hidangan yang komplit? Saat berkunjung ke Thailand kamu bisa mencoba sajian lezat Pad Krapow Moo Saap. Makanan khas Thailand yang satu ini menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya. Bagi kamu yang beragama Islam, tentunya makanan yang satu ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Pad Krapow Moo Saap merupakan daging babi yang dicincang dan dicampur dengan daun kemangi, cabe segar, kecap, kacang hijau dan sedikit gula kemudian digoreng didalam wajan yang panas. Pad Krapow Moo Saap ini biasanya dihidangkan langsung diatas sepiring nasi putih, juga ditambah dengan telur dadar goreng diatasnya. Hidangan ini sangat populer diantara wisatawan untuk dinikmati saat makan siang maupun malam.

7. Khao Pad Poo (Fried Rice)

Kuliner khas Thailand - Khao Pad Poo (Fried Rice)

photo via : www.ithaka.travel

Masakan khas Thailand selanjutnya yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Negeri Gajah Putih tersebut adalah Khao Pad Poo. Khao Pad Poo ini memang terlihat mirip dengan nasi goreng yang ada di Indonesia, namun nasi goreng khas Thailand ini merupakan nasi goreng yang lain dari pada yang lainnya. Pasalnya, Khao Pad Poo ini menggunakan bunga melati sebagai salah satu bahan utamanya selain nasi. Khao Pad Poo memiliki cita rasa yang lezat dan menyegarkan apalagi aroma melatinya menjadi sensasi tersendiri untuk menu hidangan satu ini. Selain itu, Khao Pad Poo juga dilengkapi dengan berbagai toping lain seperti telur ataupun potongan seafood.

8. Yam Nua (Spicy Beef Salad)

Kuliner khas Thailand - Yam Nua (Spicy Beef Salad)

photo via : www.just-eat.ie

Selain salad pepaya, Thailand juga memiliki sajian salad unik lainnya yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Thailand. Yam Nua atau Spicy Beef Salad ini merupakan salad sayuran yang ditambahkan potongan daging sapi. Dipadu dengan campuran bumbu bawang putih, ketumbar, daun mint, cabai kering super pedas, dan daging sapi super lembut, sajian ini mampu membuat kalian akan ketagihan untuk terus memakannya. Tak heran jika Yam Nua menjadi makanan favorit para wisatawan penyuka pedas saat berkunjung ke Thailand.

9. Kai Med Ma Muang (Chicken with Cashew Nuts)

Kuliner khas Thailand - Kai Med Ma Muang (Chicken with Cashew Nuts)

photo via : www.eatingthaifood.com

Makanan lezat khas Thailand selanjutnya yang wajib kamu coba saat liburan ke Thailand adalah Kai Med Ma Muang alias Ayam Kacang Mete. Hidangan ini dibuat dengan bumbu cabai kering, paprika merah atau hijau, bawang putih, daun bawang dan beberapa rempah-rempah khas Thailand. Bumbu-bumbu ini dicampurkan dengan potongan ayam dan kacang mete. Rasa gurih dari kacang mete bercampur dengan berbagai rasa bumbu lainnya membuat sajian ini terasa unik namun mampu membuat kalian ketagihan.

10. Gaeng Keow Wan Gai (Green Chicken Curry)

Kuliner khas Thailand - Gaeng Keow Wan Kai (Green Chicken Curry)

photo via : http://www.mycookingspirit.com

Gaeng Keow Wan Kai merupakan salah satu kuliner khas Thailand yang terbuat dari potongan ayam dengan tomat hijau yang menggugah selera. Selain tomat hijau, makanan ini dibuat dengan rebung dan ketumbar, kemudian dicampurkan dengan daun kemangi, sehingga menjadikan masakan ini sangat istimewa. Sementara untuk kuahnya dibuat dari tomat dan daun-daunan hijau yang dibuat menjadi pasta dan dicampurkan dengan santan kental dan beragam bumbu yang khas. Gaeng Keow Wan Kai ini biasanya disajikan dengan semangkuk nasi Thailand yang harum.

11. Khao Soi (Coconut Noodle Soup)

Kuliner khas Thailand - Khao Soi (Coconut Noodle Soup)

photo via : http://www.foodnwhine.com

Saat berkunjung ke Thailand kamu wajib mencicipi Khao Soi. Masakan yang satu ini merupakan salah satu hidangan terfavorit di Thailand. Khao soi adalah sajian mie kuning campuran dari mie kering dan mie basah kemudian disiram dengan kuah santan yang tidak kental sehingga mirip kari namun mampu menghasilkan kenikmatan rasa yang tak tertandingi. Selain itu, sajian ini juga ditambahkan cabai, irisan bawang merah, jeruk nipis serta daging ayam atau sapi yang membuat hidangan ini semakin lezat dan menggugah selera.

12. Khao Niew Ma Muang (Mango Sticky Rice)

Kuliner khas Thailand - Khao Niew Ma Muang (Mango Sticky Rice)

photo via : http://www.muslimah.co.id

Perlu cemilan yang segar setelah lelah menyusuri berbagai wisata yang ada di Thailand, kamu bisa mencicipi makanan satu ini. Khao Niew Ma Muang atau Mango Sticky Rice ini tergolong sebagai kombinasi makanan yang unik bagi orang Indonesia yang belum pernah merasakannya. Mango Sticky Rice terdiri dari ketan, santan dan potongan mangga kuning yang manis. Dalam penyajiannya, sekepal ketan diletakkan di atas piring dan kemudian di atasnya ditambahkan potongan mangga kuning. Selanjutnya santan kelapa disiramkan di permukaannya. Makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di setiap sudut jalanan kota Bangkok. Apalagi saat sedang musim mangga. Dijamin kamu akan menemukan makanan ini di mana-mana.

13. Khanom Chin Nam Ya (Noodles with Fish Curry)

Kuliner khas Thailand - Khanom Chin Nam Ya (Noodles with Fish Curry)

photo via : http://vlovetravel.blogspot.com

Khanom chin nam ya merupakan makanan yang sangat digemari masyarakat Thailand. Makanan ini berupa mie putih yang diguyur atau disajikan bersama kuah kaldu berupa kari ikan yang mempunyai rasa pedas yang disajikan dengan berbagai sayuran segar. Kepedasan dari kuah kari akan menambah selera makan setiap orang yang mencobanya. Jika kamu ingin mencicipinya, Khanom chin nam ya ini bisa kalian temukan dengan mudah di pusat kota Bangkok tentunya dengan harga yang terjangkau.

14. Guay Teow Rhua (Boat Noodles)

Kuliner khas Thailand - Guay Teow Rhua

photo via : jolygram.com

Guay Teow Rhua atau biasa disebut mie perahu merupakan makanan khas Thailand di mana pada zaman dahulu penjual menjual mie ini berada di atas perahu. Guay Teow Rhua sendiri adalah mie kuah yang disajikan dengan daging ayam, babi, atau sapi serta dilengkapi dengan tauge dan daun bawang. Tapi, porsi makanan tersebut biasanya sedikit, sehingga jika ingin makan hingga kenyang harus memesan dua mangkuk.

15. Pla Muek Yang (Thai Grilled Squid)

photo via : www.videoblocks.com

Jika kalian menyusuri pasar-pasar malam yang ada di Thailand, jangan lupa untuk mencicipi jajanan pinggir jalan yang paling populer di Thailand yakni Pla Muek Yang atau cumi-cumi panggang BBQ. Jajanan satu ini memiliki cita rasa yang lezat dan sangat praktis dimakan dikala kita sedang berkalan-jalan. Pasalnya cumi-cumi panggang ini sudah ditusuk dengan tusukan sate dan telah dilimuri dengan bumbu yang lezat, sehingga memudahkan kita untuk menyantapnya walaupun kita sedang berjalan kaki. Pla Muek Yang ini bisa kalian temukan dengan mudah di berbagai pasar malam yang ada di Thailand.

So guys…buat kalian yang sedang jalan-jalan ke Thailand jangan lupa mencicipi salah satu kuliner khas Thailand yang lezat diatas ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *